Spinner Icon

8 Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang Mewah

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 13 Maret 2024
Table of Contents:
  • 8 Warna Cat agar Ruangan Terlihat Terang Mewah
  • 1. Putih Terang
  • 2. Abu-Abu
  • 3. Beige atau Krem
  • 4. Hijau Mint
  • 5. Biru Muda
  • 6. Kuning Cerah
  • 7. Jingga
  • 8. Coklat Muda
  • Tips Merawat Warna Cat Dinding agar Tetap Awet
  • 1. Membersihkan Dinding Secara Berkala
  • 2. Menghindari Kelembaban
  • Bangun Rumah Terang Mewah Impianmu bersama BTN

Dalam membangun sebuah rumah impian, ada banyak hal yang perlu diperhatikan selama prosesnya. Misalnya seperti tema ruangan, dekorasi apa saja yang akan dipasang, hingga pemilihan warna cat perlu diperhatikan secara spesifik agar hasil akhirnya bisa maksimal dan memuaskan.

Pilihan warna cat sangat memengaruhi suasana ruangan yang akan dibangun. Beberapa warna bila dikombinasikan akan menunjukkan kontras yang apik. Ada pula warna yang bisa memberikan kesan natural dan lembut. Pemilihan warna cat ini bisa kamu sesuaikan dengan bagaimana kamu ingin membangun suasana ruangan tersebut.

Warna yang dipilih juga perlu disesuaikan dengan furnitur dan dekorasi lainnya yang dipilih. Jika kamu ingin membuat ruangan terasa lebih luas dan bersih, warna netral seperti putih, abu-abu, atau cream akan menjadi pilihan yang bagus. Lalu, jika ingin membuat ruangan terlihat terang dan mewah, pilihan warna seperti apa yang cocok?

Pada artikel ini akan kami paparkan beberapa rekomendasi warna cat agar ruangan terlihat terang mewah.

Key Takeaways:

  • Warna cat dinding merupakan salah satu elemen yang menonjol dan menjadi faktor penting dalam penilaian visual rumah.
  • Pemilihan warna cat dinding bisa memengaruhi suasana yang ingin diberikan dari suatu ruangan, misalnya dengan memberikan kesan luas, elegan, terang, dan juga mewah.
  • Jika kamu menginginkan suasana ruangan yang memberikan kesan terang juga mewah, terdapat beberapa pilihan warna cat dinding yang bisa dipakai. Warna tersebut adalah putih terang, abu-abu, beige atau krem, hijau mint, biru muda, kuning cerah, jingga, dan coklat muda.
  • Terdapat pula tips agar warna cat dinding rumah kamu tetap awet dan terlihat cantik dalam jangka waktu yang lama, seperti dengan membersihkannya secara rutin dan menjaga kelembaban udara di dalam ruangan.

8 Warna Cat agar Ruangan Terlihat Terang Mewah

Berikut adalah 8 rekomendasi warna cat dinding agar ruangan terlihat terang mewah yang dapat kamu jadikan inspirasi.


1. Putih Terang

Warna putih merupakan warna cat yang sering dipilih karena termasuk warna netral dan dapat membuat ruangan tampak bersih, mewah, dan elegan. Dengan mengkombinasikan furnitur yang serasi, warna cat putih terang pada ruangan akan menampilkan kesan sehat dan tampak lebih terang.

Jika warna cat sudah memadai, jangan lupa untuk tetap menjaga ruangan tetap rapi, ya. Karena barang yang bertumpuk atau berceceran akan membuat ruangan cenderung gelap dan kurang enak dilihat. Jangan lupa juga untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat ruangan kamu terkesan gelap.

2. Abu-Abu

Masih dalam kelompok warna netral, abu-abu juga bisa kamu jadikan pilihan warna cat agar ruangan terlihat terang mewah. Warna abu-abu akan membuat ruangan terasa luas dan cerah terlebih ketika terkena sinar matahari.

Apabila ruangan di dalam hunian kamu banyak yang menggunakan jendela besar, warna cat abu-abu akan cocok sekali agar ruangan terlihat terang dan mewah. Selain pemilihan warna cat ruangan, pastikan kamu memilih furnitur yang serasi agar ruangan dengan kesan mewah yang kamu impikan bisa terwujud.

3. Beige atau Krem

Bagi kamu yang menyukai konsep ruangan simpel namun tetap memberikan unsur mewah, kamu bisa memakai warna beige atau krem untuk ruangan yang cukup luas seperti ruang tamu atau ruang keluarga. Warna beige ini akan membuat ruang tamu atau ruang keluarga kamu terasa lebih luas dan mewah.

Biasanya, para sultan yang memiliki rumah di kawasan elit memilih warna cat ini supaya bisa menonjolkan kemewahan. Poin plus lainnya dari warna cat beige adalah mudah dipadukan dengan berbagai furnitur, sehingga mempermudah kamu dalam mendekorasi ruangan.

4. Hijau Mint

Mungkin warna ini belum banyak dipakai orang sebagai pilihan warna cat untuk hunian mereka. Namun, kamu bisa menggunakan warna hijau mint pada ruangan yang memiliki ukuran lebih kecil, misalnya dapur, untuk memberikan kesan yang berbeda.

Penggunaan warna hijau mint di dapur akan memberikan kesan terang sekaligus vintage. Agar tidak terlalu polos, kamu juga bisa memadukan warna hijau mint ini dengan beberapa perabot kayu seperti meja, kursi, atau lantai vinyl.

5. Biru Muda

Warna pastel lainnya yang bisa menjadikan ruangan lebih terang adalah biru muda. Mulai dari ruang keluarga, dapur, hingga kamar tidur akan terasa lembut dan menarik jika memakai warna biru muda ini.

Jika kamu menginginkan ruangan yang selalu terasa terang walaupun pencahayaan ruangan sedang redup, warna biru muda ini akan cocok sekali. Apalagi ketika kamu mengombinasikan warna cat biru muda dengan furnitur berwarna senada, ruangan akan terasa lebih tenang sehingga cocok untuk kamu yang ingin bersantai di dalam kamar tidur.

6. Kuning Cerah

Warna cat selanjutnya adalah kuning cerah. Warna cat kuning cerah bisa kamu aplikasikan di ruang tamu, maupun ruangan lainnya yang kurang mendapat sinar matahari seperti dapur dan ruang makan. Jadi, walaupun tidak selalu mendapat pencahayaan yang mumpuni, dengan warna kuning cerah akan membuat ruangan kamu tetap terasa terang.

Selain itu, kuning juga bisa memberikan suasana ruangan yang lebih hidup dan menambah kesan ceria. Untuk menyeimbangkan warna kuning yang cukup mencolok, kamu bisa memadukan furnitur berwarna putih sehingga menambah kesan netral.

7. Jingga

Warna jingga atau oranye mungkin tidak sering dipilih oleh kebanyakan orang karena cenderung mencolok dan merupakan warna terang. Namun, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengkombinasikan warna jingga ini dengan warna furnitur yang netral, seperti furnitur berbahan kayu.

Warna jingga ini memang bisa menambah kesan ruangan yang terang dan mewah, tetapi faktor pencahayaan juga perlu diperhatikan. Mungkin pada saat siang hari ruangan akan terlihat terang dan cerah, namun pada malam hari justru bisa menimbulkan kesan ruangan yang pengap dan gelap karena kurangnya pencahayaan.

Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan dekorasi lampu atau pencahayaan yang cukup untuk menjaga ruangan supaya tetap terlihat terang dan mewah.

8. Coklat Muda

Warna yang terakhir yaitu coklat muda. Warna yang satu ini memang memberikan kesan yang mirip dengan warna beige atau krem, namun coklat muda ini memiliki tone yang sedikit lebih gelap dibanding warna krem.

Selain menambah kesan terang dan mewah, warna coklat muda juga akan menambah kesan elegan jika kamu memadukannya dengan furnitur berwarna senada maupun emas. Misalnya, kamu bisa memasang gorden berwarna senada sekaligus vitrase di dalamnya. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menggunakan alas lantai berbahan keramik agar lebih cantik untuk dilihat.

Baca juga: 7 Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas dan Mudah Dipadukan


Tips Merawat Warna Cat Dinding agar Tetap Awet

Warna cat dinding merupakan salah satu komponen penting dalam rumah, karena porsinya yang besar sehingga dijadikan patokan dalam menilai tampilan rumah tersebut. Oleh karena itu, warna cat dinding perlu dirawat agar warnanya tetap terlihat cantik dalam waktu yang panjang. Cara merawatnya cukup sederhana, berikut tips agar warna cat dinding rumah kamu tetap awet dan terlihat cantik.

1. Membersihkan Dinding Secara Berkala

Cara yang paling mudah dan sederhana dalam merawat warna cat dinding adalah dengan membersihkan dinding secara berkala. Cara membersihkan dinding ini tergantung dengan jenis cat yang digunakan.

Kamu bisa menggunakan kain bersih, kemoceng, atau bahkan bisa dengan kain basah. Selain itu, jika terdapat noda pada dinding, segera bersihkan sebelum nodanya membekas pada dinding. Dengan membersihkan dinding secara berkala, maka kotoran tidak akan menumpuk dan menjaga tampilan dinding agar tetap bersih.

2. Menghindari Kelembaban

Kelembaban dapat menyebabkan cat dinding mudah terkelupas sehingga warna cat dinding jadi tidak merata. Maka untuk menghindari hal tersebut, pastikan permukaan dinding telah kering sebelum mulai mengecat dinding tersebut. Setelahnya, pastikan juga kelembapan udara di rumah kamu terjaga supaya dinding terhindar dari jamur dan lumut. 

Baca juga: 10 Tips Merawat Wallpaper Kamar Tidur Agar Lebih Awet


Bangun Rumah Terang Mewah Impianmu bersama BTN

Membangun rumah impian adalah keinginan banyak orang. Pastinya menyenangkan bukan jika kamu bisa bebas menentukan konsep rumah seperti apa yang akan dibangun? Namun, mewujudkan hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

Oleh karena itu, demi memenuhi keinginan kamu, BTN Properti memiliki fitur jasa profesional yang dapat membantu kamu mewujudkan rumah impian kamu. Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi website kami! 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua