Spinner Icon

Jadi Semangat! 5 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak Inspiratif

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 15 Februari 2024
Table of Contents:
  • Bagaimana Membuat Ruang Belajar Anak Menarik?
  • Seperti Apa Lingkungan Belajar yang Tepat untuk Anak?
  • 5 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak yang Inspiratif
  • 1. Ruang Belajar Anak di Bawah Tempat Tidur
  • 2. Ruang Belajar Anak Konsep Modern
  • 3. Ruang Belajar Anak dengan Ruang Simpan dan Desain Outdoor
  • 4. Ruang Belajar Anak dengan Konsep Menyenangkan
  • 5. Konsep Ruang Belajar Bersama dengan Twin Desk
  • 6. Ruang Belajar dengan Tembok Papan Tulis
  • Wujudkan Ruang Belajar Anak Impianmu dengan BTN Properti

Sebagai orang tua, tentu kita ingin anak-anak memiliki ruang belajar yang bagus dan nyaman. Ruang belajar ini penting, karena menjadi tempat yang tenang bagi anak-anak mengerjakan tugas sekolah, menyelesaikan pekerjaan rumah, dan belajar. Sayangnya, untuk membuat ruang belajar anak yang sesuai memang cukup rumit.

Ide ruang belajar anak-anak mungkin sulit untuk diciptakan. Di satu sisi kamu mau area tersebut mendorong si kecil untuk fokus, tetapi kamu juga tidak ingin ruangannya terlalu membosankan sehingga anak tidak suka menghabiskan waktu di sana. Selain itu, ruang penyimpanannya perlu praktis, penuh dengan ide furnitur yang efektif dan elemen fungsional. Yang paling penting, ruangan gampang dibereskan.

Jika rumah kamu cukup ramai dengan anggota keluarga dan kamu kesulitan memikat anak-anak untuk menyelesaikan tugas mereka, inilah saatnya mempertimbangkan kembali membuat ruang belajar untuk memastikan ruang tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan sekolah mereka di rumah dengan nyaman.


Untungnya, pada artikel ini ada beberapa trik dan ide yang berguna, praktis, dan mudah untuk diterapkan pada area belajar. Sehingga pekerjaan rumah tidak terasa terlalu berat dan lebih menyenangkan. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Key Takeaways:

  • Ruang belajar anak dapat dibuat menarik dengan dibuat bebas gangguan dan menyesuaikan furnitur pendukung seperti meja belajar, rak lemari, dan kursi.
  • Lingkungan ruang belajar anak yang baik perlu dirancang dengan sangat minimal gangguan dan interupsi. Pastinya, nuansa ruangan harus santai dan tenang agar anak bisa fokus dan menyelesaikan pekerjaannya.

Bagaimana Membuat Ruang Belajar Anak Menarik?

Pertama-tama, rencanakan ruang belajar bebas gangguan. Setiap anak mungkin memiliki hal favorit masing-masing dalam hal ruang belajar mereka. Setelah itu, kamu bisa menambahkan furnitur pendukung seperti meja belajar, rak lemari, dan kursi.

Pilih furnitur yang sesuai dengan ruangan, lalu atur pencahayaan yang tepat agar ruangan terasa sejuk dan tenang. Terakhir, kamu dapat membuat ruangan lebih indah dengan menambahkan papan tulis, poster, wallpaper, dan lain-lain.


Seperti Apa Lingkungan Belajar yang Tepat untuk Anak?

Lingkungan belajar yang baik perlu dirancang dengan meminimalkan gangguan dan interupsi. Pastinya, nuansa ruangan harus santai dan tenang agar anak bisa fokus dan menyelesaikan pekerjaannya.

Kita semua paham bahwa lingkungan belajar yang sempurna dapat efektif melatih otak fokus belajar dan memicu imajinasi. Kamu bisa menambahkan beberapa furnitur dan aksesoris untuk menciptakan ruang belajar yang menarik.

Baca juga: Tips Ruang Belajar Aesthetic: Solusi Ruang Belajar Stylish


5 Inspirasi Desain Ruang Belajar Anak yang Inspiratif

1. Ruang Belajar Anak di Bawah Tempat Tidur


Konsep ruang belajar ini termasuk menjadi ruang belajar anak yang terfavorit. Jika kamu punya ruang kamar anak yang terbatas, ide ruang belajar dengan kasur tingkat bisa jadi solusi untuk menciptakan ruang belajar anak vertikal. Dengan begitu anak pun masih memiliki banyak ruang untuk bermain.

2. Ruang Belajar Anak Konsep Modern


Sumber: designcafe.com

Punya ruang lebih di rumah dan ingin mendesain ruang belajar terpisah? Kamu bisa menerapkan konsep modern agar ruangan terlihat jauh lebih luas. Gunakan cat dinding dengan warna terang dan furnitur minimalis agar tidak banyak benda yang mendistraksi belajar anak. Desain seperti ini adalah desain yang cocok untuk anak yang beranjak dewasa.

3. Ruang Belajar Anak dengan Ruang Simpan dan Desain Outdoor


Buat ruang belajar anak yang terasa seperti berada di tempat berbeda! Kamu bisa menambahkan dekorasi dinding dengan tempat favorit anak, misal saja bertema safari atau alam. Pastikan meja belajar anak mendapat cahaya cukup agar mereka dapat belajar dengan baik. Sesuaikan juga warna dengan warna kesukaan anak. Hal ini akan membuat anak semakin betah belajar di ruangan.

4. Ruang Belajar Anak dengan Konsep Menyenangkan


Penting untuk memastikan setiap ruang yang digunakan untuk belajar juga menyenangkan. Kamu bisa mulai dengan menambahkan elemen menyenangkan seperti ayunan, tangga, atau tempat tidur gantung. Elemen-elemen tersebut dapat membuat anak senang menghabiskan waktu di dalam ruangan. Kamu juga dapat melengkapinya dengan ruang untuk membaca, seni, dan kerajinan.

5. Konsep Ruang Belajar Bersama dengan Twin Desk


Kamu punya anak yang berbagi kamar tidur? Siapkan ruang belajar bersama! Di ruang bersama, anak-anak lebih suka mempersonalisasi ruangnya dengan barang-barangnya. Mengalokasikan meja untuk setiap anak akan memberi mereka tempat penyimpanan perlengkapan mereka sendiri dan, mudah-mudahan, mencegah pertengkaran.

Skema warna monokromatik yang cerah menghadirkan energi dan sinar matahari ke dalam ruangan. Pertimbangkan untuk menggunakan warna cerah karena akan membantu anak untuk belajar dan membuat ruangan terasa berenergi dan menyenangkan.

Cara lain untuk menjadikan segalanya lebih cerah dan fun adalah dengan memperkenalkan elemen tak terduga di “zona serius”. Sebagai contoh memasang sebuah ayunan di tengah ruangan yang menambah kesan unik pada area belajar yang luas.

6. Ruang Belajar dengan Tembok Papan Tulis


Menambah imajinasi seorang anak dapat menggunakan konsep ruang corat-coret yang kosong. Konsep unik satu ini pasti jadi tempat favorit anak-anak karena mereka bisa mengeksplorasi banyak hal dengan bebas, berimajinasi langsung, dan menggambarkannya di ruang belajar tersebut. Untuk ide cat ruang belajar anak, tutupi seluruh dinding dengan cat papan tulis atau cukup gantungkan papan tulis berbingkai dan biarkan kreativitas anak dimulai.

Memiliki dinding papan tulis di samping ruang belajar akan memungkinkan anak-anak mengerjakan pekerjaan mereka lebih dari sekedar pena dan kertas, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih mirip sekolah di dalam ruangan. Selain itu, jika kamu memiliki dua anak, mereka dapat berkolaborasi belajar bersama serta berfungsi sebagai ruang seni, tempat anak-anak bisa dengan bangga memamerkan kreasinya.

Baca juga: 19 Inspirasi Desain Kamar Tidur Anak yang Kreatif


Wujudkan Ruang Belajar Anak Impianmu dengan BTN Properti

BTN Properti memiliki banyak referensi dekorasi untuk kamu yang hendak memiliki atau membangun rumah impian. Selain itu BTN Properti juga memberikan banyak informasi terkait artikel yang kamu butuhkan. Tertarik untuk membaca artikel seputar properti lainnya? Kunjungi  di sini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi-informasi bermanfaat mengenai properti!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua