Spinner Icon

Ini Ciri-ciri Rumah Kontemporer yang Modern

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 10 Februari 2023
Table of Contents:
  • Pengertian Rumah Gaya Kontemporer
  • Ciri Khas Rumah Kontemporer Modern
  • 1. Penggunaan Warna Netral
  • 2. Pemanfaatan Cahaya Alami
  • 3. Desain Kontemporer dengan Bahan Material Alami
  • 4. Desain Rumah Minim Sekat
  • 6. Penggunaan Teknologi Canggih pada Rumah Kontemporer

Pada saat ini, kita seringkali mendengar berbagai jenis dan model desain rumah di sekitar kita, mulai dari desain rumah modern, desain rumah minimalis, desain rumah tradisional, hingga gaya desain rumah kontemporer.

Cukup menarik untuk mengulik lebih dalam tentang gaya rumah kontemporer modern. Agar kita dapat mengetahui seperti apa sebenarnya rumah kontemporer dan perbedaannya dengan rumah desain modern. Simak artikel berikut untuk memahami pengertian rumah kontemporer dan ciri khas desain rumah kontemporer.


Pengertian Rumah Gaya Kontemporer

Pada dasarnya, rumah kontemporer atau arsitektur kontemporer memiliki definisi yang cukup luas dan seringkali terjadi kesalahpahaman antara arsitektur kontemporer dengan arsitektur modern. Padahal, kedua gaya arsitektur tersebut memiliki definisi dan kesan gaya yang berbeda.

Mymove menyebutkan bahwa gaya arsitektur modern merupakan gaya desain rumah yang populer dan sering ditemui penggunaan desain tersebut pada tahun 1920-an hingga 1950-an. Sementara, arsitektur desain kontemporer merupakan gaya arsitektur yang digunakan pada abad ke-21.

Desain rumah kontemporer sendiri merupakan pengembangan dari gaya arsitektur modern dan post-modern. Meski berasal dari pengembangan, tetapi arsitektur gaya kontemporer mengedepankan fitur-fitur seperti material rumah ramah lingkungan, desain minimalis, rumah maupun interior yang berkelanjutan, dan hunian dengan energi yang efisien.

Secara desain sendiri, rumah kontemporer terkenal dengan kesan simpel dan minimalis. Namun, rumah kontemporer tidak terbatas dengan aturan apapun sehingga desainnya juga sering menggunakan bentuk maupun garis yang beragam, interior yang unik hingga unsur elemen dinamis selama tidak mengurangi unsur fungsi dari rumah tersebut.

Baca juga: Ciri-Ciri Rumah Kontemporer Modern yang Sedang Populer Saat Ini


Ciri Khas Rumah Kontemporer Modern

Setelah mengetahui definisi rumah kontemporer dan perbedaannya dengan arsitektur modern, tentu hal yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah ciri-ciri dari rumah kontemporer modern. Nah, artikel ini akan membahas apa aja sih ciri-ciri desain kontemporer, khususnya pada rumah gaya kontemporer modern. Yuk kita bahas!

1. Penggunaan Warna Netral

Salah satu ciri khas dari rumah kontemporer adalah penggunaan warna netral untuk interior maupun eksteriornya. Warna-warna netral, seperti putih, hitam, abu-abu, cukup identik dengan gaya desain rumah kontemporer.

Warna-warna netral tersebut sering diaplikasikan untuk ruang tamu, ruang dapur, hingga ruang teras. Penggunaan warna ini seringkali dianggap agar menunjukkan kesan ruang yang lebih luas. Tidak hanya itu, desain rumah kontemporer juga tak jarang mengkombinasikan warna yang netral dengan warna kontras agar menimbulkan kesan yang estetik serta berbeda.


2. Pemanfaatan Cahaya Alami

Ciri khas lain yang dimiliki oleh rumah dengan gaya desain kontemporer adalah memaksimalkan cahaya alami sebagai sumber pencahayaan rumah. Memanfaatkan cahaya alami pada dasarnya memenuhi salah satu elemen dari fitur dari rumah gaya kontemporer, yaitu ramah lingkungan dan penggunaan energi yang efisien sehingga lebih hemat listrik.

Dalam memaksimalkan pencahayaan secara natural, rumah kontemporer seringkali menggunakan jendela yang besar agar cahaya matahari dapat menyinari rumah sepenuhnya. Tidak hanya itu, hunian kontemporer juga memanfaatkan kaca sebagai sekat antar ruangan agar cahaya dapat terdistribusi dengan baik.

3. Desain Kontemporer dengan Bahan Material Alami

Sebagai salah satu wujud dari rumah dengan material ramah lingkungan, rumah desain kontemporer juga menggunakan bahan-bahan alami sebagai materialnya.

Mayoritas rumah dengan desain kontemporer menggunakan lantai yang berasal dari kayu hingga kayu daur untuk memunculkan karakter alami pada rumah tersebut. Penggunaan lantai kayu dapat memberikan kesan yang halus dan minimalis pada rumah.

Tidak hanya itu, rumah kontemporer dengan desain modern juga menggunakan bahan-bahan natural lainnya, seperti batu alam, tekstil, hingga menggunakan tanaman sebagai bagian dari eksterior maupun interiornya. Penggunaan bahan alami pada rumah gaya kontemporer dinilai tidak hanya agar memberikan kesan natural, tetapi juga agar materialnya lebih tahan lama sehingga dapat digunakan selama bertahun-tahun.

4. Desain Rumah Minim Sekat

Karakteristik lain yang bisa kamu temukan dalam rumah kontemporer adalah desain yang terbuka dan minim atau bahkan tanpa sekat. Penataan interior yang minim sekat ini digunakan agar ruang dalam rumah punya kesan yang luas dengan tidak adanya tembok pembatas pada masing-masing ruang.

Selain itu, minimnya penggunaan sekat dalam rumah kontemporer juga dapat memberikan tampilan yang minimalis serta modern. Ditambah, rumah yang memiliki sekat lebih sedikit akan lebih mudah dalam menata serta memanfaatkannya.

5. Interior yang Minimalis

Salah satu ciri lain yang ada dalam rumah kontemporer adalah pemilihan interior yang minimalis. Pemilihan interior yang minimalis ini bisa kamu lihat mulai dari lantai dari rumah tersebut.

Pada lantai rumah gaya kontemporer, warna dan motif yang digunakan cenderung polos. Penggunaan karpet untuk rumah kontemporer utamakan menggunakan motif serta warna yang serasi dengan lantai.

Sementara itu, interior dan dekorasi yang digunakan pada desain rumah kontemporer cenderung memiliki warna yang netral. Dekorasi yang dipilih pun dianjurkan untuk memilih tanaman besar dan pigura lukisan maupun foto tanpa motif yang terlalu mewah.

Baca juga: Percantik Rumah Anda dengan Inspirasi Interior Rumah Minimalis

6. Penggunaan Teknologi Canggih pada Rumah Kontemporer

Salah satu aspek penting rumah dengan gaya kontemporer adalah penggunaan teknologi canggih di dalam rumah. Penggunaan teknologi pada rumah kontemporer sendiri digunakan agar rumah memiliki kesan smart home yang efisien.

Penggunaan teknologi untuk rumah kontemporer juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik interior dan dekorasi yang ada di rumah. Kesan minimalis dari penggunaan teknologi juga dapat diterapkan dengan mengatur instalasi alat elektronik serapi mungkin. Selain itu, kamu juga bisa mengatur panel lampu secara otomatis agar terlihat lebih futuristik.

Aspek penting dalam penggunaan teknologi untuk rumah kontemporer adalah penataan kabel. Tentu kamu tidak ingin ada kabel yang tak beraturan di lantai maupun dinding. Oleh karena itu, penataan kabel yang baik dibutuhkan agar rumah tampak minimalis dan rapi.

Sebelum membangun rumah gaya kontemporer, kamu perlu perhatikan tips berikut agar tampilan rumah kontemporermu semakin cantik! Gunakan warna yang netral untuk rumah dan dipadukan dengan warna yang lembut agar semakin indah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan dekorasi seminimal mungkin agar rumah tetap terlihat rapi dan minimalis.

Kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rumah dan program KPR dari BTN. Klik di sini untuk menjelajahi website BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua