Spinner Icon

10 Inspirasi Dapur Cantik untuk Inspirasi Rumah Impian

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 15 Mei 2023
Table of Contents:

Dapur merupakan salah satu ruangan penting dalam rumah impian. Selain sebagai tempat memasak, dapur juga kerap digunakan sebagai tempat berkumpul dengan keluarga. 

Namun, seringkali kita merasa bosan dengan tampilan dapur yang itu-itu saja. Padahal, penting untuk membuat dapur yang nyaman dan menarik agar dapat memotivasi kamu untuk berkreasi ketika memasak. 

Salah satu cara untuk menciptakan dapur impian adalah dengan memilih model dekorasi yang tepat. Tanpa perlu ruangan yang terlalu besar, berikut 10 inspirasi dapur cantik untuk rumah impian kamu! 

1. Dapur Sederhana Modern


Model dapur sederhana modern identik dengan garis-garis yang tegas dan warna netral yang bersih. Berbagai peralatan yang minimalis, seperti lemari dapur dengan pegangan tersembunyi serta vas bunga sederhana sangat cocok dengan model dapur ini. 

Pilihan warna yang umumnya digunakan adalah hitam, putih, dan abu-abu. Walau begitu, kamu juga dapat bereksperimen dengan warna cerah seperti merah dan kuning untuk memberikan sentuhan yang unik loh! 

2. Dapur Sederhana Model Rustic

Tampilan dapur sederhana model rustic biasanya terasa hangat dan lebih "alami". Pada dapur model rustic, unsur-unsur alami seperti kayu, batu, dan logam menjadi pilihan bahan utama. Warna-warna netral seperti coklat, krem, dan hijau pucat juga identik dengan model ini. 

Selain itu, furnitur dan aksesori sederhana seperti rak dinding dan keranjang rotan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan sentuhan rustic yang hangat. Jangan lupa pula menambahkan sedikit hiasan dedaunan dan tumbuhan untuk menonjolkan sisi ‘alami’ model dapur ini.

3. Dapur Sederhana Industrial

Model dapur sederhana industrial memiliki tampilan yang kasar seolah belum selesai didekorasi, dengan unsur-unsur seperti beton, baja, dan kayu kasar. Warna-warna seperti hitam, abu-abu, dan coklat tua seringkali digunakan untuk menciptakan tampilan yang kokoh khas dari desain ini. 

Adapun untuk menciptakan dapur sederhana model industrial, kamu dapat memilih furnitur dan aksesori yang berbahan dasar logam. Misalnya saja rak besi dan meja dapur kayu dengan kaki besi. Lampu gantung dari logam yang terlihat berat juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan tampilan industrial yang kuat, loh! 

4. Dapur Sederhana Minimalis


Model dapur sederhana minimalis umumnya memiliki tampilan yang bersih dan tidak banyak barang, dengan fokus pada fungsi dan efisiensi ruang. Dalam model ini, furnitur dan aksesori dibuat sedemikian rupa sehingga menyatu dengan ruangan loh!

Dinding pun biasanya dicat dengan warna putih dan furnitur seperti lemari dapur juga dipilih berdasarkan fungsi. Misalnya saja kitchen set sudut serta kabinet dapur dengan banyak rak dan tempat penyimpanan. Kamu juga dapat menambahkan meja dan kursi makan kecil di sudut ruangan untuk tempat makan. 

Baca juga: Ide Desain Dapur Minimalis untuk Dapur yang Cantik dan Nyaman

5. Dapur Sederhana Monokrom

Model dapur sederhana warna monokrom biasanya memiliki tampilan yang simpel dan bersih. Untuk menciptakan kesan monokrom yang kuat, kamu dapat menggunakan warna putih, hitam, atau abu-abu sebagai warna dasar dapur.

Perpaduan warna juga menjadi hal penting untuk menciptakan kesan monokrom yang berimbang. Akan lebih baik apabila kamu memilih satu warna utama sebelumnya (misalnya putih) dan menambahkan aksen warna lain di bagian tertentu. Misalnya saja keran air, bangku makan, dan kabinet dengan warna hitam, kemudian kulkas yang berwarna abu-abu. 

6. Dapur Sederhana Warna Vintage

Model dapur sederhana dengan warna vintage seringkali menciptakan tampilan yang lembut dan romantis. Hal itu tercipta ketika kamu menggunakan warna-warna pastel khas aksen vintage. Beberapa contohnya yakni warna hijau telur asin, biru muda, orange, kuning, merah, pink, dan aquamarine.

Furnitur seperti lemari dapur dan meja kerja dibuat dengan warna tersebut, tentunya dengan pemilihan bahan seperti kayu atau logam untuk menambah aksen klasik. Jangan lupa, tambahkan pula hiasan lampu gantung sederhana dari kristal untuk menambah sentuhan elegan di dapur impian kamu ya! 

7. Dapur Sederhana Model Amerika

Tampilan dapur sederhana model Amerika yang tradisional dan fungsional identik dengan warna-warna hangat dan alami seperti coklat kayu dan krem. Untuk menambahkan pengalaman layaknya sedang memasak di Amerika, rak dinding kayu dengan aksesori seperti panci dan wajan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, jangan lupa untuk memilih satu warna berani sebagai aksen aksesoris yang menarik perhatian mata. Misalnya warna merah, hijau, hingga kuning. Hal ini untuk menambah daya tarik di dapur kamu. 

8. Dapur Sederhana untuk Apartemen Minimalis


Model dapur sederhana apartemen minimalis biasanya didesain dengan tampilan yang simpel namun tetap fungsional. Baik berbentuk U, L, ataupun garis lurus, hal terpenting dari model dapur ini adalah memaksimalkan ruang yang tersedia. Kamu juga perlu memilih furnitur dan alat dapur yang fungsional, misalnya saja gantungan alat masak di dinding, jenis kitchen island yang didampingi kabinet, hingga wastafel yang lebih ramping. 

Kamu dapat memilih warna-warna netral seperti putih, abu-abu, atau coklat muda sebagai warna dasar agar terlihat minimalis dan ruangan terasa luas. Walau begitu, kamu tetap dapat menambahkan sedikit warna pada aksesori dapur, seperti gagang pintu, keran air, dan rak kayu agar tidak terlihat bosan ya! 

Baca juga: Ini Dia Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set!

9. Dapur Sederhana di Area Loteng

Jika kamu memiliki area loteng di rumah yang tidak digunakan, mengubahnya menjadi dapur sederhana dapat menjadi pilihan yang tepat. Hal terpenting dari model dapur ini adalah menyesuaikan ukuran kabinet dan peralatan dapur agar dapat menyatu dengan aksen loteng yang menurun.

Model dapur sederhana di area loteng biasanya merupakan gabungan jenis desain minimalis dan industrial. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan seperti kayu, batu, atau baja untuk menciptakan tampilan yang kasar sekaligus natural. Kemudian, ada baiknya kamu memilih warna-warna netral seperti putih atau abu-abu untuk lemari dapur dan dinding agar tetap terasa minimalis.

10. Dapur Sederhana Aksen Kayu

Model dapur sederhana dengan aksen kayu dapat menciptakan kesan hangat, alami, sekaligus modern pada dapur. Jenis desain yang satu ini pun bertumpu pada penggunaan kayu agar dapur terasa lebih natural. 

Tips terpenting untuk model dapur ini adalah memilih warna kayu yang sesuai. Jika kamu ingin menciptakan tampilan yang natural, pilihlah kayu dengan warna yang netral seperti coklat muda atau kayu jati. Namun, jika kamu ingin memberikan tampilan yang modern, gunakan kayu dengan warna yang lebih terang seperti oak atau ash. Aksen kayu pada furnitur dan penambahan aksesoris berupa tanaman juga dapat menciptakan dapur yang lebih terasa nyaman. 



Tips Wujudkan Model Dapur Sederhana Impian

Mewujudkan dapur sederhana sesuai impian kamu dapat menjadi sebuah proyek yang menantang. Terdapat berbagai hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu agar dapur impian kamu dapat terwujud sesuai ekspektasi. 

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat dekorasi dapur sederhana sesuai impian kamu!

1. Pilih Lokasi Dapur

Untuk kamu yang baru memiliki rumah impian, memilih lokasi dapur adalah hal yang penting. Carilah lokasi ideal yang mudah diakses dari area makan. Selain itu, pastikan pula wilayah dapur kamu memiliki ventilasi yang baik serta pencahayaan yang cukup. 

2. Pilih Model yang Disukai

Memilih model dapur yang sesuai dengan gaya kamu adalah hal yang penting. Hal itu dikarenakan kenyamanan kamu adalah yang paling utama. Coba kembali pikirkan seperti apa tampilan yang kamu sukai? Apakah modern, minimalis, atau klasik? Sebagai inspirasi, kamu dapat kembali melihat contoh model dapur sederhana sebelumnya ya! 

3. Perhatikan Fungsi dan Efisiensi

Dalam mendesain dapur sederhana sesuai impian kamu, pastikan untuk turut memperhatikan fungsi dan efisiensi. Coba bayangkan posisi yang tepat untuk menempatkan peralatan dan aksesori dapur. Hal yang terpenting yakni posisi-posisi tersebut dapat mempermudah kegiatan memasak.

4. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu hal yang sangat penting pada dapur. Selain mencegah kecelakaan dapur yang tidak diinginkan, pencahayaan yang cukup juga akan mempercantik dapur.  Karena itu, pastikan untuk turut mempertimbangkan posisi jendela dan memilih lampu yang terang. Jangan lupa! Pilihkan model lampu yang cocok dengan tampilan dan gaya dapur kamu. 

5. Pikirkan Budget

Sebelum kamu mulai merencanakan dekorasi dapur lebih lanjut, pastikan untuk menetapkan budget terlebih dahulu. Hal ini penting untuk membatasi pengeluaran dan menghindari pengeluaran berlebihan. Setelah menentukan budget, barulah melanjutkan pembuatan dapur impianmu!

----

Itu dia beberapa inspirasi model dapur sederhana hingga tips untuk mewujudkan dapur impian kamu. Untuk kamu yang bingung untuk mendekorasi dan membangun rumah kamu dapat mengunjungi laman Jasa Profesional pada BTN Properti yang siap membantu kamu membuat dapur impian dengan budget yang dapat disesuaikan. 

Dengan proses dan langkah yang mudah, dapur impian kamu akan segera terwujud. Tentu saja, memasak akan jadi lebih nyaman dan menyenangkan, bukan?

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua