Spinner Icon

Simak Ukuran Jendela Populer untuk Rumah Kamu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 21 Juli 2023
Table of Contents:
  • Ukuran Jendela Populer untuk Ruang Tamu
  • Ukuran Jendela Populer untuk Kamar Tidur
  • Ukuran Jendela Populer untuk Dapur
  • Ukuran Jendela Populer untuk Kamar Mandi
  • Ukuran Jendela Standar untuk Rumah
  • Tips Memilih Ukuran Jendela
  • 1. Mengukur Ruangan
  • 2. Menyesuaikan Ukuran dengan Desain
  • 3. Menyesuaikan dengan Fungsi Ruangan
  • Kesimpulan

Rumah merupakan tempat yang seharusnya dibuat nyaman dan dijadikan sebagai tujuan terakhir ketika kita sudah selesai beraktivitas. Rumah terdiri dari beberapa bagian yang digabungkan menjadi satu kesatuan, terdiri dari pagar, pintu, lantai, atap, hingga jendela. Komponen-komponen tersebutlah yang perlu dipastikan akan membuat siapapun yang tinggal di dalamnya merasa nyaman.

Salah satu komponen yang cukup penting adalah jendela, keberadaan jendela tidak hanya sebatas penambah nilai estetik melainkan juga berfungsi mengatur sirkulasi udara dan sebagai cara masuknya sinar matahari ke dalam rumah. Sirkulasi udara dan sinar matahari sangat penting bagi kehidupan manusia, apabila sirkulasi udara buruk maka tingkat kelembaban akan buruk juga. Begitu juga dengan sinar matahari yang apabila tidak dapat masuk ke rumah maka bakteri atau kuman tidak akan hilang.

Pada artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai inspirasi ukuran jendela. Berikut ini merupakan 10 ide ukuran jendela yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Key Takeaways:

  • Secara umum, ukuran jendela terbagi menjadi 3 bagian yaitu ukuran kecil, ukuran sedang, dan ukuran besar yang pada akhirnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan rumah.
  • Terdapat beberapa jenis ukuran jendela yang dapat diterapkan seperti ukuran jendela populer untuk ruang tamu 80 x 100 cm, kamar tidur 60 x 80 cm, dapur 50 x 70 cm, kamar mandi 30 x 30 cm.
  • Adapun untuk membuat ukuran jendela menjadi ideal, terdapat beberapa tips antara lain mengukur luas ruangan, menyesuaikan ukuran dengan desain jendela, dan menyesuaikan dengan fungsi ruangan.

Ukuran Jendela Populer untuk Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang berada paling depan dari bagian rumah dan sering digunakan untuk menerima tamu yang datang untuk berkunjung. Maka dari itu pemberian ukuran jendela di ruang tamu harus dipikirkan secara matang-matang.

Terdapat beberapa alasan mengapa memilih ukuran jendela di ruang tamu cukup krusial. Pertama, ukuran jendela harus ideal agar sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Kedua, agar cahaya matahari dapat masuk dengan optimal sekaligus sebagai pencahayaan alami.

Adapun beberapa referensi ukuran jendela antara lain ukuran 80 x 100 cm, 80 x 120 cm, dan 80 x 180 cm. Sesuaikan juga dengan kondisi ruang tamu saat ini. Apabila kamu menginginkan ukuran jendela yang lebih besar, jangan lupa untuk memasangkan gorden agar privasi tetap terjaga dan sinar matahari yang masuk juga tidak menjadi berlebihan.


Ukuran Jendela Populer untuk Kamar Tidur


Jika ukuran jendela ruang tamu disarankan untuk memiliki ukuran yang cukup besar, maka ketika berbicara mengenai ukuran jendela kamar tidur disarankan untuk tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan kamar tidur identik dengan tingkat privasi yang tinggi, sehingga kamu pasti tidak ingin orang lain dapat melihat masuk ke arah kamar tidur, bukan?

Beberapa ukuran jendela ideal untuk kamar tidur adalah 60 x 80 cm, 40 x 90 cm, dan 50 x 100 cm. Apabila ingin ukuran jendela kamar lebih besar daripada ketiga ukuran tersebut, hal itu sah-sah saja asalkan fungsi utama dari kamar tidur yakni privasi tidak terganggu. Selain itu, kamu juga dapat menempatkan jendela dengan posisi terbalik atau membelakangi spot-spot yang dianggap sebagai privasi.

Berikut beberapa syarat apabila ingin membuat ukuran jendela yang lebih besar:

  • Usahakan letak kamar tidur tidak terletak di area yang dilalui oleh banyak orang.
  • Gunakan dua jenis gorden yaitu gorden tebal dan gorden tipis, gorden tebal berfungsi untuk menghalau sinar matahari yang berlebihan dan untuk menjaga privasi, sedangkan gorden tipis untuk menyamarkan jarak pandang dengan tetap memperhatikan sinar matahari yang dapat masuk.
  • Pastikan lokasi jendela tidak menghadap ke ruangan atau objek yang bersifat privasi.

 

Ukuran Jendela Populer untuk Dapur

Dapur merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang cukup penting, dapur menjadi tempat di mana menyiapkan berbagai jenis makanan untuk dapat disantap bersama dengan keluarga. Hal ini tentu perlu didukung dengan kualitas dapur yang memadai, salah satunya melalui pemilihan ukuran jendela yang tepat.

Umumnya, ukuran jendela dapur berkisar pada ukuran 50 x 70 cm. Dengan ukuran tersebut, kamu akan mendapatkan suasana dapur yang elegan, minimalis, dan juga sehat karena sirkulasi udara yang lancar. Walau pada masa kini sudah banyak yang memasang cooker hood untuk menghisap asap, akan tetapi alangkah baiknya juga didukung dengan sirkulasi udara alami sambil menikmati semilir angin yang masuk ke dapur. Apabila menginginkan jenis jendela yang minimalis, maka kamu dapat menggunakan model jendela folding, dengan demikian dapur akan lebih terlihat minimalis.


Ukuran Jendela Populer untuk Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan ruangan yang sangat privasi di setiap rumah. Sebagai tempat paling privasi di rumah, maka pemilihan ukuran jendela harus dipikirkan secara matang-matang.

Kamu mungkin akan berpikir bahwa ukuran jendela untuk kamar mandi harus dibuat sekecil-kecilnya agar tidak ada yang dapat mengganggu privasi ketika berada di dalam kamar mandi, akan tetapi perlu diingat juga bahwa kamar mandi merupakan ruangan yang sangat lembab, sehingga harus memiliki sirkulasi udara yang sangat baik untuk menghindari adanya bakteri dan kuman.

Adapun ukuran jendela ideal untuk kamar mandi adalah 30 x 30 cm atau 40 x 50 cm, selain itu perlu diingat bahwa pemasangan jendela di kamar mandi sebaiknya berada pada posisi yang cukup tinggi dan tidak menghadap ke area bawah kamar mandi agar privasi tetap terjaga.

Berbicara mengenai jendela kamar mandi, biasanya jenis jendela yang paling banyak digunakan adalah jendela boven yang diletakkan di atas pintu kamar mandi atau bagian atas kamar mandi. Namun, terdapat juga beberapa jenis jendela kamar mandi lainnya seperti jendela kaca biasa, jendela jalusi, dan lain sebagainya.


Ukuran Jendela Standar untuk Rumah


Setelah mengetahui berbagai jenis ukuran jendela untuk tiap-tiap ruangan, tidak ada salahnya apabila kamu juga mengetahui seberapa besar ukuran jendela standar yang harus dimiliki. Ukuran standar jendela rumah yang biasanya diletakkan pada bagian paling depan rumah adalah 80 x 120 cm dengan pengulangan 1 sampai dengan 4 kali, sehingga akan memberikan kesan jendela yang besar.

Adanya pengulangan sampai dengan 4 kali adalah tidak lain untuk membuat sinar matahari mudah masuk agar pencahayaan ruang tamu tidak minim serta dapat dimanfaatkan juga sebagai cahaya alami.

Selain itu, untuk ukuran kusen yang secara umum digunakan memiliki besar 60 mm di sisi kanan dan di sisi kiri, sehingga total tebal kusen yang perlu kamu persiapkan adalah 120 mm.

Baca juga: Kenali Manfaat Jendela Minimalis hingga Tips Memilihnya


Tips Memilih Ukuran Jendela

1. Mengukur Ruangan

Mengetahui ukuran ruangan merupakan hal yang sangat krusial apabila ingin membuat sebuah jendela, maka dari itu perlu mengukur beberapa hal seperti bagian dinding yang akan dipasangi dengan jendela, hal ini bertujuan untuk menyesuaikan ukuran jendela yang pas dengan ruangan tersebut.

2. Menyesuaikan Ukuran dengan Desain

Agar jendela tetap memiliki nilai estetik, maka perlu juga memperhatikan ukuran jendela yang ingin dipasang dan desain yang diinginkan. Misalnya saja apabila kamu menginginkan ukuran jendela yang cukup besar, maka kamu disarankan untuk menggunakan ukuran kusen yang tidak terlalu besar.

3. Menyesuaikan dengan Fungsi Ruangan

Pastikan ukuran jendela yang kamu pilih sudah tepat dengan jenis ruangan, sebagai contoh jika ingin membuat jendela di kamar mandi, maka ukuran jendela sudah seharusnya didesain dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan berada pada posisi agar tidak mengganggu privasi yang sedang menggunakan kamar mandi tersebut.

Baca juga: Gorden Jendela Minimalis: Tren 2023 dan Tips Memilihnya


Kesimpulan

Setelah membahas inspirasi varian jendela di atas, kini saatnya untuk merencanakan kepemilikan hunian impian. Memiliki hunian idaman dan ideal tentunya harapan semua orang, kini mewujudkan rumah impian dapat direalisasikan dengan menggunakan program KPR dari BTN. Segera kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program KPR, syarat, serta ajukan KPR secara online.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua