Spinner Icon

Tips Menemukan Agen Properti Terbaik Sesuai dengan Kebutuhan

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 28 Maret 2024
Table of Contents:
  • Ciri-ciri Agen Properti Terbaik
  • 1. Memiliki Sertifikat dan Berpengalaman
  • 2. Memiliki Aturan Tertulis yang Jelas
  • 3. Aktif Berkomunikasi
  • 4. Beradaptasi dengan Kebutuhan Klien
  • 5. Pendengar yang Baik
  • 6. Proaktif
  • 5 Tips untuk Menemukan Agen Properti yang Cocok
  • 1. Kumpulkan Agen Properti Sebanyak Mungkin
  • 2. Seleksi Agen Properti
  • 3. Temui Agen Properti Secara Langsung
  • 4. Pilihlah Agen Properti yang Profesional dan Berpengalaman
  • 5. Pilihlah Berdasarkan Kualitas Pelayanan yang Diberikan
  • Temukan Agen Properti yang Sesuai untuk Kamu melalui BTN Properti

Proses jual beli rumah bukanlah hal yang mudah. Misalnya, saat menjual rumah, kamu memerlukan ilmu, pengetahuan, dan trik khusus agar kamu dapat menjual properti dengan harga yang tepat dengan segera. Sedangkan dalam membeli rumah, tidak semua orang memiliki waktu luang untuk mencari hunian karena kesibukan sehari-hari mereka. Hal ini membuat mereka kurang melakukan survei atau pencarian terhadap hunian yang sesuai dan nyaman untuk mereka tempati.

Ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan sebelum menjual atau membeli properti, salah satunya yang penting adalah agen properti. Agen properti adalah seorang profesional yang dilengkapi dengan keilmuan, keterampilan, pengalaman, dan koneksi terkait properti yang dapat membantu pelanggan untuk lebih mudah dan cepat menjual atau membeli properti.

Jasa agen properti yang profesional akan memberikan kamu banyak keuntungan dalam proses jual beli properti. Beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh, antara lain efisiensi waktu dan tenaga.

Pada artikel berikut ini, kami akan memberikan berbagai tips yang dapat kamu terapkan untuk menemukan agen properti yang sesuai kebutuhan. Simak tips berikut ini.


Key Takeaways:

  • Ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan sebelum menjual atau membeli properti, salah satunya yang penting adalah agen properti.
  • Agen properti adalah seorang profesional yang dilengkapi dengan keilmuan, keterampilan, pengalaman, dan koneksi terkait properti yang dapat membantu pelanggan untuk lebih mudah dan cepat menjual atau membeli properti.
  • Jasa agen properti yang profesional akan memberikan kamu banyak keuntungan dalam proses jual beli properti.

Ciri-ciri Agen Properti Terbaik

Saat ini sedang marak oknum agen properti yang nakal, dimana mereka berusaha untuk merugikan kamu yang ingin menjual atau membeli rumah. Untuk itu, kamu perlu mengetahui ciri-ciri agen properti yang baik agar proses jual beli rumah menjadi lancar.

1. Memiliki Sertifikat dan Berpengalaman

Jika kamu ingin menjual rumah dengan jasa agen properti, pastikan kamu memerhatikan sertifikasi dan pengalaman yang mereka miliki. Kamu dapat melihat profesionalitas agen properti melalui jangka waktu yang sudah mereka habiskan sejak terjun di dunia properti.

Perlu diketahui, memiliki sertifikasi yang dikeluarkan oleh Arebi atau Asosiasi Real Estate Broker Indonesia adalah salah satu nilai plus bagi agen properti.

2. Memiliki Aturan Tertulis yang Jelas

Agen properti yang profesional tentu memiliki aturan tertulis yang jelas, mencakup tata cara, tugas agen properti, hingga komisi yang akan mereka peroleh. Melalui surat kontrak dan SOP yang konkret, kamu dan agen properti dapat melaksanakan tugas dan proses jual beli dengan lebih mudah. Selain itu, hal ini juga akan membantu kamu terhindari dari miskomunikasi.

3. Aktif Berkomunikasi

Agen properti yang baik dan profesional memiliki communication skill yang baik. Kemampuan mereka dalam aktif berkomunikasi dapat menggali apa yang dibutuhkan oleh penjual dan pembeli. Dengan begitu, mereka tahu apa yang harus mereka tambahkan atau kurangi dalam proses negosiasi agar proses jual beli berhasil.

4. Beradaptasi dengan Kebutuhan Klien

Parameter lain yang perlu diperhatikan dari agen properti adalah daya adaptasi dengan klien. Pastikan kamu mencari agen properti yang dapat beradaptasi dengan karakteristik yang kamu miliki sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Misalnya, kamu lebih menyukai bentuk komunikasi chatting daripada telepon. Agen properti yang baik akan menyesuaikan gaya komunikasi yang kamu inginkan agar terjalin komunikasi yang baik antara kedua belah pihak.

5. Pendengar yang Baik

Dalam proses jual beli rumah, agen properti dan pelanggan perlu memiliki hubungan yang baik. Untuk itu, komunikasi adalah hal yang penting dalam mencapai tujuan bersama.

Berhati-hatilah dengan agen properti yang terlalu banyak bicara. Pastikan agen properti yang kamu pilih memahami keinginan dan permintaan khusus yang kamu ajukan dengan jelas tanpa bertele-tele.

6. Proaktif

Sikap lain yang perlu dimiliki oleh seorang agen properti adalah sikap proaktif. Agen properti yang proaktif akan lebih berusaha dalam menghubungi calon pembeli yang potensial agar rumah kamu bisa cepat terjual.

Pastikan kamu memperoleh informasi yang cukup dari mereka, karena tujuan dari menggunakan jasa properti adalah untuk memudahkan proses jual beli rumah tanpa harus merepotkan dirimu sendiri.

Baca juga: Sebelum Membangun, Pelajari Informasi Jasa Arsitek Rumah Ini


5 Tips untuk Menemukan Agen Properti yang Cocok


Ingin menemukan agen properti yang dapat menjawab kebutuhanmu seputar properti? Simak 5 tips berikut untuk membantu kamu dalam mencari jasa agen properti.

1. Kumpulkan Agen Properti Sebanyak Mungkin

Tips yang satu ini dapat membantu kamu memulai langkah dalam mencari agen properti sesuai kebutuhanmu, yaitu mengumpulkan agen properti yang ada di daerahmu sebanyak mungkin. Untuk mengumpulkan agen properti, kamu dapat menggunakan dua cara, yaitu melalui orang lain dan internet.

Kamu dapat mencari tahu dari orang lain yang pernah menggunakan jasa agen properti yang ada, misalnya dari teman atau keluarga. Selain itu, kamu juga dapat mencari tahu berbagai referensi agen properti di internet. Pastikan kamu melihat testimoni orang-orang yang pernah menggunakan jasa agen tersebut untuk melihat riwayat mereka.

Jangan lupa untuk catat semua nama agen properti yang sudah diperoleh. Sebagai tambahan, tuliskan juga nomor telepon dan alamat dari agen-agen properti tersebut agar kamu dapat menghubungi mereka untuk mengetahui lebih lanjut.

2. Seleksi Agen Properti

Setelah mengumpulkan agen properti yang ada, kamu bisa mulai menyeleksi agen-agen properti tersebut. Penting bagi kamu untuk melihat profil informasi para agen properti, karena agen properti terbaik akan menyediakan profil informasi yang lengkap dan detail. Kamu dapat mencari informasi ini dengan mudah melalui profil perusahaan mereka di website agen properti tersebut.

Melalui perkembangan teknologi, kini kamu dapat mencari tahu lebih banyak mengenai agen properti melalui media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Agen properti kini sering melakukan promosi melalui media-media tersebut. Jelajahi media sosial dari agen-agen properti yang sudah kamu kumpulkan untuk kemudian kamu seleksi untuk menemukan yang cocok.

3. Temui Agen Properti Secara Langsung

Kini kamu sudah melakukan seleksi terhadap semua agen properti yang kamu kumpulkan tadi, maka kamu siap untuk menemukan para agen properti yang sudah lolos seleksi.

Proses seleksi akan membuat kamu berhasil menentukan beberapa agen properti yang paling terbaik bagimu. Jika dari hasil seleksi kamu menemukan 5 agen properti terbaik, maka sebaiknya kamu temui mereka semua.

Sebelum menemui mereka, siapkan pertanyaan yang lengkap untuk memperoleh informasi secara detail dari para agen properti. Melalui pertemuan ini, kamu dapat mengenal mereka dengan lebih lanjut, serta mengetahui profesionalitas, pengalaman, dan cara kerja dari para agen properti. Dari hasil pertemuan ini, pilih satu agen properti yang cocok dari detail yang sudah diberikan.

4. Pilihlah Agen Properti yang Profesional dan Berpengalaman

Setelah mengeluarkan uang untuk membayar jasa agen properti, kamu tentu tidak ingin mendapatkan hasil kerja yang tidak berkualitas dari agen properti tersebut. Untuk itu, kamu perlu memilih agen properti dengan hati-hati.

Salah satu kriteria penting dari pemilihan agen properti yang baik adalah untuk selalu memilih agen properti yang profesional dalam bekerja dan memiliki jam terbang tinggi.

Agen properti yang profesional dan berpengalaman menguasai area spesialis mereka. Sehingga mereka memiliki gambaran mengenai produk properti yang layak untuk dibeli dengan berbagai pertimbangan.

Dengan gambaran yang mereka miliki, mereka akan dengan teliti memilihkan produk properti yang sesuai untuk klien mereka. Di samping itu, agen properti yang mengedepankan profesionalitas dan berpengalaman pasti mengetahui tren harga produk properti di lokasi spesialisnya, dan juga jangka waktu yang diinginkan klien mereka.

Dengan begitu, agen properti yang profesional dan berpengalaman mengetahui cara untuk bekerja dengan cepat dan tepat untuk memenuhi keinginan klien mereka.

5. Pilihlah Berdasarkan Kualitas Pelayanan yang Diberikan

Selain profesionalisme dan pengalaman yang dimiliki, pastikan kamu memilih agen properti yang memberikan pelayanan yang baik. Ada berbagai aspek yang dapat kamu jadikan sorotan untuk menilai kualitas pelayanan dari agen properti.

Beberapa diantaranya adalah aktif berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, dan dapat memberikan solusi untuk masalah yang kliennya alami.

Pilihlah agen properti yang proaktif dan jago negosiasi. Seorang agen properti yang proaktif dapat menghubungi calon pembeli potensial, nantinya akan membantu kamu agar rumah lebih cepat terjual.

Sebagai tambahan, aspek lainnya yang dapat membuat sebuah agen properti layak untuk kamu pilih adalah kemampuan mereka untuk memberikan informasi dan motivasi. Kegiatan jual beli rumah yang sangat panjang akan melibatkan banyak proses dan tahapan baik bagi pembeli maupun penjual.

Agar klien tetap semangat, agen properti dapat memberikan motivasi kepada klien mereka. Hal ini kemudian akan menaikkan kepuasan pelanggan terhadap agen properti yang digunakan. 

Baca juga: Mengapa Kamu Perlu Interior Decorator untuk Rumah Kamu


Temukan Agen Properti yang Sesuai untuk Kamu melalui BTN Properti


Setelah kamu mengetahui berbagai strategi yang sudah dijabarkan di atas, kini kamu siap untuk mulai mencari agen yang sesuai. Untuk keperluan ini, kamu dapat melakukan berbagai strategi di atas dengan bantuan BTN Properti.

Melalui website kami, kamu dapat melihat berbagai agen properti yang ada di daerah tempat kamu berada. Kamu dapat mencari berbagai proyek properti, mulai dari rumah, apartemen, ruko, hingga kantor.

Fitur Cari Properti pada laman kami dilengkapi juga dengan berbagai informasi lainnya, seperti agen properti yang melaksanakan proyek, lokasi properti, harga hingga cicilan dan suku bunga properti.

Di samping itu, kami juga dapat membantu kamu untuk melakukan komparasi properti, dimana kamu dapat melihat perbandingan antara 2 hingga 4 properti yang menarik perhatianmu.

Ingin mengetahui lebih lanjut? Kunjungi website kami untuk dengan mudah menemukan agen properti sesuai untukmu dan properti yang ingin kamu beli.

Baca juga: Mengenal Apa itu Developer Rumah dan Perannya! 

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua