Spinner Icon

Cocok untuk yang Suka Alam! 5 Inspirasi Rumah Minimalis Warna Hijau

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 13 April 2024
Table of Contents:

Menurut psikologi, warna dianggap sangat berdampak bagi kehidupan manusia. Warna dapat membangkitkan reaksi psikologi yang berbeda terhadap tubuh manusia. Dengan kata lain, warna dapat membentuk atau merubah suasana atau mood dari perasaan manusia yang melihatnya.

Salah satu warna yang sangat kental dengan nuansa alam dan juga dapat membangkitkan suasana nyaman dan segar adalah warna hijau. Warna hijau memiliki unsur kemurnian dan keharmonisan. Warna hijau juga bisa berdampak untuk mood seseorang, juga dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Asosiasinya yang kental dengan pepohonan dan alam membuat warna ini identik dengan segar, adem, dan tenang.

Karena warnanya yang begitu memiliki dampak positif terhadap manusia, warna ini sangat digemari beberapa orang.

Key takeaways:

  • Penggunaan cat rumah warna hijau untuk rumah minimalis kamu dapat memberikan suasana segar, adem, dan tenang.
  • Terdapat berbagai macam warna hijau yang cocok untuk mendominasi warna cat rumah minimalis kamu, seperti hijau sage, hijau mint, dan hijau emerald.
  • Masing-masing warna memiliki kesan dan suasana berbeda untuk rumah kamu, kamu dapat menyesuaikan dengan kepribadian kamu.
  • Untuk membuat rumah minimalis kamu jadi lebih menarik kamu dapat mengikuti inspirasi untuk menambahkan furnitur atau mengombinasikan warna.

3 Warna Cat Hijau yang Cocok untuk Rumah Minimalis 

Menggunakan cat rumah warna hijau pada rumah diharapkan dapat menimbulkan suasana yang tenang, segar, dan sejuk. Walaupun warna hijau sedikit tricky jika digunakan sebagai warna dominan di rumah, kamu tidak perlu khawatir. Dengan membaca artikel ini, kamu akan mendapatkan berbagai informasi serta inspirasi menggunakan warna hijau sebagai cat rumah.

Berikut adalah 3 macam warna cat rumah hijau yang dapat kamu aplikasikan untuk mendominasi warna rumah minimalis kamu.

1. Warna Hijau Sage


Warna hijau sage adalah warna hasil perpaduan warna hijau dan abu-abu. Perpaduan warna hijau dan abu-abu menghasilkan warna hijau dengan efek yang lembut, menenangkan, romantis, sekaligus manis. Dengan begitu, warna hijau sage ini sangat cocok untuk digunakan sebagai warna dominan di dinding area kamar tidur, ruang keluarga, atau area rumah lainnya.

Dengan warna yang minimalis dan tidak mencolok, warna hijau sage dapat menghasilkan ketenangan yang dibutuhkan saat kita berada di dalam rumah. Rumah warna hijau sage ini cocok dipadupadankan dengan furnitur seperti krem atau abu-abu cerah.

2. Warna Hijau Mint

 

Selanjutnya, ada warna hijau mint. Warna ini tercipta dari hasil perpaduan warna hijau, biru, dan putih. Nama warna ini diambil dari daun mint yang memiliki karakteristik bersih, terlihat segar, dan sejuk seperti dedaunan.

Selain memberikan kesan segar dan sejuk, warna ini juga dapat memberikan kesan yang lebih ceria dan riang. Sehingga warna ini cocok untuk digunakan di area-area berkumpul di rumah kamu, agar suasana yang tercipta menjadi lebih ceria.

3. Warna Hijau Emerald

 

Warna berikutnya adalah warna hijau emerald. Asal warna hijau emerald didapat dari mineral beril, yang sebagian besar digunakan untuk cincin, anting-anting, gelang, dan perhiasan lainnya. Intensitas warna hijau emerald ini pada dasarnya tergantung dengan kekayaan kandungan dari mineral beril sendiri.

Warna hijau emerald memberi kesan yang segar dan strong dimana dapat membangun kestabilan dan keyakinan diri yang kuat. Kamu juga dapat memilih furnitur dengan warna putih, emas, kuning, atau pink untuk dipadukan dengan warna hijau emerald sebagai dominasi cat dinding rumah kamu.

Itu dia 3 jenis warna hijau yang dapat kamu jadikan pilihan untuk digunakan sebagai warna dominasi cat di rumah kamu. Kamu dapat memilih salah satu warna yang paling cocok dengan kebutuhan suasana yang ingin dibangun di rumah.

Baca juga: Inspirasi Desain Ruang Tamu Warna Hijau Sederhana yang Cantik


5 Inspirasi untuk Rumah Minimalis Warna Hijau Kamu Semakin Keren

Setelah mengetahui berbagai macam warna hijau yang cocok untuk dijadikan dominasi warna cat di rumah, Sekarang saatnya mengulas inspirasi yang dapat digunakan untuk membuat rumah minimalis dengan dominasi cat hijau kamu jauh lebih menarik, dinamis, dan elegan.

Berikut adalah 5 inspirasi rumah minimalis dengan dominasi cat hijau yang dapat kamu terapkan.

1. Tambah Sentuhan Cantik dengan Tanaman Hias


Kamu dapat menambahkan tanaman hias yang cantik di titik-titik rumah minimalis kamu. Dengan tanaman hias ini, kamu akan mendapatkan kesan yang lebih natural dan dapat membantu furnitur minimalis kamu jadi lebih outstanding.

Perpaduan cat warna hijau dengan berbagai tanaman hias juga dapat membuat ruangan jadi semakin segar dan terlihat lebih besar. Kamu juga akan mendapatkan kesan lebih hidup di ruangan dengan penambahan tanaman hias.

Jika kamu ingin lebih minimalis, pilihlah tanaman hias yang berukuran kecil atau sedang dengan bentuk yang unik. Sehingga ketika diletakan di sudut-sudut ruangan tidak terkesan penuh dan berantakan.

2. Perpaduan Warna Putih Hijau Agar Kesan Rumah Lebih Minimalis


Tidak dapat dipungkiri, warna putih adalah warna yang lekat dengan konsep rumah minimalis. Tapi jangan salah, cat warna hijau yang dipadukan dengan warna furnitur yang cocok juga bisa membuat rumah kamu tampak minimalis.

Kamu juga dapat memadukan warna hijau dan putih dalam satu dinding ruangan. Hal ini dapat membuat rumah kamu jadi lebih terkesan minimalis dan menciptakan kesan clean.

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat dinding dominasi cat putih kemudian dipadupadankan dengan furnitur hijau dan tanaman hias. Sehingga kesan minimalisnya menjadi lebih kental lagi.

3. Penambahan Warna Coklat Bisa Buat Rumah Minimalis Hijau Menjadi Lebih Hangat


Rumah minimalis bisa jadi lebih hangat dengan penambahan ornamen atau furnitur bernuansa coklat. Dengan menambahkan warna coklat, kesan hangat jadi lebih terasa. Menurut psikologi pun, warna coklat memiliki arti yang hangat dan ketenangan.

Kamu juga dapat menggunakan ornamen coklat ini dengan barang berbahan kayu. Hal ini dapat membuat kamu yang tinggal di lingkungan perkotaan dapat terasa lebih segar dan lebih dekat dengan alam karena penggunaan bahan alami seperti kayu dapat membangun suasana sejuk.

4. Penggunaan Furnitur Merah Muda Memberi Kesan Lembut


Warna hijau dan merah muda sering kali dipadupadankan dengan konsep pastel. Perpaduan dua warna ini memberikan kesan yang terang, ceria, dan lembut. Biasanya perpaduan dua warna ini juga diikuti oleh warna putih atau abu-abu untuk memecah kelimpahan warna.

Jika kamu menyukai sesuatu yang lembut dan tenang, ruangan dengan konsep hijau dan pink pastel dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu.

5. Penggunaan Furnitur Hitam Memberi Kesan Maskulin

 

Tenang saja, kamu juga bisa membuat rumah minimalis dengan dominasi cat hijau yang lebih maskulin. Hal ini dapat kamu lakukan dengan menambahkan warna-warna gelap seperti hitam dan abu-abu.

Perpaduan warna gelap dari hijau dan warna lainnya akan membuat rumah kamu jadi lebih maskulin. Rumah kamu mungkin akan tampak lebih gelap, tetapi jangan khawatir, dengan penyusunan pencahayaan yang baik, rumah kamu justru akan tampak lebih elegan.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Gantung Untuk Rumah yang Lebih Hijau


Cari Tips Dekorasi Rumah Impian dengan BTN Properti

Setelah membaca artikelnya secara keseluruhan, kamu sudah tahu ingin membuat rumah minimalis dengan dominasi warna hijau apa dan bagaimana konsepnya? Atau kamu masih kebingungan untuk mendesain dan mencari inspirasi rumah impian kamu? Tidak perlu khawatir, kunjungi website kami dimana kamu dapat menelusuri berbagai informasi penting terkait properti. Mulai dari inspirasi dekorasi hunian, tips-tips terkait rumah, hingga program KPR. Klik link ini untuk menemukan artikel lainnya.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua