Spinner Icon

Desain Kolam Renang Rumah yang Cocok untuk Outdoor atau Indoor

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 14 Oktober 2022
Table of Contents:
  • 11 Inspirasi Desain Kolam Renang Indoor dan Outdoor
  • 1. Bentuk Kolam Renang Persegi Panjang
  • 2. Kolam Renang Lap
  • 3. Kolam Renang Arsitektur
  • 4. Kolam Renang Indoor dengan Screened-In
  • 5. Kolam Renang Infinity Edge
  • 6. Kolam Renang Indoor yang Sepenuhnya Tertutup
  • 7. Bentuk Kolam Renang Melingkar
  • 8. Kolam Renang di Atas Tanah
  • 9. Kolam Renang Gaya Spool (Spa+Pool)
  • 10. Kolam Renang Indoor-Outdoor
  • 11. Kolam Rendam Dalam Ruangan
  • Cara Mempercantik Kolam Renang Rumah
  • 1. Buat Bagian Tangga yang Menakjubkan
  • 2. Pencahayaan dan tempat duduk
  • 3. Fitur Air
  • 4. Percantik dengan Tanaman Hijau
  • 5. Buat Suasana Rustic
  • Bagaimana Memilih Kolam Renang yang Tepat?
  • Kesimpulan

Memiliki kolam renang di rumah terlihat menyenangkan. Bayangkan air yang jernih, cuaca hangat, dan kebersamaan dengan keluarga dan teman. Pada artikel ini, kami membagikan desain kolam renang rumah yang cocok dibuat di outdoor maupun indoor.

Jika kamu berencana untuk meng-upgrade rumah dengan membuat kolam renang, kamu bisa mempertimbangkan beberapa desain kolam renang berikut ini.

 

11 Inspirasi Desain Kolam Renang Indoor dan Outdoor

Desain kolam renang bisa dari yang sederhana hingga yang kompleks, dan anggarannya bisa berkisar dari dasar hingga tidak terbatas. Tapi intinya adalah, ada berbagai jenis kolam untuk semua orang, dan kamu juga bisa memikirkan untuk memanjakan diri di kolam renang rumah.

Pada artikel ini, kita akan membahas 11 desain kolam renang di rumah yang mungkin cocok untuk kamu:


1. Bentuk Kolam Renang Persegi Panjang

Contoh: Desain Kolam Proyek Chris & Jennifer Villa oleh OG Architects di Bali 

Salah satu desain kolam renang yang paling populer adalah kolam renang persegi panjang. Kolam persegi panjang sangat bagus untuk tujuan rekreasi. Dengan memasukkan beberapa elemen desain, kamu bisa membuatnya terlihat cantik. 

Penggunaan ubin bisa menjadi salah satu elemen tersebut. Lantai trendi di sekitar kolam renang, furnitur di dekat area kolam dan beberapa tumbuhan besar dapat meningkatkan tampilan menjadi lebih cantik. Kolam persegi panjang juga dapat meningkatkan nilai properti kamu.


2. Kolam Renang Lap

Contoh: Desain Kolam Proyek BUKIT VILLA MAS RESIDENCE oleh Wastu Cipta Parama di Jakarta

Jika kamu ingin membangun kolam untuk tujuan berolahraga dan menjaga kebugaran, maka kolam renang yang satu ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Dengan bentuk persegi panjang, relatif dangkal, dan sempit. Kolam renang lintasan cocok untuk indoor maupun outdoor. Yang terpenting adalah membuatnya tetap sederhana dan pastikan kamu merawatnya dengan baik.

 

3. Kolam Renang Arsitektur

Contoh: Desain Kolam Tropical Proyek Dafam Lubuklinggau oleh Pensil Desain di Lubuk Kupang

Jika ingin kolam renang yang dapat menjadi bagian dekorasi dari properti, jangan gunakan desain yang biasa. Pilihlah bentuk kolam yang berbeda dari yang biasa. Demikian juga, daripada menggunakan ubin putih atau biru sederhana, cari ubin cerah dalam berbagai warna dan bentuk. Kamu mungkin juga bisa menggunakan pencahayaan warna-warni yang tertanam di kolam untuk mempercantik penampilannya.

 

4. Kolam Renang Indoor dengan Screened-In


Kolam renang berikut ini semakin menjadi pilihan yang populer untuk rumah di daerah dengan iklim panas. Dengan membangun penutup layar di sekitar kolam, akan membantu mengurangi perawatan yang diperlukan.  Sehingga akan menghalangi puing-puing, dedaunan, serangga, dan sebagainya agar tidak jatuh ke air—atau yang biasa mengotori area sekitar—kamu dapat menghabiskan waktu untuk menikmati kolam.


5. Kolam Renang Infinity Edge

Contoh: Desain Kolam Kontemporer Proyek Bisma Resort oleh Made Dharmendra Architect di Ubud

Kolam tepi tanpa batas telah menjadi populer karena desainnya yang membuatnya jadi terlihat bagus. Jika kamu kagum dengan keindahan kolam renang infinity edge dan menginginkannya menjadi bagian dari rumah kamu, maka itu harus direncanakan pada saat pembangunan awal rumah.

Hal ini dikarenakan kolam renang infinity edge membutuhkan perencanaan yang substansial dan mungkin sulit jika dimasa depan ingin merenovasi rumah dengan menambahkan kolam renang infinity edge. Selain itu, harganya juga cukup mahal. Jadi, kamu harus memiliki anggaran yang cukup kalau ingin membuatnya.

 

6. Kolam Renang Indoor yang Sepenuhnya Tertutup


Sedikit berbeda dari kolam renang indoor sebelumnya, kolam renang yang satu ini benar-benar tertutup dan ada di dalam ruangan. Selain itu, perawatan dengan kolam ini tentunya lebih mudah dari kolam renang outdoor. Dan, kamu juga bisa membuat suatu instalasi untuk dapat mengatur suhu kolamnya. Kamu juga bisa menambahkan air mancur, hot tub tambahan, seluncuran air, dan banyak lagi.

 

7. Bentuk Kolam Renang Melingkar

Contoh: Pinterest

Jika kamu tidak memiliki cukup ruang, kolam melingkar ini adalah pilihan yang lebih baik. Tidak hanya bisa dibuat di outdoor, kolam ini juga bisa dibuat dalam ruangan. Kamu juga dapat memilih kolam renang dalam bentuk lain seperti oval, segitiga, bulan sabit, dan persegi.

 

8. Kolam Renang di Atas Tanah

 

Desain kolam renang ini memberikan daya tarik tersendiri. Kolam jenis ini dikenal lebih aman dibandingkan dengan kolam di dalam tanah dan juga lebih mudah untuk perawatannya.

Selain itu, menggunakan kolam semacam ini jauh lebih murah daripada kolam yang dibangun dari dalam tanah. Menambahkan dek tinggi yang indah di sekitarnya juga dapat menambah daya tariknya sendiri.

 

9. Kolam Renang Gaya Spool (Spa+Pool)

Contoh: Endless Pools

Kolam ini adalah pilihan ideal jika kamu ingin bersantai di rumah. Perpaduan sempurna antara spa dan kolam renang, sangat ideal untuk properti kecil seperti rumah. Spool terlihat cocok di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Kamu tidak membutuhkan ruang yang luas untuk membangunnya. Kamu bisa pertimbangkan apakah kamu ingin menggunakan spool di dalam tanah atau menggunakan cangkang spa besar untuk membuatnya.

Karena spool dibangun untuk tujuan rekreasi, ada baiknya juga untuk membangun bar di dekatnya dan menempatkan kursi santai di sampingnya untuk bersantai bersama teman dan keluarga.


10. Kolam Renang Indoor-Outdoor

Contoh: Houzz

Kolam renang ini memisahkan kolam renang dalam dan luar ruangan. Di sisi dalam ruangan, kamu dapat memilih bahan atap untuk menghalangi sinar matahari atau curah hujan yang deras. Namun, karena kolam meluas ke luar, suhu lebih sulit dikendalikan.

 

11. Kolam Rendam Dalam Ruangan