Spinner Icon

Gorden Jendela Minimalis: Tren 2023 dan Tips Memilihnya

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 24 Juli 2023
Table of Contents:
  • Gorden Jendela Minimalis: Tren 2023
  • 1. Gorden Jendela dengan Warna Netral
  • 2. Gorden Jendela dengan Desain Sederhana
  • 3. Bahan Gorden Jendela Minimalis
  • 4. Gorden Jendela dengan Kombinasi Dua Warna
  • 5. Gorden Jendela dengan Desain Warna Ombre
  • Tips Memilih Gorden Jendela
  • 1. Kemampuan Menghalau Cahaya
  • 2. Gorden dengan Tipe Soundproof
  • 3. Sesuaikan Ukuran Gorden dengan Jendela
  • Tips Merawat Gorden
  • 1. Perhatikan Jenis Kain Gorden
  • 2. Menggunakan Penyedap Rasa dan Detergen
  • Kesimpulan

Dalam dunia desain interior seringkali kita jumpai tren yang terus berubah seiring berjalannya waktu. Namun demikian, sepertinya konsep minimalis akan disukai dalam waktu yang cukup lama karena konsep ini menonjolkan sisi sederhana dan di saat bersamaan akan menunjukkan kesan yang elegan pula. Pada dasarnya, orang yang memilih konsep minimalis cenderung menyukai hal-hal yang simple dan ingin menciptakan suasana yang menenangkan.

Sama halnya pada saat memilih konsep desain interior untuk rumah, konsep minimalis cenderung memiliki banyak peminatnya. Salah satu aksesori yang diperlukan rumah adalah gorden jendela. Tak hanya berfungsi sebagai pajangan, gorden jendela pun memiliki fungsi sebagai pemberi privasi bagi suatu ruangan. Selain itu gorden jendela juga digunakan sebagai pengatur cahaya, pengatur suhu, dan pastinya sebagai dekorasi serta estetika.

Melihat konsep minimalis yang sedang tren di masa kini, maka pemilihan aksesori rumah seperti gorden jendela pun juga tak luput dari hal tersebut. Gorden jendela minimalis menawarkan konsep kesederhanaan dan keanggunan sehingga dapat menciptakan kesan ruangan yang menenangkan dan estetika yang elegan.

Pada artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai tren gorden jendela minimalis pada tahun 2023 serta tips dalam memilih gorden jendela minimalis.

 

Key Takeaways:

  • Gorden jendela merupakan salah satu aksesori rumah yang dibutuhkan baik dari segi fungsionalitas maupun estetikanya, salah satu konsep gorden jendela yang masih diminati hingga tahun 2023 ini adalah gorden jendela minimalis.
  • Dalam mengikuti tren terdapat beberapa model gorden jendela minimalis yang bisa dipilih, seperti pemilihan warna netral, desain gorden jendela yang sederhana, pemilihan bahan, juga model kombinasi antara dua warna.
  • Sebelum memasang gorden jendela untuk ruangan, terdapat beberapa poin yang sebaiknya diperhatikan. Mulai dari kemampuan gorden dalam menghalau cahaya dan suara, juga memastikan ukuran antara gorden dan jendela yang sesuai.

Gorden Jendela Minimalis: Tren 2023

1. Gorden Jendela dengan Warna Netral

Tren gorden jendela minimalis seringkali menggunakan warna-warna netral seperti putih, krem, dan abu-abu untuk mempertahankan kesederhanaan dalam ruangan tersebut. Dengan pemilihan warna netral juga akan mempermudah dalam memilih warna-warna yang ada di dalam ruangan agar tetap senada.

Kunci dari konsep minimalis adalah kesederhanaan. Warna netral akan memberikan tampilan yang sederhana.

2. Gorden Jendela dengan Desain Sederhana

Selain pemilihan warna, pemilihan desain pun juga sama pentingnya untuk mempertahankan kesan minimalis. Gorden jendela minimalis umumnya memiliki desain yang sederhana dan tidak ribet. Model yang bisa digunakan antara lain adalah seperti motif geometris atau motif garis horizontal. Motif tersebut akan membuat ruangan terasa lebih hidup namun tetap mempertahankan kesan elegannya.

Jika ingin memilih desain yang lebih eye catching, motif floral bisa jadi pilihan. Desain floral ini dapat memberikan kesan yang menyegarkan bagi ruangan serta manis untuk dipandang.

3. Bahan Gorden Jendela Minimalis

Bahan gorden jendela minimalis yang biasanya dipakai umumnya memiliki ciri khas yang ringan dengan tekstur yang tidak mencolok. Bahan yang bisa dipilih contohnya seperti linen yang memiliki tekstur kasar serta sifatnya yang transparan. Tekstur dari bahan linen akan menambah kesan elegan bagi ruangan namun tetap mempertahankan kesederhanaannya, juga sifat transparannya akan memungkinkan cahaya matahari masuk dengan lembut. Namun, jika menginginkan bahan yang lebih tebal, beludru merupakan bahan yang pas. Dengan bahan beludru yang tebal dan halus dapat memberikan kesan sejuk dan nyaman untuk ruangan. Namun tentunya pemilihan bahan untuk gorden jendela minimalis ini harus dicocokkan dengan kebutuhan, baik dari segi fungsionalitas maupun estetikanya.

4. Gorden Jendela dengan Kombinasi Dua Warna

Selain menggunakan warna-warna netral, kamu juga bisa membuat kombinasi antar warna untuk gorden jendela. Kamu bisa menggunakan dua warna yang berbeda dan dibuat menjadi dua lapis, hal ini dapat membantu dalam mengontrol intensitas cahaya yang masuk ke ruangan. Selain itu, kamu juga bisa memilih desain yang sederhana seperti garis-garis namun terdiri atas kombinasi dua warna. Desain tersebut akan membuat ruangan terasa lebih hidup dan tidak membosankan.

5. Gorden Jendela dengan Desain Warna Ombre

Desain warna ombre juga bisa dijadikan pilihan. Perpaduan antar warna yang selaras dan dibuat desain ombre sedang diminati masyarakat di masa kini. Desain ombre ini pun akan cocok untuk gorden jendela. Untuk mempertahankan kesan minimalis, kamu dapat mencampurkan warna-warna yang tidak terlalu mencolok seperti putih sebagai warna dasar, dan sedikit sentuhan warna merah dan pink sebagai gradasinya.

Baca juga: Cara Memilih Model Teralis Jendela Minimalis Lengkap dengan Design

 

Tips Memilih Gorden Jendela


Sebelum menentukan desain gorden jendela seperti apa yang diinginkan, terdapat beberapa poin yang sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum memasang gorden jendela. Mulai dari kemampuan gorden dalam menghalau cahaya matahari dan suara dari luar ruangan, sampai ukuran antara gorden dengan jendela. Hal ini perlu diperhatikan sejak awal sehingga kedepannya akan tetap terasa nyaman karena telah membeli barang yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Berikut beberapa tips dalam memilih gorden jendela.

1. Kemampuan Menghalau Cahaya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa dalam memilih bahan untuk gorden jendela akan memengaruhi seberapa banyak intensitas cahaya yang masuk ke ruangan. Lagi-lagi pemilihan bahan ini perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi. Jika kamu menginginkan bahan gorden jendela yang transparan untuk ruangan yang bersifat tidak terlalu privasi seperti ruang tamu, bahan vitrase cocok untuk digunakan. Bahan ini memiliki kain yang tipis sehingga cahaya akan masuk dengan mudah, bahan ini juga sering digunakan sebagai pelapis dan dikombinasikan dengan bahan yang lebih tebal.

Lain lagi jika menginginkan privasi penuh bagi ruangan seperti untuk kamar tidur atau ruang kerja, tipe gorden blackout akan cocok digunakan. Tipe gorden ini mampu menghalau cahaya penuh baik dari dalam maupun luar ruangan. Selain privasi yang akan terjaga, tipe gorden ini akan membuat ruangan terasa tetap sejuk karena kemampuannya dalam menghalau cahaya dari luar ruangan.

2. Gorden dengan Tipe Soundproof

Masih berhubungan dengan privasi sebuah ruangan, jika ingin menghalau kebisingan dari luar, tipe gorden blackout masih menjadi pilihan yang cocok. Selain dapat menghalau cahaya dari luar, tipe gorden ini juga dapat meredam kebisingan karena terbuat dari bahan yang sangat tebal.

3. Sesuaikan Ukuran Gorden dengan Jendela

Ukuran antara gorden dengan jendela harus disesuaikan agar menghasilkan aksesori ruangan yang enak dipandang. Lebar gorden sebaiknya berukuran sedikit lebih besar daripada jendela jika ingin dipasang membentuk lipatan atau gelombang. Sementara untuk panjang gorden harus disesuaikan dengan posisi pemasangan batang tirai, hal ini kembali lagi dengan preferensi pribadi.


Tips Merawat Gorden

1. Perhatikan Jenis Kain Gorden

Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah dengan memperhatikan jenis kain gorden yang dimiliki, umumnya terdapat dua jenis kain gorden yang sering dipakai yaitu jenis bludru dan chenille. Jenis kain bludru terkenal sangat rentan dan mudah untuk rontok serta melar, maka dari itu hindari memeras gorden berbahan bludru saat mencucinya. Sedangkan jenis kain chenille, gunakan proses dry cleaning untuk menghindari bahan chenille mengkerut.

2. Menggunakan Penyedap Rasa dan Detergen

Untuk menjaga warna kain gorden agar tidak pudar, Kamu dapat mencoba tips merawat kain gorden dengan menggunakan penyedap rasa dan detergen ke dalam dua liter air bersih. Kemudian silakan rendam kain gorden selama 20 menit.

Baca juga: Kenali Manfaat Jendela Minimalis hingga Tips Memilihnya


Kesimpulan

Demikianlah beberapa inspirasi gorden jendela minimalis beserta dengan tips memilih dan merawat yang perlu kamu ketahui, Pada dasarnya, setiap orang ingin memiliki hunian yang nyaman, karena bagaimanapun hunian merupakan tempat di mana kita akan beristirahat dari kesibukan sehari-hari. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila ingin berkreasi dalam mewujudkan hunian yang aman dan nyaman.

Ingin tips dekorasi lainnya? Klik di sini untuk mengetahui tips dekorasi lainnya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua