Spinner Icon

Rumah Tetap Rapi dengan Penggunaan Penutup Kabel Dinding

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 24 Desember 2023
Table of Contents:
  • 5 Alternatif Penutup Kabel Dinding untuk Rumah yang Rapi
  • 1. Menggunakan Penutup Kabel PVC
  • 2. Memasang Wire Grid Wall
  • 3. Menggunakan Kabel Organizer
  • 4. Menyembunyikan Kabel di Balik Furnitur
  • 5. Frame Hiasan Dinding
  • Kesimpulan

Rumah yang rapi tentu menjadi idaman setiap orang. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat rumah tetap tampil rapi. Kamu dapat dengan rutin membersihkan rumah, menggunakan sistem penyimpanan untuk menyimpan barang dengan rapi, dan lain-lain. Namun, salah satu hal yang menjadi tantangan dalam menjaga rumah tetap rapi adalah kabel.

Kabel yang kusut dan bertebaran di dinding tentu dapat membuat rumah tampil tidak estetik. Untuk itu, kamu dapat menggunakan penutup kabel dinding agar kabel di ruangan dapat ditata dengan lebih rapi. Pada artikel ini, akan dibahas berbagai cara atau alternatif penutup kabel dinding yang dapat kamu gunakan untuk menjaga rumah tetap tampil rapi dan cantik.

Key Takeaways:

  • Kabel yang kusut dan bertebaran di dinding tentu dapat membuat rumah tampil tidak estetik.
  • Kamu dapat menggunakan penutup kabel dinding agar kabel di ruangan dapat ditata dengan lebih rapi.
  • Beberapa alternatif penutup kabel dinding yang dapat kamu terapkan agar rumah terlihat lebih rapi, yaitu dengan menggunakan penutup kabel PVC, memasang wire grid wall, menggunakan kabel organizer, menyembunyikan kabel di balik furnitur, dan frame hiasan dinding.

5 Alternatif Penutup Kabel Dinding untuk Rumah yang Rapi


Berikut adalah beberapa alternatif penutup kabel dinding yang dapat kamu terapkan agar rumah kamu terlihat lebih rapi.

1. Menggunakan Penutup Kabel PVC

Penutup kabel dinding PVC adalah salah satu penutup kabel dinding yang umum digunakan karena pemasangannya mudah dilakukan. Kamu cukup menempelkan penutup kabel PVC pada dinding, lalu masukkan kabel-kabel yang menjuntai ke dalam penutup kabel.

Selain pemasangannya yang mudah dilakukan, penutup kabel dinding PVC juga memiliki ukuran yang mudah disesuaikan. Kamu hanya perlu memotong penutup kabel PVC sesuai dengan ukuran yang kamu perlukan.

2. Memasang Wire Grid Wall

Mungkin kamu lebih mengenal wire grid wall sebagai hiasan dinding, tetapi nyatanya kamu juga dapat menggunakan alat ini untuk merapikan kabel. Wire grid wall cocok digunakan di bagian ruangan yang memiliki banyak kabel dinding, misalnya di ruang keluarga.

Kombinasikan wire grid dengan zip tie yang kamu gunakan untuk mengaitkan kabel. Lalu letakkan wire grid wall di belakang furnitur agar tersembunyi dari pandangan mata, sehingga ruangan terlihat lebih rapi.

3. Menggunakan Kabel Organizer

Sesuai dengan namanya, kabel organizer dapat kamu gunakan untuk menata kabel dinding. Kabel organizer sangat cocok untuk kamu aplikasikan di ruang kerja.

Kabel organizer merupakan sebuah box yang dilengkapi dengan terminal listrik yang tertutup. Oleh karena itu, selain membuat kabel tertata lebih rapi, kabel organizer dapat menjadi solusi yang aman juga karena tidak mudah dijangkau anak-anak.

4. Menyembunyikan Kabel di Balik Furnitur

Salah satu cara paling mudah untuk menyembunyikan kabel dinding adalah dengan menyembunyikannya di balik furnitur. Kamu dapat menggunakan furnitur, seperti rak atau lemari televisi, sebagai penutup kabel dinding. Hal ini karena biasanya kabel di area televisi adalah jenis kabel dinding yang cukup mengganggu pemandangan karena jumlahnya yang tidak sedikit.

Untuk menghindari kabel televisi yang berantakan, kamu dapat membeli kabinet dengan harga yang terjangkau yang dapat menyembunyikan kabel televisi di belakangnya. Di samping itu, kamu juga dapat memilih casing yang dapat dipasang ke dinding untuk menutupi kabel. Casing ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau dan tersedia dalam berbagai jenis desain menarik.

5. Frame Hiasan Dinding

Selain furnitur, kamu juga dapat menggunakan hiasan dinding sebagai penutup kabel dinding yang efektif untuk menyembunyikan kabel dinding yang berantakan. Selain membuat dinding lebih rapi, hiasan dinding juga akan membuat dinding tampil lebih estetik. Pasangkan terminal listrik dan gantung kabel dengan rapi ke bagian belakang frame hiasan. Kemudian, gantungkan frame hiasan dinding ke tempat yang kamu inginkan.

Baca juga: Sistem Keamanan Rumah untuk Menjamin Rumah Tetap Aman


Kesimpulan

Demikian informasi seputar penutup kabel dinding yang dapat kamu terapkan ke rumahmu. Buat rumah tampak lebih rapi dengan menggunakan penutup kabel dinding untuk sembunyikan kabel-kabel yang berserakan. Tertarik untuk mengetahui informasi seputar properti lainnya? Klik di sini  untuk membaca artikel bermanfaat seputar tips properti lainnya.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua