Spinner Icon

7 Tanaman Hias Anti Nyamuk untuk Rumah Bebas Nyamuk

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 5 September 2023
Table of Contents:
  • 7 Tanaman Pengusir Nyamuk Rumah
  • 1. Tanaman Hias Lavender
  • 2. Tanaman Hias Rosemary
  • 3. Tanaman Hias Peppermint atau Daun Mint
  • 4. Tanaman Hias Marigold atau Bunga Marigold
  • 5. Tanaman Hias Basil atau Daun Kemangi
  • 6. Tanaman Hias Lemon Balm
  • 7. Tanaman Hias Lemongrass atau Serai
  • Tips Merawat Tanaman Hias agar Tetap Segar
  • 1. Gunakan Media yang Tepat
  • 2. Pentingnya Menjaga Intensitas Air
  • Kesimpulan

Tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis sehingga kita hanya memiliki 2 musim saja, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Akan tetapi, dengan hanya  ada 2 musim di Indonesia, maka potensi munculnya serangga terutama nyamuk juga lebih banyak. Hal ini karena pada musim hujan menjadi musim yang paling baik bagi nyamuk untuk berkembang biak. Berbeda dengan negara yang memiliki 4 musim, kendati memiliki musim hujan, tetapi lama musim hujannya tidak akan selama pada negara tropis.

Rasanya memang sangat menyebalkan jika ada banyak nyamuk di rumah. Cara yang mudah dan ampuh mengusir nyamuk dengan menggunakan semprotan anti serangga atau anti nyamuk. Selain itu, kamu juga sebetulnya dapat memanfaatkan tanaman atau bunga tertentu yang memiliki wangi menyengat sebagai pengusir nyamuk karena nyamuk tidak menyukainya.

Pada artikel ini, akan diulas lebih dalam mengenai ragam tanaman hias anti nyamuk untuk rumah yang bebas nyamuk.

Key Takeaways:

  • Tanaman hias tidak hanya bisa mempercantik rumah, namun juga memiliki fungsi lain seperti mengusir nyamuk dan serangga.
  • Terdapat beberapa jenis tanaman hias anti nyamuk seperti lavender, daun serai, rosemary, dan lain sebagainya.

 

7 Tanaman Pengusir Nyamuk Rumah

1. Tanaman Hias Lavender


Siapa yang tidak suka dengan wangi yang dihasilkan oleh tanaman lavender? Sebagian besar orang mungkin akan senang dengan wangi yang dihasilkan oleh tanaman tersebut, akan tetapi nyamuk tidak menyukai wangi tanaman lavender.

Wangi yang dihasilkan oleh tanaman lavender berasal dari kandungan minyak atsiri yang terdapat pada daunnya. Tanaman hias lavender dapat hidup di banyak iklim dan tumbuh subur di daerah yang relatif lebih hangat. Akan tetapi, untuk menjaganya tetap hidup, pastikan tanaman lavender selalu terkena sinar matahari dan juga dilengkapi dengan sistem drainase yang baik. Kamu dapat menempatkan tanaman lavender ini pada meja belajar atau ruang tamu di mana nyamuk biasanya sering ada.

2. Tanaman Hias Rosemary


Sama seperti tanaman hias lavender, tanaman hias rosemary juga dapat tumbuh dan beradaptasi di segala jenis iklim, sehingga menjadikannya mudah untuk dirawat. Tanaman rosemary sendiri memiliki wangi seperti kayu dan bisa mengusir nyamuk, selain itu tanaman rosemary juga kerap kali digunakan sebagai bahan masakan.

Menurut New York Botanical Garden, tanaman hias rosemary sangat direkomendasikan sebagai tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Adapun untuk penempatannya ada baiknya untuk memiliki ruang yang cukup karena tanaman ini dapat tumbuh hingga 1 meter. Tidak hanya ampuh dalam mengusir nyamuk, tetapi juga dapat digunakan untuk mengusir serangga.

3. Tanaman Hias Peppermint atau Daun Mint


Menurut The Spruce, daun mint adalah tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir serangga, nyamuk, dan lalat. Dengan aroma mint yang sangat menyengat maka nyamuk ataupun serangga lainnya tidak akan berani mendekat. Kamu dapat meletakkan tanaman mint tidak hanya di kamar, melainkan juga di dapur atau ruangan lainnya yang membutuhkan wangi dari daun mint.

4. Tanaman Hias Marigold atau Bunga Marigold


Jenis tanaman atau bunga yang satu ini memang kerap kali menjadi incaran banyak orang karena memiliki warna yang mencolok sehingga enak dipandang. Selain itu, bunga ini memiliki aroma yang sangat tidak disukai oleh nyamuk maupun serangga.

Menurut New York Botanical Garden, tanaman marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk, namun dapat mengusir jenis serangga lain seperti lalat, kumbang, kutu daun, dan lain sebagainya. Tanaman marigold ini dapat diletakkan di ruangan yang digemari nyamuk serta diletakkan di dalam sebuah pot bunga.

5. Tanaman Hias Basil atau Daun Kemangi


Siapa yang tidak kenal dengan daun kemangi? Daun kemangi biasanya digunakan sebagai bahan masakan atau juga biasanya dijadikan sebagai lalapan pada masakan khas Sunda. Daun basil atau kemangi ini juga memilki fungsi sebagai pengusir nyamuk. Tidak dapat dipungkiri bahwa daun basil memiliki aroma yang sangat kuat, bahkan kita pun kadang kala kerap tertusuk oleh aromanya yang tajam. Dengan aroma yang kuat tersebutlah bahwa daun basil cocok dijadikan sebagai tanaman hias pengusir nyamuk.

Selain dapat mengusir nyamuk, menurut The Spruce pada penelitian di 2009, disebutkan bahwa aroma yang dihasilkan oleh daun basil juga dapat mengusir serangga serta hama. Adapun perawatan daun basil adalah dengan menyiapkan drainase yang baik serta pastikan selalu mendapatkan sinar matahari.

6. Tanaman Hias Lemon Balm