Spinner Icon

Ingin Membangun Pagar Rumah? Ini 10 Inspirasi Pagar Besi Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 14 Juni 2023
Table of Contents:

Memiliki rumah idaman adalah impian banyak orang, apalagi rumah merupakan kebutuhan primer. Apabila melihat tren saat ini, tren kepemilikan rumah tapak pagar lebih diminati terutama oleh generasi muda dibandingkan dengan kepemilikan rumah tapak tanpa pagar. Rumah tapak dengan pagar biasanya berlokasi di perumahan-perumahan lama yang cenderung masih memiliki rasa kekeluargaan yang lebih erat.

Memiliki rumah dengan pagar terutama pagar besi minimalis dapat menjadi pilihan untukmu. Adanya pagar besi minimalis juga dapat meningkatkan nilai estetik dari rumah.

Pada artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai 10 inspirasi desain pagar besi minimalis, plus dan minus memiliki pagar besi, dan tips merawat pagar besi dengan baik.

Key Takeaways:

  • Pagar merupakan salah satu komponen di dalam sebuah rumah, terdapat beberapa jenis pagar salah satunya adalah pagar besi minimalis.
  • Terdapat beragam jenis pagar yang dapat kamu gunakan, misalnya seperti pagar besi minimalis dengan keramik, pagar besi minimalis mewah, pagar besi minimalis dengan batu, dan lain sebagainya.
  • Agar pagar besi minimalis kamu tahan lama, beberapa tips untuk merawat pagar besi di antaranya mengoleskan minyak pada engsel pagar, melakukan pengecatan ulang, gunakan cuka atau baking soda untuk menghilangkan karat.


10 Inspirasi Desain Pagar Besi Minimalis

Pagar besi memiliki daya tahan yang kuat, tidak mudah ditembus, serta mudah untuk dilakukan modifikasi. Berikut ini merupakan 10 inspirasi desain pagar besi minimalis untuk kamu.

1. Pagar Besi Minimalis Mewah

Memiliki pagar besi minimalis bukan berarti tidak bisa terlihat mewah bukan? Untuk dapat mewujudkannya kamu dapat menggunakan desain pagar besi minimalis yang memiliki celah-celah pagar yang agak renggang, sehingga selain menambah kesan luas dan elegan, juga memberikan sirkulasi udara yang lebih baik untuk rumah kamu.

Supaya desain pagar besi minimalis terlihat tidak monoton, kamu dapat menggunakan bermacam-macam model teralisnya, misalnya berbentuk hati, tombak, atau anak panah.

2. Kombinasi Pagar Besi Minimalis dan Batu

Apabila kamu menyukai kombinasi pagar dengan nuansa yang lebih alami, kamu dapat menggunakan desain pagar besi dengan batu. Gunakan batu alam untuk menambah kesan alami. Sebagai saran, untuk bagian pintu pagarnya kamu dapat menggunakan full besi dengan bentuk yang menarik, dan bagian samping dapat menggunakan kombinasi antara besi dan batu. Dengan adanya kombinasi antara besi dan batu, memberikan kesan yang unik bagi siapapun yang melihat pagar rumah kamu.


3. Kombinasi antara Pagar Besi Minimalis dan Keramik

Jika kamu tidak ingin mencoba hal-hal baru, maka kamu dapat melakukan kombinasi antara pagar besi dengan keramik, adapun penempatan keramik pada jenis pagar ini adalah pada bagian bawah atau sebagai pondasi pagar.

Untuk pemilihan jenis besi pagarnya sendiri, disarankan untuk menggunakan besi jenis tempa supaya lebih kokoh. Besi tempa sendiri adalah jenis besi yang berisi alias tidak kosong isinya.

4. Pagar Besi Otomatis

Apakah kamu seorang tech-savvy? Jika ya, kamu bisa coba menggunakan jenis pagar besi otomatis, yaitu jenis pagar yang dapat terbuka dengan sendirinya berkat adanya bantuan sensor gerak, sehingga kamu akan dibuat nyaman serta praktis.

Adapun pergerakan pagar besi otomatis ini adalah sliding, selain praktis akan lebih hemat ruang. Selain itu, jenis pagar yang dapat kamu gunakan adalah berupa lempengan besi horizontal yang disusun ke atas. Kamu dapat menemukan jenis pagar ini pada hunian yang memiliki konsep modern dan mengusung tema smart home.

5. Pagar Jeruji Besi

Jenis pagar besi yang satu ini dapat dikatakan cukup klasik, karena desainnya yang seperti jeruji besi penjara. Pagar besi jenis ini dinilai lebih kokoh dan aman bagi pemiliknya, terlebih biasanya pagar jeruji besi ini memiliki tinggi lebih dari 2 meter, sehingga akan menambah rasa aman bagi kamu.

Kamu dapat menggunakan warna hitam agar terlihat lebih netral dan elegan. Pagar jeruji besi biasanya digunakan untuk memagari pekarangan rumah, halaman belakang rumah, atau sisi samping rumah.

Adanya pagar jeruji besi ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan rumah. Jika ingin merasa lebih aman lagi, bisa menambahkan bagian atas pagar dengan bagian runcing yang tentu akan menyulitkan seseorang untuk memanjatnya.

6. Pagar Besi Minimalis Swing

Terdapat jenis pagar besi minimalis swing, dinamakan swing karena gerakan arah pagar yang dapat maju dan mundur. Tidak mudah untuk menemukan jenis pagar seperti ini. Pagar seperti ini biasanya akan mudah didapati pada kawasan yang memiliki rumah-rumah besar. Untuk model pagarnya sendiri supaya tidak terlihat monoton, kamu dapat menambahkan motif-motif seperti bunga di bagian tengah pagar.

7. Pagar Besi Semi Tertutup

Mengaplikasikan jenis pagar yang full tertutup akan membuat rumah terlihat  kekurangan cahaya. Sebagai solusinya, kamu dapat menggunakan pagar besi semi tertutup, yaitu tinggi pagar yang tidak mencapai atap rumah, sehingga masih terdapat ruang sebagai pencahayaan dan sirkulasi udara yang lebih baik. Penggunaan pagar besi semi tertutup ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang tinggal di kawasan yang membutuhkan keamanan lebih atau rawan dengan kejahatan.


8. Pagar Besi dengan Tanaman

Kamu pecinta tanaman? Kamu dapat menggunakan tanaman sebagai salah satu hiasan pada pagar besi minmalis, di mana pada bagian dalam pagar akan diisi oleh pagar tanaman dan bagian luar pagar dilapisi oleh pagar besi berongga yang berbentuk persegi panjang. Gunakan cat warna hitam supaya menambah kesan elegan. Pagar besi dengan tanaman, akan memberikan kesan yang asri.

9. Pagar Besi Klasik

Suka dengan konsep rumah yang klasik? Maka pilihlah pagar besi klasik. Pagar besi klasik merupakan pagar yang terbuat 100% dari besi dengan model swing. Agar dapat mendapat kesan klasik yang lebih, tambahkan kombinasi warna hitam dan emas, maka pagar besi klasik akan terlihat cantik.

10. Pagar Besi Tempa Mewah

Untuk rekomendasi terakhir jatuh pada pagar besi tempa mewah, biasanya jenis pagar besi ini digunakan pemilik rumah mewah dan bertingkat. Salah satu ciri khas pagar besi tempa mewah adanya ukiran-ukiran artistik di pagar serta warna emas pada pagar tersebut.

Baca juga: Yuk, Kenali Desain Pagar Bambu Minimalis yang Populer!


Tips Merawat Pagar Besi Minimalis kamu

Pagar besi memiliki ketahanan yang biasanya lebih baik dibandingkan dengan jenis pagar lainnya. Agar pagar besi kamu dapat bertahan lebih lama, simak beberapa tipsnya di bawah ini.

1. Melakukan Pengecatan Ulang Secara Berkala

Letak pagar biasanya terletak pada pekarangan rumah yang membuatnya langsung terpapar sinar matahari dan juga air hujan, hal tersebut dapat mempercepat proses pengelupasan dan karat pada pagar besi. Supaya lebih awet, ada baiknya kamu melakukan pengecatan secara berkala agar pagar tetap terlihat bagus. Untuk menghindari dari karat, kamu bisa menggunakan cat anti-karat.

2. Oleskan Minyak Pelumas

Pagar besi biasanya memiliki engsel-engsel di setiap sudut perputarannya, biasanya semakin lama pagar besi dibuka dan ditutup, maka engsel tersebut akan mengeluarkan bunyi berderit yang tentunya cukup menganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, oleskan minyak pelumas ke engsel-engsel pagar untuk menghindari bunyi berderit tersebut.

3. Gunakan Cuka atau Baking Soda untuk Menghilangkan Karat

Karat merupakan hal alami yang akan dialami oleh kebanyakan benda yang terbuat dari besi, tidak terkecuali pagar besi yang ada di rumah. Apabila kamu menemukan karat, segera teteskan cuka atau baking soda ke karat tersebut lalu diamkan beberapa saat. Kemudian, gosok dengan menggunakan lap kering hingga karat tersebut hilang.


Kunjungi website BTN Properti untuk mendapatkan informasi mengenai tips dekorasi rumah lainnya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua