Spinner Icon

Ini Dia Inspirasi Gaya Rumah Mungil Namun Tetap Nyaman

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 15 November 2022
Table of Contents:
  • Inspirasi Desain Rumah Mungil Cantik dan Minimalis
  • 1. Rumah Mungil Minimalis Modern dari Jepang
  • 2. Rumah Mungil di Washington The Waterhaus
  • 3. Rumah Mungil Smart di Australia
  • 4. The Shelter Rumah Mungil di Denmark
  • 5. Rumah Nano di Afrika Selatan
  • 6. Kabin Terapung di Maine
  • 7. The Mill House Rumah Mini Sauna
  • 8. Rumah Mungil Rustic Modern
  • Kesimpulan

Impian untuk memiliki rumah atau membangun rumah sendiri tentu dimiliki semua orang. Kebanyakan orang lebih senang jika tinggal di rumah dengan ukuran yang besar atau luas. Tapi tahukah kamu kalau rumah mungil juga sangat digemari saat ini?

Untuk kamu yang memiliki lahan yang terbatas atau tidak terlalu luas, rumah mungil dapat menjadi konsep dan alternatif pilihan yang lebih terjangkau bagi kamu. Dengan fungsionalitas yang tidak kalah dengan rumah besar, rumah mungil pastinya memiliki keuntungan sendiri. Salah satu keuntungan yang dapat kamu peroleh dari rumah mungil adalah budget yang diperlukan tidak terlalu besar untuk rumah ini, baik untuk pembangunan maupun perawatan.

Pada artikel ini, akan dibahas beragam inspirasi gaya rumah mungil yang dapat kamu terapkan pada rumah idaman kamu. Yuk, kita simak bersama!

Inspirasi Desain Rumah Mungil Cantik dan Minimalis

Berikut adalah beberapa pilihan inspirasi desain rumah mungil yang cukup populer di dunia.

1. Rumah Mungil Minimalis Modern dari Jepang



Didesain oleh desainer khusus tema minimalis yang sangat terkenal, yaitu Muji, rumah mungil ini hanya memiliki luas 27 meter persegi. Meskipun memiliki luas yang kecil, desain rumah ini tetap terasa leluasa berkat keahlian arsitek dari Jepang ini.

Rumah mungil yang satu ini dikenal dengan nama The Hut of Wood. Dengan dinding dan jendela rumah yang lebar, rumah ini terlihat lebih leluasa di balik luasnya yang tidak begitu besar.

Selain itu, desain rumah mungil ini juga dilengkapi dengan berbagai ruangan, mulai dari ruang tamu atau ruang keluarga, dapur kecil, kamar tidur dengan kasur nyaman, dan pemandian ala tradisional Jepang yang pastinya sangat unik, serta interior di dalamnya pun cukup lengkap. Sebagai tambahan, rumah ini juga mempunyai perapian kayu yang mendatangkan kesan hangat dan mewah pada rumah.

Rumah mungil ini telah dirilis untuk dijual bagi masyarakat umum pada tahun 2017. Properti ini juga dilengkapi dengan warna dengan kesan elegan dengan dominasi hitam.

2. Rumah Mungil di Washington, The Waterhaus


Sumber: tinyhousetown.net

The Waterhaus adalah rumah mungil yang terletak di Washington, Amerika Serikat. Rumah mungil dengan total luas kurang dari 42 meter persegi ini dibangun oleh Green Pod Development.

Dengan mengutamakan konsep kesinambungan antara rumah dan alam, para arsitek membangun rumah ini dengan menerapkan desain rumah yang sehat. Bahan utama dinding rumah mungil ini adalah tanah liat dan menghindari penggunaan cat yang mengandung zat kimia yang dapat berbahaya bagi manusia.

Untuk daya rumah dan penerangan, rumah mungil ini menggunakan panel kaca dan jendela untuk mengumpulkan tenaga surya sebagai sumber daya dan penerangan. Kombinasi antara warna hitam dan coklat kayu, serta kaca juga membuat rumah ini terkesan minimalis yang modern.

Baca juga: Ide Tata Letak dan Desain Rumah 1 Lantai

3. Rumah Mungil Smart di Australia


Sumber: humble-homes.com

Rumah mungil yang satu ini mempunyai konsep yang tidak biasa. Dengan memilih kayu keras daur ulang dari Australia sebagai material utama untuk rumah ini, rumah ini dibangun dengan unik oleh Greg Thorton, Lara Nobel, dan Andrew Carter. Rumah mungil ini terletak di Brisbane, Australia.

Desain rumah mungil pintar ini mempunyai luas total hanya sekitar 18 meter persegi dengan tinggi langit-langit sekitar 3,5 meter.

Ada alasan tertentu mengapa rumah mungil ini disebut pintar, yaitu adanya tempat tidur melayang. Tempat tidur melayang ini dilengkapi dengan remote control dan merupakan fitur yang paling menarik dari rumah mungil ini.

Penghuni rumah dapat dengan mudah menyesuaikan fungsi tempat tidur sesuai dengan kebutuhannya. Hanya dengan menekan beberapa tombol pada remote control, kamu dapat menggeser tempat tidur naik sehingga rumah akan terasa lebih luas dan nyaman. Selain itu, rumah ini juga dilengkapi dengan dekorasi minimalis yang mempercantik rumah.

4. The Shelter, Rumah Mungil di Denmark


Sumber: arch2o.com

Diciptakan oleh perusahaan Vipp, rumah mungil di Denmark ini dikenal dengan nama The Shelter. Rumah mungil ini dibangun dengan konsep minimalis sederhana, dekat dengan alam bebas, dan sangat fungsional.

CEO Vipp, Kasper Egelund menargetkan kedekatan pada alam dengan rumah ini, sehingga rumah ini mungkin akan mengingatkan kamu dengan glamping di alam terbuka. Rumah 1 lantai dengan konsep modern ini juga mempunyai tampilan yang simpel namun tetap bergaya elegan dan mewah dengan warna hitam yang mendominasi interior dan jendela kaca yang besar, serta pintu dari kaca.

Rumah mungil ini dibangun dengan struktur besi yang dapat dipasang dalam waktu cepat, yaitu sekitar 3-5 hari saja. Terdiri dari 1 tingkat,[1] [2]  bagian atap rumah mungil ini dilengkapi dengan celah atau jendela yang dapat dibuka di kamar tidur. Celah ini memungkinkan kamu untuk tidur dengan pemandangan bintang-bintang di langit yang pastinya sangat menarik.

5. Rumah Nano di Afrika Selatan

Sumber: Pinterest

Hunian mungil di Afrika Selatan lebih umum dikenal sebagai rumah nano yang dibangun oleh arsitek Clara da Cruz Almedia. Desain rumah mungil ini dipercaya dapat menjadi solusi hunian yang cukup ideal bagi masyarakat di sana.

Desain rumah mungil ini mempunyai luas area 17 meter persegi dengan gaya mezanine atau paruh lantai. Lantai bawah dari rumah ini mencakup area yang ideal untuk melakukan aktivitas sehari-hari di rumah, misalnya ruangan untuk bersantai di ruang keluarga, ruangan untuk berkumpul, dan dapur untuk memasak.

Rumah nano didesain untuk bisa dihuni oleh 2 orang, cocok untuk pasangan suami istri. Meskipun terlihat sempit dari luar, rumah mungil ini dilengkapi dengan area mandi di bagian belakang rumah dan atap berpanel tenaga surya sehingga daya untuk rumah ini bersifat serba hemat. Selain itu, rumah ini juga dilengkapi dengan teras di bagian halaman rumah.

6. Kabin Terapung di Maine


Sumber: yadokari.net

Pernahkah kamu membayangkan tinggal di rumah yang terapung di atas air? Rumah mungil di Maine ini adalah sebuah desain rumah minimalis berupa kabin terapung yang dibangun oleh sepasang suami istri dari North Haven.

Pasangan suami istri ini menghabiskan sekitar 10 tahun untuk membangun rumah mungil dengan konsep unik ini. Dengan luas lahan terbatas berukuran 22 meter persegi, hunian mungil ini menggunakan daya air sebagai tenaga dan untuk kebutuhan sehari-hari.

Hunian mungil ini dilengkapi dengan tempat penampungan air hujan sebagai cadangan air. Selain itu, mereka juga menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan dapur, serta tenaga surya untuk operasional sehari-hari. Namun kekurangan dari rumah ini adalah penghuninya harus sering bolak balik ke kota untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Inspirasi Desain Rumah Lahan Sempit yang Wajib Kamu Coba!

7. The Mill House, Rumah Mini Sauna

Desain rumah mungil yang satu ini dibangun dengan kebiasaan dan impian yang dimiliki oleh sebuah keluarga Swedia. Keluarga ini mempunyai kebiasaan berupa sauna bersama, barbeque, dan berendam di air dingin. Rumah mungil ini juga digunakan sebagai rumah liburan bagi keluarga ini.

Rumah mini sauna ini didesain oleh arsitek Swedia bernama Gert Wingardhs dan dinamai The Mill House. Salah satu keunikan utama dari desain rumah mungil yang satu ini adalah keberadaan ruang sauna yang pastinya tidak umum dimiliki oleh rumah-rumah lainnya.

Di samping itu, rumah minimalis ini juga dilengkapi oleh dapur, tempat tidur, tempat berganti pakaian, kamar mandi, dan juga ruang untuk relaksasi, serta dilengkapi dengan interior minimalis. Hunian mungil ini dibangun di sekeliling pemandangan alami yang luar biasa dan menyejukkan, sehingga memberikan kesan yang asri dan nyaman. Di samping itu, rumah ini juga memiliki kesan modern dengan pintu yang terbuat dari kaca.

8. Rumah Mungil Rustic Modern

Bahan kayu sebagai bahan bangunan memang memberikan hunian sebuah nilai estetika tersendiri. Di antara nilai estetika yang diberikan oleh bahan kayu, gaya rustic dan alami adalah salah satunya.

Desain rumah mungil yang satu ini menerapkan gaya rustic yang modern di atas lahan terbatas berukuran 37 meter persegi. Awalnya, rumah ini merupakan hasil renovasi rumah peternakan kuno yang sudah berusia 100 tahun di California. Desain rumah ini dibuat sedemikian rupa oleh pasangan yang merupakan arsitek yang dulunya bekerja di perusahaan ternama untuk menciptakan rumah impian mereka.

Hunian mungil dengan 2 lantai ini didesain dengan gaya rustic yang romantis dan memberi kesan nyaman dan alami bagi penghuninya. Dengan bahan serba kayu berwarna coklat muda dengan atap yang tinggi, rumah mungil yang satu ini juga dilengkapi dengan interior bergaya rustic.

Baca juga: Rumah Tipe 45, Hunian Praktis untuk Millennial yang Dinamis


Kesimpulan

Lahan dengan ukuran terbatas atau sempit mungkin sering ditemui di Indonesia. Namun, hal tersebut tidak menjadi halangan untuk memiliki rumah impian yang cantik.

Rumah mungil juga mempunyai keindahan dan keunikannya masing-masing, contohnya terlihat dari beberapa inspirasi rumah mungil di atas. Untuk meningkatkan estetika dari rumah mungil, kamu dapat memadukan rumah mungil dengan desain dan interior yang cocok sehingga rumah terlihat lebih keren lagi.

Tertarik mengajukan KPR untuk rumah impian kamu? Ada program KPR dari Bank BTN dapat menjadi solusi bagi kamu wujudkan rumah impian. Kamu dapat mengunjungi link ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai KPR yang ditawarkan BTN.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua