Spinner Icon

Tips Ruang Belajar Aesthetic: Solusi Ruang Belajar Stylish

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 14 Februari 2024
Table of Contents:
  • Tips Membuat Ruang Belajar Estetik
  • 1. Evaluasi denah lantai dan ruang yang tersedia
  • 2. Pilih skema warna yang cerah dan menginspirasi
  • 3. Pertimbangkan ruang dinding untuk desain minimalis
  • 4. Pasang rak buku sesuai kebiasaan membaca
  • 5. Gunakan furnitur yang nyaman
  • 6. Bandingkan cahaya alami dengan perlengkapan lampu
  • 7. Dekorasi ruang belajar
  • Ide Ruang Belajar Estetik
  • 1. Ruang Belajar Estetik Menenangkan
  • 2. Ruang Belajar Estetik Modern
  • 3. Ruang Belajar Estetik Boho-Chic
  • 4. Ruang Belajar Estetik Penuh Pola dan Warna
  • Buat Ruang Belajar Estetik di Rumah Impian Kamu

Siapa bilang belajar gak bisa jadi seru? Ketika datang waktu belajar, estetika ruang belajar punya andil besar untuk membantu kamu ciptakan mood belajar yang bagus. Berbagai konsep estetik bisa kamu gunakan untuk menciptakan ruangan belajar yang indah. Mulai dari ruangan bertema nuansa gelap, berwarna pastel, nuansa klasik dan tema alam, hingga interior super modern dan minimalis.

Di bawah ini ada beberapa tips dan ide yang bisa kamu terapkan untuk membuat ruang belajar estetik.


Key takeaways:

  • Untuk membuat ruang belajar estetik, terdapat beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan seperti denah ruang, skema warna, dan lain-lain.
  • Ide ruang belajar estetik: nuansa menenangkan, modern, boho-chic, dan patterned.

Tips Membuat Ruang Belajar Estetik

Untuk membuat ruang belajar estetik, terdapat beberapa tips yang bisa kamu ikuti, seperti di bawah ini.

1. Evaluasi denah lantai dan ruang yang tersedia

Ide desain ruang belajar kamu perlu didasarkan pada jumlah ruang yang tersedia. Ketika memiliki ruangan kecil, kamu perlu mengatur posisi area belajar yang tepat agar dapat berfungsi maksimal. Namun, jika kamu memiliki ruang yang lebih besar, kamu dapat dengan mudah menambahkan dekorasi dan perabotan ruang belajar yang lebih lengkap.

2. Pilih skema warna yang cerah dan menginspirasi

Pilihlah warna-warna cerah atau putih. Hal ini akan membuat keseluruhan ruang terasa lebih besar dan luas. Selama dinding kamu berwarna netral terang, semua elemen yang ada dalam ruangan tersebut, baik meja, bangku, buku, furnitur, dan barang-barang dekorasi rumah lainnya, akan memantulkan cahaya dan membuat ruangan lebih bagus.

3. Pertimbangkan ruang dinding untuk desain minimalis

Jika ruang belajar yang tersedia tidak luas maka kamu perlu mempertimbangkan desain minimalis. Daripada mengisi ruang lantai yang tersedia dengan banyak furnitur, lebih baik fokus terhadap barang-barang fungsional.

Hal ini bukan berarti bahwa kamu tidak bisa mengatur semua benda yang dibutuhkan. Namun langkah ini dimaksudkan untuk menghemat ruang dengan cara meminimalisir barang.

4. Pasang rak buku sesuai kebiasaan membaca

Jika kamu seorang yang rajin atau senang membaca, maka rak buku merupakan suatu kebutuhan primer dalam desain ruang belajar. Di rumah berukuran kecil, kamu bisa memasang rak buku di dinding atau rak tinggi. Di ruang belajar yang lebih besar, pertimbangkan untuk menggunakan floating rack atau rak buku dari dinding ke dinding.

5. Gunakan furnitur yang nyaman

Untuk ruang belajar kecil, kamu perlu berkompromi dengan meja kecil dan furnitur yang sederhana, tetapi bukan berarti tidak nyaman. Terlebih lagi jika kamu memiliki ruang belajar yang luas sebagai tempat untuk bekerja dan membaca.

6. Bandingkan cahaya alami dengan perlengkapan lampu

Pencahayaan tentu menjadi aspek penting dalam ruang belajar. Mengapa demikian? Cahaya yang cukup akan membantu efektivitas kegiatan belajar.  Jika kamu bisa mendapatkan banyak cahaya alami atau sinar matahari masuk ke dalam ruang belajar kamu maka jadikanlah itu sebagai prioritas. Tetapi kalau tidak bisa, kamu punya alternatif pilihan lain yaitu menambah dekorasi lampu untuk menambah pencahayaan.

7. Dekorasi ruang belajar

Dekorasi ruang belajar estetik sebaiknya lebih fokus pada inspirasi dan fungsionalitas. Dekorasi ruang belajar dapat mencakup area bermain untuk anak-anak atau ruang belajar untuk melakukan aktivitas bekerja maupun belajar. Kamu bisa mengawasinya sambil memperhatikan prioritas kamu. Hal ini akan menambah fungsionalitas pada ide desain.

Baca juga: 19 Inspirasi Desain Kamar Tidur Anak yang Kreatif


Ide Ruang Belajar Estetik

1. Ruang Belajar Estetik Menenangkan


Ruang belajar diperuntukkan sebagai ruang yang tenang dan dapat memberikan inspirasi, tempat kamu dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya - dan desain interior yang tepat akan memberikan perbedaan yang signifikan. Jika kamu ingin ruang belajar yang menenangkan, gunakan palet warna yang soft untuk memusatkan konsentrasi.

Di tengah ruangan terdapat meja kayu ergonomis yang di atasnya terdapat barang-barang penting, termasuk barang elektronik. Interiornya sebagian besar minimalis, luas, dan bebas kebisingan untuk menciptakan suasana yang memotivasi dan fokus. Selain itu, pintu masuk kaca dan jendela tepat di sampingnya untuk memastikan cahaya alami masuk ke dalam ruangan.

2. Ruang Belajar Estetik Modern


Ingin menyesuaikan selera desain modern ke ruang belajar estetik kamu? Tenang, kamu bisa menggunakan desain di atas sebagai inspirasi. Gunakan palet warna monochrome dan furnitur modern minimalis.

Dekorasi dinding dan lantai juga dapat menggunakan palet monochrome agar menambah kesan modern. Gunakan furnitur yang terbuat selain dari kayu, misalnya besi, atau plastik tebal.

3. Ruang Belajar Estetik Boho-Chic


Gaya interior bohemian cocok di kalangan wanita. Ruang belajar yang dirancang berdasarkan konsep ini secara visualnya lebih mencolok. Kamu dapat menggunakan beberapa tanaman dalam ruangan untuk suasana yang lebih segar.

Desain ruang belajar feminin yang menggemaskan ini biasanya menggunakan banyak elemen dekorasi ramah lingkungan untuk meramaikannya. Meja belajar bergaya Skandinavia dan kursi tanpa lengan menyatukan tampilan tersebut. Rak minimalis DIY adalah cara cerdas untuk meningkatkan solusi penyimpanan di ruang belajar kamu.

4. Ruang Belajar Estetik Penuh Pola dan Warna