Spinner Icon

7 Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas dan Mudah Dipadukan

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 31 Maret 2024
Table of Contents:
  • 7 Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas
  • 1. Warna abu-abu muda 
  • 2. Warna ice blue
  • 3. Warna-warna pastel
  • 4. Warna Beige 
  • 5. Kuning cerah 
  • 6. Warna Taupe 
  • 7. Putih 
  • Wujudkan Rumah Impian bersama BTN Properti

Di ruang tamu, kamu dan keluarga bisa berkumpul, menyambut kerabat yang berkunjung, dan sebagainya.

Untuk itu, menciptakan ruangan tamu yang nyaman tentu menjadi prioritas. Salah satu hal yang dapat kamu pertimbangkan yaitu dengan membuat ruang tamu terlihat luas sehingga para anggota keluarga dan tamu lebih nyaman.

Terdapat beberapa trik untuk membuat ruang tamu terlihat luas, beberapa diantaranya adalah dengan memmerhatikan pemilihan warna furnitur, ukuran furnitur, pencahayaan, dan yang paling penting adalah penggunaan warna cat ruang tamu.

Cat ruangan dengan warna yang lebih gelap, akan membuat ruangan yang terang terasa kecil. Tapi, jika kamu menggunakan warna cat terang pada ruangan yang gelap atau tidak terkena sinar matahari, justru akan membuat ruangan kurang menarik.

Lantas varian warna apa yang cocok dan bisa kamu pilih untuk ruang tamu kamu? Simak artikel berikut ini untuk penjelasan lengkapnya.


Key Takeaways:

  • Rumah adalah tempat kamu untuk bersantai, terhubung, dan menjadi diri sendiri. Sentuhan pribadi, dekorasi indah, dan furnitur ringan benar-benar dapat mengubah cara kamu memandang sebuah ruangan.
  • Terdapat 7 warna yang dapat membuat ruang tamu terlihat luas: beberapa diantaranya warna abu-abu muda, ice blue, warna-warna pastel, beige, kuning cerah, dan putih.
  • Warna yang tepat berpotensi membuat ruangan terlihat mahal, jadi gunakanlah di ruangan dengan sedikit detail arsitektur untuk memberikan kesan megah.
  • Wujudkan rumah impian bersama BTN Properti.

7 Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas

1. Warna abu-abu muda 


Warna abu-abu muda bisa menjadi salah satu pilihan cat interior minimalis karena dapat menimbulkan kesan luas. Warna abu-abu muda terlihat lebih cerah jika dipadukan dengan tema industrial atau tampilan maskulin.

Abu-abu muda merupakan alternatif dari warna putih, yang bisa terasa segar dan cerah tanpa kesan putih bersih yang mencolok. Warna-warna sejuk terasa lebih segar dan cerah dibandingkan warna-warna hangat, sehingga membantu menciptakan tampilan lebih luas secara visual. Gunakan warna ini di ruangan dengan jumlah cahaya sedang untuk memberikan kesan nyaman namun luas pada ruangan.

Warna abu-abu muda memungkinkan cahaya memantul dari dinding, sekaligus menjaga ruangan tetap sejuk. Kamu bisa memadukan warna abu muda ini dengan warna hitam, putih, atau cerah pada sofa, karpet, dan dekorasi ruang tamu lainnya.

2. Warna ice blue


Pilihan cat dinding selanjutnya untuk membuat ruang tamu kamu terlihat luas adalah ice blue atau warna biru es dengan nuansa biru lembut. Warna cerah ini membuat ruangan terlihat lebih luas dan sangat cocok untuk ruangan minimalis.

Warna biru jenis ini memiliki kualitas lembut yang membuat ruangan terasa terbuka dan terang. Terlihat indah ketika cahaya masuk melalui tirai tipis dan menghasilkan kualitas yang menenangkan di dalam ruangan.

Jika dipadukan dengan warna terang lainnya, seperti merah muda pucat dan putih, warna ini akan memberikan kesan menenangkan. Warna ini berfungsi paling baik untuk ruangan internal seperti kamar tidur atau bahkan ruang tamu.

Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan terlalu dominan menggunakan warna ice blue pada dinding. Kamu dapat mencampurkannya dengan warna putih, misalnya pada pembatas dinding atau elemen lainnya.

3. Warna-warna pastel


Pilihan warna cat ruang tamu minimalis lainnya adalah warna pastel yang menciptakan nuansa cerah dan hangat.

Warna-warna pastel merupakan kombinasi lembut yang cocok untuk tema feminin, elegan, maupun kesan chic pada rumah. Warna-warna pastel biasanya meliputi baby pink, baby blue, seafoam green, cream, dan soft grey.

Warna baby pink yang lembut dapat mencerahkan ruangan kecil dan membuatnya terasa ceria serta terlihat indah saat matahari terbenam. Warna ini paling cocok digunakan pada ruangan yang lebih banyak terpapar cahaya alami dan dilengkapi dengan warna netral yang hangat seperti krem, pasir, dan gading. Cat juga langit-langit ruangan dengan warna yang sama untuk kesan menyelimuti.

Jangan terkecoh dengan warna merah jambu yang bertindak sebagai warna yang sangat feminin. Baby pink juga merupakan pelengkap yang bagus untuk unsur kayu yang lebih maskulin, logam modern, dan juga furnitur bludru atau kulit yang mewah.

4. Warna Beige 


Beige adalah pilihan tepat untuk mengecat ruangan minimalis, bagi kamu yang tidak ingin menggunakan warna putih sepenuhnya namun tetap menginginkan warna cat netral terang dalam ruangannya.

Warna beige dapat membuat ruangan terasa luas dan elegan. Warnanya masih cukup terang untuk memungkinkan cahaya memantul dari satu dinding ke dinding lainnya, bahkan warna beige dapat menambahkan sentuhan kehangatan yang tidak dimiliki oleh warna putih cerah sejati.

Pilihan warna yang kaya ini berpotensi membuat ruangan kamu terlihat mahal. Oleh karena itu, gunakanlah di ruangan dengan sedikit detail arsitektur untuk memberikan kesan megah. Saat menggunakan warna ini, ada baiknya menjaga perabotan lain yang berwarna putih di dalam ruangan untuk membantu memberikan kesan terang dan lapang pada ruangan.

Selain itu, jika kamu tertarik untuk menciptakan tampilan klasik, kamu bisa memadukannya dengan furnitur berbahan kayu dan kuningan.

5. Kuning cerah 


Jika kamu menyukai warna kuning, kamu bisa memilihnya sebagai cat ruangan minimalis. Cat kuning memiliki sifat yang sama dengan putih, yaitu mampu memantulkan sinar matahari dan membuat ruangan terasa lebih luas.

Untuk ruangan berukuran kecil, pilihlah warna kuning muda atau lemon serta padukan dengan furnitur berwarna putih untuk menciptakan suasana lebih lapang.

6. Warna Taupe 


Dinding berwarna taupe atau sejenis abu tua kecoklatan adalah solusi brilian untuk ruangan kecil, karena termasuk dalam skema warna yang lebih terang dan menawarkan solusi yang lebih berwarna untuk coklat dan putih (dua pilihan warna yang paling banyak digunakan saat mencoba membuat ruangan kecil tampak lebih besar). Taupe adalah warna menenangkan yang dapat meningkatkan mood ruangan sekaligus menambahkan percikan warna.

7. Putih 


Tentu saja, warna putih adalah pilihan yang tepat untuk membuat ruangan terasa lebih luas. Bukan rahasia lagi kalau warna terang membuat ruangan terlihat lebih besar, apalagi jika ruangan tersebut bermandikan cahaya alami.

Terlebih lagi, ini berfungsi terhadap apa pun estetika atau tipe ruangan kamu. Warna putih menjadi pilihan utama untuk cat ruangan minimalis. Cat berwarna putih juga dapat dipadukan dengan berbagai macam warna.

Pemilihan warna furnitur juga dapat menambah kesan tambahan pada ruang tamu kamu. Kamu bisa menambahkan sedikit variasi pada tampilan ruangan tamu dengan memilih furnitur berwarna coklat, pink, abu-abu, atau warna lainnya.

Baca juga: Simak Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis


Wujudkan Rumah Impian bersama BTN Properti

Rumah adalah tempat kamu untuk bersantai, terhubung, dan menjadi diri sendiri. Terutama ketika memiliki ruang tamu yang terlihat besar dan terbuka maka tamu dan anggota keluarga merasa nyaman.

Ingin mengetahui informasi bermanfaat seputar properti lainnya? Kunjungi website kami dimana kamu dapat menelusuri berbagai informasi penting terkait properti. Mulai dari istilah-istilah properti, tips-tips terkait rumah, hingga program KPR. Kunjungi website ini untuk menemukan artikel lainnya.

Baca juga: Inspirasi Ruang Tamu Lesehan Ala Korea yang Estetik

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua