Spinner Icon

Cek Ide Pagar Minimalis untuk Rumah Minimalis Anda!

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 9 November 2022
Table of Contents:

Rumah yang nyaman dan aman adalah impian yang ingin dicapai oleh setiap orang. Ada banyak elemen dari rumah yang perlu dipertimbangkan agar rumah dapat tetap nyaman untuk ditinggali. Salah satu elemen tersebut adalah pagar rumah.

Dengan fungsi utama sebagai pengaman bagi penghuni rumah, pagar juga berfungsi untuk mempercantik tampilan rumah. Tampilan pagar rumah yang lebih cantik dan selaras dengan desain rumah dapat membuat rumah tampak lebih estetik.

Rumah minimalis harus dipadukan dengan desain pagar yang minimalis pula. Artikel ini akan memberikan beberapa tips dan ide desain pagar minimalis yang cocok untuk rumah minimalismu.


Inspirasi Desain Pagar Minimalis

Berikut adalah daftar ide desain pagar minimalis yang bisa dipertimbangkan untuk kamu terapkan ke rumahmu.

1. Pagar Minimalis Modern

Dengan desain yang compact dan simpel, pagar rumah minimalis umumnya berupa pagar yang harus digeser untuk membukanya. Desain pagar yang satu ini memadukan pagar tembok dan pagar geser. Bagian pagar tembok berfungsi sebagai penutup halaman dan rumah. Sedangkan bagian pagar geser berfungsi untuk menutupi carport.

2. Pagar Model Jaring

Model pagar yang satu ini pasti tidak asing juga bagi kamu. Desain pagar jaring akan memberikan tampilan rumah yang lebih cantik.  Meskipun terlihat sangat rapat, celah-celah kecil yang diciptakan oleh desain pagar jaring ini memungkinkan kamu untuk masih dapat melihat ke arah luar dengan jelas. Selain itu, model pagar minimalis ini juga memberikan nuansa rumah yang lebih modern.

Perpaduan antara warna pagar hitam dan tembok berwarna putih akan membuat rumah tampil lebih estetik. Desain pagar model jaring ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki anak kecil. Hal ini karena pagar membuat halaman menjadi lebih aman untuk tempat bermain anak.

3. Pagar Kaca


Untuk membuat rumah tampak lebih estetik dan modern, kamu dapat menggunakan bahan kaca pada pagar. Pagar rumah yang terbuat dari kaca dapat mempercantik tampilan rumah dan membuat rumah tampak lebih mewah, layaknya bangunan pencakar langit.

Desain pagar yang satu ini sangat cocok digunakan pada rumah di daerah dataran tinggi. Dengan bahan pagar rumah yang transparan, kamu jadi bisa melihat langsung pemandangan di luar rumah.

4. Pagar Full Blocked

Jenis pagar yang satu ini juga pasti sudah sangat familiar bagimu. Dengan desain yang rapat dan tanpa celah lubang sedikitpun, jenis pagar ini memberikan nilai tambahan pada keamanan rumah.

Pagar minimalis yang satu ini sangat cocok untuk rumah yang dibangun di pinggir jalan raya. Hal ini karena desain ini memungkinkan kamu untuk menghalau suara bising dari kendaraan di jalan raya.

5. Pagar Bambu

Pagar bambu sering ditemui di lokasi pedesaan. Oleh karena itu, jenis pagar ini pasti sering kamu temui saat mudik ke kampung halaman. Namun, kini pagar yang terbuat dari bambu juga sudah sering ditemui di kawasan perkotaan.

Di area perkotaan, jenis pagar ini sering digunakan pada restoran-restoran keluarga. Alasan penggunaan pagar berbahan bambu adalah pagar jenis ini dapat merubah suasana bangunan. Dengan pagar bambu, nuansa bangunan pun menjadi lebih asri dan sejuk, seperti pulang ke kampung halaman.

Baca juga: Hindari Kesalahan-Kesalahan Berikut dalam Tata Ruang Rumah

6. Pagar Batako

Jika kamu ingin desain pagar yang kokoh dan aman, maka pagar yang terbuat dari batako adalah desain pagar yang cocok untukmu. Selain cantik, batako juga memberikan perlindungan dan keamanan ekstra bagi penghuninya.

Untuk mempercantik tampilan rumah, kamu dapat menghias pagar batako dengan tanaman-tanaman kecil. Dekorasi ini akan membuat rumah tampak lebih asri dan sejuk.

7. Pagar Geser

Desain pagar geser merupakan jenis model pagar rumah yang sangat umum digunakan di Indonesia. Pagar jenis ini memberikan keuntungan dengan adanya ruang yang lebih banyak untuk rumah dan bahan yang lebih mudah didapatkan.

Umumnya, pagar ini terbuat dari besi dengan desain horizontal, vertikal, atau abstrak. Garis pagar yang dibuat juga tidak terlalu padat sehingga kamu dapat melihat ke arah luar tanpa harus membuka pagar. Pagar geser biasanya dipadukan dengan cat warna putih atau hitam sehingga terlihat lebih minimalis dan modern.

8. Pagar Kayu Klasik

Jika tema rumah yang ingin kamu bangun adalah rumah klasik, desain pagar kayu klasik adalah pilihan terbaik bagi rumahmu. Desain pagar yang satu ini sering ditemui di film-film holywood.

Banyak digunakan di rumah-rumah dengan gaya Eropa, desain pagar ini memberikan nilai estetika yang berbeda dari jenis pagar lainnya, yaitu nilai vintage. Jika dikombinasikan dengan pagar tembok batu bata merah, desain pagar kayu akan membuat rumah semakin terlihat autentik.

9. Pagar Kayu Lipat


Kategori desain pagar selanjutnya adalah pagar kayu lipat. Umumnya, desain pagar kayu lipat ini tidak hanya melibatkan material kayu saja, melainkan juga menggunakan kerangka besi. Hal inilah yang kemudian membuat pagar model ini memiliki bobot yang cukup berat.

Model pagar kayu lipat tidak perlu didorong untuk membukanya, namun dilipat dengan bentuk zigzag. Desain ini membuat rumah tampil lebih estetik dan mewah saat rumah dibuka.

Desain pagar yang satu ini sangat cocok dipadukan dengan tembok dari batu alam, sehingga rumah tampak lebih asri dan mewah.

10. Pagar Kayu Geser

Meskipun pagar dengan bahan kerangka besi lebih sering digunakan, model pagar ini dapat dipadukan dengan bahan kayu. Salah satu contoh pagar rangka besi yang dipadukan dengan kayu seperti pagar geser di atas. Model pagar ini cocok bila kamu kombinasikan dengan pagar tembok dengan tinggi yang sejajar.

Secara bobot, model pagar ini memiliki berat yang lebih berat daripada pagar pada umumnya. Oleh karena itu, kamu dapat membuat pintu kecil di bagian ujung pagar untuk memudahkan akses keluar masuk rumah tanpa harus repot membuka pagar yang besar.

11. Pagar Kombinasi Rangka Besi dan Tanaman

Jika dilihat secara sekilas, kamu pasti mengira rumah ini hanya ditutupi oleh tanaman dan pilar tembok saja. Tapi sebenarnya ada pagar besi yang berfungsi sebagai kerangka. Dibangun secara sejajar dengan pilar tembok, kerangka besi ini dibalut oleh tanaman sehingga rumah menjadi lebih tertutup dan tidak mudah dilihat oleh orang lain. Selain itu, tambahan tanaman pada pagar ini juga membuat rumah terkesan lebih hijau dan asri.

Baca juga: Cek Ide Jenis Taman Minimalis Untuk Buat Rumah Asri


Kesimpulan

Itulah informasi terkait inspirasi desain pagar yang cocok dipadukan dengan rumah minimalis. Saat memilih model pagar, kamu harus memperhatikan beberapa hal agar model pagar dapat mempercantik tampilan rumah. Beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan, antara lain:

1. Selaraskan antara ukuran pagar dan ukuran rumah

Hal paling pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyelaraskan ukuran pagar dan ukuran rumah. Pastikan kamu tidak membangun pagar terlalu tinggi untuk rumah 1 lantai agar tidak menutupi cahaya matahari yang akan masuk ke dalam rumah. Sedangkan untuk rumah 2 lantai, kamu dapat menggunakan pagar yang agak tinggi untuk meningkatkan keamanan rumah.

2. Pilih bahan pagar yang sesuai

Jika dilihat dari rekomendasi desain di atas, ada banyak pilihan material pagar yang dapat kamu pilih. Beberapa material pagar rumah yang umum digunakan adalah besi, baja, stainless, kayu, batu, bambu, semen, dan lain-lain.

Pastikan juga kamu memilih material pagar yang sesuai dengan desain rumah dan nuansa yang ingin kamu bentuk di rumah kamu. Umumnya, bahan material kayu dan besi adalah bahan pagar yang paling cocok untuk desain rumah minimalis. Pastikan harga bahan pagar yang kamu pilih sesuai dengan kantongmu.

3. Pilih bentuk pagar yang cocok untuk rumah

Selain bahannya, pilihan bentuk pagar juga ada beberapa macam. Mulai dari yang dilipat, digeser, didorong, atau pagar still, bentuk-bentuk pagar ini juga harus dapat kamu perhatikan dengan baik pemilihannya.

Kamu dapat menyesuaikan bentuk pagar rumah dengan luas halaman rumah. Pastikan hasil pagar yang dibangun tidak memakan ruang terlalu banyak saat akan dibuka, sehingga halaman rumah juga terlihat lebih leluasa dan tidak sempit.

Kunjungi btnproperti.co.id untuk info lain mengenai rumah dan KPR BTN. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua