Spinner Icon

Inspirasi Desain Kamar Vintage, Klasik, dan Mewah di Indonesia

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 29 Maret 2024
Table of Contents:
  • Kamar Vintage
  • Ide Menciptakan Kamar Tidur Bergaya Vintage
  • 1. Menggunakan Lemari Kayu
  • 2. Gunakan Cermin Ukuran Besar
  • 3. Pilih Kerangka Tempat Tidur yang Tepat
  • 4. Tambahkan Lukisan dengan Posisi Landscape
  • Tips Membuat Kamar Vintage Kamu Terlihat Lebih Elegan
  • 1. Lengkapi dengan Furnitur Vintage
  • 2. Penggunaan Cat Dinding pada Kamar Vintage
  • 3. Konsep Vintage Menggunakan Barang Elektronik Retro
  • 4. Pilih Dekorasi Vintage
  • 5. Bingkai Foto Ala Vintage
  • 6. Penerapan Motif pada Sejumlah Benda
  • 7. Model Tempat Tidur dengan Kelambu
  • 8. Memadukan Warna Sprei yang Senada
  • Kelebihan Desain Kamar Vintage
  • 1. Desain yang Tak Lekang Oleh Waktu
  • 2. Mudah Diimplementasikan 
  • 3. Tidak Memakan Biaya yang Banyak
  • Kesimpulan

Kamar adalah salah satu tempat paling nyaman di dalam rumah. Untuk itu, kenyamanan di dalam kamar menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satu hal utama adalah desain. Tentunya kamu ingin membuat kamar menjadi semenarik mungkin. Ada beberapa jenis dekorasi kamar yang bisa kamu terapkan, mulai dari desain kamar modern, simpel, hingga kamar vintage.

Bagi kamu yang menyukai desain kamar berwarna coklat, dengan nuansa estetik old vibes, desain kamar vintage cocok menjadi pilihan tepat sebagai referensi. Selain itu, kamar vintage dapat diadaptasi dan didekorasi oleh siapa saja. Keunikan dari kamar vintage yang perlu kamu ketahui adalah perabotan yang identik dengan tema 60-an hingga 80-an.

Ingin tahu lebih lanjut desain kamar vintage yang menarik? Pada artikel ini, kami akan mengulas lebih dalam mengenai kamar vintage. Mulai dari tips hingga ide desain kamar vintage.


Key Takeaways:

  • Kamar vintage adalah salah satu jenis desain kamar bernuansa 60-an hingga 80-an, biasanya desain kamar ini menggunakan warna coklat.
  • Salah satu keunikan yang terlihat dari kamar vintage yakni menggunakan furnitur antik.
  • Tips untuk mendekorasi kamar agar terkesan vintage adalah dengan cara pemilihan warna yang tepat, memilih furnitur yang tepat, dan tata ruang yang sesuai.

Kamar Vintage

Sesuai dengan namanya, vintage sering dikaitkan dengan jenis desain yang memiliki atmosfer ruang modern. Selain itu, umumnya dipenuhi elemen dekorasi yang cenderung antik. Hal-hal ini dapat ditunjukan dengan kehadiran barang-barang lama, furnitur yang ada di masa lalu, dan bahan dasar perabot itu sendiri.


Ide Menciptakan Kamar Tidur Bergaya Vintage

Setelah memahami apa itu kamar vintage, kini saatnya kamu mengetahui ide untuk menciptakan kamar tidur bergaya vintage. Simak penjelasan berikut ini. 

1. Menggunakan Lemari Kayu

Saat menciptakan ruangan gaya vintage, hal yang perlu diperhatikan yakni meminimalisir warna netral seperti putih atau hitam. Sebagai gantinya, kamu bisa memakai perabot dengan motif kayu berwarna coklat.

Warna cokelat pada motif kayu bisa menciptakan kesan tradisional dan antik. Agar kamar tidak terkesan terlalu tua, kamu bisa menambahkan aksen kursi atau karpet modern untuk membuat kamar terlihat lebih unik.

2. Gunakan Cermin Ukuran Besar

Untuk kamar tidur minimalis dengan tipe vintage, kamu bisa memanfaatkan cermin untuk membuat ruangan tampak lebih luas. Apalagi cermin tersebut akan memantulkan cahaya. Agar kesan vintage lebih hidup, pilihlah cermin besar dengan bingkai warna kuning keemasan yang antik.

3. Pilih Kerangka Tempat Tidur yang Tepat

Sama seperti penempatan cermin agar mampu membuat kamar terlihat estetik, begitu juga dengan rangka tempat tidur. Untuk menciptakan kamar tidur bergaya vintage, kamu bisa memilih rangka tempat tidur dari besi berwarna putih. Lebih menarik lagi jika rangka tempat tidur disertai dengan beberapa aksen motif warna emas atau perak.

Untuk melengkapi tampilan vintage, kamu bisa menggunakan tempat selimut dan bantal dengan warna pastel polos. Pastikan warnanya masih senada dengan kasur dan suasana kamar.

4. Tambahkan Lukisan dengan Posisi Landscape

Lukisan atau gambar pemandangan klasik sudah menjadi pilihan populer dari dulu hingga sekarang. Kamu juga bisa menambahkan beberapa karya yang bersifat lebih personal dan original pada kamar vintage.

Baca juga: 10 Inspirasi Kamar Minimalis untuk Keluarga

 

Tips Membuat Kamar Vintage Kamu Terlihat Lebih Elegan


Kamu perlu ketahui juga tips-tips membuat kamar vintage kamu agar terlihat lebih elegan.

1. Lengkapi dengan Furnitur Vintage

Desain interior kamar tidur kamu jangan sampai terlewat, semakin lengkap furniturnya maka unsur vintage juga makin menonjol. Sebaiknya kamu memilih beberapa furnitur pendukung. Seperti rak, meja rias, dan lemari.

Pemilihan seluruh furnitur harus memiliki warna yang senada. Sehingga kamar akan tampak lebih serasi. Untuk memperindah ruangan, kamu perlu menambahkan lampu tidur.

Kamu bisa memilih lampu tidur dengan pot kayu, hal ini berguna untuk menambah kesan klasik agar semakin terasa. Lampu dengan pendar cahaya kuning temaram juga sangat direkomendasikan untuk kamu yang menginginkan suasana lebih nyaman.

2. Penggunaan Cat Dinding pada Kamar Vintage

Ciri khas yang paling mudah ditemui pada konsep vintage, yakni tampak pada penggunaan warna cat dinding kamar. Konsep kamar vintage umumnya didominasi dengan warna yang lembut. Selain itu juga bisa dikombinasikan dengan pilihan warna pastel. Misalnya warna hijau telur asin, biru muda, oranye, kuning, hingga pink.

Hal lain yang harus kamu perhatikan juga yakni lemari TV, dekorasi, sofa bed, serta peralatan makan. Sebab benda-benda tersebut akan membantu mempercantik bagian kamar dan rumah kamu.

3. Konsep Vintage Menggunakan Barang Elektronik Retro

Umumnya, bahan dasar furnitur pada konsep vintage adalah bahan kayu. Selain itu juga memiliki model yang jadul. Salah satu barang elektronik yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan konsep vintage bergaya retro adalah TV cembung.

Kini, mencari barang elektronik dengan gaya retro memang cukup sulit. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan survei serta mendatangi beberapa toko khusus yang menjual barang antik atau pasar barang antik.

Apabila barang yang kamu temukan sudah tidak berfungsi lagi, kamu bisa meletakkannya di dalam ruangan kamar sebagai dekor ruangan.

4. Pilih Dekorasi Vintage

Kebanyakan konsep kamar vintage selalu memiliki dekorasi yang khas. Seperti cermin yang memiliki dominan ukiran dan tampak antik. 

Apabila kamu menempati kamar atau ruangan yang sempit, kamu bisa memilih dekorasi cermin yang cukup besar. Hal ini berguna agar kamar terkesan lebih luas dan tetap sesuai dengan konsep vintage.

5. Bingkai Foto Ala Vintage

Tidak hanya dekorasi khas seperti vas, cermin, atau jam antik. Bingkai foto dengan desain vintage yang berukir bisa kamu miliki. Contohnya bingkai foto ukir yang serupa dengan gaya shabby chic.

Gaya shabby chic yang terukir-ukir konsisten dengan konsep vintage, akan menambah suasana rumah menjadi lebih hidup. Vintage biasanya mempunyai banyak motif, sehingga tambahan bingkai foto ini akan mempertegas konsep vintage kamar kamu.

6. Penerapan Motif pada Sejumlah Benda

Apabila kamu melihat ruangan yang menerapkan konsep kamar vintage, maka umumnya akan tampak mencolok dengan penerapan motif pada sejumlah bendanya.

Motif yang menjadi ciri khas dari vintage biasanya motif flora atau motif dedaunan hingga motif abstrak. Penerapan motif tersebut dapat kamu terapkan pada sebagian dinding, sarung bantal, dan tirai.

7. Model Tempat Tidur dengan Kelambu

Tentu model tempat tidur di kamar berkonsep vintage akan lebih menarik jika kamu tambahan kain kelambu.

Penggunaan kain kelambu dapat menghadirkan suasana nyaman dan lembut yang akan memengaruhi kualitas tidur kamu serta membantu kamu tidur nyenyak tanpa gigitan nyamuk.

8. Memadukan Warna Sprei yang Senada

Terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah penggunaan warna sprei yang senada dengan elemen lainnya.

Desain vintage erat dengan motif floral yang masih mengedepankan kesan feminin. Penggunaan motif floral juga bisa menjadi pilihan jika kamu yang ingin mengusung konsep vintage, tanpa harus memberikan dekor yang berlebih pada seluruh penjuru kamar.

Kamu cukup pusatkan perhatian pada sprei. Gunakan motif bunga yang erat dengan kesan vintage dan padukan juga dengan warna putih sebagai warna dominan di kamar kamu.


Kelebihan Desain Kamar Vintage