Spinner Icon

Rumah Futuristik: Desain Inovatif dan Konsep Terkini di Indonesia

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 23 Desember 2023
Table of Contents:

Perkembangan zaman dan teknologi merubah segala aspek dalam kehidupan, salah satunya dalam bidang arsitektur. Desain arsitektur kini mengalami perubahan yang sangat pesat karena pengaruh industri dan pasar yang semakin kompleks. Salah satu desain yang akhir-akhir ini sedang gencar adalah desain rumah futuristik.

Rumah futuristik merupakan hunian yang memiliki desain yang modern dan unik. Biasanya rumah yang memiliki desain ini menggunakan kecanggihan teknologi di dalamnya. Dengan tampilan luar yang seolah-olah menggambarkan kecanggihan rumah di masa depan.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai apa itu rumah futuristik dan informasi penting lainnya seputar desain futuristik. Simak informasi selengkapnya dalam artikel ini.

Key Takeaways:

  • Rumah futuristik merupakan rumah minimalis yang memiliki bentuk modern  dengan memadukan kecanggihan teknologi dan bahan bangunan yang baru seperti kaca, baja, dan lain-lain.
  • Salah satu ciri rumah futuristik adalah penggunaan lampu LED yang memberikan kesan terang dan ruangan yang luas.
  • Desain futuristik sudah mulai digunakan di beberapa negara maju salah satunya di Dubai terdapat gedung Burj Khalifa yang menjadi gedung tertinggi di dunia.

Apa itu Rumah Futuristik?


Desain futuristik merupakan istilah yang mulai dikenal sejak abad ke-20 di Italia, desain ini merupakan salah satu bagian dari gerakan seni futurism yang ditemukan oleh seorang penyair bernama Filippo Tommaso Marinetti. Gerakan ini tidak hanya menarik bagi kaum penyair dan seniman saja, tetapi juga menarik bagi sejumlah arsitek.

Dalam desain arsitektur, futuristik kini telah diterapkan dalam berbagai jenis pembangunan seperti gedung, bandara, hingga rumah. Futuristik mengarah pada sesuatu di masa depan, biasanya dalam perencanaan dan pembangunannya memiliki desain yang modern.

Bagi kamu yang ingin memiliki rumah minimalis dan modern, rumah futuristik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memperbarui tampilan rumah. Rumah futuristik merupakan konsep rumah minimalis yang memadukan bentuk furnitur, struktur bangunan, hingga suasana yang berbeda dari gaya desain interior pada umumnya. Desain interior futuristik biasanya tidak banyak menggunakan furnitur dan dekorasi.

Rumah futuristik biasanya menerapkan konsep less is more, di mana desain yang minimalis menjadi kelebihan tersendiri. Serta teknologi bahan material yang digunakan seperti kaca, baja, dan aluminium.

Baca juga: Ciri-Ciri Rumah Kontemporer Modern yang Sedang Populer Saat Ini


Ciri-Ciri Desain Futuristik

Desain futuristik memiliki ciri tersendiri jika dibandingkan dengan desain arsitektur dan interior pada umumnya. Mungkin banyak dari kamu juga belum mengetahui desain futuristik, oleh karena itu simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut ciri-ciri desain futuristik:

1. Memiliki Tampilan yang Unik dan Modern

Desain futuristik memadukan tampilan eksterior yang menarik dan menggambarkan kesan yang mewah. Tidak lupa juga untuk tampilan interiornya bergaya modern. Furnitur yang digunakan akan disesuaikan dengan konsep rumah yang minimalis.

Tampilan eksterior biasanya dibuat nyentrik dan tidak biasa, konsep desain futuristik biasanya mengkombinasikan garis dan pola yang tidak beraturan namun tetap menyesuaikan bentuk rumah. Bentuk lengkungan sudah lazim digunakan dalam desain futuristik. Selain itu, umumnya pola modular sering digunakan, seperti lonjong, bulat atau bentuk geometris.

2. Memanfaatkan Sistem Teknologi Tingkat Tinggi

Jika kamu ingin merancang rumah dengan konsep futuristik, akan lengkap jika menggunakan sistem teknologi yang canggih dan terpadu. Konsep desain futuristik yang mengedepankan masa depan akan memadukan perangkat komputer atau ponsel untuk bagian keamanan.

Sistem teknologi yang canggih dapat mempermudah kamu dalam menjalani aktivitas. Untuk bagian keamanan, kamu tinggal memantaunya melalui komputer atau ponsel yang sudah terhubung.

3. Permainan Cahaya yang Bergaya Futuristik

Salah satu ciri utama konsep futuristik adalah penggunaan cahaya lampu yang didesain dengan gaya futuristik. Umumnya pencahayaan menggunakan lampu LED yang memiliki beragam warna.

Lampu LED yang digunakan sudah memiliki kecanggihan dalam pengaturan warna, kamu bisa mengubah warna lampu sesuai suasana hati dan jenis kegiatan yang kamu lakukan. Tidak hanya itu, kamu bisa menyalakan dan mematikan lampu melalui ponsel yang sudah terhubung.

Sangat canggih bukan? Biasanya lampu LED dipasang tersembunyi di belakang dinding atau di pinggir furnitur seperti dipan kasur. Hal ini dapat memberi kesan efek cahaya yang muncul terlihat memancar. Tidak hanya di tempat tersembunyi, kamu juga bisa menerapkannya di lantai ataupun plafon dengan desain yang unik dan menarik.

4. Desain Interior Menggunakan Material Mengkilap dan Bertekstur Licin

Keunikan lain dalam desain futuristik adalah desain interior yang menggunakan material dengan gaya futuristik. Gaya futuristik yang dimaksud adalah penggunaan material yang memiliki kesan mengkilap dan modern.

Dengan penggunaan material ini, dapat menimbulkan kesan elegan dan menggambarkan model yang modern. Sehingga kamu bisa merasakan suasana yang berbeda dibanding rumah pada umumnya.

Material yang mengkilap dan bertekstur licin merupakan ciri khas dari bahan seperti marmer, granit, kaca, dan stainless steel. Pantulan cahaya dari material ini dapat menghasilkan suasana yang berbeda-beda dalam suatu ruangan.

5. Dekorasi yang Estetik dan Menawan

Salah satu hal yang wajib dalam konsep desain futuristik adalah dekorasi tiap ruangan yang memiliki nilai estetika dan berkesan menawan. Hal ini sudah umum ditemukan dalam rumah yang bergaya futuristik, tidak sedikit orang menggunakan interior yang mencolok di tiap ruangan.

Bagi kamu yang menyukai hal-hal yang berbau seni, kamu bisa menambahkan artwork seperti lukisan dengan gaya surealis ataupun abstrak. Dengan memasang artwork, ruangan akan terkesan hidup dan lebih berwarna.

Tidak hanya artwork, kamu juga bisa menambahkan furnitur yang dibuat secara custom dari bahan-bahan daur ulang yang kemudian diperbarui. Hal ini dapat membuat ruangan terlihat lebih homey dan berbeda.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa dekorasi di sisi-sisi ruangan dengan lampu baca, vas bunga, dan bantal sofa. Aksen yang timbul dari dekorasi ini membuat ruangan terlihat lebih manis.

Baca juga: Ini Kelebihan dan Kekurangan Rumah Hook yang Harus Kamu Tahu


Inspirasi Desain Rumah Futuristik


Setelah mengenal desain futuristik lebih dalam, apakah kamu mulai tertarik memiliki rumah bergaya futuristik? Bagi kamu yang tertarik dengan rumah bergaya futuristik, berikut kami sajikan beberapa inspirasi desain rumah futuristik yang bisa menjadi referensi.

1. Rumah Futuristik dengan Konsep Green Energy

Bagi kamu yang menyukai konsep futuristik dan ingin memadukannya dengan konsep sustainability. Kamu bisa memanfaatkan konsep green energy dengan memasang panel surya di rumahmu.

Konsep ini membuat rumah lebih ramah lingkungan, dengan memasang kaca berlapis di bagian rumah yang terkena sinar matahari langsung. Kaca berlapis akan menyerap sinar matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

2. Rumah Futuristik dengan Konsep Urban

Konsep selanjutnya, cocok untuk kamu yang menyukai nuansa modern menyerupai gedung-gedung perkotaan. Desain ini dirancang sesuai dengan perkembangan kota dengan gaya minimalis dan futuristik. Desain ini banyak menggunakan elemen seperti baja, beton, dan kaca yang dapat memberikan kesan modern dan industrial.

3. Rumah Futuristik dengan Fasad yang Stylish

Mungkin sebagian dari kamu belum banyak mengenal istilah fasad, fasad secara umum  merupakan bagian luar bangunan atau bagian eksterior bangunan. Fasad meliputi bagian pintu, dinding, jendela, dan lain-lain.

Dalam rumah gaya futuristik berpadu modern kontemporer, fasad bisa dibuat menonjol dengan garis-garis vertikal dan horizontal. Kamu bisa menyesuaikan garis ini sesuai keinginanmu, agar tampil stylish dan unik.

Untuk memunculkan kesan yang lebih futuristik, kamu bisa menggunakan warna terang dan mencolok. Seperti yang didominasi warna netral, silver, hijau, dan warna lainnya yang terkesan hidup dan solid.

4. Rumah Futuristik dengan Konsep Open Space

Dalam konsep open space atau ruang terbuka, memungkinkan kamu menyatukan ruang makan, ruang keluarga, ruang TV, hingga mini bar. Ruangan akan memiliki kesan terbuka tanpa sekat yang membuat ruangan menjadi sempit. Dengan menerapkan konsep ruangan terbuka, kamu bisa lebih leluasa dalam bergerak dan menata dekorasi. Ruangan tidak hanya terlihat modern, tetapi juga terkesan lebih luas.

Kamu bisa memadukan penggunaan kaca dan dinding yang terbuka, agar cahaya bisa masuk ke dalam ruangan dan memberikan kesan terang. Selain itu sirkulasi cahaya dapat berganti dengan baik.

5. Rumah Futuristik dengan Konsep Pemandangan Alam

Konsep rumah ini memiliki desain yang memadukan desain futuristik dan alam sebagai pemandangannya. Penggunaan kaca yang besar dapat memberikan kesan modern dan terang. Rumah ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dari luar rumah, sehingga suasana rumah menjadi tenang dan terasa kembali ke alam.

Baca juga: 7 Desain Inspiratif Rumah Ala Jepang yang Bisa Kamu Coba


Kesimpulan

Sekarang kamu sudah lebih mengenal tentang desain futuristik dan penerapannya. Selain itu, kamu juga sudah mengetahui beberapa inspirasi rumah bergaya futuristik. Apakah kamu mulai tertarik memiliki rumah dengan konsep gaya futuristik yang modern dan minimalis?

Mungkin kini saatnya kamu mewujudkan mimpimu untuk memiliki rumah yang modern dan unik. BTN Properti hadir untuk membantu kebutuhanmu dalam mewujudkan rumah impian. Kamu juga akan terhubung dengan berbagai fitur, layanan, informasi hingga promosi menarik dari Bank BTN. Untuk melihat artikel lainnya seputar properti, kunjungi website ini.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua