Spinner Icon

Rumah Ramah Banjir yang Bisa Kamu Tiru dengan Mudah

Author Image
Info Terbaru · 24 Desember 2020
Table of Contents:

Rumah Ramah Banjir bisa kamu wujudkan dengan furnitur dan penataan yang tepat. Apalagi saat ini musim hujan telah tiba dan kemungkinan saja air hujan bisa masuk dan menyebabkan banjir yang tidak diinginkan. Karena beberapa daerah di Indonesia kerap terkena bencana banjir. Maka dari itu sangat penting untuk memikirkan konsep Rumah Ramah Banjir agar mencegah kerusakan yang tidak diinginkan. Selain konsep rumah, penting juga memilih furnitur yang tepat agar mengurangi kerusakan saat berbenah pasca banjir tiba. Nah, tidak ada salahnya mencegah kerusakan perabot di dalam rumah sebelum banjir atau genangan air datang. Berikut ini trik agar kamu bisa mewujudkan Rumah Ramah Banjir yang aman dan nyaman.


Rumah Ramah Banjir Menggunakan Furnitur Kayu Solid & Besi


(Shutterstock)


Untuk kamu yang sering terkena banjir atau tinggal di daerah rawan banjir, wajib mengubah hunian menjadi Rumah Ramah Banjir. Caranya bisa dengan mengubah furnitur dan memilih material stainless, plastik, atau kayu solid. Kebanyakan orang memilih furnitur dengan material board karena harganya yang terjangkau dan juga variatif. Namun, material tersebut sangat mudah rusak jika terkena banjir dan tidak bisa digunakan lagi. Untuk itu disarankan menggantinya dengan furnitur besi dan kayu solid yang berkualitas bagus. Walaupun harganya sedikit lebih mahal namun penggunaan perabot ini akan tahan lama dan awet.

Pilih perabot yang anti karat serta memiliki daya tahan yang kuat terhadap air. Biasanya material ini digunakan pada meja ruang tamu, kursi, lemari kerangka terbuka, serta kitchen set di dapur. Kamu harus mempertimbangkan sisi efisiensi dalam penggunaan sofa di rumah ketika terjadi banjir. Penggunaan sofa dengan kaki yang lebih tinggi akan memudahkan kamu dalam membersihkan bagian bawah sofa setelah banjir surut dan air sulit mengenai permukaan sofa.


Rumah Ramah Banjir Dengan Ranjang Tingkat dan Multifungsi


(Shutterstock)

Rumah Ramah Banjir bisa diwujudkan dengan penggunaan ranjang tingkat yang multifungsi dan kasur busa. Kamu tidak perlu was-was lagi ketika banjir datang karena penggunaan kasur tingkat aman dan sulit dijangkau oleh air. Kamu bisa memilih ranjang tingkat yang multifungsi sehingga aman menyimpan barang-barang di lemari atas ranjang. Selain ramah terhadap banjir, ranjang tingkat multifungsi ini memberikan kesan minimalis yang cantik dan terlihat rapi. Pilih ranjang tingkat dengan material besi atau kayu solid agar awet dan tidak mudah rusak.


Rumah Ramah Banjir Diberikan Sentuhan Warna Gelap Pada Bagian Bawah Dinding


(Shutterstock)

Kamu ingin memiliki Rumah Ramah Banjir sekaligus rumah yang menarik? Nah, ini dia solusinya yaitu dengan melakukan pengecatan gradasi warna pada dinding rumah. Uniknya kamu hanya boleh melakukan pengecatan warna gelap pada bagian bawah dan terang pada dinding atas. Hal ini dilakukan untuk mencegah noda yang sulit dibersihkan pasca terkena genangan air banjir. Dengan melakukan hal ini, dinding kamu tidak akan terlihat kotor ketika terkena banjir. Lalu akan lebih mudah membersihkan noda yang tersisa di bagian bawah sehingga tidak perlu repot-repot mengecat ulang dinding.


Posisikan Stop Kontak Lebih Tinggi untuk Rumah Ramah Banjir


(Shutterstock)

Biasanya stop kontak di rumah dibuat dekat dengan lantai atau lebih rendah dari permukaan lantai. Namun, untuk membuat Rumah Ramah Banjir dapat terwujud sebaiknya stop kontak diposisikan lebih tinggi setidaknya setinggi pinggang orang dewasa. Hal ini bertujuan agar aman saat banjir datang dan jauh dari potensi arus pendek.

Nah, beberapa trik pintar tadi bisa kamu tiru dan terapkan khususnya pada hunian yang rawan banjir untuk mewujudkan Rumah Ramah Banjir. Kamu juga bisa membaca artikel Rumah Anti Banjir berikut untuk konsep rumah yang unik dan aman dari banjir. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan menata dengan rapi agar selalu nyaman. 

 

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua