Spinner Icon

7 Desain Inspiratif Rumah Ala Jepang yang Bisa Kamu Coba

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 31 Juli 2023
Table of Contents:
  • Rumah Ala Jepang: 7 Desain Inspiratif
  • 1. Kombinasi Alam di Dalam Ruangan
  • 2. Gaya Pintu Geser atau Pembatas
  • 3. Menggunakan Unsur Kayu
  • 4. Atap Rumah yang Lebar
  • 5. Ruang Serbaguna
  • 6. Ruang Meditasi
  • 7. Transisi Antara Luar-dalam Ruangan
  • Mengenal KonMari: Cara Membersihkan Rumah ala Jepang
  • 1. Buang Barang yang Sudah Tidak Terpakai
  • 2. Susun Barang Berdasarkan Kategori
  • 3. Luangkan Satu Hari Penuh untuk Membersihkan Rumah
  • Kesimpulan

Memiliki tempat tinggal yang mampu menyediakan rasa nyaman tentunya menjadi impian semua orang, bukan? Keinginan untuk memiliki rumah yang penuh dengan rasa damai dan perasaan hangat bisa kamu wujudkan dengan memilih desain rumah ala Jepang. Dalam kebudayaan Jepang, rumah tidak hanya dijadikan sebagai tempat tinggal, namun juga untuk mengekspresikan filosofi hidup yang menghargai kesederhanaan, keseimbangan, dan keindahan alam.

Desain rumah ala Jepang sudah terkenal akan kesederhanaannya namun tetap menarik untuk dilihat. Rumah ala Jepang dapat menggabungkan tampilan tradisional juga tampilan modern, bahkan biasanya desain ini pun akan mengaitkannya dengan keindahan alam di sekitar. Dengan memanfaatkan berbagai sudut ruangan yang nyaman serta ruang terbuka, dapat menghasilkan rumah ala Jepang minimalis dan akan membawakan suasana hangat ke dalamnya.

Dalam artikel ini, akan dipaparkan beberapa gaya desain inspiratif bagi kamu yang ingin memiliki rumah ala Jepang.

Key Takeaways:

  • Rumah ala Jepang memiliki keunikan tersendiri dengan mencampurkan alam terbuka ke dalam rumah, karenanya rumah ala Jepang ini akan menghasilkan suasana yang harmonis dan seimbang antara alam dengan rumah.
  • Terdapat beberapa desain inspiratif bagi kamu untuk membangun rumah ala Jepang, seperti mengkombinasikan alam dengan ruangan, menggunakan shoji atau pintu geser, menambahkan unsur kayu pada elemen-elemen rumah, dan sebagainya.
  • Metode KonMari merupakan cara membersihkan rumah ala Jepang yang sudah banyak dipraktekkan. Caranya antara lain dengan membuang barang yang tidak membuat kamu bahagia, menyusun barang sesuai kategorinya, dan meluangkan satu hari penuh untuk membersihkan rumah secara keseluruhan.

 

Rumah Ala Jepang: 7 Desain Inspiratif

1. Kombinasi Alam di Dalam Ruangan

Budaya Jepang sangat menghargai alamnya, maka tak heran jika di dalam rumah akan ditemukan unsur alam. Jika ingin membuat rumah terlihat seperti rumah ala Jepang, konsep yang satu ini bisa kamu coba. Kamu bisa menambahkan kolam ikan pada taman rumah. Atau jika ingin yang lebih simple bisa meletakkan tanaman hias di sudut ruangan. Tanaman hias yang direkomendasikan adalah bonsai dan bambu. Tentu saja kamu bebas untuk memilih tanaman apa yang akan menghiasi rumah sesuai dengan preferensi pribadi.

Selain itu, jendela besar yang menunjukkan pemandangan alam dari luar pun dapat menambah sentuhan ala Jepang bagi rumah. Prinsip utama dari kombinasi alam di dalam ruangan adalah terlihat sederhana, alami, dan juga hijau.

Baca juga: Sejuk dan Menenangkan, Ini Dia Inspirasi Taman Zen Jepang

2. Gaya Pintu Geser atau Pembatas

Pintu geser atau shoji pastinya sudah tidak asing lagi bagi kamu karena ini merupakan elemen desain yang khas pada rumah ala Jepang. Tipe pintu geser ini memiliki kelebihan seperti lebih menghemat ruang dibanding dengan tipe pintu swing. Biasanya pintu geser atau shoji ini terbuat dari kertas halus tembus pandang dengan bingkai pintu yang terbuat dari kayu. Namun, seiring berkembangnya zaman, shoji pun sekarang banyak dibuat dari panel kaca dengan bingkai pintu terbuat dari kayu atau alumunium. Pintu shoji dapat menyesuaikan desain rumah yang tradisional ataupun modern.

3. Menggunakan Unsur Kayu


Unsur kayu sangatlah penting jika kamu ingin membuat rumah ala Jepang. Budaya Jepang terkenal dengan menggunakan kayu di seluruh elemen rumah mereka, mulai dari pagar, pintu, dinding, lantai, sampai langit-langit rumah. Selain menggunakan aksen kayu, kamu juga bisa menambahkan dekorasi yang terbuat dari bambu untuk menambah variasi desain pada elemen rumah kamu. Rumah ala Jepang yang menggunakan aksen kayu ini memberikan kamu suasana rumah yang sederhana dan praktis. 

4. Atap Rumah yang Lebar

Atap tradisional Jepang umumnya didesain untuk mengalirkan air hujan dari atap rumah ke jalanan hingga tidak akan membasahi bagian depan rumah. Dengan desain atap lebar, rumah kamu akan menonjolkan kesederhanaan namun dalam waktu bersamaan juga tetap terlihat mewah. Bentuk atap yang lebar juga memungkinkan kamu untuk membuka jendela lebar-lebar ketika hujan tanpa takut air hujan masuk ke dalam rumah, hal ini membuat rumah kamu terasa sejuk karena sirkulasi udara yang baik.

5. Ruang Serbaguna


Jika kamu ingin memiliki rumah dengan konsep minimalis, kamu bisa menggunakan inspirasi desain yang satu ini. Sediakan satu ruangan besar yang fleksibel dengan furnitur yang mudah dipindahkan di dalamnya agar dapat berfungsi sebagai beberapa ruangan. Pada siang hari bisa kamu gunakan sebagai tempat mengobrol dan tempat makan, dan pada malam hari kamu bisa mengeluarkan alas tidur tradisional atau futon sehingga ruangan tersebut dapat digunakan sebagai ruang tidur.

Alternatif lainnya adalah kamu bisa menggunakan pintu geser (shoji) untuk menggabungkan ruang tidur dengan ruang keluarga. Hal ini tentunya akan menghemat banyak tempat untuk rumah minimalis kamu dan terlihat sangat praktis.

6. Ruang Meditasi

Salah satu desain yang khas dalam rumah ala Jepang adalah dengan adanya ruang meditasi. Ruang meditasi ini dapat kamu gunakan sebagai tempat untuk mencari ketenangan dan refleksi setelah bertemu dengan hiruk-piruk di luar rumah. Ruang meditasi memiliki taman yang sederhana, dilengkapi dengan dekorasi tanaman yang menyegarkan pikiran akan membuat kamu merasa damai.

Shoji juga berperan dalam ruangan ini untuk membuat kesan lapang, juga tatami yang merupakan lantai hangat dan nyaman sebagai dasar ruangan ini. Dengan segala elemen yang mendukung kedamaian dalam ruangan ini, kamu bisa menggunakan ruangan ini sebagai tempat meditasi, minum teh, atau sekedar duduk santai menikmati ketenangan yang ada.

7. Transisi Antara Luar-dalam Ruangan

Ruang transisi antara luar dengan dalam biasa disebut sebagai genkan. Ruangan ini biasanya digunakan oleh penghuni rumah untuk melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah, atau bisa juga dijadikan tempat untuk menerima tamu. Ruang transisi ini biasanya dilengkapi oleh rak untuk menyimpan sepatu serta benda dekoratif seperti keramik atau tanaman hias. Selain itu, kamu bisa menambahkan bangku beton sebagai tempat duduk ketika ingin memasang sepatu. Dengan mengadaptasi gaya desain ini akan menciptakan area masuk yang bersih dan tetap mempertahankan konsep sederhana.

Baca juga: Ingin Buat Dapur Ala Jepang? Ini Dia Inspirasi Desainnya

 

Mengenal KonMari: Cara Membersihkan Rumah ala Jepang

Budaya Jepang dikenal dengan kebersihan dan juga kerapihannya. Baru-baru ini banyak yang sudah mempraktekkan cara membersihkan rumah ala Jepang. KonMari adalah metode mengenai cara membersihkan rumah yang dicetuskan oleh Marie Kondo, seorang penata rumah profesional Jepang. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Buang Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Salah satu cara untuk membuat rumah tampak lebih rapi adalah dengan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Namun, seringkali kita merasa “sayang” ketika ingin membuangnya, maka dari itu Marie Kondo menyarankan untuk kita berpikir “Apakah barang ini membuat saya bahagia?”. Jika jawabannya iya, segera susun barang berdasarkan kategori. Jika tidak maka buang barang tersebut.

2. Susun Barang Berdasarkan Kategori

Tips yang ini melanjutkan dari tips sebelumnya, yaitu susun barang sesuai dengan kategorinya. Misalnya letakkan pakaian di satu tempat khusus, jika pakaian kamu terlalu banyak, kamu bisa mulai menyortirnya. Biasanya untuk pakaian seperti kemeja kamu akan menggantungnya, namun Marie Kondo menyarankan kemeja untuk dilipat saja dan disusun dengan pakaian yang lain. Hal ini selain menghemat tempat juga bisa membuat lemari kamu menjadi lebih rapi.

3. Luangkan Satu Hari Penuh untuk Membersihkan Rumah

Jika terlalu berat untuk membersihkan rumah setiap harinya, kamu bisa memilih satu hari untuk membersihkan rumah secara keseluruhan. Luangkan satu hari dan maksimalkan semuanya pada hari tersebut, karena jika kamu membagi beberapa hari untuk membersihkan rumah, hal ini dianggap lebih banyak memakan waktu dan pengerjaan menjadi tidak efektif.

Baca juga: 10 Tips dan Trik Bikin Interior Rumah Jepang

 

Kesimpulan

Demikianlah beberapa inspirasi rumah ala Jepang beserta dengan tips membersihkan rumah ala Jepang yang disebut sebagai KonMari, Pada dasarnya, banyak orang yang ingin memiliki hunian yang nyaman, karena bagaimanapun hunian merupakan tempat di mana kita akan beristirahat dari kesibukan sehari-hari. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi kamu apabila ingin berkreasi dalam mewujudkan hunian yang aman dan nyaman.

Ingin mendapatkan tips lainnya seputar dekorasi rumah? Cek BTN Properti untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai dekorasi rumah dan KPR.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua