Spinner Icon

Simak Inpirasi untuk Ide Kamar Mandi Industrial

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 15 Januari 2024
Table of Contents:

Ingin menjadikan kamar mandi kamu modern dan estetik dengan kesan yang sederhana? Desain kamar mandi industrial bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan kamar mandi yang memiliki kesan kekinian, indah, namun tetap minimalis.

Dengan mengusung desain industrial, kamar mandi kamu akan tampak menawan karena konsep setengah jadinya memiliki keunikan sendiri yang terinspirasi menggunakan elemen-elemen industri.

Sebelum kamu mengubah kamar mandi kamu dengan konsep industrial, ketahui terlebih dahulu karakteristik hingga kelebihan dan kekurangannya. Yuk, simak lebih lanjut artikel ini!


Key takeaways:

  • Desain industrial adalah gaya interior yang terinspirasi dari pabrik abad ke-19, memiliki kesan interior setengah jadi, dan memiliki tampilan yang terbuka.
  • Untuk mendapatkan desain kamar mandi industrial, kamu perlu bersabar karena memerlukan waktu ekstra. Namun, desain kamar mandi industrial ini memiliki beberapa kelebihan yang akan membayar kerja keras kamu selama mendesain kamar mandi industrial.
  • Untuk membuat kamar mandi menjadi kamar mandi dengan gaya industrial, kamu perlu membuat kamar mandi sesuai dengan karakteristik gaya industrial.
  • Karakteristik gaya industrial terdapat pada material bangunan, pemilihan warna, elemen garis, dan juga pemilihan dekorasi atau pajangan yang sesuai.

Apa itu Konsep Industrial?

Konsep industrial adalah gaya interior yang terinspirasi dari pabrik industri abad ke-19. Konsep ini dimulai dari pengalaman orang-orang Eropa yang seringkali menggunakan bangunan bekas pabrik terbengkalai.

Mereka membiarkan bangunannya tanpa melakukan perbaikan atau pemolesan sedikitpun. Sehingga desain ini terlihat sangat menonjolkan sifat alamiah dari berbagai bahan yang menyusun bangunannya.

Biasanya, bangunan atau ruangan dengan konsep industrial memiliki tampilan yang terbuka, seperti dinding batu bata yang tidak diplester, dinding semen yang tidak dicat, dan lain-lainnya. Meskipun terlihat seperti bangunan yang belum jadi, justru membuat bangunan dengan konsep industrial ini memiliki nilai estetika yang lebih.

Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri & Tips Industrial Interior Design Kekinian!


Karakteristik yang Perlu Ditampilkan untuk Desain Kamar Mandi Industrial

Untuk membuat desain kamar mandi industrial, cukup tricky karena caranya cenderung gampang-gampang susah. Mendesain kamar mandi industrial berarti memasukkan unsur-unsur dan karakteristik desain industrial ke dalam kamar mandi kamu.

Unsur dan karakteristik ini ada pada bahan bangunan, furnitur, dan dekorasi-dekorasinya. Untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja karakteristik dari desain kamar mandi industrial. Dengan memunculkan semua karakteristik yang akan diulas di bawah ini, kamu akan memiliki kamar mandi industrial sesuai impian kamu.


Berikut adalah karakteristik desain kamar mandi industrial.

1. Material 

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah material atau bahan yang digunakan untuk membangun kamar mandi. Untuk mendesain kamar mandi industrial, kamu perlu menghindari bahan-bahan yang tergolong mewah seperti marmer.

Mengapa demikian? Karena desain kamar mandi industrial ini biasanya menggunakan bahan-bahan bangunan industri yang memiliki karakter kuat, daya tahan, dan daur ulang yang fungsional. Untuk itu, gunakanlah material seperti bata ekspos, logam, aluminium, kayu dan batu untuk menghasilkan desain kamar mandi industrial.

2. Warna

Warna juga merupakan hal yang mendasar untuk desain industrial. Hal ini dikarenakan umumnya desain industrial memiliki karakteristik warna netral dan gelap seperti abu-abu, hitam, atau putih.

Karakteristik warna netral ini membuat desain kamar mandi industrial menjadi lebih sederhana dan tidak terkesan mentereng. Namun tidak perlu khawatir kamar mandi kamu menjadi tidak hidup.

Agar warna terasa lebih hidup, kamu bisa menambahkan karya seni atau pajangan. Hal ini dapat menimbulkan gradasi cahaya dan bayangan yang terpantul dari karya seni atau pajangan yang kamu letakkan di kamar mandi.

3. Garis 

Karakteristik khas dari gaya industrial berikutnya adalah garis lurus dan konstruksi yang kokoh. Gunakanlah beberapa dekorasi atau tali air yang memiliki kesan garis lurus.

Namun, bukan berarti kamar mandi kamu tidak dapat menampilkan lekukan dan pola abstrak yang indah. Yang dimaksudkan adalah pengaplikasiannya harus tepat dan tidak berlebihan.

Pilihlah perabotan yang minimalis tetapi menarik untuk menghindari kesan kaku akibat garis lurus. Salah satunya yaitu furnitur daur ulang atau bekas, yang saat ini banyak diminati karena cocok untuk mempercantik kamar mandi industrial mereka.

4. Dekorasi 

Biasanya, kamar mandi dengan desain industrial jarang menggunakan dekorasi yang berlebihan untuk menjaga kesan minimalis dan sederhana. Kamu dapat memamerkan aksesoris atau dekorasi dengan mural abstrak yang besar, menggunakan logam, dan benda menarik yang terbuat dari bahan daur ulang. Jangan lupa untuk mengedepankan terlebih dahulu fungsionalitas sebelum beranjak ke nilai estetika.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Kamar Mandi Modern Beserta Tipsnya Membangunnya!


Kelebihan dan Kekurangan Konsep Industrial

Konsep industrial sedang populer bagi dunia arsitektur masa kini. Selain memiliki tampilan yang menarik dan menawan, tentunya desain kamar mandi industrial memiliki kelebihan, yaitu: