Spinner Icon

Ide Desain Dapur Minimalis untuk Dapur yang Cantik dan Nyaman

Author Image
yoyo.angelica
Info Terbaru · 17 April 2023
Table of Contents:

Pada masa modern ini, ide dapur minimalis sudah sangat populer. Pemilik rumah sekarang lebih sadar akan pentingnya pilihan dekorasi rumah. Banyak orang kini ingin berusaha menciptakan kenyamanan untuk dapur mereka. 

Dapur yang minimalis mengutamakan prinsip ruang dapur yang multifungsi dan menghindari  hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Dapur minimalis mengusung tema kesederhanaan dan gaya yang modern. Ingin memiliki dapur yang stylish sekaligus fungsional? Simak artikel ini untuk memperoleh inspirasi desain dapur minimalis yang cocok untukmu!

Key Takeaways:

  • Dapur yang minimalis mengutamakan prinsip multifungsi dan menghindari  hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan.
  • Salah satu kelebihan dari dapur minimalis adalah kesannya yang trendy dan stylish, tanpa mengurangi fungsi dapur.
  • Beberapa desain dapur minimalis yang dapat kamu terapkan ke dapurmu, antara lain desain dapur serba putih, desain dapur Skandinavia, desain dapur dengan skema monokromatis, dapur minimalis dengan kitchen island, desain dapur dengan skema warna modern, desain dapur dengan meja bar, desain dapur dengan material marmer, desain dapur ‘tersembunyi’, dan desain dapur ‘open-shelving’. 

9 Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Berikut adalah sejumlah desain dapur minimalis yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk desain dapur minimalismu.

1. Desain Dapur Serba Putih

Sebagai salah satu ruangan yang paling mudah kotor di rumah, banyak orang yang menghindari warna serba putih untuk dapur. Namun, segala desain minimalis umumnya identik dengan warna putih, tak terkecuali warna dapur. Desain dapur minimalis serba putih sangat cocok bagi kamu yang tidak takut kotor dan rajin membersihkan dapur. Warna serba putih ini bisa kamu terapkan pada segala bagian dari dapur, termasuk warna dinding, furnitur, hingga peralatan dapur.  

Dengan warna putih, pilihan warna untuk dapur minimalismu tetap sederhana dan tidak merepotkan, sekaligus terkesan modern dan elegan. Tidak ada warna yang lebih bersih atau lebih segar daripada dapur putih bersih. Dapur minimalis serba putih adalah tampilan dari tren dapur terkini atau bahkan sudah populer sejak lama hingga sekarang. Warna putih sendiri memberikan dapur kesan yang minimalis, lebih luas, bersih, dan rapi. Untuk mempermudah perawatan dapur, pilihlah furnitur dengan bahan licin agar lebih mudah dibersihkan. 

2. Desain Skandinavia untuk Dapur


Ruang yang rapi dan minimalis dapat dengan mudah kamu dapatkan dengan desain dapur Skandinavia. Desain dapur minimalis yang satu ini adalah kombinasi terbaik antara bentuk dapur yang indah dan fungsi dapur yang praktis. Prinsip desain Skandinavia akan fokus pada beberapa item penting di dapur. Dengan desain ini, dapur kamu akan terhindar dari kesan berantakan. 

Kepraktisan pada dapur adalah ide kunci untuk desain dapur minimalis Skandinavia. Desain dapur minimalis dengan tema Skandinavia dapat dengan mudah kamu dapatkan dengan menggunakan kitchen set sederhana berwarna putih dan lampu gantung sebagai dekorasi pada dapur. 

3. Desain Dapur dengan Skema Monokromatis

Tidak perlu diragukan lagi bahwa desain dapur serba putih dapat memberikan kesan dapur yang selalu terlihat segar, bergaya, dan elegan. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa perawatan untuk dapur serba putih tidaklah mudah dan murah. Selain itu, dapur serba putih mungkin memberikan kesan dapur yang bergaya, namun tampilan ini mungkin terlihat terlalu mencolok dan klinis. Oleh karena itu, kamu dapat mempertimbangkan tema monokromatis ke dalam dapur untuk tampilan yang bergaya sekaligus praktis. 

Gantilah setidaknya satu atau dua elemen dapur dengan warna dan tekstur lain selain warna putih. Misalnya, kamu dapat menggunakan warna yang lebih gelap pada dinding dengan tema monokrom, seperti hitam atau abu-abu. Agar dapur lebih praktis, kamu dapat menggunakan permukaan kerja yang tidak berwarna putih untuk mengurangi perawatan yang merepotkan. Pertimbangkan finishing matt atau satin atau semi-gloss untuk perawatan yang lebih mudah dan tampilan yang lebih elegan. Di samping itu, kamu dapat menggunakan bahan kayu atau batu alam pada lantai dapur untuk memberikan kesan yang lebih kontras dengan lemari putih yang mengkilap.

4. Dapur Minimalis dengan Kitchen Island

Dapur minimalis dengan posisi furnitur atau peralatan masak yang menempel pada dinding mungkin sudah cukup membosankan. Untuk menciptakan dapur yang lebih unik, kamu dapat menggunakan kitchen island sebagai tempat meletakkan peralatan memasak, mulai dari kompor, bak cuci piring, dan lain-lain. Agar ruang gerak di dapur tidak dibatasi oleh keberadaan kitchen island, pastikan ukuran kitchen island tidak mengganggu ruang gerak atau memiliki ukuran yang kecil saja sudah cukup. 

Untuk dapur minimalis, kamu dapat meletakkan meja makan di samping kitchen island untuk tampilan yang lebih rapi dan ruang makan yang lebih efektif karena kamu tidak perlu repot-repot melangkah jauh untuk menyajikan makanan ataupun saat merapikan piring. Gunakan dominasi warna abu-abu untuk memberikan sentuhan yang modern pada dapur minimalis. 

5. Desain Dapur dengan Skema Warna Modern


Dengan permainan warna, kamu dapat dengan sepenuhnya mengubah suasana dapur. Hanya dengan penambahan sedikit warna saja, kamu dapat mengubah ruangan hingga 180 derajat. Permainan dengan warna dapat membuat dapurmu terlihat lebih hidup dan unik. 

Jangan gunakan warna secara acak, tapi gunakanlah warna dengan tujuan tertentu. Misalnya, kamu dapat menggunakan warna dasar yang diikuti dengan warna lain untuk memberi aksen pada area tertentu, sebagai contoh menggunakan kombinasi warna hijau atau biru. Di samping itu, kamu juga dapat memainkan warna dengan nada alami dan tambahkan warna yang lebih cerah ke elemen tertentu, misalnya putih pada dinding dan warna cerah seperti kuning pada rak atau bangku. 

Salah satu warna yang sangat populer pada masa ini adalah warna abu-abu. Warna abu-abu sendiri tergolong dalam warna netral yang mudah dipadukan dengan warna apa saja. Warna abu-abu yang hangat memberikan tampilan yang baik dengan hasil matt dan gloss. Selain itu, warna ini juga sangat serbaguna karena cocok dipadukan dengan warna apa saja. Warna ini juga memiliki kesan yang trendy dan stylish, serta minimalis. 

6. Desain Dapur Minimalis dengan Meja Bar

Desain selanjutnya yang cocok untuk dapur minimalis adalah perpaduan antara ruang masak dengan meja makan yang berkonsep bar dan menggunakan kursi tinggi sebagai kursi bar. Selain memiliki tampilan yang cantik, desain dapur minimalis yang satu ini juga sangatlah praktis karena membuat ruangan dapur digunakan secara efektif. 

Kamu dapat memperoleh kesan minimalis dengan menggunakan furnitur serba putih dengan bentuk sederhana. Misalnya, kamu dapat menggunakan kabinet dan countertop berwarna putih pada kitchen set. Lalu, gunakan warna lain yang cukup kontras pada furnitur lainnya agar dapur tidak terlihat monoton. 

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Meja Dapur Cantik untuk Dapur Minimalismu

7. Desain Dapur Mewah dengan Material Marmer


Marmer akan membuat dapurmu terlihat mewah. Sebagai salah satu bagian dari batu alam, marmer memiliki pola yang sangat indah dan dapat kamu gunakan untuk worktops, cladding, dan backsplash untuk menambahkan tekstur pada dapurmu. 

Untuk menghindari ruangan dapur terlihat terlalu dingin, kamu dapat menambahkan pelapis logam yang bernuansa hangat, misalnya kuningan atau tembaga, serta menambahkan beberapa kayu di lantai dan lemari dapur untuk meningkatkan daya tarik visual. 

8. Desain Dapur ‘Tersembunyi’

Salah satu desain dapur minimalis yang paling menarik adalah dapur tanpa pajangan. Desain dapur ‘tersembunyi’ akan membuat ruangan dapur terlihat lebih rapi karena minimnya peralatan dapur yang dipajang. 

Kamu dapat menggunakan pintu geser yang menyembunyikan peralatan. Pada skala yang lebih kecil, kamu dapat menggunakan laci dengan soket tersembunyi. Kamu juga dapat menyembunyikan lemari es di balik pintu berpanel atau menyelipkan microwave di lemari bawah agar dapur terlihat lebih minimalis. 

9. Desain Dapur Open-Shelving Display

Jika ide desain yang sebelumnya menyembunyikan seluruh peralatan dapur, desain yang satu ini memajang berbagai peralatan untuk mempercantik dapur. Untuk desain yang satu ini, kamu akan mengaplikasikan rak terbuka sebagai pelengkap untuk desain dapur minimalis. 

Desain dapur open-shelving display menawarkan solusi penyimpanan yang sederhana. Saat menata rak terbuka, batasi jumlah barang dan tempelkan palet warna yang sama dengan bagian ruangan lainnya untuk mempertahankan tampilan dapur yang rapi. Misalnya, kamu dapat menampilkan peralatan makanan serba putih di satu rak yang sama. 

Baca juga: Nyaman di Dapur dengan Desain Kitchen Set Minimalis


Kesimpulan

Demikian 9 inspirasi desain dapur minimalis yang dapat jadi referensi kamu. Ingatlah untuk selalu mengutamakan kenyamanan di dapur saat menentukan desain dan dekorasi yang ingin kamu gunakan di dapurmu. Kamu juga perlu memperhatikan tata letak dapur agar dapur minimalismu dapat tetap terlihat rapi dan bersih. 

Ingin memperoleh informasi lainnya seputar properti? Kunjungi website kami untuk memperoleh artikel bermanfaat seputar properti dan rumah lainnya.  Klik link ini!

 

Artikel Terkait

Lihat Semua

Artikel Terpopuler

Lihat Semua