Spinner Icon

7 Tren Model Kaca Jendela Minimalis Terbaru Tahun Ini

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 30 Juli 2023
Table of Contents:
  • 7 Model Kaca Jendela Minimalis Terbaru Tahun 2023
  • 1. Kaca Jendela Casement
  • 2. Kaca Jendela Jungkit/Awning
  • 3. Kaca Jendela Sliding
  • 4. Kaca Jendela Mati/Picture Window
  • 5. Kaca Jendela Lipat
  • 6. Kaca Jendela Geser Atas
  • 7. Kaca Jendela Sudut
  • Kesimpulan

Berbicara mengenai hunian ideal, tentunya kamu akan semaksimal mungkin membuat setiap sudut rumah terasa nyaman dan tidak membosankan. Walaupun memang tidak mudah dalam mewujudkannya, kamu harus mengorbankan biaya, tenaga, serta waktu untuk dapat menciptakan rumah yang ideal.

Misalnya saja kamu berencana ingin membuat sebuah desain dapur terbaru, tentu banyak hal-hal yang perlu dipikirkan secara matang-matang bukan? Pertama, kamu harus menentukan desain yang ideal atau bahkan kamu perlu menyewa jasa desain interior. Kedua, kamu harus menentukan budget untuk membeli material yang diperlukan. Pada dasarnya banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menciptakan rumah ideal.

Hal tersebut tidak terkecuali pada pembuatan ruangan dapur atau ruangan-ruangan lainnya, termasuk juga dekorasi interior maupun dekorasi eksterior yaitu jendela. Kaca jendela juga merupakan elemen di dalam rumah yang tidak kalah penting dari elemen-elemen lainnya. Kaca jendela memiliki fungsi utama yaitu sebagai sumber pencahayaan dan sebagai sirkulasi udara. Namun, seiring berkembangnya zaman, semakin banyak model kaca jendela yang memiliki desain kekinian.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai model kaca jendela minimalis terbaru tahun 2023 yang dapat menjadi salah satu inspirasi hunian ideal kamu.

Key Takeaways:

  • Dengan memilih kaca jendela yang tepat maka sirkulasi udara dan pencahayaan matahari akan lebih optimal.
  • Terdapat beberapa jenis kaca jendela yang dapat kamu pilih, salah satunya adalah kaca jendela casement yang menjadi pilihan mayoritas masyarakat.

 

7 Model Kaca Jendela Minimalis Terbaru Tahun 2023

1. Kaca Jendela Casement

Jendela casement merupakan salah satu model kaca jendela minimalis terbaru yang sebetulnya sudah menjadi pilihan banyak orang, salah satunya mungkin kamu. Model jendela casement banyak diminati karena modelnya yang simpel serta memiliki penampilan yang minimalis. Jendela casement sendiri berasal dari jenis engsel yang dipakai yang dikenal dengan nama casement.

Adapun hal unik yang dimiliki oleh jendela casement adalah ketika jendela ditutup, maka engsel tidak akan terlihat, serta radius buka jendela casement dapat terbuka paling besar di 90 derajat. Biasanya, jendela casement digunakan pada ruangan yang memiliki kapasitas cukup besar seperti pada ruang tamu, jendela utama, kamar tidur, dan dapur.

Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kaca jendela casement adalah desainnya yang bagus, engsel tidak terlihat, perawatan yang cukup mudah, serta memiliki tingkat insulasi terbaik sehingga dapat dijadikan sebagai jendela yang kedap suara.

Namun, kaca jendela casement juga memiliki beberapa kekurangan yaitu terbatasnya ukuran jendela yang dapat dipilih, kurang cocok memakai kaca double glass karena akan membebani engsel, dan tidak cocok untuk jendela yang tinggi dan besar.


2. Kaca Jendela Jungkit/Awning

Kaca jendela jungkit atau awning secara konsep cukup mirip dengan kaca jendela casement, karena keduanya menggunakan engsel casement pada penggunaannya. Letak perbedaan antara kaca jendela jungkit dan casement terletak pada cara membuka daun jendela. Di mana jendela casement dilakukan dengan cara didorong keluar dan jendela jungkit dengan cara didorong ke atas.

Untuk urusan penampilan, kamu tidak perlu khawatir karena kaca jendela jungkit juga menggunakan engsel casement, sehingga penampilan jendela akan terjaga rapi. Selain itu, penggunaan kaca jendela jungkit atau awning juga biasanya digunakan sebagai jendela di kamar tidur, ruang tamu, dan jendela dapur.

Adapun kelebihan yang dimiliki oleh kaca jendela jungkit antara lain tingkat peredaman suara yang baik, jendela cukup praktis karena tidak perlu ditutup ketika hujan ringan, dan dapat menjaga privasi lebih baik karena dibuka dari arah bawah. Sedangkan untuk kekurangannya antara lain cukup sulit untuk membersihkan kaca bagian luar.

3. Kaca Jendela Sliding

Apakah kamu memiliki ruangan yang tidak terlalu besar di rumah dan tetap ingin dilengkapi dengan kaca jendela? Mungkin yang kamu cari adalah model kaca jendela sliding yang terbuat dari alumunium. Penggunaan material alumunium akan memberikan ketahanan yang lebih baik serta bobotnya yang cukup ringan dibandingkan dengan material lainnya.

Dengan tingkat fungsionalitas yang cukup tinggi, tidak heran jika kaca jendela sliding banyak digunakan untuk ruangan-ruangan yang tidak terlalu besar, misalnya saja peletakannya pada sisi koridor.


4. Kaca Jendela Mati/Picture Window

Pernahkah kamu mendengar istilah model kaca jendela mati atau picture window? Model kaca jendela mati adalah salah satu model kaca jendela minimalis terbaru yang kini digemari, desainnya yang simpel dengan konsep frameless membuat pandangan melalui jendela ini sangat memanjakan mata.

Penamaan jendela mati sendiri dikarenakan kaca yang terpasang tidak dapat dibuka tutup seperti pada jendela pada umumnya, kaca jendela mati ini biasanya digunakan sebagai partisi ruangan atau sebagai jendela di sebuah ruangan yang tidak membutuhkan sirkulasi udara dari luar. Salah satu kelebihan kaca jendela mati adalah dapat menjaga suhu ruangan dengan sangat baik dan mampu meredam suara dengan baik.

Selain disebut dengan kaca jendela mati, terdapat sebutan lainnya yaitu picture window, karena jendela digunakan hanya sebagai bingkai tampilan luar ruangan. Sehingga pemandangan yang berada di luar kaca tersebut dianggap sebagai “lukisan” yang dibingkai oleh kusen jendela. Model jendela ini biasanya memiliki ukuran yang cukup besar agar pandangan tidak terhalang dengan kusen jendela dan kamu dapat menikmati pemandangan di luar ruangan dengan nyaman.

5. Kaca Jendela Lipat

Hampir mirip dengan kaca jendela sliding, model kaca jendela lipat juga biasanya diperuntukkan khusus ruangan yang memiliki luas yang tidak terlalu besar. Sehingga diperlukan model jendela yang tidak akan memakan banyak ruang. Kaca jendela lipat merupakan jenis jendela yang terdiri dari beberapa daun jendela dan biasanya memiliki minimal 3 daun. Karena jika hanya memiliki 2 daun, maka lebih baik memilih model kaca jendela casement.

Akan tetapi, dengan kelebihannya sebagai model kaca jendela yang ramping, terdapat harga yang harus dibayar cukup tinggi untuk mendapatkannya. Maka tak heran kalau tidak banyak orang yang memilih model kaca jendela lipat ini. Model kaca jendela lipat biasanya digunakan untuk bagian dapur yang didesain menyerupai kafe atau bar sehingga dapat terhubung langsung ke area outdoor.

6. Kaca Jendela Geser Atas

Apakah kamu familiar dengan jenis kaca jendela geser atas? Jika iya, kemungkinan besar kamu melihatnya di film-film Amerika atau Eropa, karena sejatinya model kaca jendela geser atas sangat populer di kawasan Amerika dan Eropa. Sebaliknya, penggunaan kaca jendela geser atas masih sangat jarang ditemui di Indonesia, hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia masih belum familiar dengan model kaca jendela tersebut. Adapun jenis kaca jendela tersebut mudah ditemukan pada perumahan yang memiliki konsep desain layaknya di Amerika atau Eropa.

Pengoperasian kaca jendela geser atas juga terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu menggeser daun jendela ke arah atas. Namun, ketika kamu memutuskan untuk menggunakan model kaca jendela geser atas, kamu perlu hati-hati ketika hujan datang. Jangan memasang jendela di area yang akan langsung terkena air hujan. Sebab, jika sistem pembuangan air pada jendela tidak bagus, maka air akan meluap dari rel dan akan bocor.

7. Kaca Jendela Sudut

Memiliki model kaca jendela sudut merupakan salah satu variasi untuk mempercantik interior ataupun eksterior dari sebuah rumah. Selain itu, dengan hadirnya model kaca jendela sudut di rumah kamu akan memberikan ruang yang cukup besar bagi masuknya sinar matahari dan juga sirkulasi udara yang lancar.

Penerapan model kaca jendela sudut ini biasanya diperuntukkan bagi rumah-rumah yang mengadopsi konsep minimalis dan juga industrial. Desainnya yang terlihat simpel juga elegan untuk dipandang.

Beberapa ruangan yang biasanya menjadi tempat kaca jendela sudut adalah dapur, ruang santai, dan area tangga. Dengan adanya model kaca jendela sudut ini, dapat dipastikan bahwa kesan yang akan kamu temui adalah ruangan akan terlihat lebih lega daripada biasanya.

Baca juga: Gorden Jendela Minimalis: Tren 2023 dan Tips Memilihnya 


Kesimpulan

Setelah membahas model kaca jendela minimalis terbaru di atas, kini saatnya kamu untuk merencanakan kepemilikan hunian impian. Memiliki hunian idaman dan ideal tentunya harapan semua orang, kini mewujudkan rumah impian kamu dapat direalisasikan dengan menggunakan program KPR dari BTN. Tunggu apa lagi? Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program KPR, syarat, serta pengajuannya yang mudah.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua