Spinner Icon

Simak Inspirasi Model Meja Acrylic untuk Rumahmu!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 12 Juni 2023
Table of Contents:

Akrilik merupakan salah satu material yang umum digunakan untuk membuat furnitur dengan desain yang trendy dan estetik. Akrilik adalah material yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam benda sesuai dengan keinginan. 

Seiring perkembangan zaman, penggunaan akrilik semakin populer di masa modern ini. Mulai dari pembuatan akuarium, panel jendela, dan masih banyak lagi produk bermanfaat lainnya yang dapat dibuat dengan akrilik, salah satunya adalah meja akrilik. 

Pada artikel kali ini, akan dibahas seputar aplikasi akrilik untuk pembuatan meja yang estetik. Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Key Takeaways:

  • Akrilik merupakan sebuah plastik polimer yang berbentuk lembaran transparan.
  • Bahan akrilik dapat digunakan untuk membuat berbagai macam furnitur yang estetik, termasuk meja makan, meja kasir, dekorasi, dan lain-lain. 
  • Beberapa inspirasi desain meja akrilik yang cocok untuk rumah minimalis, antara lain meja akrilik berbentuk persegi panjang, persegi, model waterfall, meja akrilik gabungan, dan meja akrilik dengan sudut unik. 

Sekilas Mengenai Akrilik

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut mengenai meja akrilik, penting bagi kamu untuk mengenal terlebih dahulu apa itu akrilik. Akrilik merupakan sebuah plastik polimer yang berbentuk lembaran transparan. Material ini merupakan bahan bening yang rupanya mirip dengan kaca dengan transparansi yang lebih baik. Meskipun menyerupai kaca, bahan akrilik memiliki bobot 50% lebih ringan daripada kaca dengan ketebalan yang sama. Bahan akrilik dapat kamu gunakan untuk membuat berbagai macam furnitur yang estetik, termasuk meja makan, meja kasir, dekorasi, dan lain-lain. 

Ada 4 jenis akrilik yang dapat digunakan dalam pembuatan furnitur, antara lain cast acrylic, extruded acrylic, clear acrylic sheeting, dan colored acrylic sheeting. Homopolimer termoplastik transparan ini memiliki beberapa sifat fisik, antara lain: 

  • Resistensi tinggi
  • Tahan cuaca dan sinar UV
  • Ringan
  • Kejernihan optik atau transparansi tinggi
  • Stabilitas dimensi yang baik
  • Ketahanan kimia yang baik

Kelebihan Meja Akrilik

Di samping modelnya yang trendy, meja akrilik juga memiliki beberapa kelebihan berikut, antara lain:

1. Aman digunakan 

Jika berbicara tentang material tembus pandang, kaca pastilah material yang paling pertama muncul di benakmu. Namun sayangnya, meja yang terbuat dari kaca kurang aman digunakan. Hal ini karena jika meja kaca pecah, maka akan menyebabkan pecahan-pecahan tajam yang pastinya tidak aman. 

Oleh karena itu, akrilik dapat menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang ingin memiliki desain meja yang tembus pandang namun tetap aman digunakan. Meja yang terbuat dari akrilik tidak mudah pecah dan jika pecah pun tidak akan menghasilkan pecahan-pecahan yang tajam layaknya kaca. 

2. Kuat

Meskipun terkenal akan bobotnya yang ringan, kamu tidak perlu ragu akan kekuatan yang dimiliki meja akrilik. Meja akrilik sendiri kuat dan mampu menahan berbagai benda yang diletakkan di atasnya. Selain itu, meja akrilik juga tidak mudah pecah dan tahan lama, sehingga dapat kamu gunakan untuk bertahun-tahun lamanya. Jika dibandingkan dengan kaca, akrilik sendiri 10 kali lebih tahan benturan daripada kaca. 

3. Mudah Dibersihkan

Bahan akrilik sangat mudah dirawat. Untuk membersihkan akrilik dari noda dan kotoran, kamu dapat menggunakan kain mikrofiber basah dan akrilik akan terlihat bersih kembali. Namun, ingatlah untuk memastikan tidak adanya partikel, pasir, atau kotoran kasar pada kain pembersih yang kamu gunakan untuk membersihkan meja akrilik. 

4. Fleksibel dalam Berbagai Jenis Desain

Salah satu kelebihan lain dari akrilik adalah sifatnya yang fleksibel yang dapat dibuat menjadi berbagai macam desain yang menarik. Akrilik sendiri dapat melunak di bawah suhu tinggi dan bersifat termoplastik, sehingga bahan ini memiliki sifat yang fleksibel dan mudah dibentuk. Kamu dapat mendesain atau mencetak akrilik menjadi berbagai bentuk yang sesuai dengan keinginanmu, mulai dari persegi, persegi panjang, lingkaran, dan berbagai bentuk lainnya. 

5. Harga Terjangkau

Ingin meja terlihat estetik dengan desain tembus pandang dengan harga yang terjangkau? Jika kamu bandingkan dengan material kaca, harga meja yang terbuat dari material akrilik jauh lebih terjangkau dengan kualitas yang tidak kalah baik daripada kaca. Dengan kualitas yang baik dan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa mendapatkan furnitur yang berkualitas tanpa mengeluarkan banyak biaya. 

6. Dapat Dibuat Lebih Menarik dengan Cat

Kelebihan terakhir dari furnitur akrilik adalah kamu dapat berkreasi dengan material ini tanpa takut merusak kualitasnya. Meja akrilik kamu dapat dibuat lebih menarik dengan mengecat mejamu menggunakan warna-warna yang sesuai agar tampilannya menjadi lebih menarik. Namun, ingatlah untuk memilih warna yang cocok dan tidak bertabrakan dengan furnitur atau interior lainnya di ruangan. 

Inspirasi Desain Meja Akrilik yang Cocok untuk Rumah Minimalismu


Tertarik untuk mengaplikasikan meja akrilik ke rumah minimalismu? Berikut adalah beberapa inspirasi desain meja akrilik yang dapat kamu aplikasikan ke dalam rumah minimalismu.

1. Meja Akrilik Persegi Panjang

Meskipun bentuk persegi panjang banyak dianggap model yang cukup tradisional, namun kenyataannya model meja persegi panjang masih trendy loh. Sebuah meja akrilik persegi panjang dapat meniru berbagai macam benda secara bersamaan, mulai dari kilau lantai marmer, akuarium, dan sebagainya. Dengan bentuknya yang sederhana, meja akrilik dengan model persegi panjang dapat dengan mudah diakses oleh semua penghuni rumah yang sedang berkumpul di ruang tamu. 

2. Meja Akrilik Persegi

Bentuk persegi yang sederhana juga cocok diaplikasikan ke dalam desain meja akrilik. Dengan potongan akrilik yang bahkan hampir tak terlihat, kamu dapat menambah kesan elegan pada ruangan. Meja akrilik berbentuk persegi akan terlihat seolah-olah sebagai sebuah kotak akrilik yang akan membuat benda-benda terkesan ringan dan memungkinkan kamu untuk memperhatikan detail lainnya di ruangan. Bentuk persegi akan memberikan ilusi bagi ruangan agar terlihat lebih luas.

3. Meja Akrilik Model Waterfall

Model waterfall untuk meja akrilik kecil adalah desain yang paling sederhana dan sangat cocok untuk ruang yang sempit. Desain meja akrilik ini cocok ditaruh di ruang tamu. Dengan bahan akrilik yang transparan, meja ini akan terlihat seolah-olah menghilang ke dalam latar ruangan. Kamu dapat memadukan meja akrilik dengan model waterfall dengan peralatan atau interior lain yang bersudut tajam. Perpaduan ini akan memberikan kontras yang indah pada ruangan. 

4. Meja Akrilik Gabungan

Tidak cukup hanya dengan satu meja akrilik saja? Untuk menciptakan kesan lebih estetik dan modern, kamu dapat menggunakan lebih dari satu meja akrilik. Sebagai inspirasi, kamu dapat menggabungkan lebih dari satu meja akrilik kecil yang secara visual akan sangat menarik, misalnya kamu dapat menggunakan empat meja akrilik persegi. Selain itu, kamu juga dapat menggabungkan dua meja akrilik persegi panjang yang lebih besar untuk membuat satu meja persegi yang lebih besar. 

5. Meja Akrilik dengan Bentuk Unik

Untuk ruang yang memiliki detail mewah, meja akrilik dengan bentuk unik adalah salah satu desain yang dapat diaplikasikan. Meja akrilik dengan sudut kaki model “kupu-kupu” adalah salah satu contoh desain meja dengan detail yang indah. Untuk ruang kontemporer yang didominasi dengan bentuk kotak dan sudut siku-siku, kamu dapat mengaplikasikan satu atau dua diagonal untuk menjaga ruangan tetap terlihat segar. Meja akrilik dengan kaki miring dapat membantu mempertahankan sensibilitas modern dengan kesan yang unik. 

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Meja Dapur Cantik untuk Dapur Minimalismu

Tips Menjaga dan Merawat Meja Akrilik

Kini setelah mengetahui desain meja akrilik seperti apa yang ingin kamu terapkan pada rumahmu, penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana cara merawat dan menjaga meja akrilik agar lebih awet. Yuk, simak beberapa tips di bawah ini untuk merawat meja akrilik. 

1. Hindari Benda Panas

Seperti yang pernah disebutkan sebelumnya, akrilik sendiri memiliki sifat mudah melunak pada suhu tinggi. Meskipun ini adalah salah satu kelebihan dari bahan akrilik, ini juga dapat menjadi salah satu kelemahan dari meja dengan bahan akrilik. Pastikan kamu tidak meletakkan benda yang terlalu panas di atas meja akrilik karena bahan ini tidak kuat jika terkena panas yang berlebihan. Hal ini dapat menurunkan ketahanan atau keawetan meja akrilik. 

2. Hindari Meja dari Goresan Benda Tajam

Sebagai material yang mudah tergores, pastikan kamu hindari meja akrilik kamu dari goresan benda tajam. Karena jika tergores, bekas goresan tersebut akan sulit dihilangkan dari meja akrilik. Goresan ini kemudian akan mempengaruhi tampilan meja akrilik dan menurunkan estetikanya. 

3. Hindari Tekanan yang Keras

Meskipun terkenal kuat dan kokoh, akrilik tidak tahan terhadap tekanan yang terlalu keras. Baiknya kamu hindari meletakkan sesuatu dengan cara membanting dan tidak menggunakan meja akrilik untuk meletakkan benda yang terlalu berat. 

Kesimpulan

Demikian informasi terkait meja akrilik yang bisa kamu aplikasikan di rumahmu. Pastikan kamu memilih desain meja akrilik yang tepat sesuai desain rumah, khususnya ruangan tempat kamu akan meletakkan meja akrilik. Ingin memperoleh informasi seputar dekorasi rumah lainnya? Dapatkan informasi bermanfaat seputar dekorasi lainnya melalui website BTN Properti. Klik link ini untuk mengunjungi website kami. 


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua