Spinner Icon

6 Tips Memilih Keramik untuk Dinding Dapur yang Elegan

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 14 Mei 2023
Table of Contents:

Dapur merupakan salah satu bagian penting dalam rumah. Meskipun tak selalu terlihat secara eksplisit dari luar, dapur bisa menjadi tempat favorit untuk penghuni rumah, terutama jika kamu adalah seseorang yang gemar memasak.

Menjaga keindahan dan kenyamanan dapur menjadi hal yang penting guna meningkatkan mood kamu saat menyajikan hidangan. Namun, cara merawat dapur cukup tricky, mengingat berbagai aktivitas memasak berpotensi merusak dinding dapurmu.

Salah satu langkah yang bisa kamu ambil untuk menghindari dinding dapur dari kerusakan ialah dengan memasang keramik. Selain berfungsi membangun nuansa estetik dan elegan, keramik tertentu juga bisa memudahkan proses bersih-bersih karena permukaannya cenderung lebih mudah dilap dan dibersihkan ketimbang cat tembok.

Walau begitu, pemilihan keramik bisa menjadi tantangan buat kamu yang sedang mendekorasi dapur. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu kamu jadikan bahan pertimbangan saat memilih keramik, baik dari segi bahan, ukuran, warna, motif, hingga budget.

Berikut tips-tips yang bisa diterapkan sebagai panduan jika kamu ingin memilih keramik guna mendekorasi dapur secara elegan.

Key takeaways:

  • Dapur bisa menjadi salah satu bagian favorit dalam rumah, terutama jika penghuninya yang gemar memasak. Namun, perawatan dapur bisa menjadi hal yang menantang lantaran berbagai aktivitas memasak berpotensi merusak atau mengotori dinding dapur.
  • Cara yang dapat dilakukan agar bisa menggunakan dapur dengan nyaman sekaligus tetap menjaga nuansa elegan serta estetik ialah dengan memasang keramik di dinding dapur.
  • Berbagai tips yang dapat dilakukan untuk memilih keramik dinding dapur elegan adalah dengan menemukan material yang pas, menentukan ukuran keramik sesuai dimensi ruangan, memilih warna-warna netral, memperhatikan motif, memberi ornamen pendukung, serta menyesuaikan budget.

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Elegan


1. Cari Material yang Sesuai Kebutuhan

Saat memilih keramik, material menjadi salah satu poin yang penting kamu pertimbangkan. Kamu tentu tidak ingin jika keramik yang terpasang di dinding mudah rusak dan tak mampu mengakomodasi aktivitas memasak yang kamu lakukan di dapur.

Oleh karena itu, sebagai langkah pertama, pastikan keramik yang kamu pilih untuk dinding dapurmu tahan panas. Pasalnya, suhu kompor atau perangkat pemanas lainnya sangat berpotensi membuat keramik mudah retak.

Di samping itu, kamu juga harus memperhatikan karakteristik permukaan keramik dindingmu. Pilihlah keramik dengan bagian atas licin. Permukaan keramik yang cenderung bersifat doff, matte, atau terlalu bertekstur kemungkinan akan lebih memakan waktu untuk dibersihkan.

Terdapat beberapa jenis material keramik yang bisa kamu pertimbangkan, mulai dari batuan alam seperti marmer hingga bahan buatan layaknya porselen. Keramik berbahan marmer dapat digunakan untuk membuat tampilan dinding dapur menjadi lebih elegan.

2. Perhatikan Ukuran Keramik

Selain bahan, ukuran keramik juga menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika kamu ingin memasang keramik pada dinding. Pasalnya ukuran keramik berpotensi mempengaruhi penampakan dimensi dapur.

Keramik yang memiliki ukuran besar dapat membuat ruangan terlihat lebih luas. Sebaliknya, keramik ukuran kecil akan membuat ruangan dapurmu nampak sempit, apalagi jika terdapat banyak garis di antara keramik-keramik dinding. Oleh karena itu, kamu dapat menghindari penggunaan keramik dengan ukuran terlalu kecil apabila ingin menciptakan kesan dapur yang spacious.

Namun, perlu diingat pula bahwa penggunaan keramik berukuran besar kemungkinan akan sulit diaplikasikan pada dapur yang sangat minimalis, karena bakal menimbulkan kesan jomplang dan tumpang tindih saat dilihat. Beberapa rekomendasi ukuran keramik yang bisa kamu pertimbangkan untuk dinding dapurmu, misalnya 25×40 cm, 25×50 cm, atau 30×60 cm.

3. Pertimbangkan Warna-warna Netral

Jika kamu ingin menciptakan kesan elegan pada dapur, pilihlah keramik dinding dengan warna-warna bernuansa netral seperti putih, krem, atau abu-abu. Pilihan warna tersebut mudah dikombinasikan dengan kitchen set dan peralatan dapur lainnya. Kamu juga dapat menggunakan furnitur bernuansa klasik, seperti yang berbahan kayu, atau bahkan yang berwarna sedikit bold seperti hitam dan cokelat tua.

Namun, perlu diingat bahwa pemilihan warna keramik tak hanya perlu mempertimbangkan  selera, tetapi juga pencahayaan dapur. Keramik berwarna terang cocok digunakan untuk membangun suasana apabila pencahayaan dapur cenderung lemah. Sebaliknya, jika ruangan dapur di rumahmu mendapat banyak sumber cahaya, kamu bisa berkreasi dengan memadukan keramik dinding atau furnitur yang warnanya sedikit gelap.

Terdapat pula alternatif apabila kamu ingin menggunakan keramik berwarna lain, di samping putih, krem, abu-abu, atau hitam. Kamu dapat memilih satu warna yang kamu sukai lalu menggunakan fitur color wheel online untuk membantu menemukan kombinasi warna lain yang cocok dengan warna favoritmu, tanpa membuat nuansa dapur bertabrakan.

4. Hati-hati dengan Motif Keramik

Keramik dengan motif tertentu bisa menambah indah penampilan dapur. Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih corak atau motif keramik dinding yang digunakan jika hendak menciptakan suasana elegan.

Pemilihan motif sedapat mungkin harus disesuaikan dengan tema dapur. Jika kamu memang menginginkan dapur dengan suasana ceria, kamu bisa saja menggunakan keramik dengan motif yang cenderung berani.

Namun, jika kamu lebih tertarik memiliki dapur bergaya minimalis serta elegan, kamu bisa mulai dengan motif-motif keramik sederhana seperti corak asli marmer, susunan bata, atau corak segi enam yang menyerupai sarang lebah. Motif keramik klasik juga bisa memberi kesan oldies yang elegan bagi dapurmu. Keramik dinding dengan corak batu bata berwarna abu-abu juga cocok dipilih jika kamu ingin menciptakan kesan simpel dan elegan di dapur. 

Hindari menggunakan motif keramik dinding yang terlalu ramai, terutama jika lantai atau plafon dapur di rumahmu sudah cukup bercorak. Pertimbangkan pula kesinambungan motif dengan warna kitchen set atau perabot dapur lainnya agar tak saling bertabrakan.


5. Beri Ornamen Pendukung

Setelah mempertimbangkan material, warna, dan corak keramik, kamu dapat mulai beralih mempertimbangkan ornamen pendukung. Keberadaan benda-benda hiasan dapat membuat tampilan dinding dapurmu menjadi lebih indah dan menonjol.

Beberapa benda yang bisa kamu gunakan misalnya lampu gantung minimalis hingga vas dan tumbuhan sintetis. Kamu juga bisa menggunakan botol kontainer khusus bumbu-bumbu dapur dengan warna senada keramik.

Sementara itu, untuk bagian dinding yang tidak dipasangi keramik, kamu bisa meletakkan rak ambalan atau pigura gantung. Hal ini lakukan agar sisi tembok tanpa keramik tidak nampak terlalu jomplang jika dibandingkan dengan dinding berkeramik. Lampu gantung juga dapat menjadi ornamen pendukung yang digunakan untuk mempercantik tampilan dapur setelah dipasangi keramik.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa ornamen-ornamen tambahan ini sifatnya opsional. Apabila kamu merasa perpaduan warna, corak, serta motif keramik sudah cukup untuk mempercantik dapur kesayanganmu, maka kamu dapat melewati tips ini.

6. Sesuaikan Budget

Keramik untuk dinding dapur umumnya tersedia dalam berbagai motif, warna, tekstur, karakteristik, hingga kualitas. Dalam proses pemilihannya, kegunaan serta estetika bukan menjadi satu-satunya hal yang harus diperhatikan.

Kamu juga perlu memperhitungkan budget yang dikeluarkan untuk pembelian keramik. Umumnya, harga keramik bervariasi, tergantung dari material dan bahan, serta dimensi ukuran. Ada keramik yang dibanderol dengan harga Rp70.000-an saja. Akan tetapi, ada pula yang dihargai cukup mahal.

Tingginya harga sejumlah keramik tak serta-merta membuat kamu harus mengorbankan kualitas atau estetika hanya demi menyesuaikan budget. Kamu bisa melakukan riset menyeluruh, baik di toko-toko offline maupun online untuk menemukan keramik yang paling sesuai dengan kantong dan selera.

Baca juga: Inspirasi Model Keramik Dapur Minimalis yang Cocok untuk Rumahmu

---

Itu dia sederet tips yang harus kamu perhatikan saat ingin memilih keramik untuk dinding dapur yang elegan. Dengan menjalankan tips-tips tersebut, dapur impianmu dapat terencana lebih matang dan sesuai dengan keinginanmu. Kunjungi website BTN Properti untuk inspirasi rumah lainnya!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua