Spinner Icon

Kenali Berbagai Desain Pintu Sliding yang Cocok Untuk Rumahmu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 25 Januari 2023
Table of Contents:
  • Pengertian Sliding Door

  • Kegunaan Sliding Door
  • 1. Sebagai partisi atau pembatas antara ruang
  • 2. Menghemat space di rumahmu
  • Jenis-jenis Sliding Door
  • 1. Double sliding door
  • 2. Barn door
  • 3. Frameless glass door
  • 4. Patio door
  • 5. Pocket door
  • 6. Automatic sliding door
  • 5 Ide Inspirasi Penggunaan Sliding Door di Rumahmu
  • 1. Walk-in closet sliding door
  • 2. Shower sliding door
  • 3. Contemporary sliding door
  • 4. Industrial minimalist sliding door
  • 5. Kamar mandi menggunakan sliding door

Setiap rumah tentu memiliki pintu sebagai penghubung dan pembatas antar ruangan. Oleh karena itu, pintu merupakan elemen rumah yang sangat penting. Kini, sudah tersedia berbagai jenis pintu yang modern dan unik.

Salah satunya yaitu sliding door atau pintu geser. Model pintu yang satu ini sedang populer di kalangan milenial terutama untuk rumah bergaya modern dan minimalis. Sesuai dengan namanya, pintu ini dibuka dan ditutup dengan cara digeser ke samping. Sliding door juga telah hadir dalam berbagai jenis desain.

Yuk, simak lebih lanjut pembahasan mengenai sliding door berikut ini.


Pengertian Sliding Door

Sliding door yang berarti pintu geser merupakan pintu yang memiliki keunikan tersendiri dalam penggunaannya yaitu dengan cara digeser, bukan ditarik ataupun didorong. Hal ini bisa terjadi akibat proses pemasangannya yang berbeda dengan pintu pada umumnya. Sliding door dipasang dengan metode pocket sliding yaitu menggunakan rel pada bagian atas pintu atau bawah pintu.


Kegunaan Sliding Door

Tentunya pintu sliding tidak digunakan semata-mata hanya untuk keindahan. Kegunaan penggunaan sliding door, yaitu:

1. Sebagai partisi atau pembatas antara ruang

Sama halnya dengan pintu pada umumnya, sliding door juga digunakan sebagai pembatas. Kamu bisa menggunakan sliding door berbahan kaca jika ingin membuat partisi transparan.

2. Menghemat space di rumahmu

Kelebihan yang satu ini kerap menjadi alasan mengapa banyak masyarakat menggunakan sliding door. Penggunaan sliding door bisa menghemat ruangan karena kita tidak perlu menyediakan ruangan untuk bukaan pintu.

Pembuatan model pintu lainnya terutama pintu dengan engsel, membutuhkan perhitungan jarak bukaan ketika pintu dibuka maupun ditutup. Dalam hal ini, sliding door akan sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki hunian dengan ruangan terbatas.

Baca juga: Ide Fasad Rumah Minimalis untuk Hunian Estetik


Jenis-jenis Sliding Door

Sebelum mengaplikasikannya di rumahmu, tentu kamu harus mengetahui jenis-jenis sliding door. Pintu sliding tersedia dalam beberapa jenis yang memiliki karakteristik tersendiri untuk kamu sesuaikan dengan gaya rumahmu. Beberapa jenis tersebut diantaranya:

1. Double sliding door

Pintu sliding ganda merupakan sliding door yang terdiri dari dua pintu yang terbuka di bagian lipatan tengahnya ke samping. Desain ini cocok untuk menciptakan pembukaan ruangan yang lebar.

Kamu bisa menggunakan double sliding door pada bagian pintu depan atau pintu masuk ke ruang tamu rumahmu. Agar terkesan megah, maka kamu bisa menggunakan sliding door berbahan full kayu atau kaca berbingkai.

2. Barn door

Jenis sliding door selanjutnya adalah barn door. Barn door cocok untuk kamu yang memiliki rumah bergaya tradisional kontemporer. Kamu bisa menggunakannya untuk ruangan penyimpanan atau gudang. Pemasangan cukup mudah dilakukan. Pintu kamar tidur juga cocok menggunakan barn door.

3. Frameless glass door

Jika ingin menambahkan gaya modern di rumahmu, maka jenis sliding door ini cocok kamu gunakan. Frameless glass door tidak hanya berfungsi sebagai pembatas ruangan, tetapi juga membuat ruangan terkesan luas dan lapang karena terbuat dari kaca.

Kamu bisa melihat ruangan sekitar secara langsung. Selain itu, penggunaan kaca tanpa bingkai juga membuat ruanganmu terlihat bersih sekaligus estetik. Cahaya alami juga akan semakin mudah masuk ke dalam ruangan.

4. Patio door

Patio door yang berarti pintu teras merupakan jenis sliding door yang digunakan sebagai penghubung antara ruang tamu dan teras rumahmu. Mungkin kamu sudah sering melihat patio door di lingkunganmu. Jenis sliding door ini memiliki setidaknya dua pintu kaca yang terbuka lebar.  Patio door juga menghubungkan suasana indoor dan outdoor rumahmu serta memungkinkan sinar matahari masuk memenuhi ruangan.

5. Pocket door

Jika kamu ingin memisahkan sebuah ruangan menjadi dua, maka pocket door adalah solusinya. Pocket door bisa kamu gunakan sebagai pemisah semi permanen di dalam rumahmu.

Pocket door umumnya digunakan untuk memisahkan ruang tamu dengan bagian dapur. Desain pintu jenis ini sangat fleksibel karena kita bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, pocket door juga menghilangkan kesan sempit.

6. Automatic sliding door

Sering ditemui di bangunan-bangunan komersial misalnya kantor, mall, atau bahkan restoran, automatic sliding door merupakan pintu geser otomatis yang bisa membuka dan menutup dengan satu sentuhan atau sensor. Pemasangan sliding door jenis ini membutuhkan biaya yang cukup mahal dan keahlian khusus.

Baca juga: Yuk, Intip Desain Interior Rumah yang Bikin Betah!


5 Ide Inspirasi Penggunaan Sliding Door di Rumahmu


Setelah mengetahui beberapa jenis sliding door, tentu kamu merasa semakin ingin memasangnya di rumahmu. Berikut telah kami rangkumkan 5 ide desain sliding door untuk bisa kamu jadikan sebagai inspirasi dalam desain interior rumahmu.

1. Walk-in closet sliding door

Jika kamu penyuka dan pengguna walk-in closet, desain ini sangat cocok untukmu. Dengan menggunakan sliding door, maka ruangan kamarmu akan terlihat tertata dengan rapi, indah, dan terdapat pembatas dengan ruangan walk-in closet milikmu. Selain itu, privasi kamu juga akan semakin terjaga di dalam ruangan tersebut.

2. Shower sliding door

Kamu pasti pernah melihat penggunaan sliding door pada kamar mandi perhotelan atau penginapan. Penggunaan sliding door ini awalnya ditujukan untuk menghindari genangan air keluar dari area shower.

Namun, ternyata penggunaan sliding door juga membuat kamar mandimu terlihat minimalis sekaligus modern. Untuk menjaga privacy kamu juga bisa menggunakan kaca foggy.

3. Contemporary sliding door

Contemporary sliding door umumnya digunakan sebagai partisi untuk mempercantik ruangan. Ruanganmu akan terlihat semakin personal dengan sliding door jenis ini.

4. Industrial minimalist sliding door

Siapa bilang sliding door hanya bisa digunakan untuk rumah bergaya minimalis saja? Rumah bergaya industrial yang menggunakan sliding door juga tidak kalah menarik. Kamu bisa menggunakan warna senada antara material bangunan rumahmu. Penggunaan sliding door pada rumah bergaya industrial menciptakan konsep sederhana dan minimalis.

5. Kamar mandi menggunakan sliding door

Kamar mandi merupakan ruangan pribadi yang kamu gunakan untuk membersihkan diri. Namun, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan sliding door pada bagian pintu kamar mandi. Kamu bisa menggunakan sliding door dengan bahan baku akrilik atau bertekstur foggy untuk menjaga privasimu.

Untuk kamar mandi khusus bagi anak-anak, kamu juga bisa menggunakan sliding door dengan warna-warna cerah seperti merah muda atau biru. Sliding door berdesain kartun juga sangat cocok digunakan.

Setelah mengetahui apa itu sliding door, kegunaan, jenis, dan ide penggunaanya tentu kamu sudah bisa menentukan pintu mana yang cocok dengan rumahmu. Sliding door bisa kamu terapkan dalam berbagai ruangan di rumahmu. Hanya saja pemilihan jenis dan desain perlu kamu lakukan dengan hati-hati agar sesuai dengan konsep rumahmu.

Sliding door hadir dalam berbagai jenis, mulai dari double sliding door, pocket door, barn door, hingga frameless glass sliding door, semua bisa kamu gunakan sesuai dengan gaya desain interior rumahmu. Sliding door bisa memperindah pintu sekaligus rumahmu. Penggunaan sliding door juga bisa menghemat space di rumahmu.

Ingin tau tentang inspirasi dan desain rumah lainnya, serta program KPR bank BTN? Kunjungi website BTN Properti sekarang!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua