Spinner Icon

6 Ciri dan Inspirasi Konsep Rustic untuk Rumahmu!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 Juni 2024
Table of Contents:
  • Pengertian Gaya Rustic
  • Ciri Gaya Arsitektur Rustic
  • 1. Menggunakan material kayu yang terlihat tua
  • 2. Didominasi warna natural dan hangat
  • 3. Bertekstur
  • 4. Penggunaan barang bekas
  • 5. Penggunaan tiang penyangga berbahan kayu
  • Kumpulan Inspirasi Arsitektur Rustic untuk Mempercantik Rumahmu
  • 1. Rumah bergaya rustic sekaligus minimalis
  • 2. Rumah berdesain rustic kontemporer
  • 3. Rumah rustic dengan lahan hijau yang luas
  • 4. Rumah bertingkat dengan konsep barn
  • 5. Rumah rustic dengan gaya modern
  • Kesimpulan

Dalam dunia properti, sering disebut istilah "gaya rustic". Hal ini merupakan istilah yang sering digunakan dalam penjelasan berbagai desain interior rumah. Arsitektur rustic adalah salah satu gaya arsitektur yang berasal dari Amerika Serikat dan digunakan untuk bangunan pemerintah di desa atau desain interior rumah pribadi. Tidak hanya itu, gaya rustic juga memiliki karakteristik tersendiri.

Pada artikel berikut akan dibahas berbagai ciri dan inspirasi konsep rustic. Mari simak artikel berikut untuk tahu lebih lanjut terkait gaya rustic.


Key Takeaways:

  • Jika diterapkan pada desain interior, rustic berkaitan dengan gaya natural yang apa adanya yang diolah dengan sentuhan modern sehingga terlihat menarik.
  • Penggunaan material alami merupakan ciri utama pada arsitektur rustic. Umumnya, gaya rustic menggunakan unfinished wood atau bahkan bahan alam mentah yang belum diolah.
  • Dengan menggabungkan keindahan alam bersama dengan elemen-elemen modern, membuat desain rumah rustic kontemporer terlihat memukau dan indah.

Pengertian Gaya Rustic

Jika diterapkan pada desain interior, rustic berkaitan dengan gaya natural yang apa adanya yang diolah dengan sentuhan modern sehingga terlihat menarik. Desain rustic identik dengan hal-hal yang bernuansa klasik. Inspirasi desain ini berasal dari bangunan pedesaan dengan kesan alami, tekstur yang terbuat dari alam, dan dominasi penggunaan warna-warna sederhana tetapi klasik.

Dengan menggunakan gaya rustic rumah akan terasa hangat dan klasik. Hal utama dalam desain interior rustic adalah material yang natural. Contohnya, kamu bisa menggunakan meja kayu dengan tekstur yang masih kasar. Dengan begitu, kesan klasik akan semakin kuat di rumahmu. Beberapa warna yang cocok untuk gaya ini adalah warna-warna sederhana seperti abu, hitam, coklat kayu, kuning, atau warna bata.


Ciri Gaya Arsitektur Rustic

Karakteristik utama gaya rustic adalah penggunaan material tanpa finishing dan bertekstur kuat. Tetapi tidak hanya itu, beberapa ciri lainnya:

1. Menggunakan material kayu yang terlihat tua

Penggunaan material alami merupakan ciri utama pada arsitektur rustic. Umumnya, gaya rustic menggunakan unfinished wood atau bahkan bahan alam mentah yang belum diolah. Tidak hanya kayu, bahan alam lain seperti batu alam, besi tempa, logam, linen, wol, atau kulit. Kamu bisa aplikasikan material alami tersebut baik pada dinding, lantai, atau bahkan furnitur.

2. Didominasi warna natural dan hangat

Tidak hanya material, gaya rustic juga menggunakan warna-warna sederhana yang memberikan kesan hangat pada rumah. Misalnya, cokelat, abu-abu, hijau, merah oxblood, dan warna lainnya. Kamu bisa menyesuaikan dengan warna material alam seperti bebatuan, batang kayu, dan tanah.

3. Bertekstur

Ciri selanjutnya yaitu ruangan dengan desain rustic umumnya terkesan kasar. Pasalnya, gaya rustic menggunakan berbagai jenis material atau kain bertekstur. Mulai dari linen, wol, kanvas, karpet, selimut, bahan pelapis kursi.

Untuk menambahkan kesan alami, kamu juga bisa menambahkan dekorasi seperti keranjang atau lampu dari anyaman, bebatuan lantai, dan lain-lain.

4. Penggunaan barang bekas

Siapa bilang gaya rustic selalu memerlukan furnitur mahal yang alami? Ternyata, arsitektur rustic juga bisa kamu ciptakan dengan memanfaatkan barang bekas yang kamu miliki. Mulai dari potongan kayu sisa tanpa finishing, lampu dari kaleng kosong, peti untuk lemari, dan lain-lain.

Kamu juga bisa mencari atau membeli barang bekas di pasar loak atau toko antik untuk menciptakan rumah dengan arsitektur rustic. Gunakan hiasan atau ornamen etnik untuk menciptakan kesan kuat pada rumah.

5. Penggunaan tiang penyangga berbahan kayu

Kamu juga bisa menggunakan penyangga berbahan kayu mentah dengan warna aslinya sebagai tiang penyangga rumah. Tidak hanya sebagai penyangga, tiang ini akan menambahkan kesan rustic yang lebih kuat di seluruh rumah.

Baca juga: Simak Jenis-Jenis Bahan Kayu Terbaik Untuk Interior Rumah!


Kumpulan Inspirasi Arsitektur Rustic untuk Mempercantik Rumahmu


Rumah rustic tidak hanya sekedar penggunaan unfinished material. Tetapi, kini telah muncul berbagai konsep desain arsitektur rustic yang modern untuk menyesuaikan seleramu. Berikut ini beberapa inspirasi desain rustic:

1. Rumah bergaya rustic sekaligus minimalis

Dengan lahan yang terbatas, kamu juga bisa menciptakan gaya rustic. Jangan menggunakan terlalu banyak dekorasi yang berlebihan. Tetap fokus untuk menggunakan material alami untuk memperkuat gaya rustic. Selain itu, kamu juga dapat memperhatikan pemilihan warnanya. Gunakan warna-warna dominan pada gaya rustic seperti cokelat, abu-abu, putih, dan cream untuk menciptakan kesan hangat dan netral. Tambahkan sedikit dekorasi beraksen alami seperti tanaman hias atau bebatuan kecil.

2. Rumah berdesain rustic kontemporer

Dengan menggabungkan keindahan alam bersama dengan elemen-elemen modern, membuat desain rumah rustic kontemporer terlihat memukau dan indah. Seperti biasa, untuk menampilkan kesan hangat dan kesan alami, kamu bisa menggunakan material kayu baik pada dinding ataupun dasar lantai rumah. Dengan material tersebut, rumah akan terlihat memiliki sentuhan otentik seperti rumah dengan nuansa desa tenang.

Selain itu, untuk menambahkan sentuhan kontemporer kamu dapat menambahkan material logam dan beton pada interior maupun eksterior rumah. Pastikan bahwa rumah menerima pencahayaan alami yang cukup dengan jendela-jendela besar dan juga untuk memperlancar sirkulasi udara. Kamu juga dapat membuat kolam renang, teras terbuka, dan taman rimbun untuk menciptakan lingkungan menawan dan modern.

3. Rumah rustic dengan lahan hijau yang luas

Berbeda dengan desain yang sebelumnya, desain ini lebih berfokus pada unsur hijau pada eksterior rumah. Kamu dapat membangun lahan hijau pada eksterior rumah daripada menggunakan material alami. Dengan begitu, rumah akan lebih asri.

4. Rumah bertingkat dengan konsep barn

Tidak hanya untuk bangunan satu lantai, ternyata desain rustic juga dapat diaplikasikan pada rumah bertingkat dua lantai. Kamu bisa mengusung konsep barn seperti bangunan peternakan di Amerika.

5. Rumah rustic dengan gaya modern

Dengan dominasi material alami seperti kayu, baru, dan logam, membuat rumah bergaya rustic tampak modern. Aplikasikan kayu pada lantai rumah dan tambahkan aksen dekoratif di dinding ruangan. Kamu juga dapat menggunakan batu dan logam untuk memberikan tampilan yang kuat dan kokoh. Rumah bergaya rustic modern umumnya terlihat bersih, mewah, dan minimalis.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Rumah Kontemporer yang Modern


Kesimpulan

Itu dia inspirasi seputar ciri-ciri gaya rustic lengkap dengan kumpulan inspirasi desain yang cocok untuk rumahmu. Kamu juga bisa mengunjungi situs web kami dengan klik tautan ini untuk informasi lebih lanjut mengenai inspirasi dekorasi hunian.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua