Spinner Icon

Inspirasi Desain Ruang Tamu Warna Hijau Sederhana yang Cantik

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 12 April 2023
Table of Contents:

Kecantikan rumah didukung oleh berbagai komponen yang membangunnya. Salah satu komponen yang paling penting dalam mempercantik tampilan sebuah hunian adalah warna cat tembok rumah. Warna cat rumah adalah hal yang paling menonjol saat dipandang mata. 

Dengan memainkan kombinasi-kombinasi warna cat pada dinding rumah, kamu bisa mempercantik rumah dengan biaya yang tidak terlalu besar. Ada banyak warna yang dapat kamu terapkan ke rumahmu, mulai dari putih, biru, kuning, dan lainnya. Selain warna-warna tersebut, kombinasi warna hijau adalah salah satu warna yang dapat menjadi pilihan. Warna satu ini merupakan pilihan warna cat dinding yang cukup populer di kalangan masyarakat. 

Kesan cerah dan sejuk yang dibawakan oleh warna hijau membuatnya menjadi pilihan warna cat rumah yang tepat untuk membuat rumah terlihat elegan dan segar pada saat bersamaan. Warna hijau sendiri terkenal akan pengaruhnya kepada mood dan kesehatan seseorang, dimana warna ini memiliki unsur alam yang dapat menjaga keharmonisan. Kombinasi interior warna hijau juga dapat memberikan tampilan rumah yang lebih cantik. 

Key Takeaways:

  • Warna hijau memiliki unsur alam yang dapat menjaga keharmonisan, mempengaruhi mood, dan kesehatan seseorang. Serta membawa kesan cerah, sejuk, dan elegan pada rumah.
  • Untuk menciptakan ruang tamu yang sederhana, kamu dapat mengaplikasikan cat warna hijau atau dekorasi-dekorasi warna hijau pada ruangan, atau kamu juga dapat mengombinasikan warna hijau dengan warna lainnya pada ruang tamu. 
  • Salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan dalam membuat desain ruang tamu warna hijau sederhana adalah tambahkan interior atau dekorasi dengan warna senada untuk mempercantik ruangan tanpa terlihat berlebihan.  

10 Inspirasi Desain Ruang Tamu Warna Hijau Sederhana

Ingin mempercantik ruang tamu rumah minimalismu dengan warna hijau dan kombinasinya? Berikut adalah beberapa inspirasi desain ruang tamu kombinasi warna hijau dengan warna lainnya yang dapat membuat ruang tamu rumahmu jadi lebih segar dan elegan.

1. Ruang Tamu Warna Hijau

Sebagai salah satu ruang yang paling sering digunakan sebagai tempat berkumpul para anggota keluarga dan tempat berkumpulnya para tamu, ruang keluarga atau ruang tamu merupakan salah satu tempat yang paling penting untuk kamu perhatikan desainnya. Ruang tamu seharusnya memiliki kesan dan nuansa yang segar dan hangat agar semua pengunjung dan penghuni dapat merasa nyaman di ruangan tersebut. Salah satu cara terbaik untuk mewujudkannya adalah dengan mengaplikasikan warna hijau pada interior rumah. 

Cara paling mudah untuk meningkatkan kesan cerah pada ruangan menggunakan warna hijau adalah dengan menggunakan cat warna hijau terang pada dinding. Selain meningkatkan kesan cerah, dengan cara ini kamu juga bisa meningkatkan nuansa hangat pada ruangan. Sebagai tambahan, kamu juga dapat memadukan dinding dengan furnitur dan aksen dekorasi berwarna lain dengan pilihan warna dan motif yang lebih kalem.  

2. Kombinasi Hijau dengan Putih

Seperti yang pernah disebutkan di artikel-artikel sebelumnya, warna putih merupakan salah satu warna netral yang paling populer karena sifatnya yang sangat mudah dipadukan dengan elemen warna apapun. Salah satu kombinasi yang cukup populer adalah kombinasi antara warna putih dan hijau. 

Warna putih memiliki tone yang cerah, sehingga bisa memberikan kesan yang elegan pada rumah. Kombinasi antara cat rumah warna hijau dengan warna putih dapat membuat rumah terlihat lebih elegan dan cantik. Selain itu, bila dilengkapi dengan dekorasi atau interior senada, rumahmu akan terlihat lebih segar, misalnya dengan tanaman hijau. 

Baca juga: Inspirasi Ruang Tamu Lesehan Ala Korea yang Estetik

3. Kombinasi Hijau dengan Hitam

Jika kita sedang berbicara mengenai tren warna pada masa modern ini, maka preset warna monokrom adalah salah satu tren warna yang paling populer. Hal ini juga berlaku untuk desain rumah, dimana warna hitam sendiri seringkali digunakan dalam kombinasi bersama dengan warna cat lain untuk menghiasi ruangan di dalam rumah. Kombinasi warna hitam dan warna hijau ternyata juga sangat terkenal loh untuk desain ruangan rumah minimalis. 

Warna hitam sudah sangat terkenal akan kesan elegan yang dapat diberikannya pada tampilan rumah. Sifat warna hitam yang netral juga membuatnya mudah untuk dipadukan dengan interior berwarna lain. Kombinasi antara warna hijau yang segar dan hitam yang elegan dapat memberikan tampilan rumah yang lebih modern dan terlihat mewah. 

4. Kombinasi Hijau dengan Kuning

Setiap orang pasti ingin rumahnya memberikan kesan yang cerah dan dapat memberikan semangat. Kombinasi warna hijau dengan warna kuning dapat membuat rumahmu terlihat sangat cerah. Warna kuning sendiri memang terkenal akan tampilannya yang cerah. 

Bila dipadukan dengan warna hijau, cat ruangan warna kuning akan memberikan tampilan rumah yang sangat segar. Sebagai tambahan, kita juga dapat menambahkan beberapa tanaman hias untuk menambah kesan segar pada rumah. Dengan begitu, selain terlihat segar, rumah juga akan terasa lebih sejuk dan menyenangkan. 

5. Kombinasi Hijau dengan Coklat


Kombinasi warna yang satu ini mungkin juga lumayan sering kamu temui di desain rumah-rumah minimalis sederhana, yaitu warna hijau dan warna coklat. Tahukah kamu bahwa kombinasi dua warna ini dapat membuat rumah memiliki kesan yang lebih segar? Hal ini karena kedua warna ini sangat menggambarkan alam, dimana warna hijau identik dengan warna daun dan warna coklat identik dengan batang pohon. 

Kombinasi warna hijau dan coklat ini dapat diaplikasikan ke berbagai ruangan di rumah, antara lain ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Di samping itu, kamu juga dapat menggabungkan warna interior lainnya tanpa perlu takut bertabrakan dengan warna hijau dan coklat, karena kedua warna ini memiliki sifat yang netral dan mudah dipadukan dengan warna apapun. 

6. Kombinasi Hijau dengan Biru Dongker

Di antara kombinasi warna hijau dengan warna gelap, warna biru dongker adalah salah satu warna gelap yang cukup populer sebagai kombinasi dengan warna hijau. Meskipun memiliki karakteristik yang gelap, warna ini bisa membuat rumah terlihat sangat elegan. Kesan elegan ini dapat dibuat terlihat lebih mewah lagi jika dikombinasikan dengan warna hijau yang tidak terlalu gelap. 

Untuk mempercantik ruangan, kamu juga perlu menambahkan interior rumah dengan warna senada, misalnya sofa berwarna biru dongker. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan dekorasi berwarna emas atau silver agar rumah terlihat lebih mewah lagi.

7. Kombinasi Hijau dengan Cream

Tidak kalah dengan warna kuning, cat warna cream juga sangat populer digunakan untuk ruang tamu. Cat ini bisa digunakan sebagai kombinasi dengan warna hijau dan membuat rumah menjadi lebih fresh dan hangat. Gunakan perpaduan antara warna hijau dan cream di tembok ataupun di interior rumah, seperti sofa, meja, dan lain-lain. 

Kamu bisa memainkan kedua warna ini secara kreatif ataupun menambahkan sedikit campuran warna lain untuk membuat ruangan terlihat lebih berwarna lagi, misalnya coklat. Di samping itu, warna cream memiliki sifat yang netral sehingga mudah dikombinasikan dengan warna lain. 

8. Kombinasi Hijau dengan Abu-Abu

Tahukah kamu kalau ternyata warna hijau juga sangat cocok bila dikombinasikan dengan warna abu-abu? Kombinasi kedua warna ini dapat menciptakan ruangan yang memiliki kesan elegan. Warna abu-abu sendiri sama seperti warna putih, yaitu tergolong dalam kategori warna netral yang sangat mudah dipadukan dengan warna lain. 

Perpaduan kedua warna ini cocok diaplikasikan untuk berbagai macam ruangan, antara lain di dapur, ruang tamu, ataupun di kamar tidur. Kombinasi antara warna hijau dengan abu-abu akan membuat rumah terasa lebih segar. Jika kamu ingin membuat warna hijau lebih menonjol di ruangan, kamu dapat menggunakan interior berwarna hijau atau warna netral lainnya, seperti putih, sehingga warna hijau dapat lebih kontras dari warna lainnya. 

9. Kombinasi Hijau dan Pink Pastel


Pada masa modern kini, palet-palet warna pastel banyak digemari oleh banyak orang, terutama pada desain rumah minimalis. Ternyata, warna pastel seperti pink pastel juga sangat cocok bila dipadukan dengan hijau, lebih tepatnya seafoam green yang memiliki kesan hijau yang lebih lembut. Kombinasi antara kedua warna ini akan menciptakan ruangan yang lebih manis dan menyegarkan. 

Aplikasikan perpaduan kedua warna ini dengan menggunakan cat pink pastel ke dinding dan perabot berwarna serupa, misalnya sofa, meja, atau bantal sofa. Kamu juga dapat menambahkan dekorasi lainnya untuk mempermanis ruangan, antara lain tanaman hijau, lampu hias, dan lain-lain. Sebagai sentuhan akhir, gunakan lantai granit dengan warna seafoam green yang memiliki kesan yang lembut, sehingga ruangan tidak hanya terlihat indah tapi juga lembut dan menyegarkan.

10. Kombinasi Hijau Tua, Putih, dan Kuning

Jika kombinasi-kombinasi di atas hanya terdiri atas dua warna, warna hijau juga dapat dikombinasikan dengan lebih banyak elemen warna. Kombinasi antara hijau tua dengan warna putih dan sedikit aksen kuning akan menciptakan ruangan yang lebih segar dan menyenangkan. 

Untuk kombinasi yang satu ini, kamu dapat mengaplikasikannya dengan menggunakan cat berwarna hijau tua pada salah satu sisi dinding ruangan. Sisi lain dari ruangan dapat kamu berikan warna putih agar ruangan terlihat lebih kontras. Kemudian, kamu dapat menambahkan dekorasi berwarna kuning, mulai dari lampu hias, meja, ataupun bantal pada sofa. Dekorasi atau interior berwarna kuning ini akan membantu memberikan kesan ruangan yang hangat dan ceria.

Baca juga: 15 Inspirasi Ruang Tamu Minimalis yang Nyaman


Kesimpulan

Itulah beberapa inspirasi ruang tamu warna hijau sederhana yang dapat kamu aplikasikan ke rumahmu. Aplikasikan kombinasi warna hijau pada ruang tamu rumahmu agar ruangan dapat terasa lebih sejuk dan menyegarkan! Padukan ruang tamu warna hijaumu dengan interior-interior yang sepadan untuk mempercantik ruangan. 

Ingin memperoleh informasi lainnya seputar properti? Kunjungi website kami melalui link ini untuk mendapatkan informasi seputar properti lainnya. 


 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua