Spinner Icon

Mengapa Kamu Perlu Interior Decorator untuk Rumah Kamu

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 12 Juli 2023
Table of Contents:
  • Siapa Itu Interior Decorator?
  • Alasan Mengapa Interior Decorator Diperlukan untuk Rumah
  • 1. Menghemat Biaya
  • 2. Penilaian Profesional
  • 3. Penganggaran dan Perencanaan
  • 4. Penghubung
  • 5. Ketersediaan Sumber Daya yang Luas
  • 6. Kontak
  • 7. Faktor "Wow"
  • 8. Penjualan Rumah
  • 9. Mata yang Terlatih
  • 10. Visual Story-Teller
  • Hal-Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Menyewa Interior Decorator
  • 1. Tentukan Gayamu
  • 2. Tentukan Anggaran
  • 3. Buatlah Vision Board
  • 4. Tentukan Item yang Penting
  • Kesimpulan

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang tampil cantik. Saat memutuskan untuk melakukan beberapa perubahan di rumah dan sadar bahwa kamu tidak bisa melakukannya sendiri, kamu perlu mencari tenaga profesional yang ahli dan dapat memberikan bantuan untuk itu.

Untuk membantu dalam mendekorasi elemen yang ada di rumah, jasa interior decorator hadir dengan berbagai solusi yang mungkin kamu tidak pernah ketahui dibutuhkan oleh rumahmu. Interior decorator adalah para spesialis estetika yang akan membantu memilih elemen-elemen yang cocok untuk dekorasi rumah.

Lalu, apa sebenarnya tugas dari interior decorator? Apa perbedaan antara interior decorator dan interior designer? Simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Key Takeaways:

  • Interior decorator adalah seorang profesional yang ahli dalam mempercantik ruang dengan menggunakan gaya, warna, furnitur, dan aksesori.
  • Ada banyak alasan mengapa kamu memerlukan jasa interior decorator untuk rumahmu, antara lain mereka dapat membantumu dalam menghemat biaya, penilaian profesional, penganggaran dan perencanaan, penghubung, ketersediaan sumber daya yang luas, kontak dengan penyedia barang, faktor “wow”, dan visual storyteller.
  • Namun, sebelum kamu menggunakan jasa interior decorator, kamu harus terlebih dahulu menentukan gaya dan anggaran, membuat vision board, dan menentukan item yang penting bagimu.

Siapa Itu Interior Decorator?

Interior decorator adalah seorang profesional yang ahli dalam mempercantik ruang dengan menggunakan gaya, warna, furnitur, dan aksesori. Mereka bekerja sama dengan profesional dekorasi rumah lainnya untuk memberikan ruang interior yang menyenangkan bagi klien mereka secara visual.

Dekorator yang baik terampil dalam memahami sebuah ruangan dan mengubahnya menjadi bentuk visual. Untuk ruangan baru, mereka dapat membantu klien menentukan gaya dan skema warna, membeli furnitur, dan memilih aksesori atau dekorasi yang cocok untuk rumah. Mereka juga sering didatangkan untuk merapikan ruangan yang sudah ada namun perlu diperbarui atau direnovasi.

Berbeda dengan interior designer yang membutuhkan pendidikan khusus dan pelatihan formal, interior decorator tidak diharuskan memiliki pelatihan atau pendidikan formal karena mereka berfokus pada estetika dan tidak dalam renovasi atau perencanaan struktural. Banyak interior decorator profesional memiliki gelar sarjana di bidang terkait, tetapi itu bukan persyaratan untuk profesi ini.

Dekorator umumnya tidak bekerja dengan kontraktor atau arsitek karena pekerjaan struktural biasanya sudah selesai sebelum mereka bergabung. Namun, mereka bekerja dengan pembuat furnitur, pelapis kain, dan profesional industri lainnya. Namun, mereka paling sering bekerja secara langsung dengan pemilik rumah atau manajer bisnis.

Baca juga: Yuk, Intip Desain Interior Rumah yang Bikin Betah!


Alasan Mengapa Interior Decorator Diperlukan untuk Rumah

Menggunakan jasa interior decorator adalah keputusan yang baik jika kamu berniat untuk menginvestasikan sejumlah uang untuk rumah dan ingin rumah terlihat sesuai dengan ekspektasi. Interior decorator dapat membantu untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan dekorasi rumah.


Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu perlu menyewa interior decorator untuk rumah.

1. Menghemat Biaya

Mungkin terdengar aneh jika mempekerjakan seseorang untuk mendekorasi rumah akan menghemat uang, dimana kamu akan mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa desainer tersebut. Namun kenyataannya, mempekerjakan seorang interior decorator dapat membantu menghemat biaya.

Dengan adanya bantuan dekorator ini, kamu dapat menghindari kesalahan-kesalahan mahal yang tidak hanya akan membantu dalam menghemat uang, tetapi juga meningkatkan nilai rumah. Terutama saat akan menjual rumah, di mana desain interior berperan sangat penting dalam membantu meningkatkan daya tarik pembeli dan membuat rumah lebih unggul dari kompetitor.

2. Penilaian Profesional

Seorang interior decorator dapat memberikan penilaian profesional terhadap situasi yang kamu hadapi, yang kemudian akan menghasilkan rencana atau tindakan. Dengan menyewa seorang dekorator, kamu dapat memperoleh solusi yang telah terlatih untuk melihat dan memperhatikan hal-hal yang mungkin tidak kamu perhatikan.

Perencanaan desain adalah kunci dalam menentukan barang apa yang dapat kamu gunakan kembali atau harus membeli baru. Hal ini tidak hanya akan memengaruhi anggaran, tetapi juga membantu untuk berbelanja interior lebih efisien.

3. Penganggaran dan Perencanaan

Seorang dekorator dapat membuat kamu tetap sesuai dengan anggaran, serta menghemat waktu dan tenaga. Seorang dekorator tahu ke mana harus mencari segala sesuatu yang dibutuhkan untuk rumahmu.

Pengetahuan ini akan membantu dalam menghemat waktu untuk menilai suatu produk, merek, dan harga. Seorang dekorator akan memiliki pengetahuan tentang produk/barang interior dengan mudah. Jika mereka tidak mengetahuinya, maka ia akan menghabiskan waktu untuk melakukan riset sehingga kamu tidak perlu melakukannya.

4. Penghubung

Seorang dekorator akan dapat membantu kamu menjadi penghubung dengan arsitek atau kontraktor sejak awal dan dapat mencegah kesalahan desain dalam keseluruhan rencanamu. Hal ini tentu sangat penting dalam mengelola waktu dan uang.

Selain itu, para dekorator juga dilatih untuk memikirkan hal-hal yang mungkin kita abaikan. Salah satunya adalah memperhatikan kebutuhan pencahayaan dan furnitur sebelum konstruksi dimulai.

5. Ketersediaan Sumber Daya yang Luas

Ada beberapa hal yang tersedia bagi para dekorator yang mungkin tidak tersedia untuk masyarakat umum. Hal ini dapat mencakup koneksi, sumber daya, dan barang dagangan umum. Dengan memadukan sumber daya ini, para desainer dapat membantu membuat ruangan terlihat lebih kompak, unik, dan menyatu.

6. Kontak

Di samping sumber daya vendor, para dekorator memiliki banyak kontak industri perbaikan rumah. Mereka dapat menghemat waktumu saat mencoba mengidentifikasi kontraktor, teknisi listrik, tukang ledeng, dan lain-lain yang dapat diandalkan untuk proyek-proyek mereka.

7. Faktor "Wow"

Dekorator juga dapat membantu memberikan faktor "wow" yang selama ini kamu cari untuk rumahmu. Mereka dilatih untuk berpikir dengan cara yang berbeda, secara spasial, dan untuk melihat gambaran keseluruhan yang sering kali tidak dapat dilihat oleh klien. Berpikir out of the box adalah hal yang dilakukan oleh para dekorator.

8. Penjualan Rumah

Seorang dekorator berpotensi menambah estetika rumah kamu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan daya tarik dan penjualan. Peningkatan daya tarik ini secara eksponensial dapat mempercepat penjualan. Ada dua keuntungan terkait penjualan rumah yang dapat kamu peroleh dengan menyewa dekorator, yaitu waktu penjualan yang lebih cepat dan penghematan uang.

9. Mata yang Terlatih

Seorang interior decorator adalah seorang profesional dengan mata terlatih yang secara otomatis dapat memberitahu kamu jika ada sesuatu yang salah atau benar dengan ruang. Seringkali pemilik rumah mencoba melakukan semuanya sendiri dan berujung frustasi. Konsultasi langsung adalah salah satu keuntungan utama saat membuat keputusan seputar estetika rumah.

10. Visual Story-Teller

Desain interior adalah keterampilan dan seni yang akan meningkatkan nilai estetika suatu ruang dan membuatmu nyaman berada di ruangan tersebut. Mempekerjakan tenaga profesional akan meningkatkan tingkat pengalaman tersebut dan membuat rumah sesuai dengan yang kamu inginkan.

Seorang interior decorator dapat membantu kamu menceritakan kisah visualmu dengan baik dan menjadikannya sebuah jembatan untuk mendesain rumah yang tepat dan sesuai dengan visi yang kamu miliki.

Baca juga: 12 Inspirasi Desain Interior Kamar Tidur Minimalis


Hal-Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sebelum Menyewa Interior Decorator


Sebelum menyewa interior decorator, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

1. Tentukan Gayamu

Menentukan gaya bisa menjadi sesuatu yang sulit bagi banyak orang. Menentukan gaya lebih kepada menemukan hal-hal yang kamu sukai dan mencari tahu karakteristik yang sesuai.

Dengan mengetahui yang kamu inginkan, kamu dapat memilih elemen-elemen yang cocok satu sama lain. Ketika diberi nama seperti modern global, industrial chic, atau urban glam, kamu dapat menciptakan gambaran mental yang dapat membuatnya lebih mudah untuk ditafsirkan dan diwujudkan.

2. Tentukan Anggaran

Bagian tersulit dalam mendekorasi ruangan adalah membuat dan mematuhi anggaran. Dekorasi rumah bisa jadi mahal, terutama jika kamu menemukan inspirasi melalui rumah-rumah yang didekorasi secara profesional di buku dan majalah, yang pasti harganya tidak murah.

Jika kamu memiliki uang untuk dibelanjakan, kamu dapat membelanjakannya. Namun, penting untuk menetapkan anggaran yang realistis. Perhitungkan pengeluaranmu dan cari tahu berapa banyak yang harus kamu keluarkan untuk proyek ini. Ini akan menentukan kualitas akhir dan jenis layanan desain yang mampu kamu wujudkan.

Tarif profesional desain biasanya memiliki rate per jam dan dapat bervariasi berdasarkan pengalaman, bidang keahlian, dan lokasi. Saat kamu bertemu dengan interior decorator, pastikan untuk membahas struktur pembayaran spesifik mereka secara rinci sehingga kamu tahu persis apa yang kamu bayar. Ingatlah bahwa biaya dekorator tidak termasuk dengan perabotan.

3. Buatlah Vision Board

Dengan bantuan vision board, kamu dapat menentukan gaya dan menunjukkannya ke dekorator dengan lebih mudah. Vision board bisa berupa koleksi barang secara fisik seperti sobekan majalah, foto, kain, dan lain-lain, atau bisa juga secara online lewat Pinterest atau alat serupa lainnya. Tips ini dapat membantu dekorator rumahmu mendapatkan gambaran tentang apa yang kamu sukai, dan mereka akan mendapatkan inspirasi darinya.

Di sini, kamu dapat mengumpulkan inspirasi dan mencari tahu jenis barang apa yang ingin kamu miliki di rumahmu. Hal ini mencakup warna, pola, tekstur, jenis furnitur, tata letak barang, dan sebagainya. Dekorator akan membantumu mencari cara untuk memasukkan hal-hal yang kamu sukai dengan cara yang enak dipandang dan juga akan membantumu menyaring hal-hal yang mungkin tidak cocok.

4. Tentukan Item yang Penting

Setiap orang pasti memiliki sesuatu yang tidak dapat mereka pisahkan, entah itu pusaka keluarga, karya seni atau barang yang berharga, atau bahkan cenderamata. Telusuri barangmu dan lakukan inventarisasi barang-barang apa saja yang ingin kamu masukkan ke dalam ruangan baru di rumah.

Saat kamu berkonsultasi dengan interior decorator, pastikan mereka tahu apa yang penting untuk mereka mempertimbangkan. Dalam beberapa kasus, sebuah barang khusus dapat menjadi bagian inspirasi untuk seluruh ruangan.

Pada saat yang sama, penting juga untuk mengenali apa yang bisa kamu buang. Kita semua cenderung menyimpan sesuatu karena alasan sentimental. Namun pertimbangkan untuk mana barang yang perlu disimpan dan mana barang yang tidak berfungsi. Barang yang sudah tidak berfungsi dapat disumbangkan atau didaur ulang.

Baca juga: Percantik Rumah Anda dengan Inspirasi Interior Rumah Minimalis


Kesimpulan

Tertarik untuk menggunakan jasa interior decorator? Ingatlah untuk senantiasa menetapkan budget dekorasi rumah yang sesuai dengan dompetmu. Diskusikan keinginanmu dan pertimbangkan pendapat yang diberikan dekorator agar hasil dekorasi rumah lebih maksimal. Temukan informasi-informasi seputar properti lainnya melalui website kami! Klik link ini untuk mengetahui lebih lanjut.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua