Spinner Icon

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memasang Kitchen Island

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 13 Mei 2023
Table of Contents:

Dapur adalah ruangan yang sering disepelekan sisi artistiknya. Namun, suasana ruang memasak juga penting untuk dipertimbangkan agar semangat dalam menyajikan makanan. Berbagai cara dilakukan untuk membuat tampilan dapur menjadi lebih nyaman. Salah satu yang sedang digandrungi adalah dengan menghadirkan kitchen island.

Jika kamu tidak familiar dengan istilah ini, artikel ini akan memberikan beberapa informasi seputar kitchen island yang perlu kamu ketahui. Bisa kamu jadikan sebagai referensi, jika sedang merencanakan dapur impian. Mari disimak! 

Key Takeaways: 

  • Kitchen island adalah salah satu komponen dapur yang terletak di tengah ruangan. Umumnya, furnitur ini berbentuk meja yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi. 
  • Bersifat multifungsi, furnitur tambahan ini dapat kamu gunakan untuk banyak hal, mulai dari area memasak, tempat penyimpanan barang, hingga meja makan. 
  • Terdapat beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui jika memasang kitchen island, seperti mengganggu ruang jalan di dapur dan memakan banyak tempat. 
  • Kamu juga perlu memilih jenis kitchen set yang tepat. Selain fungsi, perhatikan juga sisi artistik. 

Apa Itu Kitchen Island

Kitchen island adalah salah satu komponen dapur yang terletak di tengah ruangan. Kamu bisa menggunakannya sebagai area tambahan untuk melengkapi kitchen set. Banyak yang tak menyadari bahwa kehadiran kitchen island membuat fungsi dapur menjadi maksimal, sebab memperluas area memasak. Tidak hanya itu, kitchen island akan membuat dapur kamu lebih nyaman, bahkan dapat juga dijadikan meja makan. 

Umumnya, komponen dapur ini berupa kabinet tempat menyimpan peralatan dengan desain yang senada dengan dengan kitchen set. Area ini juga berperan sebagai meja bar yang dilengkapi dengan kursi. Multifungsi dan sangat berguna, bukan? 


Fungsi Kitchen Island 

Kitchen island awalnya dipakai untuk menyimpan berbagai macam barang di dapur. Tetapi, seiring berjalannya waktu, beberapa orang menghadirkan furnitur tambahan ini untuk berbagai fungsi, seperti pengganti meja makan. 


1. Area untuk Memasak Tambahan

Fungsi pertama dari kitchen island adalah menambah area memasak. Kamu dapat memanfaatkan area ini untuk berbagai aktivitas dapur, seperti memotong bahan masakan dan meracik bumbu. Jadi tak perlu repot jika ada banyak orang ketika memasak, karena furnitur ini akan memberi tempat tambahan untuk aktifitas dapur.  

2. Memperbanyak Tempat Penyimpanan

Di beberapa dapur modern, kitchen island juga dihadirkan sebagai penyimpanan tambahan, terutama yang memiliki kabinet di bagian bawah. Karena kabinet dapat menjadi alternatif untuk tempat menyimpan berbagai perlengkapan dapur. Kamu jadi tidak perlu khawatir barang-barang di dapur tercecer dan sulit ditemukan dengan kabinet di bagian bawah kitchen island ini.

3. Meja Makan 

Ini adalah fungsi bagi kamu yang menginginkan adanya ruang makan di dapur yang terbatas. Kamu hanya perlu menambahkan meja bar dengan kursi di tengah-tengah dapur sehingga kitchen island bisa menjadi meja makan. Dengan kitchen island kamu tidak perlu lagi berjalan jauh jika ingin menghidangkan makanan yang baru dimasak.

4. Dapur Jadi Lebih Efisien   

Jika kamu berpikir perlu dapur berukuran besar jika ingin memiliki kitchen island, kamu keliru. Kitchen island tidak harus selalu berada di desain dapur yang berukuran besar. Nyatanya, rumah-rumah minimalis dengan ukuran terbatas juga bisa memiliki kitchen island

Furnitur tambahan ini bahkan membuat ruangan dapur jadi lebih efisien karena multifungsi. Kamu tak hanya bisa menyimpan barang di kabinet, tetapi juga menambah bak cuci piring. 

Baca juga: Rekomendasi Bahan Kitchen Set untuk Dapur Impianmu


Kekurangan Kitchen Island 

Walaupun sangat bermanfaat, terdapat juga kekurangan dari kitchen island. Kamu mungkin harus memperhitungkan kekurangan ini dalam perencanaan dapur impian. Mari disimak!

1. Mengganggu ruang gerak di dapur

Dapur yang ideal tentu memiliki tata letak yang memudahkan kamu untuk bergerak dan berpindah. Kadang, keberadaan kitchen island dapat menghambat ruang bergerak, sehingga membuat pergerakan di dapur terbatas dan kurang nyaman. Maka dari itu, tata letak kitchen island pun harus diperhitungkan matang-matang.

2. Memakan banyak tempat

Kitchen island memang memiliki fungsi yang beragam dan membuat efisien. Namun, furnitur ini tentu akan memakan banyak tempat. Kitchen island berkemungkinan membuat dapur akan terasa sempit.  


Jenis-Jenis Desain Kitchen Island 


1. Kitchen Island Hitam yang Lebar

Kitchen island kayu bercat hitam tegas, dikombinasikan dengan backterang tentu akan membuat kontras. Kamu dapat membuat kabinet dan lantai dari kayu, dan menggunakan warna hitam untuk kitchen island. Penggunaan warna hitam dan papan lebar akan menambah sentuhan modern pada ruangan.

2. Percampuran Modern-Vintage 

Kamu dapat membuat dapur yang memiliki konsep modern dan vintage dengan mudah. Caranya dengan menggabungkan nuansa jadul dan menambah beberapa unsur modern. Sebagai contoh, kamu dapat memakai furnitur bekas yang memiliki kesan vintage dan melakukan dekorasi ulang. Selain mempercantik dapur, kamu juga menghemat pengeluaran. 

3. Kitchen Island Penuh Hiasan 

Warna bukan satu-satunya cara untuk mempercantik dapur. Kamu juga bisa menambahkan keramik dengan aksen dekoratif pada kitchen island, hal tersebut dapat menambah jumlah warna dan daya tarik visual yang tepat di seluruh ruangan. 

4. Pantry Sederhana

Jika dapur kamu kekurangan ruang pantry, kitchen island bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat pantry darurat untuk menyimpan barang-barang kering. Dapur dengan kitchen island yang dilengkapi rak dapat menampung wadah barang kering. Tempatkan barang-barang yang sering digunakan di area ini dan singkirkan yang kurang diperlukan, sehingga memasak lebih cepat.

5. Kitchen Island di Dapur Bergaya Pertanian

Kitchen island memberi ruang ekstra yang sangat dibutuhkan untuk menyimpan barang terutama di dapur kecil berukuran terbatas. Kamu dapat membuat dapur bergaya rumah pertanian. Aplikasikan kitchen set kecil yang dapat digunakan untuk meja makan. Jangan lupa memasang aksesoris berbahan rajut dan bulu imitasi guna menghadirkan nuansa pertanian di dapur.

Baca juga: Ini Dia Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set!


Tips Saat Merancang Desain Kitchen Island

Kitchen island sangat tepat diterapkan pada rumah dengan desain modern untuk menambah kemewahan pada hunian. Sebelum mengaplikasikannya, terdapat beberapa tips yang perlu kamu ketahui, seperti:


1. Perhitungkan Fungsi Sebelum Pengaplikasian 

Sebelum membuat kitchen island, pastikan kamu memiliki ekspektasi kegunaan dan fungsi yang ingin dihadirkan pada kitchen island. Apakah untuk meja makan dan penyimpanan barang atau hanya salah satu dari dua fungsi tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menentukan jenis, ukuran, dan bentuk furnitur yang kamu inginkan, juga menghitung efisiensi. 

2. Tentukan Ukuran

Sesuaikan dimensi dapur secara keseluruhan untuk memenuhi kebutuhan ruang supaya tidak sempit. Biasanya, ukuran minimum yang direkomendasikan sekitar 1 meter. Pastikan terdapat ruang yang cukup untuk menarik dan mendorong kursi, mengakses ruang penyimpanan, hingga saat proses memasak. Kitchen island yang baik harus memiliki ruang gerak yang tepat supaya pengoperasian lebih aman dan terhindar dari potensi luka bakar dan bahaya tersandung. 

3. Pilih Furnitur yang Sesuai 

Kemudian kamu dapat menentukan furnitur lain yang ada di kitchen island, semisal kompor, cooker hood, dan laci penyimpanan untuk peralatan masak. Kamu juga disarankan menggunakan rak gantung untuk menyimpan peralatan masak yang sudah digunakan. Jangan lupa untuk memilih meja bar yang sesuai dengan tinggi atau bahkan peralatan membuat kopi jika ingin difungsikan sebagai meja.  

Itulah informasi seputar kitchen island yang sudah dirangkum untuk kamu. Sudah tahu model seperti apa yang kamu inginkan? Atau kamu masih berada di tahap perencanaan membangun atau merenovasi rumah? 

Temukan tips dekorasi rumah lainnya dengan klik di link ini!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua