Spinner Icon

Inspirasi Model Keramik Dapur Minimalis yang Cocok untuk Rumahmu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 24 April 2023
Table of Contents:

Rumah yang bersih tentu menjadi idaman setiap orang. Setiap orang tentu ingin setiap ruangan yang ada di rumahnya bersih agar nyaman untuk dihuni. Salah satu ruangan di rumah yang lumayan sulit untuk dijaga kebersihannya adalah dapur. Hal ini karena dapur adalah tempat kamu mengolah bahan makanan dan juga sebagai tempat makan bersama bagi keluarga. 

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memudahkanmu dalam menjaga dapur tetap bersih adalah dengan memilih keramik yang tak mudah kotor. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih keramik untuk dapur minimalis agar dapur dapat tetap terlihat menarik sambil menjaga kebersihan dapur. Mulai dari warna, motif, dan tekstur keramik dapat kamu cocokkan dengan desain dapur minimalismu. Hal ini perlu kamu perhatikan dengan baik agar desain dapur ini dapat meningkatkan mood kamu saat memasak juga. 

Pada artikel kali ini, akan dibahas beberapa rekomendasi keramik yang dapat kamu pilih untuk dapur minimalismu. Mari kita simak pilihan-pilihan keramik untuk dapur minimalis yang bersih dan cantik. 

Key Takeaways:

  • Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk memudahkanmu dalam menjaga dapur tetap bersih adalah dengan memilih keramik yang tak mudah kotor.
  • Mulai dari warna, motif, dan tekstur keramik, bisa kamu cocokkan dengan desain dapur minimalis agar dapur dapat tetap terlihat menarik sambil menjaga kebersihan dapur. 
  • Beberapa model keramik dapur minimalis yang cocok untuk digunakan dapur, antara lain keramik dengan motif marble, motif catur, motif kayu, motif batu alam, motif batu bata, motif bunga, susunan diagonal, motif polkadot, pola geometri, warna monokrom, abu-abu, peach, dan marun. 


13 Inspirasi Motif dan Warna Keramik Dapur Minimalis

Jika kamu memiliki dapur berukuran kecil, kamu dapat mempertimbangkan desain keramik seperti apa yang kamu gunakan untuk memberikan kesan dapur yang luas. Kamu juga perlu memperhatikan desain dapur yang cocok agar tetap mengutamakan kenyamanan saat memasak. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi warna keramik dapur yang cocok untuk dapur minimalis. 

1. Keramik dengan Motif Marble

Motif yang satu ini sudah menjadi salah satu motif pilihan terpopuler untuk banyak dapur minimalis. Motif marble adalah motif yang cocok untuk hunian modern. Dengan kesannya yang elegan, motif berbahan dasar batu alam sejenis granit ini juga tidak mudah kotor. 

Di samping tampilannya yang cantik dan elegan, motif marble dapat memberikan ilusi pada ruangan yang membuat ruangan tampak lebih luas. Namun, dengan kecantikan dan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, bahan keramik dengan motif ini memang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan motif lainnya. Harga ini sebanding dengan kesan mewah yang dapat diberikan oleh motif marble

2. Keramik dengan Motif Catur

Dapur dengan keramik motif catur mungkin sudah cukup umum kamu temukan di masa modern ini. Motif catur pada keramik dapur disukai oleh banyak orang karena kesannya yang minimalis dan perpaduan warnanya yang menarik. Keramik motif catur sendiri sering digunakan di restoran, tetapi motif ini juga cocok jika kamu aplikasikan di rumah.

Motif ini dapat dihasilkan dengan mengaplikasikan keramik hitam dan putih secara bergantian. Selain itu, perpaduan antara hitam dan putih menyebabkan kesan dapur tidak terlalu gelap ataupun terlalu terang, serta mudah untuk dibersihkan. 

3. Keramik dengan Motif Kayu


Kamu menyukai kesan alam? Motif keramik kayu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dapur minimalismu. Tanpa perlu menggunakan warna hijau, kamu dapat menggunakan keramik dengan motif kayu agar rumah memiliki kesan alami. Dengan motif kayu, selain memiliki kesan alami, kamu juga dapat memberikan tampilan dapur yang elegan dan minimalis. 

4. Keramik dengan Motif Batu Alam

Selain motif marble, ada motif batu alam lainnya yang dapat kamu pilih untuk dipadukan pada dapur minimalismu. Keramik motif batu alam dapat memberikan ilusi ruangan yang sangat natural dan estetik jika dipadukan dengan kitchen set yang tepat. 

Beberapa pilihan motif keramik batu alam antara lain granit, andesit, batu sabak, limestone, travertine, dan lain-lain. Motif keramik yang satu ini sangat populer digunakan pada hunian karena kesan mewah dan elegan yang dibawakannya. Selain itu, motif keramik ini juga tidak mudah kotor sehingga sering digunakan untuk keramik dapur. 

5. Keramik dengan Motif Batu Bata

Ingin menggunakan keramik dapur minimalis yang cocok dengan hunian bertema klasik? Keramik dapur dengan motif batu bata adalah solusi terbaik untukmu. Dengan warnanya yang cantik, batu bata sendiri adalah material bangunan dengan harga yang aman di kantong. Cocok dengan rumah klasik, keramik motif batu bata dapat kamu padukan dengan lampu jadul yang akan memberikan nuansa modern klasik yang menenangkan. 

6. Keramik dengan Motif Bunga

Jika kamu tidak ingin motif keramik yang monoton atau itu-itu saja, maka keramik motif bunga adalah pilihan yang tepat bagi kamu untuk membawa keceriaan yang elegan di dapur. Pada masa modern kini, banyak masyarakat memilih pilihan motif keramik ini. Keramik dengan motif bunga dapat membuat dapur tampak unik dan lebih menawan, serta elegan. 

7. Keramik dengan Susunan Diagonal

Tidak ingin dapur terkesan sesak atau sempit? Salah satu strategi untuk membuat dapurmu terlihat luas adalah dengan mengatur posisi keramik dengan susunan diagonal. Dapur minimalis yang terlihat sempit dapat memberikan kesan yang lebih luas sebagai ilusi dengan susunan keramik yang diagonal. Strategi ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki dapur dengan ukuran yang tidak terlalu besar, misalnya di apartemen. 

8. Keramik dengan Motif Polkadot

Motif polkadot merupakan salah satu motif yang cukup unik. Namun, ternyata keramik dengan motif polkadot populer digunakan untuk dekorasi dapur, kamar, hingga ruang tamu. Motif keramik ini cocok bagi kamu yang memiliki ruangan dapur yang terlihat sempit. Hal ini karena motif polkadot akan memberikan ilusi pada ruangan sehingga ruangan terlihat lebih luas. Untuk menciptakan kesan yang lebih seimbang, kamu dapat memadukan keramik motif polkadot dengan keramik polos.

9. Keramik dengan Pola Geometri

Model keramik yang satu ini juga cocok bagi kamu yang memiliki ruangan dapur yang sempit. Sama halnya dengan keramik motif polkadot, keramik dengan pola geometri juga dapat memberikan ilusi pada ruangan agar terlihat lebih luas dan penuh. Pola ini juga memberikan ruangan dapur kesan yang unik. Pola geometri sendiri banyak dipenuhi dengan garis-garis, sehingga ada baiknya jika kamu padukan dengan warna polos, misalnya putih keabu-abuan. 

10. Keramik Monokrom

Siapa yang tidak menyukai hunian dengan tampilan minimalis modern? Tampilan minimalis dan modern adalah pilihan tampilan yang bisa dimiliki di hunian, tak terkecuali untuk dapur. Untuk mengusung tema ini di dapur, kamu dapat memilih keramik dan desain bernuansa monokrom. 

Nuansa monokrom pada keramik akan memberikan kesan dapur yang luas dan lebar. Di samping itu, paduan warna yang senada dengan tema monokrom dapat memberikan tampilan dapur yang trendi dan kekinian, sehingga kamu tidak akan bosan di dapur. 

11. Keramik Abu-Abu


Pilihan warna netral selalu menjadi solusi terbaik untuk desain minimalis, tak terkecuali untuk dapur. Selain kesannya yang minimalis dan mudah dipadukan dengan warna lainnya, warna netral seperti abu-abu cocok digunakan sebagai warna keramik dapur karena sifatnya yang tidak mudah kotor. Warna abu-abu akan memberikan kesan yang modern dan stylish. Warna ini juga cocok untuk dipadukan dengan warna-warna pada masa kini. 

Hindari penggunaan warna abu-abu tua yang dapat memberikan kesan kusam untuk dapur, tetapi pilihlah warna abu-abu terang agar rumah terlihat lebih cerah. Warna ini juga dapat memberikan kesan yang kokoh. Buatlah hunianmu terlihat lebih istimewa dengan memadukan warna ini pada dapur dan ruang tamu, sehingga ruangan-ruangan di rumah terlihat lebih serasi. 

12. Keramik Peach

Ingin memiliki dapur yang bernuansa segar dan tidak terlihat biasa saja? Warna peach oren bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dapur minimalismu, karena selain merupakan warna yang unik, warna peach juga mudah dibersihkan. Warna peach memberikan kesan dapur yang bersih, segar, dan netral yang mudah dipadukan dengan warna lainnya tanpa memberikan kesan yang berlebihan. 

Jika kamu memiliki kitchen set berwarna peach, maka akan cocok bila kamu padukan dengan warna netral seperti coklat pada material kayu dan abu-abu pada material stainless steel. Di samping itu, kamu juga dapat memberikan kesan yang lebih elegan pada dapur dengan memadukannya dengan warna hitam. 

13. Keramik Marun

Warna keramik yang satu ini mungkin belum umum dipilih sebagai warna keramik pada dapur. Padahal, keramik berwarna marun dapat memberikan kesan dapur yang mewah. Di samping itu, warna keramik ini juga tidak mudah terlihat kotor. Untuk mencegah kesan yang berlebihan, kamu dapat memadukan keramik marun dengan dinding berwarna natural agar desain menjadi lebih seimbang. 

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Meja Dapur Cantik untuk Dapur Minimalismu


Kesimpulan

Demikian pilihan-pilihan motif dan warna yang dapat kamu aplikasikan untuk dapur minimalis. Pilihan-pilihan motif dan warna di atas dapat kamu gunakan agar dapur terlihat semakin cantik dan bersih. Ingatlah untuk selalu mengutamakan kenyamanan di dapur saat memilih desain dapur yang ingin kamu aplikasikan. 

Ingin memperoleh informasi seputar properti lainnya? Yuk, kunjungi website kami, dimana kamu dapat menemukan informasi-informasi bermanfaat lainnya. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua