Spinner Icon

6 Manfaat Kolam Ikan di Rumah dan Tips Membuatnya

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 24 Januari 2023
Table of Contents:

Apakah kamu sedang memikirkan desain kolam ikan? Baik desain kolam ikan minimalis, desain kolam ikan tradisional, atau bahkan desain kolam ikan berkonsep alam, semuanya bisa kamu jadikan opsi dalam membangun kolam ikan di rumah.

Dalam urusan mempercantik tampilan rumah, terkadang kita hanya memikirkan teras rumah, taman rumah, atau merawat serta memiliki lahan yang luas dengan tanaman hijau. Namun, ternyata keberadaan kolam ikan di rumah juga dapat membuat rumah kita semakin cantik loh.

Pada saat membuat kolam ikan pun kita juga memiliki kebebasan dalam berkreasi, mulai dari membangun kolam ikan depan rumah, di taman rumah, atau berada di dekat ruang keluarga. Oleh karena itu, dalam membuat desain kolam ikan, kita juga harus memikirkan model kolam yang tepat sesuai kebutuhan kita. Hal ini agar tampilan kolam ikan menyatu dengan suasana rumah.

Namun, ada banyak orang yang belum mengetahui bahwa membangun kolam ikan di rumah ternyata bisa bermanfaat dari berbagai aspek loh. Bahkan tidak sedikit yang merasa kolam ikan minimalis hanya berfungsi sebagai dekorasi bagi rumah minimalis saja.


Manfaat Kolam Ikan di Rumah

Kolam ikan dianggap sebagai hiasan maupun dekorasi bagi rumah. Namun tidak hanya itu, kolam ikan di rumah juga memiliki beragam manfaat loh. Manfaat yang didapatkan mulai dari menambah nilai estetika rumah, bahkan bermanfaat bagi kesehatan mental kita. Nah pada kesempatan kali ini, BTN Properti akan membahas manfaat memiliki kolam ikan di rumah. Yuk dibaca!

1. Meningkatkan Kesan Cantik pada Rumah

Salah satu manfaat utama yang didapatkan dari adanya kolam ikan di rumah adalah menambah estetika pada rumah kita. Karena pada dasarnya, saat membuat kolam ikan kita juga perlu memikirkan bagaimana desain kolam ikan yang kita inginkan, apakah kita ingin membuat desain kolam ikan minimalis? Atau justru kita ingin desain kolam ikan dengan memanfaatkan batu alam? Aspek-aspek tersebut tetap kita pikirkan pada saat membuat desain kolam ikan.

Selain itu, Urdesign Magazine menyebutkan bahwa kolam ikan dapat meningkatkan keindahan rumah secara signifikan. Rumah dengan lahan luas atau pekarangan hanya akan terlihat biasa saja. Namun, dengan membangun kolam ikan di rumah akan membuat rumah terlihat lebih berwarna dan berkarakter.


2. Membantu Mengurangi Stres

Selain mempercantik tampilan rumah, ternyata kolam ikan dengan desain kolam ikan yang tepat dapat membantu mengurangi stres pada penghuni rumah loh. Dengan adanya kolam ikan di rumah, ternyata dapat memberikan efek yang cukup menenangkan. Tidak hanya itu, suara gemercik air dan gerakan ikan yang mengelilingi kolam bisa memberikan efek yang membuat kita nyaman dan tenang loh.

Menurut VICE, ada penelitian yang menunjukkan bahwa melihat kolam ikan ternyata dapat membantu meredakan stres dan kecemasan, membangun rasa tenang, dan membuat kita menjadi semakin rileks. Bahkan memandangi kolam ikan merupakan salah satu bentuk Animal-Assisted Therapy.


3. Membantu Melestarikan Lingkungan 

Banyak yang belum tahu bahwa membangun kolam ikan di rumah ternyata juga dapat berdampak baik terhadap lingkungan loh. Kolam ikan dapat menjadi media bagi keluarga untuk belajar dalam merawat dan menyayangi makhluk hidup lain seperti ikan. Selain itu, ternyata kolam ikan juga dapat mengajari cara mengelola lingkungan yang baik juga.

Desain kolam ikan depan rumah ternyata juga dapat membangun lingkungan yang baik bagi hewan dan tanaman di sekitar rumah. Kolam ikan dapat mengundang katak, burung, hingga serangga untuk hidup secara nyaman di pekarangan rumah. Selain itu, katak juga dapat hidup dengan memangsa serangga yang dapat mengganggu rumah.

Tentu dalam membuat desain kolam ikan yang baik untuk lingkungan, kita perlu memperhatikan tanaman yang digunakan, air mancur, lahan, hingga batu alam yang dimanfaatkan. Hal ini agar kolam ikan yang kita buat dapat berdampak baik bagi lingkungan.


4. Cocok sebagai Tempat Nongkrong dan Mencari Inspirasi

Salah satu manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari keberadaan kolam ikan di rumah adalah kamu bisa memanfaatkan kolam ikan sebagai tempat bersantai dan mencari inspirasi. Kolam ikan di rumah ternyata dapat menjadi salah satu tempat yang estetik untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

Kamu bisa memanfaatkan ruang maupun lahan di sekitar kolam ikan untuk nongkrong, bersantai, atau bahkan digunakan sebagai tempat untuk piknik. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan ruang di sekitar kolam ikan sebagai tempat untuk pesta barbeque sederhana bersama keluarga dan teman.

Tidak hanya sebagai tempat bersantai, ternyata kolam ikan juga dapat menjadi tempat bagi kamu untuk mencari kedamaian dan mendapatkan inspirasi loh. Suara gemercik air dari kolam dan air mancur dapat memberikan rasa tenang bagi yang mendengarnya. Ketenangan ini cukup bermanfaat apabila kamu sedang mencari inspirasi.


5. Memanfaatkan Lahan dan Ruang pada Rumah

Apakah kamu memiliki lahan atau taman yang luas? Atau rumah kamu memiliki ruang maupun lahan yang tidak terpakai? Daripada tidak dimanfaatkan, kamu bisa loh membuat kolam ikan untuk memanfaatkan ruang dan lahan yang ada di rumah. Keberadaan kolam ikan membuat lahan maupun ruang yang tadinya tidak terpakai menjadi dapat dioptimalkan dengan baik. 

Selain itu, ternyata membuat desain kolam ikan dengan memanfaatkan lahan dan ruang yang ada bisa menambah nilai rumahmu loh. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa desain kolam ikan sebagai tempat bersantai bisa menjadi fitur yang menarik bagi sebuah rumah. Oleh karena itu, keberadaan kolam ikan dapat meningkatkan harga rumah saat kamu berniat menjualnya.


6. Menghemat Budget Keluarga

Mungkin banyak orang yang belum tahu, bahwa kolam ikan di rumah ternyata dapat berkontribusi dalam menghemat pengeluaran keluarga juga loh. Kolam ikan di rumah tidak hanya sebagai tempat untuk menenangkan diri dan meredakan stres, tetapi juga dapat menjadi alternatif hiburan bersama keluarga.

Kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di pinggir kolam ikan sambil melihat ikan. Selain itu, kamu juga dapat mengadakan piknik secara sederhana bahkan acara barbeque bersama keluarga di sekitar kolam ikan. Tentu kamu tidak perlu capek-capek mengadakan piknik di luar rumah dan mengeluarkan biaya jika kamu bisa mengadakannya di rumah.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memanfaatkan kolam ikan sebagai tempat untuk menyimpan ikan konsumsi. Apabila kamu membuat desain kolam ikan khusus untuk beternak, tentu kamu dapat membeli beberapa ikan yang masih hidup untuk dikembangbiakkan dan kemudian kamu panen untuk dimasak serta disantap bersama keluarga.


Baca juga: Desain Kolam Ikan Sederhana dan Tips Merawatnya


Tips Membangun Kolam Ikan di Rumah 

Nah setelah mengetahui apa saja manfaat dari kolam ikan di rumah, mungkin kamu mulai tertarik untuk membangun kolam ikan di rumah. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum membangun kolam ikan di rumah.

Pertama, kamu harus menentukan lokasi yang tepat untuk membangun kolam ikan. Tidak harus membutuhkan tempat yang luas, tetapi kamu harus sesuaikan kolam dengan ukuran tempat dan pencahayaan rumah. Jangan lupa pertimbangkan juga faktor estetika dan letak kolam ikan pada desain rumah.

Kedua, kamu juga perlu memperhatikan perawatan kolam. Kamu bisa mulai dengan memasang pompa air dan filter kolam yang sesuai untuk kolam ikan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mendekorasi kolam dengan batu dan pasir alami yang tidak hanya mempercantik, tetapi juga membantu penyaringan air kolam secara alami.

Ketiga, kamu juga harus memperhatikan kesehatan ikan di dalam kolam. Berikan ikan peliharaan nutrisi yang tepat melalui pakan ikan yang sesuai dengan jenis ikannya. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui serta menjaga kualitas air agar tetap sehat bagi ikan di dalam kolam.

Nah, selain ketiga faktor tersebut kamu juga perlu mempertimbangkan biaya yang ingin kamu keluarkan untuk membuat sebuah kolam ikan.

Ingin tau lebih banyak mengenai inspirasi rumah dan program KPR? Kunjungi website BTN Properti!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua