Spinner Icon

Desain Fasad Rumah Industrial, Menarik dan Inspiratif

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 18 Maret 2024
Table of Contents:
  • Ciri Khas Desain Rumah Industrial
  • 10 Rekomendasi Desain Fasad Rumah Industrial yang Kekinian
  • 1. Desain Fasad Rumah Industrial Bata Ekspos 
  • 2. Desain Fasad Rumah Industrial Beton
  • 3. Desain Fasad Rumah Industrial Kayu
  • 4. Desain Fasad Rumah Industrial Stone Color dengan Sentuhan Kayu
  • 5. Desain Fasad Rumah Industrial Monokrom
  • 6. Desain Fasad Rumah Industrial Warna Hitam Putih
  • 7. Desain Fasad Rumah Industrial Warna Putih
  • 8. Desain Fasad Rumah Industrial dengan Kontainer
  • 9. Desain Fasad Rumah Industrial Atap Datar
  • 10. Desain Fasad Rumah Industrial dengan Hiasan Tanaman
  • Kesimpulan

Fasad rumah adalah salah satu elemen visual penting, dimana fasad merupakan bagian pertama yang seseorang akan lihat dari rumah kita. Fasad sendiri merujuk pada bagian depan atau eksterior bangunan, seperti dinding, jendela, pintu, dan ornamen.

Konsep arsitektur industrial adalah salah satu desain rumah yang saat ini sedang populer. Ada beberapa elemen tertentu yang dapat membuat rumah dapat memenuhi kriteria rumah industrial. Untuk itu, kamu juga perlu mendesain fasad rumah sedemikian rupa agar menjadi desain rumah industrial yang tepat.

Pada artikel berikut ini, kami akan memberikan beberapa inspirasi desain fasad rumah industrial yang dapat kamu terapkan di rumahmu.


Sumber: Arsitag

Key Takeaways:

  • Ada beberapa elemen tertentu yang dapat membuat rumah dapat memenuhi kriteria rumah industrial.
  • Ciri khas rumah industrial terletak pada penggunaan bahan dengan sifat yang kuat, daya tahan, dan daur ulang fungsional, misalnya seperti logam, aluminium, kayu, dan batu bata.
  • Penggunaan jendela kaca berukuran besar juga merupakan salah satu ciri khas fasad rumah industrial yang biasanya mengoptimalkan pencahayaan alami.
  • Salah satu contoh fasad industrial yang paling populer adalah penggunaan bata merah.

Ciri Khas Desain Rumah Industrial

Desain rumah industrial pertama kali disebarkan di Eropa pada tahun 1950. Desain ini dikembangkan melalui berbagai bangunan pabrik terbengkalai yang diubah untuk efisiensi dan pembenaran situasi.

Gaya desain industrial kini tidak hanya digunakan untuk bangunan pabrik, tetapi juga jenis real estate lainnya, misalnya rumah, kafe, restoran, co-working space, dan lain sebagainya. Ciri khas rumah industrial terletak pada penggunaan bahan dengan sifat yang kuat, daya tahan, dan daur ulang fungsional, misalnya seperti logam, aluminium, kayu, dan batu bata.

Rumah industrial memiliki karakteristik yang sederhana dimana biasanya digunakan elemen dekoratif dan perabotan yang minimalis tetapi tetap menarik. Selain material, pemilihan warna juga memegang peran penting dalam membangun rumah industrial. Rumah industrial umumnya memiliki ciri khas menggunakan warna netral dan gelap seperti abu-abu, hitam, dan putih.

Ciri khas lain dari rumah industrial adalah adanya garis lurus dan konstruksi yang kokoh. Lekukan dan pola abstrak dapat diaplikasikan selama tidak berlebihan dan diterapkan dengan tepat. Penggunaan jendela kaca berukuran besar juga merupakan salah satu ciri khas fasad rumah industrial yang biasanya mengoptimalkan pencahayaan alami.

Baca juga: Ini Dia 9 Ide Desain Rumah Industrial Minimalis


10 Rekomendasi Desain Fasad Rumah Industrial yang Kekinian

Tertarik untuk menerapkan desain rumah industrial untuk fasad rumahmu? Simak inspirasi-inspirasi desain fasad rumah industrial berikut.

1. Desain Fasad Rumah Industrial Bata Ekspos 


Sumber: Arsitag

Salah satu contoh fasad industrial yang paling populer adalah penggunaan bata merah. Gaya industrial yang satu ini dapat kita lihat pada banyak bangunan industrial zaman dahulu.

Fasad batu bata akan memberikan kesan hangat bagi penghuni rumah dan pengunjung. Tampilan unfinished dari batu bata ekspos yang dibiarkan terlihat langsung akan menambah nilai estetika pada rumah. Selain itu, batu bata ekspos akan memberikan tampilan klasik untuk rumah industrial.

Kamu dapat memadukan dinding bata dengan warna cat abu-abu, hitam, atau warna senada lainnya untuk menciptakan tampilan yang unik.

2. Desain Fasad Rumah Industrial Beton

Penggunaan dinding beton adalah salah satu ciri khas dari desain fasad industrial. Desain fasad seperti ini juga banyak ditemukan di bangunan di Indonesia, misalnya di bangunan rumah, kafe, dan lain-lain.

Tembok beton yang berwarna abu-abu mungkin terkesan seperti pembangunan dinding belum selesai. Namun, warna abu-abu dengan kesan unfinished ini akan memberikan nilai estetika tersendiri bagi rumah.

Untuk mencegah rumah industrial terlihat monoton, kamu dapat mengecat bagian lain dari tembok rumah dengan warna senada seperti putih atau abu-abu dengan tone yang lebih muda.

3. Desain Fasad Rumah Industrial Kayu


Sumber: Arsitag

Selain bata merah dan beton, kamu juga dapat menggunakan kayu dan warna coklat sebagai tampilan dominan dari rumah industrial. Desain ini akan memberikan kesan yang lebih hangat dan elegan pada rumah.

Desain fasad rumah industrial yang dominan dengan kayu dapat memberikan tampilan rumah yang biasa kamu temukan pada pondok-pondok penginapan. Untuk membuat rumah terlihat lebih alami, gunakan jendela kaca besar pada satu sisi dinding yang juga akan membuat ruangan memiliki kesan yang lebih luas.

4. Desain Fasad Rumah Industrial Stone Color dengan Sentuhan Kayu