Spinner Icon

KPR Kamu Ditolak? Ini Dia Penyebab KPR Ditolak Bank BTN

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 2 Januari 2023
Table of Contents:
  • 5 Penyebab KPR Ditolak Bank BTN
  • 1. Tidak Memenuhi Persyaratan
  • a. Melebihi Batas Usia
  • b. Masa Kerja Belum Memenuhi Syarat
  • 2. Riwayat Kredit Buruk
  • 3. Dokumen yang Tidak Lengkap
  • 4. Pendapatan yang Tidak Cukup untuk Membayar Cicilan
  • Supaya KPR Kamu Tidak Ditolak BTN
  • 1. Bersihkan Riwayat Kredit yang Buruk
  • 2. Pastikan Kamu Memenuhi Semua Syarat dan Dokumennya
  • Kelengkapan Dokumen Pribadi
  • Kesimpulan

Ingin membeli rumah secara Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Bank BTN, tapi ternyata ditolak? Mengajukan pinjaman rumah bukanlah proses yang mudah. Ada banyak alasan mengapa KPR bisa ditolak oleh Bank BTN. Bahkan, ketika kamu merasa telah memenuhi semua persyaratan yang diajukan, pengajuan tersebut bisa saja ditolak? Kenapa bisa? Yuk, simak apa saja penyebab KPR ditolak Bank BTN.


5 Penyebab KPR Ditolak Bank BTN

Ada beberapa alasan mengapa KPR kamu ditolak oleh Bank BTN. Jika kamu mengalaminya, mungkin beberapa alasan berikut yang menyebabkan KPR kamu ditolak Bank BTN.

1. Tidak Memenuhi Persyaratan

Bank BTN menetapkan beberapa syarat jika kamu ingin mengajukan KPR. Jika kamu tidak memenuhi persyaratan  yang diminta, KPR kamu bisa ditolak. Berikut beberapa penyebab ditolaknya KPR:

a. Melebihi Batas Usia

Bank yang menyediakan layanan KPR menawarkan berbagai pilihan jangka waktu kredit kepada nasabahnya. Jangka waktu berkisar dari 5 hingga 30 tahun, tergantung pada program KPR yang kamu pilih dan/atau kemampuan membayar.

Jangka waktu 30 tahun ini biasanya berlaku untuk nasabah yang lebih muda atau milenial. Sedangkan jangka 5 sampai 15 tahun umumnya untuk mereka yang berada di usia 35-an.

Jika usia nasabah sudah tidak produktif, dapat dipastikan Bank BTN akan menolak pengajuan KPR. Hal ini terjadi karena pihak bank memperkirakan usia pensiun nasabah setelah cicilan KPR selesai.

Misalnya, pada usia 45 tahun, kamu mengajukan KPR dengan tenor 20 tahun. Pengajuan inilah yang berkemungkinan ditolak oleh Bank BTN. Pasalnya, batas usia maksimal pada akhir masa tenor biasanya 60 tahun.

b. Masa Kerja Belum Memenuhi Syarat

Alasan ditolaknya KPR oleh Bank BTN mungkin karena masa kerja yang tidak memenuhi syarat. Biasanya, syarat yang diberikan adalah memiliki pekerjaan sebagai karyawan/profesional/wiraswasta dengan penghasilan tetap dan masa kerja/usaha minimal 1 tahun  untuk karyawan atau 2 tahun  untuk profesional/wiraswasta.

Persyaratan ini juga harus dipenuhi karena akan digunakan oleh bank dalam menganalisis kesinambungan pembayaran angsuran. Semakin lama masa kerja, semakin besar kemungkinan KPR akan disetujui karena dianggap stabil.

2. Riwayat Kredit Buruk

Salah satu alasan Bank BTN menolak KPR adalah karena kamu memiliki riwayat pembayaran kredit buruk yang mempengaruhi skor kredit. Contoh riwayat kredit yang buruk adalah kesulitan dalam pengembalian kredit dengan bank atau lembaga pemberi pinjaman lainnya.

Dengan riwayat ini, bank enggan untuk menyetujui pemohon KPR kamu karena takut kredit akan macet. Sebagai informasi, semua riwayat pembayaran kamu secara otomatis tercatat dalam sistem layanan informasi keuangan atau SLIK (sebelumnya dikenal dengan BI Checking).

Riwayat kredit kamu diukur berdasarkan sejarah aktivitas kredit kamu berdasarkan skala 1 sampai 5. Bila riwayat kredit kamu ada di 1, pengajuan KPR kamu kemungkinan besar akan disetujui. Sebaliknya, jika skor kredit kamu 3 atau lebih, KPR pasti akan ditolak.

3. Dokumen yang Tidak Lengkap

Selain syarat-syarat di atas, kamu juga harus mengumpulkan dokumen-dokumen yang diminta oleh Bank BTN. Pastikan semua dokumen yang diminta sudah lengkap.

4. Pendapatan yang Tidak Cukup untuk Membayar Cicilan

Bank BTN akan menganalisa dan memverifikasi pendapatan sebelum menyetujui pengajuan KPR. Ini sangatlah penting karena besaran penghasilan akan menentukan kemampuan pembayaran pemegang KPR di masa depan. Jika setelah verifikasi, bank menemukan bahwa jumlah pendapatan kamu di bawah persyaratan minimum, KPR akan ditolak.

Merasa penghasilan cukup, tapi tetap ditolak? Jangan bingung, jawabannya mungkin karena kamu sedang melakukan cicilan lain seperti membeli motor, mobil, atau barang elektronik. Beberapa bank umumnya menetapkan standar cicilan setidaknya 30% dari penghasilan bulanan. Bahkan ada juga yang menetapkannya hingga 40%.

Baca juga: Pahami Hal Ini Saat Cicilan Pertama Setelah Akad Kredit


Supaya KPR Kamu Tidak Ditolak BTN

Tentu sangat disayangkan jika pengajuan KPR ditolak Bank BTN. Berikut cara agar KPR kamu tidak ditolak oleh Bank BTN.

1. Bersihkan Riwayat Kredit yang Buruk

Jika kamu masih memiliki tanggungan cicilan lain, ada baiknya untuk melunasi semua sebelum mengajukan KPR. Kamu juga perlu memastikan skor kredit kamu baik dengan mengecek secara online di website SLIK OJK.

Namun, bagaimana jika sudah masuk daftar hitam pemeriksaan BI? Apa yang harus dilakukan? Kamu dapat menunggu hingga status daftar hitam dihapus oleh sistem. Namun, waktu yang dibutuhkan biasanya sangat lama dan bisa memakan waktu hingga 24 bulan. Oleh karena itu, lunasi semua hutang dan tunggakan yang ada, serta pastikan status cek BI kamu sudah bersih.

2. Pastikan Kamu Memenuhi Semua Syarat dan Dokumennya

Sebelum mengajukan KPR, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan. Persyaratan KPR umumnya meliputi:

  • WNI berusia 21 tahun atau sudah menikah
  • Usia pemohon tidak melebihi 65 tahun pada saat kredit jatuh tempo
  • Menjadi karyawan tetap dengan pengalaman lebih dari 1 tahun
  • Jika berwiraswasta, minimal sudah menjalankan usaha selama 3 tahun
  • Memiliki e-KTP dan terdaftar di Dukcapil
  • Memiliki NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku

Selain itu, dokumen yang harus dilengkapi meliputi:

Kelengkapan Dokumen Pribadi

  • Formulir Pengajuan Kredit dilengkapi pas photo terbaru pemohon & pasangan
  • Fotokopi e-KTP/Kartu Identitas, Kartu Keluarga, dan Surat Nikah/Cerai
  • Dokumen penghasilan
a. Untuk pegawai:
  1. Slip gaji terakhir/Surat Keterangan Penghasilan
  2. Fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap/Surat Keterangan Kerja (apabila pemohon bekerja di instansi)
b. Untuk wiraswasta:
  1. SIUP, TDP
  2. Laporan/Catatan Keuangan 3 bulan terakhir
c. Untuk pekerja mandiri:
  1. Fotokopi Izin Praktek
  • Rekening Koran 3 bulan terakhir
  • Fotokopi NPWP/SPT PPh 21
  • Surat pernyataan penghasilan yang ditandatangani pemohon di atas materai dan diketahui oleh pimpinan instansi tempat bekerja atau kepala desa/lurah setempat untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap
  • Surat pernyataan tidak memiliki rumah yang diketahui instansi tempat bekerja/lurah tempat KTP diterbitkan
  • Surat keterangan domisili dari Kelurahan setempat apabila tidak bertempat tinggal sesuai KTP
  • Surat keterangan Pindah Tugas untuk TNI/Polri/PNS yang mengajukan KPR BTN Subsidi kedua

Baca juga: Berminat Ambil KPR? Kenali Dulu Apa itu Biaya Appraisal Bank


Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa penyebab KPR ditolak Bank BTN. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan kamu dan mencegah KPR kamu ditolak oleh bank. Kamu juga bisa bertanya lebih lanjut atau berkonsultasi dengan kami untuk informasi lebih lengkap terkait pengajuan KPR  dengan menghubungi contact center 1500 286 atau mengunjungi website kami.


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua