Spinner Icon

Rumah Tropis: Ide Desain Rumah Tropis Nyaman dan Modern

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 24 Oktober 2022
Table of Contents:
  • Ciri Khas dalam Mendesain Rumah Tropis yang Modern
  • 1. Rumah dengan Atap yang Miring ke Bawah dan Menjorok ke Luar
  • Atap yang Miring ke Bawah
  • Atap yang Menjorok ke Luar
  • 2. Maksimalkan Jendela Dan Pintu yang Mengarah ke Outdoor
  • Outdoor
  • Ventilasi dan Cahaya Alami
  • 3. Arah Matahari
  • 4. Padukan Bahan Alami dengan Desain Minimalis
  • 5. Ruang Terbuka dan Langit-langit Tinggi
  • Plafon Tinggi
  • 6. Shading Eksternal
  • 7. Warna Tropis
  • Ide Dekorasi Tropis
  • 1. Furnitur dari Rotan
  • 2. Tumbuhan Alami
  • 3. Motif Daun Tropis
  • 4. Tirai Tropis
  • 5. Kipas Langit-langit
  • 6. Tempat Tidur Gantung (Hammock)
  • 7. Kolam Ikan
  • Kesimpulan


Tinggal di negara tropis seperti Indonesia biasanya suhu udara cenderung panas dan banyak rumah yang menggunakan AC. Namun, bagaimana jika ada cara membuat rumah dingin tanpa bantuan AC? Solusinya adalah rumah tropis. Rumah tropis berfokus pada ventilasi, integrasi, dan iklim.

Ciri Khas dalam Mendesain Rumah Tropis yang Modern

Berikut adalah beberapa contoh, ide, prinsip, dan karakteristik yang dapat kamu pertimbangkan saat mendesain rumah tropis yang nyaman dan modern.

1. Rumah dengan Atap yang Miring ke Bawah dan Menjorok ke Luar

Atap beton datar umumnya merupakan pilihan utama untuk rumah dengan tampilan modern. Namun, jenis ini dapat menjadi sumber panas yang signifikan di daerah tropis kecuali diisolasi secara memadai. Atap beton perlahan akan memanas di siang hari dan melepaskan panas ke dalam rumah di malam hari. Oleh karena itu, atap beton tidak disarankan ketika mendesain rumah tropis.

Agar terhindar dari suasana panas, kamu bisa menggunakan genteng yang terbuat dari tanah liat atau keramik. Kedua bahan ini mampu menghalau dan tidak akan menyerap panas matahari.

Atap yang Miring ke Bawah

Atap yang ringan, seperti terbuat dari rangka kayu dengan pelapis logam, akan lebih cepat dingin. Selain itu, rumah dengan atap datar akan bermasalah ketika musim hujan. Oleh karena itu, lebih baik memiliki atap yang miring ke bawah agar air hujan dapat mengalir ke bawah dengan mudah.

Atap yang Menjorok ke Luar

Atap seperti ini akan membantu menjauhkan hujan dari bukaan jendela dan pintu. Selain itu, atap ini juga membantu melindungi dinding dan bukaan dari sinar matahari langsung.

2. Maksimalkan Jendela Dan Pintu yang Mengarah ke Outdoor

Alam memiliki dampak positif pada emosi manusia. Banyak negara tropis yang membanggakan lingkungan yang indah. Dalam hal rumah, kamu dapat menciptakan ruang luar yang indah.


Sumber: Arsitag

Outdoor

Ruang tamu atau ruang makan semi outdoor yang berdampingan dengan teras dan halaman dapat menciptakan ruang terasa luas. Oleh karena itu, desain seperti ini juga bagus digunakan untuk rumah tropis yang modern.

Bukaan dan ruang luar harus memberikan pemandangan alam. Bisa berupa taman pribadi atau suasana yang segar dan asri. Halaman dapat memunculkan unsur alam ke tengah rumah kamu.

Ventilasi dan Cahaya Alami

Menambahkan banyak jendela dan pintu yang dapat dioperasikan juga bisa menjadi cara untuk memungkinkan udara masuk ke rumah. Ventilasi alami adalah bagian penting dari rumah modern tropis. Hal ini bisa membuat kamu dan keluarga bisa sejuk tanpa perlu AC.

Bukaan besar di beberapa dinding akan membantu mendorong sirkulasi udara. Halaman indoor juga dapat bermanfaat untuk membawa cahaya alami tambahan ke ruang interior rumah kamu.

3. Arah Matahari

Ketika mendesain rumah tropis sebisa mungkin untuk mengarahkan semua bukaan rumah ke arah sumbu utara-selatan. Karena matahari terbit di timur dan terbenam di barat, ini akan mencegah sinar matahari langsung masuk dan akan membuat ruangan tetap sejuk terutama di pagi dan sore hari.

Baca juga: Menentukan Rumah yang Bagus Menghadap Kemana?

4. Padukan Bahan Alami dengan Desain Minimalis

Salah satu ciri utama arsitektur modern adalah unsur minimalisnya. Hal ini menghindari elemen dekoratif yang heboh. Arsitektur modern tropis juga mengikuti prinsip ini, tetapi memadukannya dengan penggunaan bahan-bahan alami.

Material seperti batu, tanah liat, dan kayu alami dapat melengkapi dinding putih rumah. Kombinasi ini menambah banyak kehangatan pada interior dan eksterior rumah tropis modern.

Tapak tangga, pagar, layar, pintu, langit-langit dan dinding fitur sering menggunakan kayu, batu atau tanah liat. Furnitur, serta beberapa perabotan, juga menggunakan bahan alami. Meja, kursi, tempat tidur dan perabotan lainnya cenderung terbuat dari kayu. Bahan alami lainnya seperti bambu atau rotan juga populer di beberapa daerah.

5. Ruang Terbuka dan Langit-langit Tinggi

Penataan luas dan ruangan terbuka adalah karakteristik lain dari rumah tropis modern. Ruang terbuka dengan langit-langit tinggi dapat membuat ruangan terasa lebih luas. Tata ruang terbuka dan langit-langit tinggi juga sesuai untuk iklim di daerah tropis.

Ruang terbuka

Strategi ventilasi dapat bekerja paling baik ketika ada sedikit atau tidak ada penghalang di jalur angin. Oleh karena itu, rumah terbuka memungkinkan angin sepoi-sepoi mengalir lebih jauh ke dalam rumah. Ini juga memungkinkan cahaya alami menembus lebih dalam ke kamar kamu.

Plafon Tinggi

Udara panas biasanya akan mengalir ke atas. Oleh karena itu, langit-langit yang tinggi membantu menjauhkan udara hangat dari tingkat yang lebih rendah yang kamu tempati.

6. Shading Eksternal

Ciri khas lain dari desain rumah tropis adalah shading di luar rumah. Baik itu dalam bentuk brise-soleil, overhang, atau tanaman dan pohon, shading eksternal juga membantu menurunkan suhu internal. Brise-soleil, khususnya, menambahkan sentuhan estetika yang bagus bahkan ke tempat tinggal yang tampak paling sederhana sekalipun.

7. Warna Tropis

Jangan takut untuk menambahkan warna ke rumah kamu. Tidak jarang rumah tropis memiliki aksen warna yang khas.

Beberapa warna khas yang dapat dilihat pada gaya arsitektur tropis adalah:

  • Warna putih, krem, dan coklat muda mewakili pantai.
  • Kuning melambangkan matahari.
  • Hijau untuk rumput dan hutan tropis.
  • Biru tua dari langit dan laut.

Namun, ketika memilih cat tembok luar, ada baiknya memilih warna cerah. Ini karena warna yang lebih terang menyebabkan gelombang panas memantul dari dinding rumah. Sebaliknya, dinding berwarna gelap menyerap panas, menyebabkan naiknya suhu di dalam bangunan.

Memadukan desain rumah tropis dan modern dapat menciptakan rumah yang sejuk dan nyaman. Dengan ruang terbuka lebar dan strategi ventilasi baik, rumah tropis modern sangat cocok bagi kita yang tinggal di Indonesia.

Selain memikirkan eksterior dan pondasi rumah, kamu juga bisa menambahkan beberapa hiasan agar rumah terasa lebih tropis dan modern. Suasana tropis dapat dicapai dengan barang-barang seperti pohon palem, furnitur bambu, dan seni dinding tropis.

Baca juga: Kenali Konsep Desain Rumah Asri di Tengah Perkotaan!


Ide Dekorasi Tropis

Berikut beberapa tips desain interior tropis dan modern yang bisa kamu lakukan dalam menekorasi rumah tropis.

1. Furnitur dari Rotan

Rotan adalah bahan yang sangat tropis dan bagus untuk memberikan nuansa ruangan tropis. Kamu bisa mencari kursi, meja, hingga kerangka tidur dari rotan

2. Tumbuhan Alami

Jika kamu dapat menempatkan pohon di rumah, lakukanlah! Jika tidak, kamu dapat memilih banyak tanaman hijau dan tanaman dalam ruangan untuk membuat rumah terlihat setropis mungkin.


3. Motif Daun Tropis

Dari daun pisang hingga daun palem kipas, ada begitu banyak motif daun tropis yang bisa dipilih. Kamu bisa menambahkan elemen motif ini ke sarung bantal, lukisan, atau wallpaper.

4. Tirai Tropis

Desain ruang tamu tropis harus berwarna-warni, adanya semilir angin, dan dapat membuat santai.  Namun, untuk menciptakan suasana tropis, tirai tipis putih panjang adalah pilihan klasik dan chic untuk dekorasi ruang tamu.

5. Kipas Langit-langit

Kamu harus tetap sejuk di iklim tropis. Oleh karena itu, pilihlah kipas angin yang bisa dipasang di langit-langit. Selain menghemat tempat, mereka juga memberikan angin sepoi-sepoi untuk memberikan angin alami untuk tamu yang berkunjung.

6. Tempat Tidur Gantung (Hammock)

Selain tempat tidur, hammock bisa menjadi alternatif untuk beristirahat. Hammock dapat memberikan ruangan tampilan yang unik dan berbeda. Kamu bisa meletakkan hammock di taman dan di bawah pepohonan agar tetap sejuk saat berbaring.

7. Kolam Ikan

Menambahkan unsur air akan memberikan kesan tropis pada rumah. Selain itu, suara gemericik air yang dihasilkan oleh kolam ikan dapat menciptakan kesan sejuk dan segar di sekitar rumah.

Baca juga: Cek Ide Jenis Taman Minimalis Untuk Buat Rumah Asri


Kesimpulan

Bagaimana? Mendesain dan menghias rumah tropis tidak susah bukan?

Rumah tropis adalah gabungan antara unsur tradisional dan modern. Jenis rumah ini menawarkan tempat yang indah dan nyaman untuk ditinggali, sekaligus sesuai dengan lingkungan alamnya.

Baik itu rumah yang hanya bagus untuk dilihat atau tempat yang menawarkan perlindungan dari iklim Indonesia, pertimbangkan semuanya ketika ingin membeli atau membangun rumah.

Kamu dapat mengunjungi website kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program KPR yang kami tawarkan. 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua