Spinner Icon

Rekomendasi Bahan Kitchen Set untuk Dapur Impianmu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 1 Mei 2023
Table of Contents:

Dapur adalah ruangan yang punya andil penting dalam sebuah rumah, tempat yang digunakan segala kegiatan mengolah dan menyiapkan makanan. Maka dari itu, suasana di ruangan ini menjadi penting. Semangat kamu untuk mengolah berbagai hidangan lezat sangat bergantung pada suasana dapur. Memasak di dapur yang tidak nyaman tentu tidak akan menyenangkan. 

Terutama zaman sekarang, semua hal dituntut untuk punya tampilan elegan, modern, dan praktis. Hal ini juga berdampak pada penampilan dapur. Terutama ketika sudah ada inovasi bernama kitchen set yang pastinya membuat tampilan dapur kamu lebih segar dan elegan. 

Pun demikian, jangan sembarangan dalam memilih material kitchen set. Tidak hanya harga yang harus diperhitungkan, terdapat berbagai macam aspek, seperti jangka waktu pemakaian, dan ketahanan kitchen set

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu semua material kitchen set. Terdapat beragam material yang berbeda untuk pembuatan kitchen set. Kali ini, kami akan membahas macam-macam material tersebut, sehingga kamu dapat memilih dengan bijak. Mari disimak! 

Key Takeaways:

  • Kenyamanan di dapur adalah hal krusial. Maka dari itu ruangan ini harus ditata sedemikian rupa sehingga kamu betah mengolah dan menyajikan makanan. Beruntung kini sudah ada inovasi bernama kitchen set yang bisa kamu gunakan, membuat dapur kamu tampak lebih modern dan elegan. 
  • Pun demikian kamu harus mengerti terlebih dahulu beragam jenis bahan kitchen set. Karena setiap bahan memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus sesuai dengan preferensi pribadi kamu. 
  • Pilihlah bahan kitchen set dengan bijak. Tidak hanya dari aspek harga, terdapat beberapa aspek lain seperti ketahanan terhadap air dan jangka waktu pemakaian. 


1. Blockboard 

Bahan blockboard dibuat dari papan kayu lunak dengan campuran veneer. Kitchen set dengan bahan ini disusun secara horizontal. Blockboard memiliki ketahanan yang baik terhadap air, sangat cocok untuk kitchen set, karena kamu akan menggunakan banyak air di dapur. Bahan ini juga memiliki harga yang terjangkau jika kamu ingin menghemat budget untuk membangun kitchen set impian kamu. 

Blockboard juga memiliki tampilan yang menarik untuk mempercantik kitchen set dapur kamu. Pun demikian, bahan ini juga memiliki kekurangan. Kamu mungkin perlu melakukan serangkaian reparasi jika ingin menggunakan bahan ini dalam jangka waktu panjang. Karena blockboard tidak terlalu tahan lama.

2. Multipleks


Plywood atau kerap disebut multiplek merupakan jenis olahan kayu yang paling kuat. Bahan dasar pembuatan multipleks adalah beberapa lapisan kulit kayu yang dipadatkan dengan tekanan tinggi. Multipleks merupakan bahan kitchen set yang sangat kuat dan memiliki banyak kelebihan.

Memiliki tekstur yang begitu rapat, multipleks sangat kokoh dan memiliki daya tahan yang baik terhadap air. Ketahanan yang baik terhadap air membuat multipleks dinilai cocok digunakan sebagai bahan kitchen set, terutama di dapur basah.

Bahan kitchen set yang satu ini terdiri dari kombinasi serat-serat dan kulit kayu. Lapisan luar multiplek lebih kuat dibanding lapisan tengahnya, hal ini memang sengaja agar multipleks tahan terhadap pemuaian dan tidak mudah ditekuk. Tak hanya itu, bahan kitchen set yang satu ini dapat dipakai untuk jangka waktu panjang. Kamu bisa mempertahankannya selama 10 tahun dengan pemakaian yang baik. 

Multipleks juga dapat menjaga tampilan kitchen set tetap elegan dan menarik. Dengan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh multipleks, material ini dianggap cocok untuk membangun furnitur rumah, salah satunya kitchen set.

Namun, kamu perlu menyediakan dana yang cukup banyak untuk membangun kitchen set dengan material ini. Harga multipleks terbilang mahal jika dibandingkan dengan material lain, seperti blockboard

3. Medium Density Fiberboard 

MDF atau Medium Density Fiberboard terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan dengan tekanan tinggi. Material MDF sering dipakai untuk rangka furnitur, salah satunya kitchen set.

Kamu pun dapat mengeluarkan budget yang minim jika menggunakan MDF. Harga MDF relatif lebih murah dari multiplek dan blockboard. MDF akan menciptakan kitchen set dengan permukaan yang halus. Karena, MDF memiliki permukaan yang halus, berbanding terbalik dengan multiplek. Selain itu, MDF memiliki presisi ketebalan yang bagus, lebih lentur dan mudah ditekuk. 

Kekurangan bahan kitchen set yang satu ini tidak memiliki ketahanan terhadap air, sehingga tidak akan cocok berada di dapur basah. Selain itu, MDF kurang cocok digunakan untuk meletakan benda-benda berat. 

4. High Pressure Laminate

High Pressure Laminate (HPL) adalah rekomendasi bahan kitchen set selanjutnya. Sesuai namanya, bahan satu ini dibuat melewati beberapa lapisan yang dipadatkan di bawah tekanan yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, HPL memiliki karakteristik bahan yang sangat keras.

HPL dapat dipakai untuk membuat kitchen set dan tentunya memiliki beberapa kelebihan, yakni praktis pada pengaplikasiannya, tersedia dengan beragam corak, juga warna.

Kamu hanya membutuhkan waktu sebentar untuk membangun kitchen set dengan bahan ini. Ditambah lagi, permukaannya mudah dibersihkan. Kamu jadi tak perlu khawatir soal tampilannya. Namun, dari segi keindahan, corak dan warna HPL masih tidak sebagus pelapis lain.

Baca juga: Inspirasi Bahan Kitchen Set Aluminium untuk Rumah Minimalis

5. High Moisture Resistant

Bahan yang satu ini masih sejenis dengan MDF. Tetapi High Moisture Resistant (HMR) dibuat atau dirancang lebih tahan terhadap air. Maka dari itu, kitchen set yang terbuat dari HMR sangat cocok untuk dapur lembab dan sesekali basah. 

Selain kitchen set, HMR juga kerap kali dijadikan furnitur area interior, seperti kamar mandi dan lemari. HMR cenderung ringan dan tahan terhadap jamur. Tapi, bahan kitchen set yang satu ini kekuatannya tidak sebanding dengan material plywood.

6. Decosheet

Seperti HPL, decosheet pun dibuat dari bahan plastik. Pun demikian, decosheet relatif lebih tipis. Oleh karena itu lebih mudah dibentuk dan fleksibel, variabel yang tentunya dipertimbangkan untuk kitchen set

Decosheet merupakan pilihan yang baik untuk kitchen set minimalis, terutama untuk jenis dapur kering. Kelebihan decosheet terbuat dari bahan yang tidak mudah mengelupas, dan fleksibel sehingga mudah mengikuti bentuk dari lengkungan dapur itu sendiri.

Sama seperti bahan lainnya, bahan membuat kitchen set yang satu ini memiliki kekurangan juga. Karena bahan yang tipis, kitchen set dari decosheet harus dirawat dengan baik dan hati-hati. Karena jika tidak, bahan yang satu ini tidak akan bertahan lama. Selain itu, bahan yang satu ini juga cenderung kurang tahan terhadap unsur panas.

7. Poly Vinyl Chloride


Bahan Poly Vinyl Chloride (PVC) terkenal akan daya tahannya terhadap hama, seperti rayap. Selain itu, harganya lebih terjangkau dibanding kayu solid. PVC board merupakan material susunan lembaran plastik yang mudah dirawat dan anti korosi. Sisi ekonomisnya pun menjadi salah satu kelebihan bahan kitchen set satu ini.

Bahan kitchen set yang satu ini juga anti air maupun minyak. Sehingga tidak heran jika kamu disarankan memakai bahan PVC jika kamu menginginkan kitchen set dengan kualitas yang baik.

Sayangnya, material kitchen set ini tetap memiliki kekurangan. PVC board akan memudarkan warna di kabinet kamu jika dipakai dalam jangka waktu yang panjang.  Sebagai solusi, kamu mungkin bisa segera menggantinya dengan PVC board yang baru karena harga yang terjangkau. Namun, hal ini tentu akan membuat kamu mengeluarkan biaya lebih.

8. Beton 

Bahan kitchen set yang satu ini mungkin terdengar sedikit berlebihan. Namun, beton adalah salah satu opsi yang dapat dipilih. Bahan kitchen set ini bisa diaplikasikan baik secara permanen, maupun cetakan. Umumnya, beton dipakai sebagai campuran untuk kitchen set, tidak untuk keseluruhan. Kamu bisa memakai bahan beton untuk table top dari dapur misalnya.

Baca juga: Kitchen Set Letter L - Desain Dapur untuk Rumah Minimalis


Kesimpulan

Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kamu tentunya memiliki preferensi terkait kekurangan untuk ditoleransi dan kelebihan yang ingin didapat. Jika kamu ingin memilih bahan kitchen set, pilihan paling tepat adalah kayu olahan multipleks. Walaupun memiliki harga tinggi, kamu tidak hanya mendapat material, tetapi juga kekuatan dan kekokohan bahan tersebut, serta ketahanan yang baik terhadap air.

Kunjungi website BTN Properti untuk inspirasi rumah dan program KPR Bank BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua