Spinner Icon

10 Desain Kamar Kost Sederhana yang Menarik Perhatian

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 Maret 2023
Table of Contents:

Salah satu bisnis yang sedang populer dan menguntungkan adalah bisnis sewa kos-kosan. Pasalnya, semua kegiatan sekolah dan pekerjaan telah kembali normal. Banyak mahasiswa yang pergi merantau keluar kota untuk menempuh jalur pendidikan dan tidak sedikit juga para pekerja yang merantau untuk mencari nafkah.

Oleh karena itu, banyak sekali orang yang tertarik untuk mengembangkan usaha kos-kosan. Namun, karena bisnis ini sudah lama muncul dan digeluti oleh banyak orang, kamu perlu strategi yang baik.

Salah satu strategi yang paling umum dilakukan yaitu bersaing menawarkan harga termurah. Memang pada awalnya, strategi ini membuahkan hasil dengan menghadirkan pelanggan yang banyak.

Namun, apabila penetapan harga sewa tidak kamu perhitungkan dengan baik, maka kamu akan mengalami kerugian. Selain itu, pasti akan muncul kompetitor lain yang menurunkan harganya untuk bersaing. 

Bagi kamu para pebisnis kos-kosan, hendaknya mencoba strategi baru yang cukup efektif satu ini. Strategi yang dimaksud adalah dengan berfokus pada make over desain interior kamar kos yang kamu sediakan.

Tidak sedikit masyarakat yang mementingkan kenyamanan daripada harga. Mulai dari para remaja bahkan orang dewasa, kini lebih memilih tinggal di kos yang sederhana namun estetik. Oleh sebab itu, strategi ini bisa kamu coba untuk menarik perhatian para konsumen. 


Desain kamar kos low budget

Memodifikasi sebuah kamar pada umumnya memakan biaya yang cukup besar. Namun, ternyata terdapat beberapa cara make over kosan kamu dengan biaya yang cukup terjangkau!

Baru pertama kali make over kamar kos, sehingga bingung harus memulai darimana? Tenang, berikut telah kami rangkumkan beberapa ide desain kamar kos yang sederhana tetapi juga estetik sebagai inspirasi untukmu, antara lain:

1. Kamar kos dengan perpaduan warna yang berbeda

Setiap warna memiliki karakteristik dan maknanya tersendiri. Oleh sebab itu, kamu bisa memilih warna mulai dari yang terang hingga yang gelap sesuai dengan keinginan dan furnitur lain yang ada di kamarmu. 

Jika kamu ingin memberikan nuansa yang fresh pada kamarmu, maka kamu bisa menggunakan warna-warna cerah seperti kuning, biru muda, dan oranye. Kamu juga bisa mengombinasikan berbagai warna sekaligus agar tidak mudah bosan. 

2. Desain kamar kos minimalis ala Korea

Desain yang satu ini memiliki dominan warna putih pada dinding dan furniturnya. Dengan begitu kamar kos-mu yang awalnya kecil, akan terkesan luas dan lapang. Kamu juga bisa menambahkan pencahayaan yang baik seperti menggunakan lampu tidur yang unik dan estetik.

Baca juga: Seperti di Drakor, Ini Desain Kamar Aesthetic Korean


3. Desain kamar kos lesehan 

Desain kamar kos lesehan merupakan ide make over yang bisa kamu coba di rumahmu. Umumnya desain ini membuat kamar kos terasa lebih estetik dan nyaman untuk ditinggali. Apabila kamu ingin menggunakan furnitur, maka pilihlah furnitur yang rendah.

4. Desain kamar kos dengan tempat tidur dialasi papan kayu

Untuk memunculkan kesan minimalis di dalam ruang kos-mu, maka kamu bisa menambahkan papan kayu sebagai alas tempat tidur atau ranjang. Desain ini juga mengusung konsep lesehan. Sebagai tambahan, kamu bisa meletakkan beberapa tanaman hias untuk menciptakan suasana alam.

5. Desain kamar kos dengan tempat tidur tingkat

Ide yang satu ini cocok bagi kamu yang ingin menawarkan tipe kamar kos untuk dua penyewa sekaligus. Dengan begitu, kamar kos akan terasa lebih lega dan memiliki ruang ekstra untuk menaruh perabotan lain.

Baca juga: Menghemat Tempat, Ini Inspirasi Desain Kamar Tingkat Dewasa


6. Desain kamar kos minimalis tanpa banyak dekorasi

Merupakan desain dengan budget paling minim, tetap dapat membuat kamar kos terlihat estetik dan simpel. Sesuai dengan namanya, kamu tidak perlu menambahkan banyak dekorasi agar terlihat simple, sederhana, juga bikin betah untuk ditempati. Desain ini juga cocok bagi kamu yang suka bingung dalam memilih dekorasi yang ingin dipajang. 

7. Desain kamar kos dengan memaksimalkan luas kamar

Salah satu cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu memaksimalkan fungsi ruang dalam kamar kos. Kamu bisa menaruh furnitur-furnitur penting yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diingat juga, kamu perlu menghindari kebiasaan menyimpan barang yang tidak diperlukan agar kamar kos tidak penuh dan kotor.

8. Desain kamar kos dengan dinding warna monokrom

Kebanyakan kamar kos estetik dan minimalis menggunakan warna monokrom seperti putih, krem, dan lain-lain. Jadi, kamar kos akan terlihat lebih luas dan bersih. Tidak hanya itu, semua elemen dalam kamar kos akan terlihat menyatu ketika menggunakan satu warna.

Selain menggunakan satu warna, kamu juga bisa menggunakan tekstur untuk menambahkan kedalaman ruangan. Dengan begitu, tampilan kamar kos kamu tidak hanya estetik, tetapi juga menarik.


9. Desain kamar kos minimalis ditambah penggunaan smart-furniture

Istilah smart-furniture merupakan perabot pintar yang digunakan oleh para desainer dalam menghemat ruang dengan memaksimalkan fungsi furnitur. Umumnya smart-furniture merupakan furnitur multifungsi seperti kasur dengan laci, meja lipat, dan lain-lain.

Misalnya, kamu bisa menggunakan meja belajar atau meja kerja lipat di dalam kamar kos-mu untuk menghemat ruangan ketika kamu bekerja. Jika meja sudah tidak digunakan maka kamu bisa melipatnya dan ruanganmu terlihat lebih luas dan rapi.

Kamu juga bisa menggunakan kasur yang dilengkapi dengan laci untuk menghemat ruangan. Laci di bawah kasur bisa kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan pakaian dan benda lainnya. Dengan begitu, kamar kos yang tadinya sempit dipenuhi dengan berbagai peralatan dan tempat penyimpanan akan menjadi lebih luas dan lapang.

10. Desain kamar kost instagramable

Kamar kos instagramable tentunya akan menarik perhatian para calon penyewa. Kamu bisa menambahkan furnitur yang sedang tren tetapi juga tidak mengganggu aktivitas penyewa. Misalnya, hiasan neon light, cermin besar, dan masih banyak lagi. Semua furnitur tersebut dapat kamu tata untuk mempercantik kamar kos-mu.

Baca juga: 10 Inspirasi Kamar Minimalis untuk Keluarga


Kesimpulan 

Nah itu dia beberapa desain kamar kos yang bisa menjadi inspirasimu. Memodifikasi kamar kos ternyata tidak memakan biaya yang terlalu mahal. Kamu bisa menciptakan desain kamar kos minimalis dan sederhana dengan beberapa hal tersebut. Misalnya, kamu bisa mengubah cat warna dinding kamar kos menjadi warna-warni, warna cerah atau monokrom agar terlihat lebih bersih dan fresh.

Kamu juga bisa menambahkan furnitur sesuai kebutuhan sehari-hari dan tanaman hias untuk mempercantik kamar kos kamu. Tips lain yang bisa kita berikan adalah menghilangkan kebiasaan menyimpan barang yang tidak perlu.

Dengan begitu, kamar kos milikmu akan terlihat cantik, simple, sederhana, minimalis, sekaligus estetik yang mana akan menarik perhatian para penyewa. Jadi, tunggu apalagi? Apakah kamu sudah siap untuk melakukan desain kamar kos? 

Atau kamu baru ingin terjun ke dalam bisnis sewa kos? Bingung ingin mencari rumah yang stategis untuk dijadikan area kos? Tenang dan jangan khawatir! Bersama BTN, kamu bisa menemukan rumah idaman berlokasi strategis dengan mudah.

Persiapan dana yang besar untuk properti dapat dihindari dengan fasilitas KPR. Dengan fasilitas KPR, kamu cukup menyediakan uang muka lalu melunasi sisa biaya yang harus dibayarkan dalam skema angsuran. 

KPR sendiri merupakan produk keuangan berupa program cicilan untuk jual beli rumah yang diadakan oleh pihak perbankan bagi nasabah yang berencana untuk membeli rumah. Tidak hanya itu, BTN juga telah menyediakan beragam program KPR yang bisa membantumu agar lebih mudah memiliki rumah idaman.

Kamu tinggal menyesuaikan kemampuan finansialmu dengan rumah yang kamu inginkan. Proses pengajuan KPR ke Bank BTN juga dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website atau hubungi call center Bank BTN di 1500286.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua