Spinner Icon

Hindari Kesalahan-Kesalahan Berikut dalam Tata Ruang Rumah

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 12 Oktober 2022
Table of Contents:

Baru saja memiliki rumah? Tata ruang rumah adalah salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan setelah memiliki rumah baru. Nyatanya, memikirkan tata ruang rumah cukup menyenangkan karena kamu memiliki kebebasan untuk mengatur tata ruang rumah kamu sesuai dengan keinginan kamu sendiri.

Tapi ada baiknya bagi kamu yang masih pemula untuk berhati-hati dalam desain tata ruang rumah. Buat rumah tetap estetik dengan budget yang sesuai.

Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam mengatur tata ruang rumah. Dalam artikel kali ini, akan dibahas tentang kesalahan-kesalahan yang umum terjadi dalam tata ruang rumah dan tips agar tata ruang rumah tetap cantik. Mari kita simak satu per satu kesalahan-kesalahan itu agar dapat dihindari di masa depan!

1. Tidak Percaya akan Selera Sendiri

Kamu pasti dapat menemukan banyak sekali gaya tata ruang rumah yang menarik di internet ataupun majalah-majalah desain interior. Desainer interior juga dapat memberikan kamu rekomendasi-rekomendasi konsep tata ruang rumah. Tetapi, kamu tidak harus mencontoh semua rekomendasi ini secara mentah-mentah. Kamu harus dapat percaya pada seleramu sendiri.

Ketahui dengan baik terlebih dahulu tata ruang rumah seperti apa yang kamu inginkan. Bersama dengan saran atau contoh dari internet dan desainer interior, kamu dapat tetap menerapkan konsep tata ruang rumah sesuai dengan seleramu. Melalui internet atau desainer interior, kamu dapat mencari tahu tips dan trik terkait tata ruang rumah yang sesuai dengan luas ruang dan kebutuhanmu.

2. Tidak Mengutamakan Kenyamanan

Hal utama yang harus kamu perhatikan dalam membuat konsep tata ruang rumah adalah kenyamanan rumah. Tata ruang rumah yang baik tidak hanya menarik untuk dipandang, tetapi juga dapat mendukung kegiatan sehari-hari.

Jangan memilih furniture hanya berdasarkan bentuk dan modelnya saja. Pastikan kamu tetap mementingkan kenyamanan. Kamu dapat mencoba terlebih dahulu furnitur yang ingin kamu beli. Misalnya, jika kamu ingin membeli sofa, cobalah terlebih dahulu apakah sofa tersebut nyaman untuk diduduki. Jangan lupa juga untuk menempatkan furnitur sesuai dengan fungsi ruang, misalnya meja makan di ruang makan atau sofa di ruang tamu.

3. Kesalahan Pengecatan

Ingin tata ruang rumah kamu terkesan lebih maskulin? Untuk mendapatkan kesan maskulin bukan berarti kamu harus menggunakan warna-warna gelap pada interior rumah. Kamu juga dapat memperoleh kesan maskulin dan elegan dengan menggunakan warna netral, seperti putih, abu-abu, dan coklat muda pada tata ruang rumah. Selain itu, kamu juga dapat memilih warna cat yang cerah agar ruangan dapat tampil lebih luas. Padukan warna-warna monokrom dan netral agar rumah terlihat lebih minimalis dan modern.

Pastikan kamu melihat hasil asli dari cat tembok saat memilih tembok. Jangan memilih warna cat hanya dengan melihat katalog karena warna cat dapat memberikan hasil yang tidak sama dengan katalog.

Kamu juga dapat terlebih dahulu memilih furnitur sebelum memilih warna cat. Hal ini dikarenakan agar warna furnitur dan dinding bisa selaras, karena warna furnitur lebih sulit daripada warna cat. Kamu juga dapat memilih beberapa perpaduan warna untuk warna dinding agar tata ruang rumah tampak lebih hidup dan tidak monoton.

Baca juga: Percantik Rumah Kamu dengan Molding Dinding!

4. Pengaturan Pencahayaan yang Salah

Pencahayaan merupakan salah satu hal paling penting dalam hunian. Kamu tidak dapat hanya mengandalkan satu sumber cahaya saja untuk tata ruang rumahmu.

Jenis lampu yang digunakan untuk tiap ruangan pastinya akan berbeda, jadi jangan sampai kamu menggunakan jenis lampu yang salah untuk ruanganmu. Warna lampu yang kamu pilih juga dapat mempengaruhi kesan yang ditimbulkan dari ruangan. Sebagai contoh pada kamar tidur kamu tidak boleh menggunakan lampu yang terlalu terang, melainkan pasanglah mood-lighting. Jenis lampu ini cocok untuk kamar tidur karena memiliki intensitas cahaya yang dapat diatur, sehingga bisa disesuaikan dengan aktivitas pada ruangan.

5. Tidak Ada Keselarasan Antar Ruangan

Tata ruang rumah juga dapat mencerminkan karakter pemilik rumah. Jadi tidak hanya mengatur ruangan sesuai fungsi dan desainnya masing-masing, tetapi juga memperhatikan karakter yang ingin kamu bangun.

Kamu juga perlu menciptakan keselarasan antara ruangan dengan furnitur dan juga keselarasan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Pastikan setiap ruang tidak memiliki gayanya masing-masing, karena hal ini justru membuat tata ruang rumah kamu jadi terlihat tidak memiliki konsep yang jelas.

6. Tanpa Dekorasi

Dekorasi pastinya dapat membantu mempercantik rumah. Jika kamu tidak menambahkan hiasan apapun ke rumahmu, rumah mungkin akan terlihat membosankan dan tidak berwarna. Letakkan beberapa barang seni yang kamu miliki di beberapa sudut rumah. Kamu tidak perlu khawatir jika ornamen yang tidak berkaitan akan membuat rumah terlihat jelek, nyatanya hal ini malah membuat tata ruang rumah lebih berwarna.

Jangan lupa menambah variasi hiasan dinding yang beragam ke rumahmu. Kombinasi antara berbagai jenis hiasan akan membuat rumah tampak lebih unik dan hidup. Misalnya, kamu dapat mengombinasikan berbagai jenis hiasan berukuran kecil dan besar sesuai dengan ukuran ruangan. Salah satu contoh hiasan dinding yang umum digunakan adalah bingkai foto sebagai kolase dinding.


7. Penggunaan Sekat

Beberapa orang mengira penggunaan sekat dapat membuat rumah terlihat lebih cantik dan keren. Namun, kenyataannya sekat justru membuat rumah menjadi terlihat lebih sempit. Ruangan-ruangan yang menggunakan sekat akan terlihat memiliki space yang lebih kecil.

Salah satu tips yang dapat kamu ikuti adalah dengan menggunakan konsep rumah open space yang sesuai dengan konsep rumah minimalis. Dengan konsep rumah open space, kamu dapat menyatukan beberapa ruangan ke dalam satu area sehingga ruangan tampil lebih luas. Sebagai contoh, kamu dapat menyatukan ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan ke dalam 1 space yang sama.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Lahan Sempit yang Wajib Kamu Coba!

8. Tidak Menggunakan Setiap Sudut Ruangan

Sudut ruangan yang tidak terpakai di dalam rumah akan membuat rumah terlihat kosong. Meskipun ruangan terlihat lebih luas, tetapi rumahmu akan terlihat kosong dan tidak hidup. Namun, kamu juga harus menghindari penataan yang tidak rapi, karena dengan begini rumah akan terlihat berantakan.

Gunakan rak yang melayang untuk menata beberapa dekorasi estetik yang minimalis di sudut ruangan yang kosong. Selain menggunakan sudut ruangan dengan baik, hal ini juga akan membuat ruangan terlihat lebih cantik dan estetik. Pastikan dekorasi-dekorasi ini tertata dengan baik agar tampilan ruangan terlihat lebih bersih.

9. Kesalahan dalam Tata Ruang Tidur

Tidak hanya ruang tamu, tata ruang tidur juga sangat penting untuk diperhatikan. Baiknya tempat tidur berada di garis lurus dengan pintu atau posisinya terlihat saat kamu berbaring. Berdasarkan feng shui, dengan tata letak tempat tidur seperti ini kamu masih bisa melihat peluang yang akan melalui pintu tersebut.

Selain dengan memindahkan tempat tidurmu, kamu juga dapat menggunakan cermin sehingga kamu masih dapat melihat pintu dalam pantulan cermin tersebut saat berada di tempat tidur.

Idealnya, tempat tidur untuk orang dewasa harus memiliki sandaran kepala yang kokoh pada dinding yang kokoh. Namun ternyata dengan mendorong tempat tidur ke dinding justru malah menyebabkan ketidakseimbangan yin dan yang bagi penghuni. Ada baiknya juga bagi kamu untuk memiliki ruang untuk bergerak dalam ruang tidur kamu. Selain membuat ruang tidur tidak terlihat sempit, hal ini juga ideal menurut feng shui yang menandakan kamu memiliki ruang untuk bergerak maju dalam hidup.

Baca juga: Kenali Konsep Desain Rumah Asri di Tengah Perkotaan!


Kesimpulan

Sekarang kamu sudah mengetahui kesalahan-kesalahan yang umum terjadi saat mengatur tata ruang rumah. Pastikan kamu dapat menghindari kesalahan-kesalahan ini saat mendesain rumah kamu. Penting juga bagi kamu untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan developer rumah atau desainer interior yang kamu pilih untuk rumahmu nantinya. Para tenaga profesional ini pastinya dapat memberikan tips dan saran terbaik untuk tata ruang rumah kamu.

Yuk, mulai wujudkan rumah idamanmu bersama KPR BTN. Cek website kami untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program KPR yang ditawarkan.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua