Spinner Icon

15 Inspirasi Ruang Tamu Minimalis yang Nyaman

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 17 Februari 2023
Table of Contents:
  • Sejarah Ruang Tamu
  • Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis
  • 1. Desain Ruang Tamu Minimalis dengan Satu Sofa
  • 2. Desain Ruang Tamu Minimalis Lesehan yang Nyaman
  • 3. Desain Ruang Tamu Minimalis Berwarna Putih
  • 4. Desain Ruang Tamu Minimalis Berwarna Monokrom
  • 5. Desain Ruang Tamu Minimalis dengan Open Space
  • 6. Ide Ruang Tamu Minimalis ala Scandinavian
  • 7. Desain Ruang Tamu Minimalis dengan Tanaman Hias
  • 8. Dekorasi Ruang Tamu Minimalis dengan Hiasan Dinding
  • 9. Desain Ruang Tamu Minimalis dengan Sofa Bed
  • 10. Desain Ruang Tamu Minimalis Semi Indoor
  • 11. Ide Ruang Tamu Minimalis Menyatu dengan Ruang Keluarga
  • 12. Ruang Tamu Minimalis dengan Furnitur Kayu
  • 13. Ruang Tamu Minimalis Sekaligus Ruang Makan
  • 14. Ruang Tamu Minimalis untuk Apartemen
  • 15. Ruang Tamu Minimalis Suasana Adem

Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang dilihat oleh tamu saat datang berkunjung ke rumahmu. Tentunya, ruang tamu bermanfaat untuk menjamu tamu yang berkunjung ke rumah. Hal ini membuat ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang penting dan sangat diperhatikan pada saat mendekorasi rumah.

Desain ruang tamu pun juga beragam, mulai dari desain ruang tamu yang mewah hingga konsep desain ruang tamu minimalis yang saat ini sedang populer. Tentu setiap model ruang tamu memiliki nilai keunikan tersendiri.

Ternyata, ruang tamu tidak hanya sekadar ruangan yang bentuknya gitu-gitu aja loh. Kamu bisa memadukan banyak hal dalam menata ruang tamu untuk rumahmu.


Sejarah Ruang Tamu

Ruang tamu ternyata memiliki sejarah yang cukup menarik loh. Konsep ruang tamu pertama kali muncul pada abad ke-17 dari pengamatan Louis XV dari Perancis yang melihat gaya hidup pendahulunya yang dinilai kurang nyaman.

Ketidaknyamanan yang dimaksud oleh Louis XV adalah tidak adanya ruang yang didedikasikan untuk relaksasi maupun ruangan yang digunakan untuk menjamu tamu secara formal.

Melihat hal tersebut, Raja Louis XV mengubah salah satu kamar di tempat tinggalnya sebagai ruang tamu dengan memasukkan berbagai furnitur yang menjadi koleksi dari Raja Louis XV. Ruangan tersebut dimanfaatkan sebagai tempat untuk menjamu tamu sekaligus agar tamu dapat beristirahat di kediaman Raja Louis XV.


Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis

Desain ruang tamu minimalis memang terlihat sederhana, namun tidak sedikit orang yang terinspirasi dengan konsep ini. Desain ruang tamu minimalis memang memiliki kesan elegan dan mewah meskipun hanya menggunakan sedikit furnitur dan tidak terlalu banyak aksesoris. Selain itu, dengan menggunakan desain minimalis, ruangan terlihat lebih lega dan tidak terlalu penuh.

Jika kamu ingin mencoba desain ruang tamu minimalis di rumahmu, ada beberapa inspirasi desain yang bisa kamu tiru dan terapkan di rumah. Artikel ini akan menyajikan 15 inspirasi desain ruang tamu minimalis yang nyaman untuk anda.

1. Desain Ruang Tamu Minimalis dengan Satu Sofa

Hidup minimalis bisa diartikan sebagai hidup hanya dengan barang-barang yang penting dan bermanfaat saja. Membangun ruang tamu minimalis bisa kamu mulai dengan meminimalisir benda-benda yang ada di ruang tamu milikmu.

Umumnya kita sering menemui ruang tamu dengan dua atau bahkan tiga sofa. Namun, kamu bisa tetap membuat ruang tamu minimalis yang cantik hanya dengan satu sofa saja.

Tambahkan satu sofa berwarna netral dengan model minimalis yang berukuran besar di ruang tamu agar desain ruang tamu minimalis. Kamu bisa menambahkan meja tamu berukuran sedang di depan sofa untuk konsep ruang tamu minimalis. Kamu dapat memaksimalkan konsep ruang tamu satu sofa dengan menambah TV atau akuarium sebagai aksen.


2. Desain Ruang Tamu Minimalis Lesehan yang Nyaman

Konsep inspirasi ruang tamu minimalis lainnya adalah dengan menerapkan ruang tamu minimalis tanpa sofa atau lesehan. Ruang tamu lesehan sendiri sudah diterapkan dan menjadi kebudayaan di negara-negara Asia sejak dulu.

Walau terlihat sederhana, konsep ruang tamu dengan duduk secara lesehan sendiri memiliki makna dan kesan tersendiri loh. Menurut Korea Times, duduk secara lesehan bagi masyarakat Korea tidak hanya menggambarkan hidup sederhana, tetapi juga dapat memberikan rasa damai pada pikiran kita. Oleh karena itu, pikiran kita dapat menjadi tenang berkat duduk lesehan.

Walau berasal dari tradisi sederhana jaman dulu, kamu bisa mengkombinasikan ruang tamu minimalis lesehan dengan konsep yang lebih modern. Dalam menciptakan ruang tamu lesehan, kamu dapat menggunakan karpet bulu sebagai pengganti sofa dan kursi.

Faktanya, karpet bulu populer karena dinilai nyaman, halus, dan hangat saat digunakan. Selain karpet bulu, kamu juga dapat menambahkan meja tamu lesehan untuk menaruh cemilan atau minuman saat menjamu tamu. Tentu hal ini tidak hanya memunculkan kesan sederhana dan minimalis bagi ruang tamu, tetapi juga tetap estetik.

3. Desain Ruang Tamu Minimalis Berwarna Putih

Ide desain ruang tamu minimalis lainnya yang paling mudah diterapkan dan tetap estetik adalah dengan mengaplikasikan dekorasi ruang tamu minimalis warna putih. Warna putih sendiri memiliki kesan yang bersih, minimalis, dan membawa ketenangan.

Desain ruang tamu warna putih merupakan pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana yang nyaman dan elegan di rumah. Warna putih dapat membuat ruangan terlihat lebih luas. Selain itu, warna putih juga mudah dikombinasikan dengan warna lain, sehingga kamu dapat dengan mudah menambahkan sentuhan personal di ruang tamu minimalis sesuai keinginan dengan menambahkan aksen warna lain. Jadi, jika kamu ingin memiliki ruang tamu yang nyaman, elegan, dan terlihat luas, desain ruang tamu warna putih merupakan pilihan yang tepat.

4. Desain Ruang Tamu Minimalis Berwarna Monokrom

Ingin memiliki ruang tamu dengan konsep minimalis, modern, tapi bosan dengan warna putih? Desain ruang tamu minimalis berwarna monokrom merupakan pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana yang sederhana dan modern di ruang tamu milikmu.

Untuk memilih warna yang tepat, kamu dapat mempertimbangkan preferensi pribadi dan kondisi ruangan. Misalnya, warna gelap seperti hitam atau biru dongker untuk susana ruang tamu dengan kesan yang lebih mewah. Sementara jika kamu ingin konsep ruang tamu yang lebih cerah dan ceria, kamu bisa menggunakan dominasi warna putih yang dipadukan dengan warna hitam atau abu-abu.

Tidak hanya soal memilih warna cat dinding, menciptakan ruang tamu minimalis monokrom juga berhubungan dengan pencahayaan loh. Pilih sumber cahaya yang dapat menyebar secara merata dengan warna putih agar terlihat semakin estetik.

5. Desain Ruang Tamu Minimalis dengan Open Space

Punya rumah yang sempit tidak akan menghalangi kamu dalam mewujudkan ruang tamu minimalis impian kamu. Kamu bisa menerapkan konsep ruang tamu open space untuk rumah dengan lahan yang terbatas.

Untuk membuat ruang tamu terlihat lebih luas pada rumah yang kecil, kamu dapat menerapkan konsep open space dengan menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga atau ruang makan tanpa ada penyekat. Dengan demikian, ruang tamu akan terlihat lebih luas meskipun terletak di tempat yang sempit.

Namun, kamu juga tetap harus memilih furnitur yang tepat dan sesuai untuk konsep ruang tamu tersebut. Pilih furnitur yang berukuran compact agar ruang tamu terlihat luas. Selain itu, kamu juga dapat memilih furnitur yang dapat dilipat atau furnitur multifungsi agar ruang tamu rumah semakin minimalis.

6. Ide Ruang Tamu Minimalis ala Scandinavian

Saat berbicara tentang konsep modern dan minimalis, beberapa dari kita mungkin akan terbayang dengan konsep desain Scandinavian. Ternyata, kamu bisa loh menerapkan desain tersebut untuk ruang tamu minimalis di rumah.

Ruang tamu minimalis model Scandinavian menawarkan interior bergaya modern, sederhana, dan fungsional. Pemilihan warna interior tidak terbatas pada satu tone, sehingga kamu dapat dengan mudah menciptakan suasana yang harmonis tanpa perlu merasa ribet.

Desain ruangan bertema Scandinavian umumnya menggunakan warna-warna netral dan sedikit pastel, serta menampilkan furnitur kayu sebagai elemen utama. Wilayah Skandinavia terkenal akan furniturnya yang cantik dan minimalis. Maka dari itu, kamu bisa menerapkan furnitur minimalis ala Skandinavia untuk dekorasi ruang tamu minimalis. Jadi, jika kamu ingin menciptakan suasana yang sederhana dan modern, model Scandinavian merupakan pilihan yang tepat.

7. Desain Ruang Tamu Minimalis dengan Tanaman Hias

Ingin kesan ruang tamu minimalis yang berbeda dan natural? Kamu bisa menambahkan tanaman hijau pada dekorasi ruang tamu di rumah. Menambahkan tanaman hias di ruang tamu adalah ide yang baik untuk membuat ruang tamu minimalis terlihat lebih segar dan hidup. Selain itu, tanaman hijau juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menyaring udara dan menurunkan stres.

Untuk membuat ruang tamu minimalis dengan tanaman hias, kamu perlu memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi ruangan. Pastikan untuk memperhatikan faktor seperti tingkat cahaya, suhu, dan kelembaban yang diperlukan oleh tanaman tersebut. Jangan lupa pilih tanaman yang sesuai dengan ukuran ruang tamu.


8. Dekorasi Ruang Tamu Minimalis dengan Hiasan Dinding

Kata siapa hiasan dinding tidak dapat membuat ruang tamu minimalismu semakin cantik? Kamu bisa kok membuat ruang tamu minimalismu semakin estetik dengan menggunakan hiasan dinding.

Setelah memilih furnitur, seperti meja dan sofa yang minimalis, kamu bisa menambahkan hiasan dinding seperti lukisan atau foto yang estetik pada dinding ruang tamu. Pilih hiasan dinding yang sesuai dengan konsep ruang tamu. Direkomendasikan untuk memilih hiasan dinding dengan gambar atau lukisan yang minimalis tetapi tetap menarik.

9. Desain Ruang Tamu Minimalis dengan Sofa Bed

Ingin ruang tamu minimalis yang bisa kamu gunakan sebagai kamar tambahan untuk bersantai? Kamu bisa menambahkan sofa bed sebagai sofa untuk ruang tamu minimalis.

Sofa bed sendiri merupakan salah satu furnitur yang multifungsi. Kamu bisa menggunakan sofa bed untuk duduk maupun difungsikan sebagai tempat tidur tambahan di rumah. Dalam memilih sofa bed untuk ruang tamu minimalis, pilihlah sofa bed dengan ukuran yang sesuai dengan luas ruang tamu.

Kamu juga dapat menambahkan meja kecil di sisi sofa bed yang bisa kamu atur letaknya saat difungsikan sebagai sofa atau kasur. Selain itu, kamu juga bisa memilih sofa bed dengan warna yang selaras dengan dinding ruang tamu.

10. Desain Ruang Tamu Minimalis Semi Indoor

Ingin konsep ruang tamu yang berbeda dari yang biasanya, tetapi tetap minimalis dan nyaman? Kamu bisa terapkan ide desain ruang tamu minimalis semi indoor di rumah.

Berbeda dari ruang tamu pada umumnya, ruang tamu semi indoor merupakan konsep dengan memindahkan ruang tamu ke teras rumah. Konsep ini mungkin terlihat sedikit unik, tetapi ternyata memiliki beberapa kelebihan loh.

Konsep ruang tamu semi indoor dapat membuat ruang tamu memiliki sirkulasi udara yang lebih baik karena letaknya yang berada di rumah. Selain itu, dengan memindahkan ruang tamu ke teras, kamu memiliki ruang tambahan yang bisa kamu manfaatkan sesuka hati.

11. Ide Ruang Tamu Minimalis Menyatu dengan Ruang Keluarga

Punya rumah dengan lahan yang sempit bisa meningkatkan kreativitas kamu untuk memanfatkaan ruangan yang ada di rumah. Kamu bisa loh menggabungkan beberapa fungsi ruang untuk membuat rumah bergaya minimalis kamu dengan menciptakan tren desain baru bahwa satu ruangan tidak hanya difungsikan untuk satu aktivitas saja.

Manfaat dari menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga yaitu bisa membuat suasana lebih menyenangkan ketika bertemu dengan rekan, karena nuansa hangat ruang keluarga akan mencairkan suasana ruang tamu yang cenderung formal dan dingin.

12. Ruang Tamu Minimalis dengan Furnitur Kayu

Siapa sih yang gak familiar dengan furnitur kayu? Furnitur kayu bisa kamu terapkan untuk ruang tamu minimalis loh. Ruang tamu minimalis dengan furnitur kayu merupakan pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana yang nyaman dan bernuansa alami yang natural di dalam rumah. Furnitur kayu yang dipilih haruslah berkualitas tinggi agar dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Selain itu, pemilihan warna kayu yang tepat juga akan menambah kesan minimalis pada ruang tamu tersebut. Pilih dekorasi ruang tamu dan furnitur yang minimalis, sehingga ruang tamu terlihat lebih lapang dan tidak terlalu penuh.

Baca juga: Kumpulan Rekomendasi Model Kursi Kayu Unik

13. Ruang Tamu Minimalis Sekaligus Ruang Makan

Apakah kamu tinggal di apartemen studio atau rumah tipe 2-bedroom? Menggabungkan ruang tamu dengan ruang makan bisa jadi pilihan untuk mengakali lahan yang sempit. Untuk yang satu ini, kamu bisa menerapkan ruang tamu model lesehan atau dengan sofa. Triknya adalah kamu perlu memilih furnitur meja yang dapat dengan mudah dipindahkan, agar nantinya bisa difungsikan sebagai ruang makan atau ruang tamu jika dibutuhkan.


14. Ruang Tamu Minimalis untuk Apartemen

Ruang tamu minimalis merupakan salah satu desain ruang tamu yang populer di kalangan penghuni apartemen untuk menciptakan ruangan yang lapang. Kamu bisa cat dinding dengan warna yang netral dan menambah tanaman hias kecil di pojok ruang tamu. Selain itu, pilih furnitur yang simple, minimalis dan fungsional. Tidak hanya itu, kamu juga tidak perlu menambahkan dekorasi ruangan yang terlalu heboh. 

15. Ruang Tamu Minimalis Suasana Adem

Apabila tempat tinggalmu berada di kawasan yang panas dan tropis, ide ruang tamu minimalis ini bisa kamu terapkan di rumah. Dalam membangun ruang tamu minimalis dengan suasana adem, buat agar ruang tamu memiliki ventilasi udara yang baik. Selain itu, tambahkan gorden berwarna putih agar panas ruangan tidak langsung masuk ke ruangan. Tambahkan juga kipas angin dinding jika diperlukan.

Kamu ingin cari tahu tips lain agar rumah semakin nyaman? Kamu dapat mengunjungi website BTN Properti untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rumah dan program-program KPR. Klik link ini untuk menjelajahi website BTN Properti.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua