Spinner Icon

Penting! Ini Dia Warna-Warna Kalem Tapi Elegan untuk Rumahmu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 22 April 2024
Table of Contents:
  • Deretan Inspirasi Warna-warna Kalem Tapi Elegan
  • 1. Warna Abu Kilap
  • 2. Warna Biru Langit
  • 3. Warna Peach
  • 4. Warna Ungu Tua
  • 5. Warna Kuning
  • 6. Warna Oranye
  • 7. Warna Putih
  • 8. Warna Beige
  • 9. Warna Off-White
  • 10. Warna Navy Blue
  • 11. Warna Hijau Emerald
  • 12. Warna Pastel
  • Warna Baby Blue
  • Warna Ungu Pastel
  • Warna Baby Pink
  • Warna Pale Lemon
  • Tips dalam Menentukan Cat Rumah yang Tepat
  • 1. Sesuaikan dengan desain dan suasana yang diinginkan
  • 2. Mencocokkan dengan furnitur
  • 3. Memerhatikan kondisi pencahayaan rumah
  • 4. Memilih warna estetik
  • 5. Memanfaatkan skema warna
  • 6. Mengombinasikan warna menggunakan color wheel
  • Kesimpulan

Bosan dengan suasana rumah yang begitu saja? Ubah suasana rumahmu dengan langkah mudah. Cukup mengubah warna cat rumah, maka suasana rumah akan berubah. Hal ini dikarenakan warna cat rumah memegang peranan penting pada tampilan rumah. Kamu tidak perlu repot-repot, cukup gunakan warna-warna kalem dan sederhana tapi mewah untuk rumah. Sehingga rumah kamu akan terlihat elegan dan luas meskipun berukuran kecil.

Ingin mengetahui rekomendasi warna kalem tapi elegan? Mari simak artikel berikut ini.


Key Takeaways:

  • Beberapa warna kalem dan elegan yang bisa menjadi inspirasimu yaitu warna abu kilap, warna pastel, warna biru langit, warna peach, warna ungu tua, warna navy blue, warna putih, dan lain sebagainya.
  • Warna cat rumah memegang peranan penting dalam keindahan rumah. Jika kamu salah memilih, maka ruangan pada rumah dapat terlihat berantakan dan sempit.
  • Tips memilih cat rumah mulai dari sesuaikan dengan desain dan suasana yang diinginkan, mencocokkan dengan furnitur, memerhatikan kondisi pencahayaan rumah, memilih warna estetik, hingga mengkombinasikan warna menggunakan color wheel.

Deretan Inspirasi Warna-warna Kalem Tapi Elegan

Kamu ingin segera mengganti warna rumah, tetapi masih bingung ingin menggunakan warna apa? Berikut telah kami sediakan deretan inspirasi warna yang kalem sekaligus elegan:

1. Warna Abu Kilap

Rekomendasi pertama yaitu warna abu kilap. Warna ini umumnya berupa warna abu sederhana hanya saja ditambah dengan finishing glossy agar terdapat kesan kilap yang memberikan kesan mewah dan unik. Kamu bisa menambahkan lampu pijar supaya kesan kilap dapat berinteraksi dan menyebabkan jatuhnya bayangan di dinding.

Tidak hanya itu, menariknya warna abu kilap dapat membuat suasana fluktuasi di dalam ruangan sepanjang hari seiring dengan perubahan intensitas dan sumber cahaya yang dipantulkan.

2. Warna Biru Langit

Warna kedua yaitu warna biru langit yang nyaman. Warna biru langit sangat cocok untuk digunakan di kamar tidur atau kamar anak. Menjadi warna yang sederhana, warna biru juga bisa menciptakan suasana tenang dan membuatmu tidur nyenyak sepanjang malam. Meskipun begitu, warna biru juga cocok untuk rumah minimalis supaya terlihat lebih luas.

3. Warna Peach

Rekomendasi ketiga yaitu warna peach. Peach merupakan warna cat rumah sederhana tetapi elegan yang berasal dari campuran warna oranye dan pink. Rumah akan terasa lebih luas dan hangat dengan warna peach.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk kamar tidur. Agar terlihat lebih minimalis dan artistik, kamu bisa menambahkan aksesoris rumah seperti rak ambalan, tanaman hias, dan lain-lain.

4. Warna Ungu Tua


Siapa bilang warna ungu tidak bisa membuat suasana rumah lebih menarik? Warna ungu tua identik dengan kemewahan, kekayaan, dan kedamaian. Kamu bisa menggunakan warna ini di ruang tamu agar terkesan glamor, elegan, dan menarik. Tambahkan beberapa lampu supaya rumah terlihat lebih estetik.

5. Warna Kuning

Selanjutnya yaitu warna kuning cerah. Warna ini memiliki karakter yang ceria dan optimistis. Warna kuning dapat menciptakan suasana hangat dalam ruangan di rumah. Tidak hanya itu, melalui cerahnya, warna kuning juga dapat memantulkan cahaya matahari sehingga ruangan akan terlihat lebih luas. Kamu bisa menambahkan berbagai furnitur dan aksesoris lainnya sehingga rumah terlihat mewah.

6. Warna Oranye

Banyak orang tidak menggunakan warna oranye karena dianggap terlalu mencolok. Tetapi siapa sangka, warna oren juga bisa memberikan suasana hangat rumah. Bahkan melalui cerahnya, warna oranye bisa menghidupkan ruangan dan membuat penghuni semangat dalam menjalani harinya.

Hanya saja kamu perlu hati-hati dalam mengkombinasikannya. Pilih desain ruangan yang sederhana, furnitur, dan dekorasi yang tepat agar tidak bertabrakan.

7. Warna Putih

Warna putih merupakan pilihan warna yang populer untuk rumah minimalis. Hal ini dikarenakan warna putih mampu membuat rumah terasa sederhana sekaligus mewah. Jika diaplikasikan di dalam ruangan, warna putih dapat memantulkan ruangan sehingga terasa lebih luas.

Tidak hanya itu, warna putih polos tanpa gradasi juga mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai furnitur dan dekorasi rumah.

8. Warna Beige

Warna beige merupakan warna netral yang sedang populer akhir-akhir ini. Tidak hanya digunakan pada desain interior rumah, tetapi juga eksterior. Bagi kamu yang suka desain simpel tetapi elegan, warna beige bisa menjadi pilihanmu.

9. Warna Off-White

Berbeda dengan putih polos, warna off-white lebih terlihat seperti abu netral yang nyaman dipandang mata. Warna ini dapat menciptakan kesan sederhana sekaligus elegan dan membantu memaksimalkan cahaya di dalam ruangan.

Untuk menambah kesan estetik, kamu bisa menambahkan interior design lainnya seperti furnitur ala Japandi atau gorden berwarna netral lainnya.

10. Warna Navy Blue

Sering dikenal sebagai warna biru laut, navy blue juga menjadi populer akhir-akhir ini. Pasalnya, warna ini dapat memberikan kesan kalem sekaligus tegas dan membuat ruangan terlihat elegan.

Karena dapat memberikan kesan kalem, warna navy blue lebih cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang luas dan lapang.

11. Warna Hijau Emerald


Warna ini merupakan warna hijau tua ala emerald yang memiliki kesan elegan dan berkelas. Kamu bisa menggunakan cat warna ini di ruang tengah atau ruang kerja. Warna hijau emerald umumnya diaplikasikan pada salah satu dinding rumah. Hal ini disebabkan jika terlalu banyak diaplikasikan, warna ini akan mendominasi rumah.

12. Warna Pastel

Warna yang satu ini telah pertama kali diperkenalkan oleh seniman di masa Renaissance dan menjadi populer sejak abad ke-18. Warna pastel umumnya merupakan campuran antara warna cerah dengan warna putih. Oleh karena itu, warna pastel terlihat terang dan memberikan kesan yang lembut dan menenangkan.

Berikut ini beberapa warna pastel yang bisa kamu gunakan di rumah:

Warna Baby Blue

Warna baby blue atau sering dikenal dengan sebutan biru muda adalah warna pastel terang yang cocok digunakan untuk kamar tidur. Dengan warna ini, rumah akan terlihat damai, menenangkan, dan nyaman. Warna biru muda juga bisa kamu kombinasikan dengan warna lain seperti putih untuk menambah efek terang.

Warna Ungu Pastel

Warna ungu muda atau disebut ungu pastel dapat menjadi rekomendasi warna di ruangan rumahmu. Warna ungu muda dapat membuat suasana rumah menjadi santai dan nyaman. Tidak hanya itu, warna ungu pastel juga mudah dikombinasikan dengan warna lain seperti warna putih atau kuning. Bahkan kamu bisa menambah beberapa dekorasi seperti lampu gantung berwarna putih, meja kaca, atau hiasan bunga.

Warna Baby Pink

Warna pastel yang satu ini merupakan warna yang paling disukai oleh banyak orang. Pasalnya, warna baby pink identik dengan kesan feminin dan terlihat manis. Warna baby pink juga dapat melambangkan cinta dan persahabatan.

Warna ini cocok untuk di berbagai ruangan seperti kamar tidur anak, ruang tamu, bahkan dapur sekalipun. Kamu bisa menambahkan beberapa dekorasi seperti furnitur yang terbuat dari kayu, karpet sederhana dan rak ambalan untuk memenuhi ruang tamu dengan cat dinding warna baby pink.

Warna Pale Lemon

Warna yang satu ini mirip seperti warna kuning hanya saja tidak terlalu terang. Warna pale lemon atau sering dikenal dengan warna pastel kuning lemon cocok bagi kamu yang tidak suka warna mencolok.

Warna pale lemon cocok untuk ruang tamu dan kamar tidur karena dapat membuat suasana menjadi ceria dan nyaman. Kamu juga bisa menambahkan beberapa furnitur seperti sofa, cermin, hingga lukisan.

Baca juga: 7 Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Luas dan Mudah Dipadukan


Tips dalam Menentukan Cat Rumah yang Tepat


Warna cat rumah memegang peranan penting dalam keindahan rumah. Jika kamu salah memilih, maka ruangan pada rumah dapat terlihat berantakan dan sempit. Oleh karena itu, kamu perlu hati-hati dalam pemilihan warna cat rumah. Berikut ini beberapa tips dalam memilih warna:

1. Sesuaikan dengan desain dan suasana yang diinginkan

Tips pertama yaitu memerhatikan desain dan suasana yang ingin dibangun. Jika kamu ingin membangun suasana tenang dan hangat, maka kamu dapat menggunakan warna muda yang kalem seperti warna pastel, warna monokrom, warna netral, dan lain-lain.

Sebaliknya, jika kamu menginginkan suasana cerah dan mencolok, kamu bisa menggunakan warna-warna unik seperti kuning neon, warna oranye, dan lain-lain.

2. Mencocokkan dengan furnitur

Tips kedua yaitu mencocokkan konsep furnitur dengan warna cat dinding agar rumah terlihat menyatu dan harmonis. Hal ini disebabkan jika konsep furnitur dan warna cat dinding saling berlawanan, rumah akan terlihat aneh dan tidak menarik.

3. Memerhatikan kondisi pencahayaan rumah

Selain furnitur dan desain, kondisi pencahayaan ruangan di dalam rumah juga perlu diperhatikan saat memilih warna cat dinding. Pasalnya, keindahan, keestetikaan, dan tampilan warna cat bergantung pada pencahayaan.

Misalnya kamu memakai warna cat yang terang, akan tetapi pencahayaan ruangan tersebut kurang. Maka, tampilan cat pada dinding dan keseluruhan ruangan terlihat tidak menarik.

4. Memilih warna estetik

Warna-warna estetik juga bisa membuat rumahmu terlihat semakin bersih dan rapi. Warna-warna tersebut diantaranya seperti beige, monokrom, warna pastel, dan lain-lain.

Bahkan, dengan warna netral seperti putih dan cream dapat membuat rumah terlihat lebih luas. Beberapa desain dengan warna estetik juga memberikan kesan mewah dan modern sehingga banyak disukai oleh masyarakat.

5. Memanfaatkan skema warna

Sebagian orang umumnya hanya mengetahui warna-warna primer seperti merah, biru, kuning, dan sebagainya. Ternyata dalam dunia desain seringkali digunakan warna turunan yang dapat menghidupkan suasana di dalam atau luar rumah.

Seperti contoh warna primer hijau memiliki beberapa warna turunan seperti sage green, tosca, dan hijau pastel. Berbagai warna turunan ini dapat menciptakan suasana yang berbeda-beda.

6. Mengombinasikan warna menggunakan color wheel

Tips selanjutnya yaitu berani untuk mengkombinasikan berbagai elemen warna. Kombinasikan dua sampai tiga warna dalam satu ruangan. Misalnya, dinding berwarna putih ditambah dengan pola geometris berwarna hitam.

Kamu juga bisa mengombinasikan warna menggunakan color wheel. Jika kamu ingin menggunakan dua warna, ada beberapa cara umum dalam memilihnya.

Cara pertama yaitu dengan memilih warna yang bersebelahan atau berdekatan pada color wheel. Misalnya, biru muda dengan biru tua.

Cara kedua, kamu bisa menggunakan warna pelengkap atau kontras. Hal ini dilakukan dengan memilih warna yang posisinya berseberangan pada color wheel. Contoh warna kuning dengan warna ungu.

Baca juga: 8 Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang Mewah


Kesimpulan

Itu dia beberapa pilihan warna kalem sekaligus elegan beserta tips-tips dalam memilih warna cat dinding. Pemilihan warna cat yang benar tidak hanya berguna untuk mempercantik rumah, tetapi juga membuat penghuni semakin betah tinggal di rumah. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk selalu memerhatikan perpaduan antara warna cat yang dipilih dengan interior atau furnitur di rumahmu.

Tips lain yang dapat kami berikan adalah agar tidak memilih warna yang terlalu mencolok untuk dapat mempertahankan kesan minimalis dari rumah.

Kunjungi website kami dimana kamu dapat menelusuri berbagai informasi penting terkait properti. Mulai dari inspirasi dekorasi hunian, tips-tips terkait rumah, hingga program KPR. Klik link ini untuk menemukan artikel lainnya.

 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua