Spinner Icon

Pentingnya Mengetahui Kutu Kasur hingga Cara Membasminya

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 15 Desember 2023
Table of Contents:
  • Apa Itu Kutu Kasur?
  • Penyebab Kutu Kasur
  • Akibat Gigitan Kutu Kasur
  • Cara Membasmi Kutu Kasur
  • 1. Mengidentifikasi asal kutu kasur tersebut
  • 2. Membersihkan kasur secara berkala dengan vacuum cleaner
  • 3. Mencuci pakaian selimut gorden sarung bantal dan guling serta sprei menggunakan air panas
  • 4. Menggunakan minyak esensial
  • 5. Menggunakan kapur barus dan silica gel
  • 6. Menyemprotkan air garam
  • 7. Memperbaiki dinding atau lantai yang retak
  • 8. Menggunakan larutan cuka
  • 9. Menggunakan insektisida
  • Kesimpulan

Sering mengalami gatal-gatal pada kulit ketika sedang rebahan? Ternyata, hal tersebut merupakan salah satu akibat dari kutu kasur. Umumnya, kutu kasur bersembunyi di lipatan kasur atau ujung sudut kasur.

Hewan ini sering disebut sebagai hama karena menghisap darah manusia. Apakah kutu kasur berbahaya? Kutu kasur memang tidak berbahaya. Walaupun begitu, kutu kasur cukup mengganggu aktivitasmu.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengenali apa itu kutu kasur dan cara membasminya supaya aktivitasmu dapat berjalan lancar tanpa terganggu. Mari simak artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Key Takeaways:

  • Kutu kasur adalah serangga berukuran kecil yang menghisap darah untuk bertahan hidup.
  • Hal yang paling disukai oleh kutu kasur yaitu suhu panas dari tubuh manusia serta gas karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia.
  • Gigitan kutu kasur atau sering disebut dengan istilah bedbugs bites dapat meninggalkan bekas gigitan seperti gigitan serangga pada umumnya yaitu berupa bentol atau bilur kemerahan di kulit.

Apa Itu Kutu Kasur?


Kutu kasur adalah serangga berukuran kecil yang menghisap darah untuk bertahan hidup. Kutu kasur sering dikenal dengan istilah bed bugs. Dengan bersembunyi di area tempat tidur, kutu kasur akan menggigit dan menghisap darah manusia saat ia tidur di malam hari.

Banyak orang kerap menyamakan kutu kasur dengan tungau. Padahal, keduanya merupakan hewan yang berbeda. Tungau memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat langsung dengan mata telanjang.

Hal ini tentu berbeda dengan kutu kasur. Serangga yang satu ini berbentuk pipih dan memiliki tubuh berwarna kecoklatan. Ukurannya juga cukup kecil yaitu kurang lebih 5 milimeter. Meskipun begitu, kutu kasur di rumah masih bisa kita lihat menggunakan mata telanjang.

Walaupun berukuran kecil, ternyata kutu kasur dapat berkembang biak dengan cepat dan berbahaya bagi kulit. Selain bersembunyi di selipan kasur, hewan ini juga mampu merayap ke pakaian atau benda lainnya. Tidak hanya itu, kutu kasur juga dapat bersembunyi di beberapa tempat berikut:

  • Area di celah saklar lampu
  • Bantal
  • Guling
  • Gorden
  • Pakaian
  • Celah perabotan
  • Karpet
  • Area sekitar kasur
  • Sprei

Selain itu, kutu kasur sering ditemukan di rumah sakit, penginapan, transportasi, tempat pengungsian, apartemen, asrama, kos, taman bermain anak-anak, perpustakaan, dan lain-lain.

Baca juga: Mudahkan Perawatan Rumah dengan Peran Jasa Bersih Rumah


Penyebab Kutu Kasur

Hal yang paling disukai oleh kutu kasur yaitu suhu panas dari tubuh manusia serta gas karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia. Oleh sebab itu, kutu kasur kerap muncul di area yang ditinggali oleh manusia.

Kutu kasur juga tidak muncul dengan tiba-tiba. Ada beberapa faktor pemicu yang menyebabkan kutu kasur muncul, antara lain:

  • Beberapa perlengkapan sudah lama tidak dibersihkan atau diganti selama beberapa bulan atau sampai bertahun-tahun.
  • Pakaian yang telah digunakan keluar, diletakkan di atas kasur atau sofa.
  • Kutu kasur yang menempel pada pakaian yang telah disimpan lemari pada jangka waktu lama.

Selain itu, beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa terdapat kutu kasur di area kasur kamu yaitu:

  • Tercium bau apek di daerah sekitar ranjang yang menjadi tempat berkumpul atau bersembunyi kutu kasur
  • Terdapat beberapa noda darah di tempat tidur
  • Muncul noda hitam berupa kotoran kutu kasur
  • Terdapat bercak kuning seperti bekas cangkang kutu kasur di area tempat tidur


Akibat Gigitan Kutu Kasur

Gigitan kutu kasur atau sering disebut dengan istilah bedbugs bites dapat meninggalkan bekas gigitan seperti gigitan serangga pada umumnya yaitu berupa bentol atau bilur kemerahan di kulit. Hanya saja bedanya bekas gigitan tersebut tidak hanya terasa gatal, melainkan juga terasa terbakar.

Namun, rasa gatal tidak langsung terasa pada orang yang baru pertama kali digigit kutu kasur. Umumnya rasa gatal akan muncul setelah beberapa hari. Kamu bisa saja terkena gigitan kutu kasur di rumah berkali-kali. Rasa gatal pada kulit juga akan lebih cepat terasa jika kamu sering digigit hewan ini.

Tidak berhenti sampai disitu, gigitan kutu kasur juga dapat memicu reaksi alergi. Reaksi tersebut memiliki gejala berupa bengkak yang terasa nyeri dan gatal di area bekas gigitan. Bahkan lebih bahayanya lagi, gigitan kutu kasur bisa memicu anafilaksis yang berarti reaksi alergi berbahaya hingga dapat mengancam nyawa seseorang. Apabila kamu digigit kutu kasur, usahakan tidak menggaruknya untuk mencegah terjadinya infeksi kulit yang serius.


Cara Membasmi Kutu Kasur


Kutu kasur dapat kamu basmi dengan beberapa cara. Hanya saja hal tersebut harus kamu lakukan secara konsisten dan dengan penuh usaha agar kutu kasur benar-benar hilang dan tidak kembali lagi.

Tidak hanya itu, pembasmian kutu kasur juga membutuhkan waktu yang cukup panjang. Jadi, kamu perlu bersungguh-sungguh dan bersabar jika ingin kutu kasur terbasmi secara menyeluruh.

Berikut beberapa cara untuk membasmi kutu kasur yang telah kami kumpulkan khusus untukmu, yaitu:

1. Mengidentifikasi asal kutu kasur tersebut

Langkah pertama merupakan langkah terpenting yang harus kamu lakukan. Langkah tersebut yaitu dengan mengidentifikasi darimana kutu kasur tersebut berasal. Dengan begitu, kamu bisa membasminya langsung dari daerah asalnya supaya ia tidak muncul lagi. Kamu bisa mencarinya dengan beberapa indikasi menunjukkan bahwa terdapat kutu kasur yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Membersihkan kasur secara berkala dengan vacuum cleaner

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dalam membasmi kutu kasur. Dengan kemajuan teknologi, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kutu kasur.

Kamu hanya perlu mengarahkan ujung vacuum cleaner ke area dimana kutu kasur bersembunyi seperti bawah karpet, celah perabotan, sela lemari, sela kasur, dan lain-lain. Lalu, berbagai kotoran dan kutu kasur akan disedot ke dalam vacuum cleaner. Terakhir, kamu bisa memasukkan kotoran tersebut ke dalam kantok plastik atau plastik zip sebelum membuangnya.

3. Mencuci pakaian, selimut, gorden, sarung bantal dan guling, serta sprei menggunakan air panas

Ternyata, suhu yang tinggi dapat membunuh kutu atau serangga lainnya seperti suhu sekitar 46 derajat celcius. Dengan begitu, mencuci pakaian dan benda lainnya menggunakan air panas mampu membasmi kutu kasur.

Kecanggihan teknologi telah memberikan banyak kemudahan dalam hidup manusia. Salah satunya kemajuan mesin cuci. Kamu bisa mengatur mesin cuci di suhu tertinggi selama 30 menit dan pengering selama 30 menit. Dengan begitu, kutu kasur dapat dengan mudah terbasmi.

Namun, jika mesin cuci milikmu tidak ada fitur pengaturan suhu atau kamu belum membeli mesin cuci, maka kamu dapat menjemur baju langsung di bawah sinar matahari. Alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu mencuci baju menggunakan air dengan suhu panas secara manual.

4. Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial terkenal efektif dapat membasmi kutu kasur. Hal ini berdasarkan pada penelitian tahun 2012 yang menyebutkan bahwa beberapa produk pembasmi kutu seperti EcoRider terbukti dapat membunuh lebih dari 90% kutu busuk yang terdapat pada sebuah cawan petri.

5. Menggunakan kapur barus dan silica gel

Kutu kasur juga dapat berasal dari lemari pakaian. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan kapur barus. Kapur barus terkenal efektif dalam mencegah pertumbuhan serangga dan beragam jenis kutu. Namun, terkadang sebagian orang tidak menyukai aroma kapur barus. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan silica gel. Kamu cukup meletakkannya di sudut-sudut lemari.

6. Menyemprotkan air garam

Siapa sangka air garam bisa membasmi kutu kasur? Kamu cukup melarutkan garam ke dalam air, kemudian menyemprotkannya ke area yang dihuni oleh kutu kasur secara merata.

7. Memperbaiki dinding atau lantai yang retak

Tahukah kamu kutu kasur suka bersembunyi di celah-celah area kasur? Salah satu area yang paling sering dihuni oleh kutu kasur yaitu celah dinding atau lantai yang retak. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk segera memperbaiki dinding atau lantai yang retak. Kamu bisa menambalnya supaya kutu kasur tidak bersarang disana.

8. Menggunakan larutan cuka

Larutan cuka ternyata juga dapat membunuh kutu kasur yang membandel. Hal ini terbukti karena larutan cuka mengandung unsur asam yang sangat kuat. Selain itu, cuka mudah ditemukan. Pasalnya cuka termasuk ke dalam bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Kamu cukup mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 1:1. Kemudian kocok larutan tersebut sehingga larutan cuka siap untuk digunakan.

9. Menggunakan insektisida

Terakhir yaitu membasmi kutu kasur dengan cairan insektisida. Cara ini merupakan cara paling ampuh karena dapat membasmi banyak kutu kasur sekaligus. Produk insektisida juga mudah ditemukan karena telah dijual di pasar tradisional maupun e-commerce. Kamu bisa membeli cairan insektisida yang telah terbukti aman agar tidak mengganggu kesehatanmu.

Jangan lupa untuk memakainya sesuai petunjuk penggunaan. Kemudian, hindari diri, anak, dan hewan peliharaan dari bahan kimia tersebut selama proses pembasmian berlangsung. Apabila kamu ragu, disarankan untuk menggunakan jasa pembasmi hama yang sudah profesional dan terbiasa menggunakan bahan berbahaya.

Baca juga: Manfaat Menjemur Bantal, Guling, dan Kasur untuk Kesehatan


Kesimpulan

Itu dia 9 cara efektif untuk membasmi kutu kasur di rumah. Cara ini dapat kamu terapkan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak ingin kutu kasur mengganggu aktivitasmu? Segera terapkan 9 cara di atas untuk membasmi kutu kasur! Tertarik dengan artikel tips lainnya? Simak pada link berikut ini!

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua