Spinner Icon

Inspirasi Pagar Stainless Steel untuk Rumah Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 20 Juni 2023
Table of Contents:
  • 8 Inspirasi Pagar Stainless Steel Minimalis
  • 1. Pagar Stainless Steel Railing Balkon
  • 2. Pagar Stainless Steel Kotak Kecil
  • 3. Pagar Stainless Steel Model Lipat
  • 4. Pagar Stainless Steel Sliding
  • 5. Pagar Stainless Steel Teralis
  • 6. Pagar Stainless Steel Batu Alam
  • 7. Pagar Stainless Steel Laser Cut
  • 8. Pagar Stainless Steel Kotak Tertutup
  • Kelebihan dan Kekurangan Pagar Stainless Steel
  • Kelebihan Pagar Stainless Steel
  • 1. Tidak Cepat Berubah Bentuk
  • 2. Perawatan yang Mudah
  • 3. Memiliki Kesan yang Mewah
  • Kekurangan Pagar Stainless Steel
  • Harganya yang Cukup Mahal
  • Kesimpulan

Dalam membangun sebuah rumah, terdapat elemen-elemen pendukung yang perlu diperhatikan agar terciptanya rumah atau hunian yang nyaman. Beberapa elemen tersebut misalnya ruang tamu elegan, dapur minimalis, hingga elemen pagar. Pagar merupakan elemen yang akan memberikan keamanan dan juga privasi bagi penghuninya. Tanpa adanya pagar akan semakin mudah untuk melihat ke arah rumah atau bahkan terjadinya tindak kriminal.

Namun, tidak semua hunian memiliki konsep pagar, misalnya saja konsep perumahan cluster yang tidak memiliki pagar sama sekali. Akan tetapi, sistem pengamanan di perumahan cluster juga biasanya lebih ketat dibandingkan dengan perumahan-perumahan konvensional pada umumnya. Beberapa waktu belakang ini, tidak sedikit perumahan cluster yang mengizinkan pemilik rumah untuk membangun pagar rumah sendiri dengan beberapa syarat, misalnya dapat membangun pagar setelah 3 tahun tinggal.

Akan tetapi, pada pembahasan kali ini, akan berfokus pada penggunaan pagar khususnya pagar stainless steel yang kerap dijadikan sebagai pilihan ketika ingin membuat pagar rumah. Sebetulnya, terdapat banyak jenis pagar rumah yang dapat dipilih, misalnya saja pagar tembok, pagar besi, pagar kayu, pagar bambu, dan jenis pagar-pagar lainnya.

Berikut akan dipaparkan 8 inspirasi pagar stainless steel beserta kelebihan dan kekurangan pagar stainless steel sebagai referensi.

Key Takeaways:

  • Pagar stainless steel kerap dijadikan opsi sebagai pagar rumah karena kelebihannya yang anti karat.
  • Biaya pembuatan pagar stainless steel cenderung lebih mahal dibandingkan dengan material pagar lainnya.
  • Terdapat beberapa desain pagar stainless steel minimalis seperti desain laser cut, model lipat, model sliding, dan lain-lain.

 

8 Inspirasi Pagar Stainless Steel Minimalis

1. Pagar Stainless Steel Railing Balkon

Untuk jenis yang pertama ini, akan lebih cocok untuk dijadikan pagar balkon. Biasanya pagar balkon diperuntukkan di lantai 2, lantai 3, dan lantai-lantai seterusnya di rumah, serta dengan adanya pagar balkon akan menambah rasa aman terutama jika memiliki anak kecil.

Desain pagar stainless steel railing balkon ini memiliki bentuk persegi dengan mengikuti alur balkon, kemudian di bagian tengahnya dapat diberikan kawat baja dengan bentuk berlubang yang memberikan kesan semi transparan.

2. Pagar Stainless Steel Kotak Kecil

Jika mencari inspirasi pagar stainless steel yang minimalis, maka pagar stainless steel  kotak kecil ini dapat menjadi pilihan, Dengan lebar hanya 1 x 1,5 meter saja, kamu sudah dapat memiliki pagar stainless steel. Jenis pagar stainless steel yang satu ini memiliki gerakan swing. Kamu juga dapat menambahkan pola pada bagian tengah pagar supaya tidak terasa monoton.


sumber gambar: brighton.co.id

3. Pagar Stainless Steel Model Lipat

Memiliki luas halaman depan rumah yang terbatas? Dengan kondisi tersebut, tidak perlu khawatir ketika ingin membuat pagar stainless steel yang minimalis, cobalah untuk menggunakan model pagar stainless steel model lipat, hal ini dapat menjadi jawaban dari minimnya lahan pada pekarangan depan rumah.

Akan tetapi, tetap perhatikan lebar setiap panel atau lekukan dari pagar lipat karena paling tidak harus tersisa satu bagian untuk panel. Jika space yang dimiliki benar-benar minim, maka gunakan lebar panel yang lebih kecil.

Adapun pagar stainless steel model lipat ini memiliki roda di bagian ujung pagar dan engsel di setiap panelnya agar dapat dibuka dan ditutup secara lancar. Untuk desain pagarnya sendiri, dapat menggunakan desain stainless steel yang disusun secara horizontal atau vertikal agar terlihat lebih modern.

4. Pagar Stainless Steel Sliding

Model pagar stainless steel yang satu ini memang cukup popular. Pagar stainless steel sliding juga akan memberikan kesan yang simpel dan minimalis berkat penggunaannya yang mudah.

Untuk desainnya, kamu dapat menggunakan material stainless steel yang berupa lempengan dan dipadukan dengan pola-pola yang sesuai dengan selera. Jika memilih untuk menggunakan pagar stainless steel sliding, perhatikan juga bagian relnya karena apabila kering maka akan muncul bunyi berdecit yang tentu saja akan membuat tidak nyaman.


sumber gambar: brighton.co.id

5. Pagar Stainless Steel Teralis

Jika sebelumnya pagar stainless steel sliding berkonsep 100% geser, konsep pagar stainless steel teralis ini campuran dari geser dan ayun. Model pagar stainless steel teralis ini terdapat dua bagian, yaitu bagian pertama pintu dapat digeser layaknya pintu sliding pada umumnya. Sedangkan bagian kedua pintu dapat diayun maju dan mundur yang biasanya digunakan untuk jalan masuk/keluar orang karena biasanya bagian pagar sliding diperuntukkan untuk akses kendaraan.

Desainnya berbentuk seperti teralis dengan bentuk vertikal dan disusun seperti jeruji besi pada penjara. Agar lebih aman, buatlah jarak antar teralis tidak terlalu besar supaya jarak pandang orang tidak terlalu jelas ketika melihat rumah.

6. Pagar Stainless Steel Batu Alam

Siapa bilang bahwa pagar stainless steel tidak dapat dikombinasikan dengan sesuatu yang natural? Sebut saja perpaduan antara pagar stainless steel dengan batu alam, tentu akan menjadi perpaduan yang unik. Di satu sisi stainless steel akan memberikan kesan yang modern dan batu alam akan memberikan kesan natural.

Konsep pagar stainless steel batu alam adalah pagar yang bermaterial stainless steel dan terdiri dari tembok batu alam. Perhatikan biaya yang akan dibutuhkan mengingat batu alam memliki harga yang cenderung mahal.


sumber gambar: brighton.co.id

7. Pagar Stainless Steel Laser Cut

Apabila menginginkan pagar stainless steel yang berbeda dari biasanya? Kamu bisa menggunakan pagar stainless steel laser cut. Namun, penggunaan pager stainless steel laser cut ini akan membutuhkan biaya yang lebih karena teknologi laser cut cukup mahal.

Teknologi laser cut memungkinkan untuk mendesain pola pagar rumah sendiri alias custom. Kemudian komputer akan memulai proses laser terhadap lempengan stainless steel sesuai dengan desain yang telah dipilih. Walaupun memerlukan dana yang lebih banyak, akan tetapi dapat memberikan hasil yang memuaskan dan membuat pagar rumah unik, bukan?

8. Pagar Stainless Steel Kotak Tertutup

Jika rumah kamu terletak di pinggir jalan raya atau di daerah yang cukup ramai, maka perlu mempertimbangkan membuat pagar yang aman serta dapat menjaga privasi rumah. Salah satunya adalah jenis pagar stainless steel kotak tertutup. Jenis pagar ini sederhana dengan menutup tanpa ada celah sedikitpun pada pagar. Komposisi pagar hanyalah lempengan stainless steel yang disusun secara horizontal. Secara desain, memang pagar ini akan terlihat sangat monoton.

Baca juga: Cek 5 Inspirasi Hiasan Pagar Rumah Anti Bosan di Sini!


Kelebihan dan Kekurangan Pagar Stainless Steel

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan menggunakan pagar stainless steel.

Kelebihan Pagar Stainless Steel

1. Tidak Cepat Berubah Bentuk

Salah satu kelebihan dan daya tarik pagar stainless steel adalah sifatnya yang tahan lama. Perlu diakui bahan-bahan pagar lainnya akan mudah rusak, bisa karena karat, sinar matahari, atau air hujan. Hal tersebut berbeda dengan stainless steel yang secara harafiah berarti besi anti karat. 

2. Perawatan yang Mudah

Memiliki pagar stainless steel juga ternyata akan memudahkan kamu dalam hal perawatan. Hal yang perlu diperhatikan adalah noda yang membekas pada pagar. Noda tersebut cukup dibersihkan dengan air dan pastikan tidak ada bekas air yang tersisa agar tidak meninggalkan bekas.

3. Memiliki Kesan yang Mewah

Pagar stainless steel juga secara otomatis akan memberikan kesan yang mewah bagi rumah, dengan warna perak nan berkilau. Dengan demikian, kamu tidak perlu pusing untuk memilih warna cat apa yang cocok bagi pagar stainless steel. Selain itu, pagar stainless steel juga cocok bagi segala bentuk mulai dari horizontal hingga vertikal.

 

Kekurangan Pagar Stainless Steel

Harganya yang Cukup Mahal

Di balik beberapa kelebihan menggunakan pagar stainless steel, ternyata jenis pagar ini juga masih memiliki kekurangan, yaitu harganya yang cukup mahal apabila dibandingkan dengan beberapa jenis material lainnya seperti kayu dan besi.

Namun, apabila menghitungnya dengan cermat, harga yang relatif lebih mahal sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Pasalnya, dalam jangka panjang kamu tidak perlu khawatir akan timbulnya karat yang menjadi penyebab utama rusaknya pagar, serta diimbangi dengan biaya perawatan yang tidak mahal.

Baca juga: Rekomendasi Varian Pagar Tembok untuk Rumah Impian Kamu


Kesimpulan

Kini, kamu telah memiliki referensi untuk membuat sebuah pagar rumah idaman, serta juga telah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pagar stainless steel.

Kunjungi website kami di sini untuk mendapatkan informasi seputar dekorasi rumah dan KPR.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua