Spinner Icon

Kumpulan Inspirasi Tangga Kayu Modern, Sederhana, dan Estetik

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 18 November 2022
Table of Contents:

Harga tanah dan lahan di Indonesia kian meroket. Pasalnya, dengan meningkatnya angka pertumbuhan penduduk, tentu kebutuhan akan rumah akan semakin tinggi. Ditambah dengan tanah dan lahan yang terbatas, otomatis meningkatkan harganya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, muncul ide rumah minimalis.

Ternyata, ide tersebut banyak disukai masyarakat dan menjadi tren hingga saat ini. Dengan kebutuhan lahan yang tidak terlalu besar, rumah minimalis memiliki konsep sederhana, simple, dan juga modern.

Menyesuaikan banyaknya anggota keluarga, rumah minimalis juga bisa kamu buat dengan menambahkan satu atau dua tingkat lantai. Untuk menghubungkan satu lantai dengan lainnya, kamu bisa membuat tangga yang estetik.

Dikarenakan rumah semakin hari semakin beragam modelnya, desain tangga juga harus mengikutinya. Sekarang, muncul banyak model tangga kayu minimalis yang tren. Salah satunya yaitu tangga kayu. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai tangga kayu? Yuk, simak artikel berikut!

Tangga Kayu Minimalis

Saat ini, rumah dengan gaya modern sangat populer. Gaya tersebut identik dengan gabungan desain sederhana dengan kesan futuristik yang bisa terlihat pada furnitur, elemen bangunan seperti atap, plafon, bahkan tangga rumah.

Contoh yang bisa kita lihat yaitu tangga kayu minimalis. Tangga kayu minimalis banyak digunakan oleh pemilik rumah untuk menambah dan melengkapi desain rumah modern agar terlihat lebih dekoratif.

Selain itu, penggunaan kayu dalam pembuatan tangga merupakan pilihan terbaik karena mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Walaupun begitu tangga kayu tetap bisa menciptakan kesan alami, sederhana, dan estetik untuk rumah impianmu.

Material Kayu dalam Pembuatan Tangga Kayu Minimalis

Material kayu memiliki peranan penting dalam menentukan harga untuk dijadikan tangga. Terdapat beberapa jenis material kayu yang sering digunakan untuk pembuatan tangga, diantaranya:

1. Kayu kamper

Kayu kamper memiliki daya tahan yang kuat dan terjangkau. Kamu bisa menggunakan kayu ini karena juga awet terhadap serangan serangga.

2. Kayu kelapa

Umumnya, kayu kelapa yang digunakan dalam pembuatan tangga kayu adalah yang berusia lebih dari 60 tahun. Karena semakin tua usia kayu kelapa, maka semakin kuat kayu tersebut untuk dijadikan tangga.

3. Kayu merbau

Dengan tekstur yang stabil dan kuat, kayu ini cukup mahal dibanding yang lainnya. Akan tetapi harga tangga berbahan dasar kayu merbau akan lebih murah dibanding jati.

4. Kayu jati

Kayu jenis ini sudah terjamin tahan terhadap jamur, awet, dan kuat untuk dijadikan tangga rumah. Oleh sebab itu, banyak masyarakat menggunakannya. Namun, terkadang dikarenakan harga kayu jati cukup mahal, banyak masyarakat beralih ke jenis kayu lain yang lebih murah.

5. Kayu meranti merah

Terkenal dengan kekuatan dan daya tahannya untuk jangka waktu yang cukup lama, banyak masyarakat menggunakan kayu meranti merah dalam pembuatan tangga rumah. Selain itu, kayu ini juga tidak mudah memuai dan menyusut.

Baca juga: Kumpulan Rekomendasi Model Kursi Kayu Unik

Desain Tangga Kayu Minimalis untuk Rumah Modern

Jika kamu ingin membangun rumah minimalis, maka penentuan desain tangga rumah sangat penting. Desain tangga minimalis perlu kamu pilih secara teliti. Berikut beberapa inspirasi dan ide model tangga kayu minimalis yang cocok untuk rumah minimalis, antara lain:

1. Tangga kayu gantung

Cocok untuk rumah modern, model tangga kayu gantung dapat memberikan kesan terbuka, sederhana, dan elegan pada rumahmu sekaligus. Hal tersebut terlihat minimalis karena tidak memiliki handrail dan riser.

2. Tangga kayu melayang

Terlihat sangat futuristik dan modern, desain tangga kayu minimalis yang satu ini dibuat sedemikian rupa seolah tidak memiliki rangka dan tampak melayang begitu saja. Sudut pada bagian ujung setiap tangga dibuat tumpul agar terkesan luwes.

Mirip dengan desain rumah sebelumnya, pada model ini tidak diberikan handrail pada susunan anak tangga bagian bawah agar terlihat modern. Selain itu, penggunaan tangga kayu melayang juga bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan lega.

Untuk menghemat ruangan, kamu bisa menggunakan area di bawah tangga untuk meletakkan sesuatu. Agar tidak gelap, maka kamu bisa menambahkan lampu tempel di bagian bawah anak tangga.


3. Tangga kayu minimalis melengkung

Dibuat melengkung menyerupai spiral, model tangga kayu jenis ini terkesan sangat alami.  Penggunaan riser dan handrail juga digunakan untuk menambah kesan solid dan compact pada tangga kayu.

Kamu bisa menggunakan perpaduan antara kayu dan kaca bening untuk bagian handrail.  Gunakan warna asli kayu dengan permukaan yang halus pada bagian anak tangga maupun handrail-nya. Kemudian, tempatkan handrail di sisi luar lengkungan tangga.

4. Tangga kayu mini

Sesuai dengan namanya, desain tangga kayu ini berukuran kecil. Biasanya tangga kayu ini dibuat karena menyesuaikan area yang tidak begitu luas. Tangga kayu mini umumnya tidak disukai oleh banyak masyarakat karena berdasarkan segi fungsional, tangga tersebut kurang nyaman. Akan tetapi karena berbentuk kecil dan mungil, tangga ini justru bisa menciptakan kesan unik dan simple pada pojok ruangan.

5. Tangga kayu papan seluncur

Bagi kamu yang berkeluarga dan memiliki anak, desain tangga kayu papan seluncur sangat aman digunakan. Dalam pembuatannya, kamu hanya perlu menambahkan karet diatas tangga berbahan kayu agar tidak licin.

Jangan dirancang terlalu tinggi agar mudah digunakan dan tidak berbahaya untuk anak-anak. Kemudian ingat untuk memasang railing yang berguna membantu anak agar tetap seimbang saat naik turun tangga.

6. Tangga kayu laci penyimpanan

Jenis tangga kayu minimalis yang satu ini populer di kalangan rumah minimalis. Agar menghemat ruangan, banyak laci penyimpanan dibuat dibawah anak tangga kayu. Selain laci penyimpanan, kamu juga bisa membuat gudang untuk menyimpan barang-barang dengan rapi.


7. Tangga kayu super vertikal

Dengan tidak memakan banyak ruang, tangga super vertikal bisa kamu buat dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Walaupun desain tangga ini berukuran kecil, tangga jenis ini mampu menciptakan estetika dan cocok dengan rumah modern.

Untuk menjaga keamanan, kamu bisa memasang railing dengan desain yang sesuai. Ingat, jangan membuat tangga tersebut dengan sudut yang curam untuk menjaga keamanan dan keselamatan.

Baca juga: Desain Lantai Kayu yang Unik untuk Rumah Kamu!

8. Tangga kayu dengan pohon

Bagi para pecinta alam atau memiliki hobi merawat tanaman, desain ini sangat cocok untuk kamu. Desain ini mencampurkan perpaduan antara pohon dan estetika dari tangga kayu. Tidak hanya minimalis, tangga kayu dengan pohon juga bisa menciptakan kesan modern sekaligus natural.

9. Tangga kayu trippy yang unik

Tangga kayu ini berbeda dengan sebelumnya karena bentuknya yang sangat unik. Tidak berbentuk simetris serta tidak memiliki pola ornamen yang itu-itu saja, membuat tangga ini berbeda dari yang lain. Tangga kayu trippy juga bisa menciptakan efek halusinasi dari visual ornamen tangga tersebut.

Itulah berbagai inspirasi desain tangga minimalis yang bisa kami rangkumkan untukmu. Tertarik mengaplikasikan salah satu model tangga kayu tersebut ke rumah impianmu? Atau kamu ingin membeli rumah dengan desain tangga kayu yang modern?

Apabila kamu sedang mencari rumah impianmu, jangan khawatir. BTN bisa menjadi solusimu. Dengan BTN, kamu bisa membeli rumah lebih mudah karena program KPR yang ditawarkan. Yuk, kunjungi situs web kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang program KPR yang kami tawarkan.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua