Spinner Icon

Ketahui Kegunaan dan Kelebihan Material Mild Steel untuk Konstruksi

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 31 Mei 2024
Table of Contents:
  • Mengenal Apa Itu Material Mild Steel
  • 2 Jenis Material Mild Steel
  • 1. Steel Plate Cold Rolled Coiled (SPCC)
  • 2. SPHC
  • Kelebihan Mild Steel Dibandingkan Bahan Lainnya
  • 1. Kekuatan yang Kokoh
  • 2. Mudah Dibentuk
  • 3. Batas Temperatur yang Tinggi
  • 4. Tahan Cuaca
  • 5. Harga yang Terjangkau
  • Kesimpulan

Sebagai salah satu negara dengan kegiatan industri konstruksi bangunan yang memadai, ada berbagai macam material konstruksi yang tersedia di Indonesia. Salah satunya yang paling populer adalah material mild steel.

Mild steel adalah salah satu material yang sangat umum digunakan dalam industri manufaktur Indonesia. Material ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan material yang populer. Ada 2 jenis material mild steel yang memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai apa itu material mild steel dan berbagai kelebihan yang dimilikinya.


Key Takeaways:

  • Mild steel adalah material besi karbon yang memiliki kandungan karbon tidak lebih dari 2% dan tidak mengandung bahan campuran lainnya.
  • Baja karbon mild steel adalah material serba guna yang dapat ditemukan di sebagian besar industri, termasuk badan mobil, furnitur, kawat, Bahan ini populer karena berbagai kelebihan yang dimilikinya.
  • Berikut adalah 2 jenis mild steel yang paling populer di pasaran, yaitu Steel Plate Cold Rolled Coiled (SPCC) dan SPHC.

Mengenal Apa Itu Material Mild Steel

Mild steel adalah material besi karbon yang memiliki kandungan karbon tidak lebih dari 2% dan tidak mengandung bahan campuran lainnya. Mild steel memiliki grade yang berbeda yang ditentukan oleh perbedaan tingkat karbonnya. Material ini memiliki karakteristik tidak mudah patah. Mild steel juga dikenal sebagai low-carbon-steel.

Dalam berbagai bidang industri, material ini merupakan salah satu baja yang paling banyak digunakan. Baja karbon mild steel adalah material serba guna yang dapat ditemukan di sebagian besar industri, termasuk badan mobil, furnitur, kawat, Bahan ini populer karena berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Baca juga: Sikat Tuntas Bahan Bangunan Ramah Lingkungan


2 Jenis Material Mild Steel

Ada beberapa jenis mild steel yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah 2 jenis mild steel yang paling populer di pasaran.

1. Steel Plate Cold Rolled Coiled (SPCC)

Steel Plate Cold Rolled Coiled atau besi SPCC adalah jenis besi dengan warna abu-abu terang yang hampir terlihat seperti warna putih atau keputih-putihan. Plat SPCC memiliki tingkat kelenturan dan elastisitas yang tinggi, yang membuatnya mudah dibentuk.

Jenis plat mild steel yang satu ini umum digunakan sebagai bahan pembuatan bahan mobil, truk atau perangkat mobil lainnya yang dibentuk dengan metode samping.

2. SPHC

Jenis material mild steel yang populer kedua adalah SPHC, atau yang biasa dikenal juga sebagai plat hitam ester. Plat hitam ester adalah plat material baja karbon komersial yang memiliki kualitas tinggi.

Besi plat SPHC sering digunakan sebagai bahan utama sambungan dalam konstruksi bangunan. Material SPHC didefinisikan dalam standar JIS G 3131.


Kelebihan Mild Steel Dibandingkan Bahan Lainnya


Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa mild steel menjadi pilihan yang populer di berbagai industri. Simak kelebihan-kelebihan yang dimiliki mild steel di bawah ini.

1. Kekuatan yang Kokoh

Mild steel memiliki kekuatan yang sangat kokoh, sehingga menjadikan bahan ini pilihan yang sangat cocok sebagai material kerangka bangunan. Bahan ini bisa digunakan untuk menahan beban hingga 20 ton.

Kamu tidak perlu takut akan ketahanan bahan ini, karena mild steel bahan yang aman untuk gempa dan tidak akan hancur karena api atau serangga. Besi ini juga sangat cocok digunakan sebagai bahan ornamen tambahan pada bangunan.

2. Mudah Dibentuk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mild steel memiliki kelenturan yang sangat baik sehingga ia mudah dibentuk. Oleh karena itu, bahan ini sangat sesuai untuk dimanfaatkan sebagai ornamen atau desain pada sebuah desain interior.

Besi ini dapat digunakan untuk beragam interior, mulai dari ornamen hiasan pintu, fasad, pagar, partisi ruangan, dan lain-lain. Metode laser cutting merupakan salah satu proses pembuatan desain interior menggunakan mild steel.

Selain sebagai ornamen interior, sifatnya yang mudah dibentuk membuatnya banyak digunakan sebagai bahan bagian-bagian mesin. Banyak bagian-bagian komponen mobil yang dibuat menggunakan mild steel, karena proses pembuatan dan finishing-nya yang tidak sulit.

3. Batas Temperatur yang Tinggi

Tidak hanya untuk konstruksi dan mesin, mild steel juga kerap kali digunakan dalam bidang industri cookware. Para ahli memasak suka menggunakan peralatan masak yang terbuat dari mild steel.

Bahan ini memiliki batas temperatur yang lebih tinggi dan bersifat tidak lengket (non-stick) setelah dipakai berkali-kali. Mild steel juga cocok dijadikan pisau karena tidak cepat tumpul dan tajam lebih lama.

4. Tahan Cuaca

Selain kokoh dan mudah dibentuk, bahan mild steel juga memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca. Sifatnya yang mudah dibentuk, kokoh, dan tahan cuaca membuatnya populer di industri perpipaan.

Mild steel yang memiliki sifat tahan cuaca ini juga membuatnya sering digunakan sebagai bahan untuk desain eksterior. Bahan ini juga dapat dipercantik menggunakan cat dan diukir dengan mudah menggunakan teknik laser cut.

5. Harga yang Terjangkau

Di samping kelebihan-kelebihan di atas, salah satu kelebihan utama yang dimiliki bahan ini adalah harganya yang kompetitif. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mendapatkan bahan konstruksi yang kokoh, tahan lama, dan berkualitas. Selain itu, pemrosesannya yang mudah juga akan membantu memotong biaya pembangunan.

Baca juga: Ketahui Bahan Bangunan yang Penting untuk Rumahmu!


Kesimpulan

Demikian informasi seputar mild steel yang dapat kami berikan. Ingatlah bahwa setiap jenis material yang digunakan untuk rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu pilihlah material yang paling cocok untuk kebutuhan rumah kamu.

Ingin membaca artikel terkait properti lainnya? Kunjungi website kami, dimana kamu bisa menemukan berbagai artikel bermanfaat seputar properti. Klik di sini!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua