Spinner Icon

Tips Dekorasi Kamar Tidur Warna Biru agar Lebih Aesthetic

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 29 Maret 2023
Table of Contents:

Setiap orang pasti memiliki warna kegemarannya masing-masing. Baik warna merah, biru, hitam, ungu, kuning, dan warna-warna lainnya. Di balik semua warna tersebut, setiap warna memiliki maknanya sendiri yang seringkali sering dihubungkan dengan kepribadian orang yang menyukai warna tersebut.

Biru. Menurut psikolog, warna biru memiliki arti ketenangan dan kedamaian. Maka dari itu, bagi pecinta warna biru biasanya adalah orang yang santai, menyukai kedamaian, dan tidak terlalu menyukai keramaian.

Dengan arti ketenangan tersebut, banyak pecinta warna biru ingin menuangkannya dalam dekorasi kamar tidurnya yang serba biru. Hal ini dilakukan agar kamar tidur yang mereka miliki dapat memberikan kesan sebagai tempat yang paling tenang dan nyaman. Namun, di masa modern seperti sekarang ini, dekorasi biru tidak hanya berlandaskan pada warna serba biru saja. Kamu juga perlu mengetahui tips agar kamar warna biru yang kamu buat terkesan lebih modern dan estetik.

Key takeaways:

  • Menurut psikolog, warna biru memiliki arti ketenangan dan kedamaian. Maka, pecinta warna biru biasanya adalah orang yang stabil, aman, dan tidak terlalu menyukai keramaian.
  • Tips untuk membuat kamar tidur dengan nuansa biru yang estetik adalah memberikan sentuhan berwarna biru pada dinding kamar, membuat variasi desain plafon kamar tidur, membuat mural pada dinding kamar tidur, berikan dekorasi kamar sentuhan rustic, kombinasi elemen yang memiliki nuansa warna biru, dan pilih nuansa warna biru yang paling kamu sukai.


Tips Membuat Kamar Estetik Biru

1. Sentuhan Warna Biru pada Dinding Kamar


Kamu dapat memilih jenis warna biru yang sesuai dengan konsep dekorasi yang kamu gunakan. Jika kamu masih ragu untuk mengecat seluruh dinding kamar dengan warna cat biru, kamu bisa mengecat pada salah satu sisi dinding kamar saja, atau beberapa titik yang dapat kamu tentukan terlebih dahulu. Pada sisa dinding kamar, dapat dipadukan dengan warna cat dinding lainnya yang berwarna netral, seperti warna putih, abu-abu, kuning, dan kombinasi warna netral lainnya.

Tidak harus dicat, warna bernuasa biru pada dinding dapat diganti menggunakan wallpaper dinding. Bagi kamu yang tidak ingin repot dan monoton, kamu dapat memilih wallpaper bernuasa biru yang sudah memiliki motif, seperti tema awan, vintage, garis-garis, dan motif lainnya.

2. Buat Variasi Desain Plafon Kamar Tidur

Kamar tidur adalah tempat paling nyaman untuk kita beristirahat. Ketika kita sudah merebahkan badan di kasur, hal pertama yang akan kita lihat adalah plafon atau dinding-dinding langit. Kamu juga bisa memodifikasi plafon. Selain untuk menambah desain yang estetik pada kamar, desain plafon juga membuat pemandangan yang cantik saat kita tidur.

Contoh motif sederhana berwarna biru yang dapat kamu tempatkan pada plafon adalah awan-awanan, bintang dan bulan, planet, burung, dan aksen biru lainnya yang dapat kamu modifikasi. Tidak hanya motif, untuk menambah kesan ruangan lebih estetik, kamu dapat menambah aksen pada plafon agar tidak monoton. Setelah itu, pasang juga lampu tidur berwarna biru atau kuning untuk membantu kamu tertidur.

3. Buat Mural pada Dinding Kamar Tidur

Tips inspirasi dekorasi kamar nuansa biru selanjutnya yaitu membuat mural pada dinding kamar tidur. Pengertian dasar dari mural itu sendiri adalah kegiatan melukis dengan menggunakan dinding sebagai media dasarnya. Biasanya, mural diaplikasikan pada hiasan dinding kamar anak untuk menambah keceriaan tema kamar anak tersebut.

Saat membuat mural pada kamar anak, pastikan pilih tema terlebih dahulu. Seperti, tema hutan, luar angkasa, taman bunga, kebun binatang, dan tema-tema lainnya yang disukai oleh anak dan pastinya menambah suasana ceria. Dengan menentukan tema terlebih dahulu, proses menggambar mural akan lebih mudah dan cepat karena tinggal mengikuti tema yang sesuai.

Baca juga: Inspirasi Dekorasi Kamar Warna Pink yang Manis dan Minimalis

4. Berikan Dekorasi Kamar Sentuhan Rustic


Tidak harus serba biru, desain kamar tidur berwarna biru dapat lebih estetik jika dipadukan dengan beberapa ornamen kayu pada lantai maupun perabotan interiornya. Biasanya warna kayu dapat dipadukan dengan salah satu warna biru yaitu biru tua atau yang biasa disebut orang sebagai 'navy', atau bisa juga perpaduan biru dan putih. Dengan perpaduan tersebut, kamu dapat merasakan suasana yang tenang seperti di pedesaan, namun tetap terlihat elegan.

Jika kamu rasa warna kayu lebih dominan, kamu dapat menambahkannya pada sentuhan warna bernuansa biru pada bed cover, sprei, serta sarung bantal dan guling. Jangan lupa, padukan juga furnitur yang bertema rustic agar interior kamar semakin estetik.

5. Kombinasi Elemen yang Memiliki Nuansa Warna Biru


Menentukan kamar dengan nuansa warna biru, harus bisa memilih dan menentukan elemen-elemen berwarna biru yang mendukung suasana kamar. Elemen-elemen tersebut dapat berupa warna kasur, sarung bantal dan guling, sprei, bingkai foto, platform kasur, meja, lemari, gorden, kursi, pintu, dan elemen lainnya yang dapat dimodifikasi menjadi warna biru.

Dengan banyaknya jenis dan varian warna biru, pastikan kamu dapat mengombinasikannya dengan semua jenis warna biru atau warna netral agar suasana kamar tidur yang kamu miliki tidak terasa mati. Contohnya, jika dinding dan plafon sudah diberi warna biru tua, maka sebaiknya elemen-elemen pendukung yang akan kamu tempatkan diberi warna biru muda atau warna netral seperti putih, kuning, dan warna cerah lainnya. Dengan kombinasi warna yang bagus seperti biru tua dan biru muda atau warna cerah, dapat menghasilkan suasana kamar tidur yang mewah, elegan, dan pastinya estetik.

6. Pilih Nuansa Warna Biru yang Paling Kamu Sukai

Tips terakhir dan yang paling penting dalam membuat kamar biru estetik adalah pilihlah warna biru yang paling kamu sukai dan paling kamu rasa bahwa warna tersebut adalah warna yang paling cocok untuk rumah dan kamarmu. Tidak hanya tentang warna, tetapi juga tentang aksesoris.

Dengan kamu memilih warna yang paling kamu sukai, kamu akan lebih merasa bahagia dan tenang saat menikmati kamarmu sendiri. Namun, tetap saja penting untuk berkonsultasi pada orang yang lebih memahami tentang warna ruangan agar warna kesukaan yang kamu rancang dapat terlihat lebih indah.

Baca juga: Konsep Desain Kamar Aesthetic Abu-Abu untuk Inspirasimu

----

Itu dia tips-tips yang harus kamu perhatikan sebelum membuat kamar tidur estetik bernuansa warna biru. Jika kamu sudah berhasil menerapkan tips-tips di atas, langkah selanjutnya adalah kamu harus mulai menyusun anggaran untuk membuat kamar tersebut.

Ingin tau mengenai tips-tips dekorasi rumah lainnya dan berbagai program KPR BTN Properti? Kunjungi website kami sekarang!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua