Spinner Icon

Seperti Apa Desain Rumah Minimalis Low Budget? Kupas Tuntas di Sini!

Author Image
Angelica Sela
Info Terbaru · 30 September 2022
Table of Contents:
  • Apa Itu Desain Rumah Minimalis?
  • Kiat Jitu Rumah Minimalis Low Budget.
  • 1. Bangun Sesuai Fungsi yang Ingin Dicapai
  • 2. Manfaatkan Bukaan dan Jendela untuk Sirkulasi Alami
  • 3. Hanya Gunakan Perabot dan Dekorasi Esensial
  • 4. Terapkan Konsep ‘Rumah Tumbuh’
  • Inspirasi Desain Rumah Minimalis Low Budget
  • 1. Fasad Rumah
  • 2. Ruang Tamu
  • 3. Kamar Tidur
  • 4. Kamar Mandi
  • 5. Dapur
  • 6. Ruang Makan

Memiliki rumah adalah harapan setiap orang. Terlebih, di masa kini rumah bukan hanya sekadar tempat tinggal yang nyaman, melainkan juga menjadi ruang untuk bereksplorasi dan wadah untuk mencerminkan jati diri.

Karenanya, tak heran banyak orang membangun rumah yang tidak hanya mengutamakan fungsi, melainkan juga menonjolkan sisi estetika dan kepribadian penghuninya. Meski begitu, keterbatasan lahan dan biaya kerap menjadi kendala untuk mewujudkan impian tersebut.

Nah, salah satu upaya yang dapat diambil untuk menyiasati kondisi tersebut adalah memiliki desain rumah low budget yang diadaptasi dari konsep minimalis.

Gaya rumah minimalis yang praktis dan sederhana menjadi alasan desain tersebut banyak dipilih oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Lebih lanjut, rumah minimalis umumnya tidak mengandalkan terlalu banyak material dan aksen untuk bisa menghadirkan kesan modern, sehingga berdampak pada minimnya biaya yang dikeluarkan.

Penasaran dan ingin tahu lebih lanjut terkait desain rumah minimalis low budget? Yuk, simak artikel berikut!


Apa Itu Desain Rumah Minimalis?

Sebelum memahami apa itu rumah minimalis, terlebih dahulu kita akan membahas tentang definisi minimalis.

Minimalis adalah sebuah gaya hidup dimana orang menerapkan prinsip less is more, yang meyakini bahwa sederhana dan praktis adalah suatu cara untuk mendapatkan kesan yang terbaik. Gaya hidup minimalis identik dengan kesederhanaan, tertata rapi, dan mengedepankan unsur fungsionalitas.

Mengadaptasi pemahaman tersebut, rumah dengan gaya minimalis dapat dimaknai sebagai bangunan tempat tinggal yang tata ruang hingga perabotnya dirancang mengutamakan nilai fungsional.

Dengan kata lain, bangunan minimalis sebisa mungkin menghindari unsur-unsur yang membuat properti terkesan berlebihan. Hal-hal inilah yang menjadikan prinsip minimalis cocok untuk diterapkan pada hunian dengan konsep low budget.

Baca juga: Kenali Konsep Desain Rumah Asri di Tengah Perkotaan!


Kiat Jitu Rumah Minimalis Low Budget.

Setelah memahami apa itu minimalis dan alasan desain minimalis cocok untuk diterapkan pada hunian low budget, selanjutnya artikel ini akan mengulas kiat-kiat jitu yang dapat kamu gunakan untuk merancang hunian dengan desain minimalis low budget.

1. Bangun Sesuai Fungsi yang Ingin Dicapai

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika akan membangun rumah low budget sendiri adalah merencanakan pembangunan sesuai fungsi. Hunian minimalis dibangun secara efisien dengan mengeliminasi bagian rumah yang tidak diperlukan.

Dalam hal ini, kamu dapat menyesuaikan fungsi ruang yang ingin dicapai dengan budget yang tersedia. Kamu juga harus memprioritaskan ruangan inti, seperti kamar tidur sesuai jumlah penghuni rumah, kamar mandi, dapur, ruang tamu, dan ruang makan.

Kalau memiliki kelebihan dana, barulah kamu bisa membangun taman dan ruangan-ruangan lainnya.

Meski begitu, perlu diingat pula agar pembangunan hunian minimalis low budget tetap sesuai dengan prinsipnya dengan menghilangkan elemen-elemen bangunan yang tidak mendukung konsep efisiensi ruang.

2. Manfaatkan Bukaan dan Jendela untuk Sirkulasi Alami

Salah satu ciri rumah bergaya minimalis adalah banyaknya bukaan dan jendela yang digunakan. Banyak dari kita menyangka ventilasi dan jendela hanya berperan sebagai elemen sumber cahaya dan sirkulasi udara.

Nyatanya, penggunaan jendela dan ventilasi juga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menghemat penggunaan listrik. Rumah dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik umumnya tidak membutuhkan terlalu banyak listrik karena suplai dari alam sudah memadai.

Selain itu, pemilihan kisi jendela yang cermat juga bisa menambah nilai estetika pada eksterior rumah minimalis low budget, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk dekorasi tambahan.

3. Hanya Gunakan Perabot dan Dekorasi Esensial

Selanjutnya, untuk membuat hunian minimalis low budget terlihat cantik dan lapang, kamu dapat meminimalisasi penggunaan perabot.

Dalam hal ini, gunakan hanya perabot yang diperlukan sebagai indikator sebuah ruangan. Misal, hanya gunakan kursi dan meja makan untuk ruang makan, dan kitchen set untuk dapur.

Ini akan membuat hunian tampak lapang sekaligus ekonomis karena kamu tidak harus mengeluarkan terlalu banyak uang untuk perabot yang tidak perlu.

4. Terapkan Konsep ‘Rumah Tumbuh’

Rumah tumbuh adalah konsep hunian yang memungkinkan pemiliknya untuk secara bertahap menambahkan ruang maupun perabot berdasarkan kebutuhan. Bagi kamu yang memiliki budget terbatas atau berencana untuk menambah anggota keluarga di masa mendatang, dapat menerapkan konsep rumah tumbuh.

Kamu dapat memulai pembangunan rumah sesuai kemampuan dulu, dengan mengutamakan bagian-bagian yang diperlukan untuk saat ini. Jika kedepannya ada dana lebih atau kebutuhan lain, dapat melanjutkan pembangunan selama masih berada dalam koridor rumah minimalis.

Konsep rumah tumbuh tidak hanya berlaku secara vertikal, melainkan juga dapat diaplikasikan secara horizontal. Hal ini sepenuhnya bergantung pada preferensi, kemampuan finansial, serta luas lahan yang kamu miliki.

Nah, begitulah kiat jitu merancang rumah minimalis dengan budget terbatas. Selanjutnya, kita akan melihat bagaimana kiat-kiat tersebut diaplikasikan pada hunian minimalis low budget. Check it out!

Baca juga: Yuk, Intip Desain Interior Rumah yang Bikin Betah!


Inspirasi Desain Rumah Minimalis Low Budget

1. Fasad Rumah


Sumber: Arsitag.com

Langkah pertama yang dilakukan untuk merancang hunian low budget adalah membuat desain fasad yang sederhana.

Fasad sebagai tampak depan menggambarkan keseluruhan isi rumah. Demikian halnya dengan fasad sederhana yang melukiskan interior rumah yang juga sederhana.

Gunakan dinding putih tanpa banyak dekorasi. Untuk permainan aksen, gunakan pintu dan kusen jendela dari bahan yang sama. Jika memiliki kendaraan, kamu dapat memilih carport dengan kanopi maupun dibiarkan terbuka, alih-alih membangun garasi yang pastinya akan mengeluarkan lebih banyak biaya.

2. Ruang Tamu


Sumber: Arsitag.com

Selanjutnya, untuk ruang tamu. Kamu dapat membuat ruang tamu yang praktis tanpa menggunakan terlalu banyak furniture.

Dalam hal ini, pilih sofa berbentuk geometris dengan warna netral yang memiliki warna kontras dengan dinding. Kamu juga dapat menambahkan meja, beberapa bantal dan karpet sebagai pemanis.

Hindari terlalu banyak dekorasi seperti patung, keramik, dan lainnya. Sebaiknya gunakan tanaman hias untuk menghidupkan sudut ruang tamu. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan ruangan yang cantik dengan biaya yang tidak terlalu besar.

3. Kamar Tidur


Sumber: Arsitag.com

Dalam merancang kamar pada rumah minimalis low budget, terlebih dahulu pilih kasur berkualitas yang ramah kantong seperti kasur busa dan spring bed. Selanjutnya, pilihlah platform dan lemari yang kokoh dan tahan lama sebagai pelengkap.

Setelah perabot utama terpenuhi, kamu juga dapat memilih meja rias berbahan sama agar nuansa kamar terlihat lebih tertata. Untuk permainan aksen, kamu dapat mengaplikasikan motif pada salah satu sisi dinding dan membiarkan lainnya tampak polos. Dengan begitu, kamar tidur tidak akan terlihat polos dan monoton. 

Baca juga: Ide Tata Letak dan Desain Rumah 1 Lantai

4. Kamar Mandi


Sumber: Arsitag.com

Setelah merancang desain kamar impianmu, mari buat kamar mandi yang sederhana tampak elegan.

Sebagai permulaan, kamu dapat menerapkan kamar mandi split level dengan memisahkan area shower dengan area toilet. Trik ini akan membuat kamar mandi terlihat lebih bersih dan lapang.

Selanjutnya, gunakan keramik untuk toilet dan wastafel dengan warna sama dan model yang sederhana. Selain harganya lebih murah, kamu juga tidak perlu repot dalam melakukan maintenance. Buat juga tempat sabun pada sisi dinding shower agar kamu tidak perlu repot membeli rak untuk perlengkapan mandi.

Untuk variasi warna, kamu dapat memilih warna dinding dan lantai berbeda namun masih satu tone warna. Kamu juga dapat menerapkan motif pada satu sisi dinding dan membiarkan bagian lainnya tampak polos.

5. Dapur