Spinner Icon

Jenis-jenis Bunga Teratai Hingga Maknanya

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 30 Mei 2024
Table of Contents:
  • Jenis dan Makna Bunga Teratai
  • 1. Teratai pink
  • 2. Teratai putih
  • 3. Teratai merah
  • Ciri-ciri Bunga Teratai
  • Manfaat Bunga Teratai
  • 1. Mengatasi penyakit diare
  • 2. Kesehatan jantung
  • 3. Menghambat penyebaran sel kanker paru-paru
  • 4. Menyehatkan kulit
  • 5. Menghilangkan insomnia
  • 6. Menyembuhkan peradangan
  • 7. Memperbaiki kualitas udara
  • Kesimpulan

Bunga teratai adalah salah satu tanaman yang mudah kamu jumpai di danau maupun sungai. Bunga teratai juga menjadi favorit para pecinta tanaman karena tampilannya yang indah dan mempesona.

Sering disamakan dengan lotus, bunga teratai mampu tumbuh di perairan dangkal. Bahkan, tidak sedikit orang menggunakannya sebagai hiasan di kolam.

Pada artikel berikut ini akan dibahas tentang makna, ciri-ciri, jenis, hingga manfaat bunga teratai. Yuk, simak lebih lanjut!


Key Takeaways:

  • Sering dikenal disamakan dengan lotus, bunga teratai mampu tumbuh di perairan dangkal. Bahkan, tidak sedikit orang menggunakannya sebagai hiasan di kolam.
  • Selain menjadi hiasan, ternyata bunga teratai memiliki manfaat lain. Bunga teratai sering dijadikan bahan untuk memasak, membuat kue, bahkan penambah rasa.
  • Tidak hanya itu, bunga teratai juga memiliki khasiat yang ampuh untuk dijadikan obat batu, pendarahan, demam, dan lainnya.

Jenis dan Makna Bunga Teratai

Tidak hanya menjadi hiasan kolam, bunga teratai kerap dijadikan lambang suatu kebudayaan maupun agama. Umumnya makna bunga teratai tergantung pada jenis warna mahkota bunga tersebut. Berikut ini beberapa maknanya:

1. Teratai pink

Warna pink pada teratai melambangkan suatu kebudayaan. Teratai pink sering dijadikan simbol pada agama Buddha karena melambangkan perjalanan spiritual serta pencerahan dalam hidup.

2. Teratai putih

Bunga teratai yang satu ini akan mudah kamu jumpai dimana-mana dan lebih populer dibanding warna lainnya. Bunga teratai putih melambangkan kecantikan, kesucian, dan keberkahan. Bahkan, beberapa orang menganggap warna putih merupakan warna yang bersih yang bermakna kekayaan, pengetahuan, dan kepercayaan yang kuat.

3. Teratai merah

Seperti biasanya, warna merah identik dengan kesan berani. Begitupun dengan teratai merah dilambangkan sebagai sebuah simpati dan cinta yang tidak egois. Bahkan, ada filosofi yang mengartikan bunga teratai merah sebagai perasaan dan kemurahan hati.

Baca juga: Tanaman Hias Mini Ruangan: 5 Pilihan untuk Udara Lebih Segar


Ciri-ciri Bunga Teratai

Bunga teratai juga memiliki ciri khas sendiri yang membedakannya dengan bunga lain. Mirip dengan lotus, banyak orang mengira keduanya sama. Padahal, terdapat beberapa ciri khas bunga teratai yang berbeda dari lotus.

Ciri-ciri tersebut diantaranya:

  • Bunga teratai memiliki daun bulat yang lebar mengambang di atas air.
  • Batang bunga teratai panjang terhubung hingga ke akar di bawah air.
  • Susunan bunga teratai terdiri atas banyak lapisan kelopak
  • Tanaman teratai tumbuh di perairan yang tenang.
  • Bunga teratai memiliki tangkai yang tegak sebagai penopang untuk mengapung di atas permukaan air.
  • Berkembangbiak dengan biji berbentuk seperti cangkir yang berada pada buah di permukaan air.

Manfaat Bunga Teratai


Selain menjadi hiasan, ternyata bunga teratai memiliki manfaat lain. Bunga teratai sering dijadikan bahan untuk memasak, membuat kue, bahkan penambah rasa. Tidak hanya itu, bunga teratai juga memiliki khasiat yang ampuh untuk dijadikan obat batu, pendarahan, demam, dan lainnya.

Berikut ini adalah penjelasan terkait manfaat bunga teratai:

1. Mengatasi penyakit diare

Ternyata pada tanaman teratai terdapat kumpulan biji di bagian tengah bunga yang bisa membantu mengatasi diare. Biji tersebut mengandung aktivitas mikroba yang bisa menghambat pertumbuhan mikroba penyebab diare seperti Salmonella sp., E. coli, dan S. aureus.

Kamu cukup rendam biji bunga teratainya pada air hangat dan tinggalkan selama beberapa jam. Jika sudah, maka minumlah air tersebut saat hangat. Kamu juga bisa menambahkan gula sesuai selera.

2. Kesehatan jantung

Bagian akar tanaman teratai juga mengandung serat serta karbohidrat kompleks yang bisa menjadi obat penurun kadar gula dalam darah. Tidak hanya serat dan karbo, teratai juga mengandung kalium. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah para penderita hipertensi. Bahkan, bunga teratai dikabarkan dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner atau gagal jantung.

Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa merebus akar bunga teratai 10 menit sebelum makan.

3. Menghambat penyebaran sel kanker paru-paru

Menurut penelitian, biji bunga teratai bisa bermanfaat dalam proses pengobatan kanker paru-paru. Pasalnya, biji bunga teratai mengandung senyawa organik bernama neferine yang dikenal dapat membunuh dan menghambat penyebaran sel kanker paru-paru.

Terlebih lagi, tanaman teratai juga mengandung senyawa flavonoid dan alkanoid. Kedua zat itu memiliki sifat antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas dalam proses penyembuhan kanker.

4. Menyehatkan kulit

Manfaat bunga teratai selanjutnya yaitu menyehatkan kulit. Bunga teratai mengandung vitamin A yang baik tidak hanya untuk kesehatan kulit tetapi juga rambut. Bahkan, efek antioksidan dari vitamin A bisa membantu proses penyembuhan luka. Bahkan, konsentrasi antioksidan pada bunga teratai mampu melindungi kulit kamu dari sinar UV matahari.

5. Menghilangkan insomnia

Penyakit susah tidur yang sering dikenal dengan istilah insomnia sering kali dianggap remeh. Padahal insomnia yang dibiarkan terus-menerus, juga dapat membahayakan tubuhmu.

Jika sering mengalami insomnia, maka penjelasan berikut patut kamu coba. Ternyata, biji bunga teratai juga bermanfaat untuk mengatasi dan menghilangkan insomnia berkat kandungan fosfor dan vitamin di dalamnya. Dengan begitu, tidurmu akan semakin nyenyak dan berkualitas. Hal ini bisa kamu lakukan dengan minum air rebusan biji bunga teratai.

6. Menyembuhkan peradangan

Selain menghilangkan insomnia, ternyata biji bunga teratai juga dapat menyembuhkan peradangan dalam tubuh. Pasalnya, biji bunga teratai mengandung senyawa polisakarida yang memiliki efek anti radang serta antioksidan.

7. Memperbaiki kualitas udara

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan dekorasi, bunga teratai juga bermanfaat untuk lingkungan. Dikarenakan hidup di permukaan air membuat bunga teratai melakukan penguapan dengan cepat dan mengabsorbsi karbon dioksida. Hasil dari proses tersebut yaitu oksigen yang dapat menyegarkan dan memperbaiki kualitas udara di lingkungan sekitarnya.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Anti Nyamuk untuk Rumah Bebas Nyamuk


Kesimpulan

Itu dia penjelasan terkait bunga teratai. Siapa sangka ternyata bunga teratai memiliki banyak manfaat. Tidak hanya menyehatkan kulit, tetapi juga bisa menghambat penyebaran sel kanker. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan bunga teratai sebagai tanaman hias untuk mendekorasi rumah bagian outdoor seperti kolam renang, taman, gazebo, teras, dan lain-lain.

Selain itu, banyak orang menjadikan bunga teratai sebagai inspirasi seni dan kreativitas. Tidak jarang juga, bunga teratai dituangkan dalam seni lukis, sastra, arsitektur, dan lainnya.

Ingin membaca artikel lainnya? Klik link berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua