Spinner Icon

Tema dan Ide Dekorasi Klasik untuk Ruang Tamu Elegan

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 Maret 2024
Table of Contents:
  • Ide Dekorasi Klasik untuk Ruang Tamu
  • 1. Tema Semi Mid Century
  • 2. Tema Mediterania Minimalis
  • 3. Tema Pola Simetris
  • 4. Tema Bohemian
  • Tips Membuat Ruang Tamu dengan Dekorasi Klasik
  • 1. Menggabungkan Dua Gaya Klasik
  • 2. Tambahkan Kursi dan Tirai Bergaya Klasik
  • 3. Pilih Wallpaper Klasik
  • 4. Gunakan Cermin Klasik
  • 5. Gunakan Lampu Lantai Bergaya Klasik
  • Elemen Dasar Gaya Klasik
  • Kesimpulan

Dekorasi klasik merupakan salah satu kunci untuk membuat sebuah ruangan terlihat lebih menarik. Pasalnya, rumah yang memiliki dekorasi elegan dan klasik akan membawa positive vibes bagi siapa saja yang berkunjung. Jika kamu adalah tipe orang yang suka menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarga, dekorasi klasik untuk ruang tamu bisa menjadi hal cocok untuk diadaptasi.

Ide dan dekorasi klasik perlu selaras dengan ruang tamu yang akan kamu terapkan. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan ruang tamu impian.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang tips membuat dekorasi klasik hingga inspirasi desain ruang tamu klasik. Simak artikel berikut.


Key Takeaways:

  • Dekorasi klasik adalah salah satu tema yang banyak digemari.
  • Salah satu tips untuk menciptakan suasana klasik dan elegan yakni memilih warna yang hangat.
  • Tema dekorasi klasik yang dapat kamu aplikasikan ke dalam ruang tamu yakni mediterania minimalis dan pola simetris.

Ide Dekorasi Klasik untuk Ruang Tamu

Konsep dan tema dalam menciptakan unsur dekorasi klasik perlu kamu pahami terlebih dahulu, sebelum menentukan ide apa yang hendak dipakai. Berikut beberapa ide dekorasi klasik yang dapat menjadi referensi bagi kamu.

1. Tema Semi Mid Century

Jika kamu menyukai interior rumah bergaya klasik, maka kamu bisa menerapkan tema semi mid-century untuk ruang tamu. Desain ini merupakan pembaruan dari gaya vintage dan minimalis, sehingga memberikan kesan klasik dengan sedikit sentuhan modern.

Penggunaan material kayu menjadi hal penting dalam mendesain ruang tamu gaya mid-century. Kamu bisa menambahkan ornamen material lain seperti logam dan stainless steel di ruang tamu agar terlihat lebih modern.

2. Tema Mediterania Minimalis

Walaupun terkesan minimalis dan sederhana, kamu bisa mendapatkan kesan elegan di dalam rumah jika menerapkan tema mediterania minimalis. Tambahkan ornamen lampu gantung atau chandelier untuk memberikan kesan ala Eropa di ruang tamu. Sedangkan kesan minimalis bisa didapatkan dari pemakaian balok kayu untuk plafonnya.

Selain itu, pemilihan material juga memmengaruhi dekorasi klasik tema mediterania minimalis. Salah satunya material GRC (glass fiber reinforced cement) dengan motif kayu atau beraksen lingkaran di tengah. Hal ini bisa kamu coba terapkan jika ingin lebih menekan anggaran.

3. Tema Pola Simetris

Kesan tegas dan minimalis akan kamu dapatkan saat memakai tema pola simetris untuk dekorasi klasik ruang tamu. Sama seperti namanya, tema desain ini cenderung mengutamakan pola-pola simetris untuk menghiasi ruangan.

Lengkapi juga dengan furnitur maupun dekorasi bertema senada. Lalu, pilihlah pola simetris dengan warna-warna berbeda agar ruang tamu di rumah tidak terkesan kaku dan monoton.

4. Tema Bohemian

Desain interior yang satu ini memadukan tiga unsur gaya sekaligus yaitu vintage, hippie, dan etnik. Salah satu hal uniknya, desain ruangan bergaya bohemian ini dapat memancarkan kesan bebas yang identik dengan istilah gipsi.

Gipsi adalah sebutan untuk orang-orang yang melarikan diri dari aturan kaku yang diterapkan di wilayah Bohemia, Eropa Tengah. Maka dari itu, orang-orang berjiwa bebas cenderung suka dengan ruang tamu klasik bergaya bohemian ini.

Sekilas, tema desain semacam ini memang terlihat agak berantakan dan tidak beraturan. Namun, justru itulah yang menjadi daya tarik dari tema bohemian. Selain memberikan kesan unik, ruang tamu kamu akan terlihat eksentrik.

Baca juga: Inspirasi Desain Kamar Vintage, Klasik, dan Mewah di Indonesia


Tips Membuat Ruang Tamu dengan Dekorasi Klasik


Setelah memahami beberapa ide di atas, selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah tips-tips membuat ruang tamu dengan dekorasi klasik.

1. Menggabungkan Dua Gaya Klasik

Ruang tamu bergaya klasik tentu membuat interior semakin elegan. Pada beberapa ruangan, kamu bisa memadukan dua gaya klasik sekaligus melalui furnitur yang diletakkan pada area ruang tamu.

Contohnya, kamu bisa menggunakan sofa dengan paduan kayu yang terlihat unik, antik, namun elegan. Lalu dikombinasikan dengan meja kayu yang menarik.

2. Tambahkan Kursi dan Tirai Bergaya Klasik

Bagi penyuka gaya klasik pastinya kursi klasik yang antik tidak dapat ditinggalkan. Namun jika kamu ingin interior terlihat seklasik mungkin, cobalah memadukan kursi klasik dengan gorden mewah klasik. Kombinasi yang tak lekang oleh waktu ini akan memberikan karakter kuat pada ruang tamu mana pun, tidak peduli gaya apa yang sudah ada di dalamnya.

3. Pilih Wallpaper Klasik

Gaya klasik akan banyak berkaitan dengan gaya siluet klasik dan bentuk-bentuk dekorasi klasik. Oleh karena itu kamu perlu memilih wallpaper klasik untuk dinding ruang tamu. Wallpaper sutra atau motif garis yang klasik dapat menjadi pilihan karena memberikan kesan mewah pada dekorasi rumah.

4. Gunakan Cermin Klasik

Jika kamu bosan dengan cermin modern dan ingin memberi ruang tamu kamu sentuhan kuno, maka pilihlah cermin victoria klasik.

Kemudian padukan dengan furnitur klasik seperti kursi atau sofa serta tambahkan beberapa bingkai foto klasik. Jangan lupa aksesori klasik seperti set catur klasik dan buku klasik yang akan melengkapi tampilan bergaya namun ramah ini.

5. Gunakan Lampu Lantai Bergaya Klasik

Ide ruang tamu klasik lainnya adalah lampu lantai klasik. Kamu bisa menggunakan berbagai bentuk dan ukuran lampu untuk interior klasik. Pilih lampu bergaya klasik dengan desain sederhana namun elegan, berbentuk batang melengkung dan punggung lurus yang akan menciptakan suasana hangat dalam dekorasi rumah kamu.

Baca juga: Simak Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis


Elemen Dasar Gaya Klasik

  • Warna-warna pastel dan netral yang lembut misalnya coklat beige, kuning pucat, hijau keabu-abuan, dan krem.
  • Furnitur antik dengan kaki yang melengkung.
  • Wallpaper dinding bermotif bunga-bunga dan tumbuhan.
  • Tanaman hias di berbagai sudut ruangan.
  • Barang-barang dekoratif, seperti lampu gantung besar, cermin dengan pigura mewah, patung, hingga lukisan.
  • Penggunaan material kayu, marmer, porselen, hingga kaca.
  • Kain dan tekstil yang mewah, seperti beludru, satin, hingga brokat.


Kesimpulan

Dekorasi klasik menjadi salah satu ide menarik yang diterapkan dalam membangun konsep ruangan di rumah.  Ingin mengetahui informasi bermanfaat seputar properti lainnya? Kunjungi website kami dimana kamu dapat menelusuri berbagai informasi penting terkait properti. Mulai dari istilah-istilah properti, tips-tips terkait rumah, hingga program KPR. Klik link ini untuk menemukan artikel lainnya. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua