Spinner Icon

Simak Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 21 Desember 2023
Table of Contents:

Mendekorasi ruang tamu minimalis kerap kali menjadi suatu tantangan tersendiri, terutama untuk kamu yang menyukai nuansa tenang. Namun, tidak perlu khawatir, terdapat beberapa trik desain yang dapat membantu menciptakan kesan ruang tamu yang lebih luas dan terbuka. Menciptakan ruang tamu nyaman, sehingga dapat digunakan untuk ruang keluarga pula.


Key Takeaways:

  • Dekorasi ruang tamu minimalis sangat nyaman untuk kamu yang suka ketenangan. Untuk mencapai efektivitas kamu bisa menggunakan ruang tamu minimalis sebagai ruang keluarga juga. Terdapat beberapa inspirasi dalam membuat dekorasi ruang tamu minimalis, yakni penggunaan warna cerah, dinding polos, model sofa L, sentuhan tekstur, dan aksesoris dekoratif.
  • Pun demikian, minimalis bukan sama sekali kosong. Terdapat beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh para desainer interior dan pemilik rumah dalam menciptakan desain ruang tamu minimalis, seperti menggunakan warna monokrom secara berlebihan, mengabaikan fungsi dan ukuran perabotan, serta tak menambahkan elemen pemanis.


Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Ada sebab mengapa desain minimalis menjadi begitu populer di rumah-hunian perkotaan. Selain memberikan kesan visual yang menyenangkan, desain ini juga memberikan ketenangan emosional dan efisiensi dalam penggunaan ruang.

Berikut adalah beberapa tips yang berguna untuk mendekorasi ruang tamu kecil agar terasa lebih luas, nyaman, dan menarik. Mari disimak!

1. Warna Cerah

Penggunaan warna terang dan cerah akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terbuka. Pilihlah warna cat dinding yang netral atau pastel, seperti putih, krem, atau abu-abu muda. Warna-warna ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya dengan baik sehingga menciptakan ilusi ruangan yang lebih besar, dengan nuansa mewah dan tidak sempit.

2. Dinding Polos

Dinding ruang tamu yang kosong dapat dilengkapi dengan furnitur sederhana yang menyelaraskan keseluruhan tampilan ruangan. Salah satu ide sederhana untuk ruang tamu minimalis adalah memilih aksesoris dekoratif dengan warna yang lebih gelap untuk menciptakan kontras dengan dinding. Selain itu, lengkapi ruang tamu dengan sofa minimalis, selimut, dan beberapa bantal untuk memberikan aksen tambahan pada ruangan.

3. Sofa L


Sofa merupakan salah satu furnitur unggulan untuk interior rumah. Salah satu yang banyak dijadikan pilihan adalah model sofa L. Sofa berbentuk huruf L ini memberiku kesan yang modern dengan model simpel. Tak hanya itu, model ini juga membuat lebih nyaman orang-orang yang duduk.

Menggunakan model sofa L minimalis yang simpel dapat meningkatkan daya tarik ruang tamu. Untuk menciptakan nuansa elegan, kamu dapat memilih warna-warna pastel seperti coklat muda atau krem untuk menciptakan suasana yang menarik.

Tempatkan sofa L minimalis di sudut ruangan yang berdekatan dengan jendela untuk menciptakan suasana yang lebih asri. Untuk menambahkan sentuhan dekoratif, tambahkan ornamen lain seperti tanaman hijau di sekitarnya.

4. Beri Sentuhan Tekstur

Rekomendasi dinding ruang tamu polos membuat banyak orang beranggapan bahwa menggunakan desain minimalis akan menghasilkan ruangan yang datar tanpa tekstur. Akan tetapi, pandangan tersebut justru dapat membuat ruangan terasa monoton dan kurang menarik.

Sebaiknya, ketika mendekorasi rumah dengan desain minimalis, gabungkan berbagai tekstur dan kain yang berbeda. Misalnya, pilih kain untuk furnitur yang terlihat lembut dan tambahkan pola bantal dengan tekstur yang beragam.

Dengan cara ini, ruangan akan terasa lebih hidup dan menarik tanpa menghilangkan kesan minimalis yang diinginkan. Ini hanya alternatif lain, keputusan terakhir tergantung selera ruang tamu minimalis yang kamu inginkan.

5. Perbanyak Elemen Netral

Inti dari desain ruang tamu minimalis adalah kemampuan untuk menggabungkan dan menyelaraskan elemen dengan baik. Kamu dapat menciptakan suasana ruang tamu yang hangat dengan mengurangi jumlah elemen kayu dan memilih alternatif netral. Misalnya, lantai kayu dapat ditampilkan bersamaan dengan beberapa furnitur minimalis untuk menambah kehangatan ruangan. Dalam ruang tamu minimalis, kombinasi dinding putih, lantai, dan sofa abu-abu juga dapat menciptakan kesan ruang yang nyaman.

6. Aksesoris Dekoratif

Beberapa prinsip gaya minimalis yang menonjol mencakup dinding kosong, permukaan rak yang kosong, dan elemen lainnya. Namun, ini tidak berarti bahwa dekorasi harus sepenuhnya dihindari. Sebagai contoh, tekstur sering digunakan sebagai elemen dekoratif dalam desain rumah.

Kamu dapat mencoba menggabungkan panel-panel dengan tekstur bersama sofa dan tirai tipis untuk menciptakan dimensi visual dalam ruang tamu minimalis. Kamu juga bisa menambahkan sentuhan kontras dengan menggunakan beberapa aksesoris dekoratif, seperti:

a. Karpet

Karpet berukuran kecil atau pola tegel dengan motif vertikal dapat membantu menciptakan ilusi perpanjangan visual pada ruangan. Tempatkan karpet tersebut di tengah ruang tamu atau di bawah meja tamu untuk memberikan sentuhan dekoratif yang menarik. Penting untuk memastikan pola atau warna karpet tidak terlalu mencolok agar tidak mengambil alih perhatian dari seluruh ruangan.

b. Kaca

Cermin adalah salah satu cara terbaik untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Kamu bisa menempatkan cermin di dinding yang berlawanan dengan jendela untuk memantulkan cahaya alami dan memberikan kesan ruangan yang lebih terbuka. Selain itu, kamu dapat menggunakan cermin berukuran besar atau menggantung beberapa cermin kecil sebagai dekorasi dinding yang menarik.

c. Rak Dinding

Memanfaatkan dinding sebagai tempat penyimpanan atau untuk memajang dekorasi adalah solusi bagi ruang tamu yang kecil. Kamu dapat menggunakan rak dinding atau floating shelf untuk menyimpan buku, tanaman hias, atau koleksi dekoratif lainnya. Dengan memanfaatkan penyimpanan vertikal ini, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan ruang tanpa harus mengorbankan area lantai.

d. Foto

Jangan takut untuk menambahkan beberapa foto juga di dinding atau rak gantung. Ruang tamu adalah tempat kamu menjamu pengunjung, atau bahkan bersantai, dengan meletakan foto, kamu dapat mencairkan suasana dalam obrolan dengan menceritakan foto-foto.

7. Gunakan Penerangan yang Baik

Penggunaan pencahayaan yang tepat menjadi kunci dalam menciptakan kesan ruangan yang luas dan terbuka. Gabungkan pencahayaan alami dan buatan untuk menerangi ruang tamu. Di siang hari, buka tirai atau gorden agar sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Selain itu, tambahkan beberapa lampu dinding, lampu meja, atau lampu gantung dengan cahaya lembut untuk menciptakan suasana hangat dan nyaman di malam hari.

8. Pencahayaan Natural

Sebagai sebuah konsep yang berasal dari Eropa Utara, dekorasi ruang tamu minimalis sangat mengutamakan penggunaan cahaya alami dalam filosofi desainnya. Untuk itu, hindari menghalangi jendela atau menggunakan gorden tebal pada desain ruang tamu minimalis. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih tirai tipis yang memungkinkan sinar matahari masuk dan memberikan cahaya yang mencerahkan ruangan.

9. Gunakan Furnitur Seperlunya

Saat memilih furnitur untuk ruang tamu minimalis, penting untuk memerhatikan proporsi dan ukurannya. Lebih baik memilih furnitur yang memiliki desain ramping dan sederhana tanpa banyak ornamen yang rumit.

Gunakan sofa dengan lengan yang tipis atau kursi dengan kaki terbuka untuk menciptakan kesan visual yang ringan. Kamu juga bisa melengkapinya dengan meja ruang tamu sebagai tempat meletakkan gelas minuman. Sebagai saran, sebaiknya hindari furnitur yang terlalu besar atau berat yang bisa mendominasi ruangan, menciptakan kesan sesak.

Baca juga: 15 Inspirasi Ruang Tamu Minimalis yang Nyaman


Kesalahan Umum Dekorasi Ruang Tamu Minimalis


Ketika merancang ruang tamu dengan gaya minimalis, memang penting untuk menciptakan kesederhanaan yang menarik.  Namun, terdapat beberapa kesalahan umum yang sering terjadi saat mendesain ruang tamu minimalis, salah satunya adalah mengurangi furnitur penting. Beberapa furnitur sebenarnya memiliki peran yang relevan dalam ruangan. Kami juga akan membahas beberapa kesalahan yang perlu dihindari ketika mendesain ruang tamu minimalis.

1. Mengabaikan Fungsi Furnitur

Menciptakan dekorasi ruang tamu minimalis bukan berarti melupakan fungsi furnitur. Sebagai contoh, jika kamu merasa bahwa meja tamu membuat ruangan terasa sesak dan menganggap tidak ada kebutuhan untuk menyertakannya di dalam ruangan, kamu keliru. Nyatanya ada beberapa alternatif seperti menggunakan meja ruang tamu kecil seperlunya. Kamu tetap punya tempat meletakkan barang-barang seperti gelas dan cemilan dengan ukuran yang seperlunya.

Dalam desain minimalis, solusi yang tepat terkait furnitur adalah memastikan fungsionalitasnya. Menghilangkan beberapa furnitur tidak akan membuat ruangan menjadi lebih minimalis. Sebaliknya, bisa menyebabkan kesan ruangan yang kosong. Dalam dekorasi ruang tamu minimalis, penting memastikan furnitur tetap memiliki peran yang fungsional dan relevan, serta berguna untuk menyempurnakan desain ruangan.

2. Mengabaikan Ukuran Perabotan

Salah satu kesalahan umum dalam dekorasi ruang tamu minimalis adalah mengabaikan ukuran furnitur dalam proses dekorasi. Memilih furnitur yang semuanya berukuran kecil tidak akan otomatis menciptakan kesan minimalis di ruangan rumah kamu.

Memilih kursi atau sofa ruang tamu yang terlalu kecil pada ruang berukuran besar dengan langit-langit tinggi juga perlu dihindari. Ukuran furnitur yang tidak sesuai dengan skala ruangan dapat merusak estetika dan keseimbangan visual secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memilih furnitur dengan ukuran yang tepat untuk menciptakan desain yang harmonis dan sesuai dengan konsep minimalis yang diinginkan.

3. Warna Monokrom Berlebihan

Walaupun warna monokrom dapat mencerminkan kesan minimalis, jangan gunakan secara berlebihan. Kamu dapat menyertakan unsur atau material berbahan alami untuk menambahkan sentuhan berbeda.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan karpet dengan sedikit variasi warna dari warna dominan ruangan atau memilih furnitur dengan material kayu. Dengan demikian, akan membantu menciptakan tampilan visual yang menarik di ruangan tanpa menghilangkan kesan minimalis yang diinginkan.

4. Tak Ada Elemen Pemanis

Walau mendesain dekorasi ruang tamu minimalis, jangan lupa membuatnya tetap cantik. Pastikan dekorasi ruang tamu minimalis tetap memikat dengan pesonanya dengan menambahkan hiasan sebagai elemen pemanis.

Untuk menciptakan daya tarik dalam ruang minimalis, kamu bisa memperkenalkan beberapa elemen alami seperti tanaman, variasi warna, material yang nyaman, sedikit hiasan dinding, dan furnitur kayu. Menambahkan tanaman dapat memberikan dampak besar. Jika kamu ingin menghindari penggunaan berlebihan perabotan atau dekorasi, desain biofilik bisa menjadi pilihan.

Cari tanaman dengan penampilan yang menarik untuk menyempurnakan tampilan ruang tamu kamu. Menambahkan tanaman juga dapat menciptakan warna hijau yang segar, membuat tamu kamu betah duduk selama berjam-jam.

Baca juga: Inspirasi Desain Ruang Tamu Warna Hijau Sederhana yang Cantik


Ciptakan Rumah dengan Dekorasi Ruang Tamu Minimalis bersama BTN

Setelah memahami tips untuk menciptakan dekorasi ruang tamu minimalis yang elegan, tentu kamu ingin menerapkannya di rumah impian kamu. Ingin membaca artikel bermanfaat lainnya? Baca artikel menarik lainnya melalui website kami. Di website kami, kamu dapat menemukan berbagai artikel bermanfaat terkait properti, mulai dari tips terkait properti, ide desain rumah ataupun ruangan di rumah, program KPR, dan lain-lain.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua