Spinner Icon

Menghemat Tempat, Ini Inspirasi Desain Kamar Tingkat Dewasa

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 16 Februari 2023
Table of Contents:
  • Model Tempat Tidur Tingkat
  • 1. Tempat Tidur Tingkat Standar
  • 2. Desain Tempat Tidur Tingkat Loft Bed
  • 3. Futon Bunk Bed
  • Inspirasi Desain Kamar Tingkat
  • 1. Desain Kamar Tingkat dengan Penyimpanan
  • 2. Desain Kamar Tingkat Dekat Jendela
  • 3. Desain Kamar Tingkat untuk Ruangan Sangat Terbatas
  • Tips Desain Kamar dengan Tempat Tidur Tingkat

Pada saat ini, membangun rumah impian tidak semudah yang dibayangkan. Salah satu hal yang dapat menghambat dalam membangun hunian tempat tinggal yang nyaman adalah ketersediaan ruang lahan yang terbatas.

Oleh karena itu, tidak jarang pengembang maupun orang yang sedang membangun hunian berusaha memanfaatkan ruang lahan yang ada dengan ukuran yang lebih sedikit untuk menciptakan tempat tinggal yang layak tetapi minimalis dan tidak terasa sempit.

Ada berbagai konsep yang digunakan dalam membangun rumah dengan memaksimalkan ruang lahan yang disesuaikan dengan kebutuhan ruangan yang ada. Tentu konsep tersebut penting agar penghuninya terasa lebih lega saat tinggal dalam kurun waktu jangka panjang.

Salah satu ide konsep yang diterapkan oleh pengembang hunian adalah dengan membangun kamar dengan tempat tidur tingkat. Desain tempat tidur tingkat memungkinkan sebuah ruangan untuk memiliki ruang yang cukup lega, terlebih jika kamar tidur tersebut digunakan oleh dua orang.

Melalui kamar tidur dengan desain tempat tidur tingkat, penghuni dapat memanfaatkan satu tempat untuk dua area, satu untuk ranjang dan lainnya untuk kebutuhan lain seperti penyimpanan maupun meja belajar.

Konsep desain tempat tidur tingkat pada kamar tidur pun juga mulai diminati oleh banyak orang. Tidak hanya untuk kamar tidur anak, orang dewasa pun juga dapat menerapkan desain kamar tingkat di rumahnya.

Selain itu, mulai banyak produsen tempat tidur tingkat yang membuat desain tempat tidur tingkat tidak hanya untuk kasur yang berukuran kecil untuk anak-anak, tetapi juga kasur ukuran dewasa, baik ukuran single maupun double.

Nah, kamu ingin tahu inspirasi desain tempat tidur tingkat yang bisa kamu terapkan di kamarmu? Kamu bisa baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui ide-ide kamar tidur dengan desain tempat tidur tingkat yang membuat ruanganmu menjadi semakin lebih lega!


Model Tempat Tidur Tingkat

Sebelum jauh lebih lanjut membahas inspirasi desain kamar tidur dengan tempat tidur tingkat, kamu perlu tahu tentang model maupun jenis dari tempat tidur tingkat.

Ternyata, tempat tidur tingkat memiliki beragam model dan jenis sesuai kebutuhan dan jumlah ranjang yang diinginkan. Kira-kira, apa aja ya model tempat tidur tingkat yang ada di pasaran saat ini?

1. Tempat Tidur Tingkat Standar

Model ranjang tingkat yang satu ini mungkin sudah umum kita temui. Pada dasarnya, tempat tidur tingkat ini menggunakan dua kasur berukuran sama yang disusun secara bertingkat. Model tempat tidur tingkat satu ini seringkali terbuat dari kayu atau besi.

Tidak hanya itu, desain ranjang bertingkat ini juga dapat dengan mudah dibongkar pasang, sehingga kamu bisa melepas ranjang di bagian atas apabila tidak dibutuhkan. Tempat tidur tingkat standar sangat cocok digunakan untuk kamar anak hingga kamar dewasa.


2. Desain Tempat Tidur Tingkat Loft Bed

Jika kamu adalah orang yang menginginkan kamar yang minimalis, lega, tanpa harus mengorbankan fungsionalitasnya, loft bed bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu.

Loft bed terdiri dari sebuah ranjang bertingkat dengan kasur di atas dan ruang kosong di bawah yang multifungsi. Kamu bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah sebagai area kerja, tempat penyimpanan, area bermain, atau sekedar menempatkan sofa untuk bersantai.

Dengan memanfaatkan loft bed, kamu bisa membuat kamarmu menjadi semakin luas dan bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin berkat fiturnya yang multifungsi. Kamu juga mendapatkan ruangan ekstra yang bisa kamu dekorasi sesuka kamu.

3. Futon Bunk Bed

Ingin desain tempat tidur tingkat yang tidak hanya bisa digunakan sekadar untuk tidur, tetapi juga bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai? Mungkin kamu bisa lirik model futon bunk bed yang satu ini.

Futon bunk bed merupakan jenis tempat tidur tingkat yang sekilas mirip dengan tempat tidur tingkat standar. Perbedaannya ada di ranjang bagian bawah, alih-alih menggunakan kasur, futon bunk bed menggunakan futon atau matras sofa.

Dengan menggunakan futon, ranjang bagian bawah dapat dialihfungsikan sebagai sofa. Oleh karena itu, futon bunk bed selain minimalis, dapat menjadi solusi bagi kalian yang tidak ingin ribet membeli ranjang maupun sofa kamar tambahan untuk rumah.

Baca juga: 10 Inspirasi Kamar Minimalis untuk Keluarga


Inspirasi Desain Kamar Tingkat

Setelah mengetahui beragam tempat tidur tingkat, mungkin kamu sudah mulai tertarik untuk menerapkan desain kamar tingkat di tempat tinggal. Nah, kamu bisa banget untuk mencari ide kamar tidur tingkat di sini. Kami akan memberikan beberapa inspirasi desain kamar tidur tingkat yang bisa kamu jadikan inspirasi saat membangun kamar tidur tingkat di rumah.

1. Desain Kamar Tingkat dengan Penyimpanan

Memanfaatkan tempat tidur dan tempat penyimpanan pada kamar dengan ukuran yang lebih sempit merupakan tantangan dalam dekorasi. Namun, kamu bisa loh menempatkan tempat tidur dengan tempat penyimpanan menggunakan ranjang bertingkat.

Di ranjang atas tentu kamu manfaatkan sebagai tempat tidur. Sementara di ranjang bawahnya, kamu bisa menambahkan rak penyimpanan hingga rak ambalan di dinding untuk menyimpan barang-barang selain sebagai kasur kedua. Sebuah konsep kamar dengan tempat tidur tingkat yang menarik bukan?

2. Desain Kamar Tingkat Dekat Jendela

Siapa bilang kamu tidak bisa mendapatkan pemandangan yang cantik saat membangun kamar tidur tingkat? Kamu bisa meniru inspirasi yang satu ini. Pada inspirasi satu ini, kasur tingkat ditempatkan di dekat jendela yang lebar. Selain agar mendapatkan pencahayaan yang lebih baik, menempatkan tempat tidur tingkat di dekat jendela juga bisa membuat kamu dapat merasakan sirkulasi udara yang baik. Untuk membuat kamar tidur tingkat seperti ini, kamu perlu memilih jendela yang cukup besar agar pencahayaannya merata baik bagi ranjang atas maupun bawah.


3. Desain Kamar Tingkat untuk Ruangan Sangat Terbatas

Punya ruangan atau kamar dengan luas yang sangat terbatas? Kamu bisa coba desain kamar tingkat yang satu ini. Berbeda dengan konsep kamar tingkat lainnya. Kamar ini memanfaatkan ruang kosong di bawah ranjang sebagai bagian dari ruangan. Kamar tidur tingkat ini didesain secara unik, ranjang hanya ditempatkan di atas yang disatukan dengan sebuah tangga. Sementara bagian bawah dapat dimanfaatkan sebagai ruangan lain.

Kamu bisa memanfaatkan ruangan di bawah maupun di sisi tangga dengan menempatkan meja kerja, lemari, atau bahkan storage di balik tangga. Tentunya desain satu ini menarik untuk dicoba agar kamarmu terlihat semakin luas. Jangan lupa pilih furnitur yang bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin agar kamu dapat nyaman di kamar.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Kamar Estetik untuk Perempuan


Tips Desain Kamar dengan Tempat Tidur Tingkat

Ternyata desain kamar tingkat juga membutuhkan berbagai tips agar tidurmu semakin nyaman loh. Apa aja sih tips yang bisa kamu terapkan saat membangun kamar tidur tingkat? Yuk kita baca!

Pertama, tentunya kamu harus mengukur luas ruangan kamarmu. Selain itu, kamu juga perlu mengukur ukuran tinggi kasur tingkat dengan plafon agar kepalamu tidak terbentur saat bangun di tempat tidur tingkat.

Kedua, tentukan tipe tempat tidur tingkat yang kamu inginkan. Ini penting karena kamu harus memperhatikan kegunaan, fungsi, furnitur, dan kegunan jangka panjang.

Ingin membangun kamar tidur tingkat dewasa yang nyaman di rumah impianmu? Kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rumah dan program KPR BTN. Klik link ini untuk menjelajahi website BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua